Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Tentang Desa Bandengan, Wedung, Demak, Jawa Tengah

30 Desember 2009 07.58 By Tembalang Online 4 Komentar

Keluarga Wedung Demak

Kali ini di blogku aku mau menilik singkat sebuah desa kecil di Demak, Jawa Tengah. Yaitu desa Bandengan, Kelurahan Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Tulisan ini kubuat bukan tanpa alasan, sebab diriku saat ini detik ini sedang berada disana, yah lagi menulis postingan ini tentunya.

Di desa inilah dulu aku melewati masa bayiku, sebelum akhirnya umur 4,5 tahun aku dibawa ibuku merantau ke Kalimantan Tengah. Desa yang berjarak sekitar 20menit dengan mengendarai motor dari kota Demak ini adalah kampungnya nenek-kakekku (baca: mbah). Sedangkan rumah orangtuaku saat kecil dulu itu adalah di desa Buko.

Oh 14 tahun tahun tlah berlalu sejak saat itu dan aku sekarang ada disana lagi. Mungkin beberapa hal sudah lupa, tapi kalau untuk kondisi fisik desa, seperti rumah, jalan, sungai, dan pasar, aku masih agak ingat. Sebelumnya maaf nih kepada masyarakat sana, kalau boleh menilai, desa Wedung itu tidak ada perubahan yang signifikan alias belum ada kemajuan yang berarti. Bahkan malah ada beberapa yang memprihatinkan, contoh nyatanya adalah kali alias sungai disana. Seingatku dulu kali disitu banyak orang menggunakan untuk mandi, eh sekarang maaf sangat kumuh dan menjijikkan, bukan dipenuhi oleh air tapi malah oleh sampah.

Ohya, ada satu hal yang menurutku aneh, di tempat yang tak bisa kusangkal kalau benar-benar desa ini pun ternyata ada pengamen juga loh. Terus terang di kota tempat tinggalku di Kalimantan, pengamen belum ada, baru gak tabu setelah melihat di Semarang. Kalau kota mah bisa dimaklumi karena mungkin susahnya memperoleh pekerjaan dan tinggi tingkat pengangguran. Sedangkan di Wedung kalau ada pengamen, apakah berarti di wedung yang notabene desa juga sulit dapat pekerjaan? Menurutku pejabat setempat harus memikirkan hal ini.

Mungkin tak banyak yang bisa kuceritakan, karena aku juga baru melihat sekilas. Tapi kulihat ada juga yang sudah berubah, beberapa waktu lalu pasar wedung telah berubah wajah yakni sudah dan sedang direhab. Yah kudoakan semoga ke depan Wedung, tempat kelahiranku ini menjadi maju. (setidaknya ada warnet..hehe).

Ohya, jangan lupa bagi sampean orang Wedung yang gak sengaja baca tulisanku ini untuk main-main ya ke rumah nenekku, di Bandengan RT 05 RW 03, tanya aja rumah mbah Kayaton dan Rokoyah, tepatnya aku anaknya Muhim. Terkenal lho disana. bye.

by ARSYIL
Selengkapnya...

Reaksi: 

Jurusan Terbaik di UNDIP : STATISTIKA (versi Arsyil Blog)

28 Desember 2009 16.37 By Tembalang Online 10 Komentar

Maaf sebelumnya kepada anda-anda yang membaca tulisan ini. Sebab, posting ini benar-benar cuma sekedar uji coba. Arsyil lagi menguji optimasi mesin pencari blog ini alias pengen tau tulisan ini bisa jadi yang pertama di halaman pertama mesin pencari Google gak ya..

Sedangkan untuk pernyataan: "Jurusan Terbaik di UNDIP : STATISTIKA" adalah tanpa data yang valid. Sebenarnya jurusan yang terbaik cuma relatif. Pokoknya kalau jurusan berakreditasi A ya baik. Bukan begitu? Pun kalau di UNDIP sudah banyak jurusan yang terakreditasi A. Bisa dicek langsung di websitenya undip.ac.id. Waduh kok jadi promosi neh. Terang aja, aku kan emang kuliah di UNDIP, ya kudu mengedepankan almamater sendiri donk.

Sekalian juga Arsyil mau promosi jurusan alias program studi diriku di UNDIP, tak lain dan tak bukan adalah... 'tadaa..' STATISTIKA. hahaha. Dah tau belum...?? Apa, belum tau? Kok bisa YAH! Oke deh, kuberitau, kasih dah..

Statistika itu salah satu dari 7 jurusan/program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Diponegoro. Usianya sendiri masih tergolong muda, yaitu baru dibuka 2003 silam, dan sekarang sebenarnya masih program studi alias masih di ngikut jurusan matematika.

Selain masih "muda", akreditasi dari Statistika UNDIP adalah masih B. Biarpun masih tapi keistimewaan jurusan Statistika adalah karena kelangkaannya. Lihat aja di perguruan-tinggi2x di Indonesia, masih jarang yang ada jurusan Statistika-nya. Seingatku sih malah cuma 7 perguruan tinggi di Indonesia yang ada jurusan Statistika. Jadi masih jarang statistikawan seperti kami.

Yah itu sedikit cerita tentang Statistika, khususnya Statistika UNDIP. Gimana, masih meremehkan jurusanku itu? Jangan salah, lihat aja postingan ini, muncul pertama di pencarian google kan?

by ARSYIL for STATISTIKA UNDIP

Statistik jaya, is the best dah!
Selengkapnya...

Reaksi: 

Puisi Lagi Beol - Puisi Lucu/Ngeres/Jorok?

12.34 By Tembalang Online 1 Komentar

Tepat rasanya yg kulakukan ini
Mengisi waktu daripada tak ada yg kulakukan
Sambil menunggu sesuatu itu turun ke bawah
Mending aku sambil facebookan aja

Sepi senyap di dalam ruang sempit ini
Yang ada hanyalah suara tetesan air turun ke ember
Serta hembusan napas dari hidungku
Meskipun sebenarnya hembusan itu sedikit ragu-ragu
Karena eh karena bau yg sesekali datang dari bawah tubuhku

Aku tak ingin lama berdiri disini
Kakiku pun sepertinya sudah penat
Aku ingin menyudahi ini
Ayo tangan kiriku saatnya kau bekerja
Yang semangat ya!

sumber:
note facebook Arsyil_keren@telkom.net
Selengkapnya...

Reaksi: 

Salam Kenal Untuk Kota PATI

25 Desember 2009 19.20 By Tembalang Online 4 Komentar



24 Desember 2009, satu lagi kota di Jawa Tengah yang sudah kupijak. Setelah sebelumnya selain Semarang aku telah berhasil memijakkan kakiku di Demak, Jogja, Magelang, Salatiga, Solo, dan Kudus. Berbagai pengalaman telah kuperoleh. Itu baru sedikit jika dibandingkan jumlah kota di Jawa Tengah. Aku punya planning untuk menjelajahi kota-kota di Jawa Tengah, kalau perlu malah di Jawa bagian lainnya (Jawa Barat/Timur). Wah luar biasa sekali ya kalau aku sudah pernah ke semua kota di Jawa.

Aku ke Pati bersama 7 orang temanku lainnya. Ke sana dalam rangka menjenguk salah satu saudara kami yang sedang sakit, alias abis dioperasi. Letak rumah temanku itu di kecamatan apa gitu, kalau gak salah namanya Kayen.

Namanya adalah Heri, dia adalah mas`ul liqoku (mentoring). Jadi emang yang ke Pati adalah teman-teman satu mentoringku. Juga tak lupa murobbi kami juga turut ikut, yaitu mas Feri. 6 orang lainnya adalah, Fahmi, Kelik, Amar, Aribat, Tito, dan mas Agus.

Rencana awalnya berangkat pagi jam 7.30. Kalau aku sama Kelik sih datang kumpul tepat waktu, tapi yang lainnya molor. Belum lagi karena kurang satu motor, harus mencari pinjaman. Dan Alhamdulillah mas Agus mau, dan dia juga mau ikut ke Pati. Motor lengkap, eh kurang satu helm, syukur di AlAnfal ada mas Ahmad yang mau meminjamkan helmnya. Akhirnya kami pun berangkat pukul 10.

Rintangan dan cobaan ternyata tak sampai di situ saja. Di perjalanan, ban motor Kelik kebanan (kempes pes). Kami pun singgah di sebuah bengkel. Si Kelik lalu mengambil keputusan untuk langsung mengganti ban dalam motornya. Sekitar setengah jam di sana kami manfaatkan untuk melakukan hal lain, seperti mas Agus yang memanfaatkannya dengan mengisi perutnya di sebuah warung tegal. Kemudian si Aribat dan Amar membeli durian yang kebetulan ada di sekitar situ. Tak mau ketinggalan aku juga ikut mencicipinya.

Semua persiapan sudah matang kami langsung go melanjutkan perjalanan. Eh ada hal lucu di jalan, si Aribat helmnya tiba-tiba lepas dari kepalanya, melacung kena angin. Untung gak kelindas ban mobil. Ayaya wae nih Aribat.

Alhamdulillah perjalanan dari Semarang ke Pati, kami gak ada kesasar. Dan tepat sampai ke rumah tujuan. Buah dari ingatan kuat si mas`ul perjalanan kami yaitu Fahmi. Kami tiba sekitar jam setengah satu-an. Huff pejalanan yang bikin lelah dan tentunya sudah pada lapar. Eiits sebelum itu sholat Dhuhur dulu. Waktu Dhuhur sudah tiba.

Selesai sholat Dhuhur di masjid dekat situ, kami kembali ke rumah Heri. Ngobrol-ngobrol sama dia, eh gak lama kemudian kami di Jamu alias makan bareng. Duh yang paling ditunggu-tunggu ma si Fahmi neh. Subhanallah, sate ma gulainya enak banget, belum lagi minumannya es jeruk. Plus ada buah Rambutan lagi. Kenyang deh pokoknya. Satenya abis bis. Duh duh nih niatnya jenguk apa mau ngabisin makanan seh. Syukron untuk akh Heri.

Kami memutuskan untuk sholat Ashar di sana dulu, baru kemudian balik ke Semarang. Sekitar pukul 4 kami memulai perjalanan pulang. Di awal-awal eh hujan rintik-rintik turun. Sampai di Kudus tu hujan baru berhenti. Meskipun udah gak hujan tapi jalan macet, dari Kudus ke Demak macet deh pokoknya.

Lolos dari kemacetan kami melewati Demak, eh tau-tau hujan deres banget. Beuh, subhanallah gelap banget awannya. Kemudian sampai di Genuk Semarang, dan hujan sudah lewat. Tapi macetnya bukan main, macet cet. Butuh waktu lama kami bisa berhasil melewati kemacetan itu. Bahkan sampai sudah lewat sholat Magrib.

Sambil mengisi bensin di Pom Bensin terdekat, kami sekalian sholat Magrib di mushola pom bensin itu. Yaitu aku, mas Feri, Kelik, Amar, Tito, dan mas Agus. Kalau Fahmi ma Aribat gak tau dah sampai mana, mereka tadi dah duluan, dah sampai Tembalang kali.

Selesai sholat hal yang tak diharapkan, kembali terjadi, hal itu tak lain bernama hujan. Tapi kali ini lebih lebat dari sebelumnya. Apalagi pas naik tanjakan saat di Meteseh, dah mau dekat Tembalang tuch. Beuh, hujan badai pokoknya. Subhanallah banget. Dah curah hujannya segede-gede batu, banjir lagi jalannya. Lucu banget deh ekspresiku waktu melawan tanjakan dalam keadaan itu. Syahadat, tasbih, istigfar, kubaca semua. Emang ujannya ngeri banget, kilatnya beuh, nyambar-nyambar seenaknya deh. Untung kami gak dikepret ma tuh kilat.

Rintangan, jalan berliku, cobaan, dsb, akhirnya pun selesai sudah dengan sesampainya diriku dan Kelik di kosku, oh wisma AlAnfal, aku nyampe juga. Alhamdulillah… Karena basah kuyup banget, si Kelik langsung balik ke kosnya, dia takut malah masuk angin.

Sedang aku sampai kamar langsung buka baju, kamar mandi i`am coming, I want mandi. Eh tau-tau malah mati lampu. Jiah. Untung ada lilin. Sambil mandi sekalian hangatin air di kompor ah, mau bikin mie ma energen.

Selesai mandi n makan, tak bisa ditahan lagi mata yang kepengen tidur, dan plek akupun tidur. Selamat tidur, dan selamat atas pengalaman hari ini ke Pati. Terima kasih teman-teman.

=aRSYIL=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Mengulas Demonstrasi Mahasiswa di Indonesia (Esai/Essay)

01 Desember 2009 09.24 By Tembalang Online 3 Komentar

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, demonstrasi adalah pernyataan protes yg dikemukakan secara massal atau unjuk rasa. Dan menurut wikipedia, demonstrasi atau unjuk rasa adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secara politik oleh kepentingan kelompok. Sedangkan arti dari Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi atau universitas. Jadi berdasarkan arti kata, demonstrasi mahasiswa adalah sebuah pernyataan atau gerakan protes yang dilakukan oleh sekumpulan mahasiswa atau orang yang belajar di perguruan tinggi.

Kemudian jika kita jabarkan lagi subkata dari kata mahasiswa, yaitu kata maha dan siswa. Maha berarti besar/tinggi dan siswa adalah pelajar/ orang yang mempelajari sesuatu. Maka artinya bahwa mahasiswa adalah orang terpelajar yang derajatnya lebih tinggi dari lainnya. Yang mana idealnya merupakan seseorang yang telah matang akal dan pikirannya, dan tau benar baik dan buruk. Sehingga jika kita kembali kepada arti demonstrasi mahasiswa, berarti merupakan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa yang mana tentu apa yang dilakukannya adalah untuk sesuatu yang baik.

Namun selama ini, justru sebaliknya. Demonstrasi mahasiswa terdengar sesuatu yang negatif, lekat sekali dengan anarkis, brutal, merugikan, bikin macet jalan, dan lain sebagainya. Yang pasti di mata orang tua demonstrasi mahasiswa membuat jantungnya berdegub deg-degan keras apabila tau anaknya adalah salah seorang diantaranya. Takut hal buruk terjadi pada anaknya yang sedang belajar di bangku perguruan tinggi itu. Bagi pemakai kendaraan, demonstrasi menjadi momok yang mengesalkan, karena sering kali membuat lalu lintas terganggu dan atau macet. Dan tentu pula bagi masyarakat sekitar tempat dilakukannya demo, khawatir aksi yang dilakukan ricuh dan berakhir dengan rusaknya beberapa fasilitas umum bahkan mungkin fasilitas milik pribadi masyarakat. Dan mungkin masih banyak lagi pihak yang menganggap demonstrasi mahasiswa sebagai momok yang tak ingin terjadi.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Pasar Rakyat Grebek Besar Demak 2009

30 November 2009 13.35 By Tembalang Online 2 Komentar

Ini yang kedua kalinya aku ikut berselancar ria di Pasar Rakyat Grebek Besar Demak. Sebelumnya adalah tahun 2008 lalu. Pasar Rakyat Grebek Besar kali ini kurang lebih sama dengan kali sebelumnya. Cuma yang membedakan adalah aku kali ini “Besaran” bersama-sama dengan satu keluarga dari Pakde (baca: paman) aku, yaitu dengan istri, tiga anak, dan satu menantu beliau juga dengan sepasang suami istri tetangga beliau beserta satu anaknya. Wah wah dah kayak satu RT aja nich.

Yup, “Besaran”. Orang Demak biasa bilang seperti itu untuk kegiatan mengunjungi Pasar Rakyat Gerebek Besar itu. Sebutan yang aneh memang. Tapi dah gak masalah buat yang biasa dengar istilah itu. Sebenarnya waktu kecil dulu ibuku pernah ngomong mengenai satu istilah itu. Waktu itu di pikiranku Besaran ya adalah Idul Adha, dan diiringi kebiasaan untuk berbelanja di pasar.

Aku akhirnya baru tau arti sebenarnya setelah sekarang di Demak. Pasar Rakyat Grebek Besar adalah sebuah Pasar yang hanya dilaksanakan waktu bulan idul adha. Dengar-dengar sih buka sampai 24 jam. Semua masyarakat Demak dan bisa jadi luar Demak pun berbondong-bondong ke sana. Apalagi di malam idhul adha, hampir semua orang tumpah ruah di pasar tersebut. Kayak lautan manusia waktu perayaan tahun baru.

Tadi malam yang merupakan malam lebaran idhul adha, benar-benar banyak banget. Yang aku tahu ada dua titik yang menjadi pusat “Besaran” orang-orang, yaitu pasar rakyatnya sendiri dan alun-alun kota Demak.

Pertama aku dan rombongan (baca: keluarga pakdeku) berkunjung ke Pasar Rakyat. Tau gak, titik yang paling pertama mereka datangi? Yaitu tontonan dangdut. Walah.. oh my God! Cz i am not like dangdut. Jadinya, diriku menunggu di luar aja, untungnya pamanku gak ikut nonton alias temani aku di luar. Lama banget kami menunggu di luar.

Waktu itu, aku lagi gak bawa hp, jadinya sambil menunggu itu tak ada apapun yang kulakukan. Ada sih, yaitu mempelajari kondisi lingkungan sekitar. Baru kali ini aku merasa beda dari orang-orang lainnya di sekitarku. Di saat semua orang di situ bersenang-senang, joget-joget, bermesraan dengan pacarnya, dan lain sebagainya. Aku malah pikiranku di saat itu menganalisis mereka, mempelajari, dan merenungi kondisi dan keadaan sekitarku. Duh bahasaku muter-muter ya.

Begini, intinya aku merasa bersyukur dengan diriku saat ini. Aku bersyukur tidak seperti mereka-mereka yang joget-joget, merokok, hura-hura deh, menurutku kurang bermanfaat gitu yang dilakukannya. Gak ada rasa malu sedikitpun.

Waktu itu aku hanya berdiri diam sambil melihat di sekitarku. Yah itu para remaja joget-joget, dan juga ada yang merokok bareng-bareng dengan teman-temannya. Bahkan aku juga liat anak kecil sekitar baru 6 tahun lah dah joget2 dan merokok. Huft ngeri pokoknya aku melihat. Belum lagi orang yang berpacaran, mungkin hampir semuanya. Bahkan aku juga kayaknya ada liat yang berpacaran dengan sesama cowok (baca: bencong). Hiiiii. Huweekk! Wakaka.

Apa karena satu tahun ini aku anak wisma yach n gak lagi mengenal cewek, aku jadi seorang pemikir intelek gini. (ow ow) Selama ini kerjaanku adalah kuliah dan organisasi. Oh atau karena aku dah gede. Hehe. Beneran loh, di kaca kulihat badanku dah semakin gede. Yuk deh syil.

Lanjut ah, sampai dimana tadi? Sampai mereka nonton dangdut yach. Iya lama banget aku dan Pakdeku nunggu, sekitar satu jam. Setelah mereka keluar, kami pun melanjutkan berselancar ria di pasar itu.

Memang gak seru kalau jalan bareng para orang tua. Gak bebas. Padahal aku di pasar itu mau nyempatin beli kaos kaki dan celana dalam. Tapi di akhir perjalanan gak ada barang apapun yang ku beli. Huft, kecewa nich. Yah gpp lah besok-besok aja kalau ke pasar Demak. Di Demak, barang-barang murah-murah banget.

Satu lagi hal yang bikin greget aku (kritis nih aku ceritanya), yaitu lalu lintas yang sangat tidak teratur dan kacau sekali ditambah lagi para pengendara motor yang mayoritas anak muda yang naik motor ugal-ugalan. Kulihat emang pengatur lalu lintasnya dikit bannget.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Kelompok 1 LKMM DASAR BEM FMIPA 2009 UNDIP Sukses Sukses Sukses!

22 November 2009 22.31 By Tembalang Online 9 Komentar



Wah tak terasa dua minggu serangkaian acara LKMM (Latihan Kepemimpinan dan Manegerial Mahasiswa) Dasar BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas MIPA Universitas Diponegoro, telah berakhir hari ini (22/11/09). Dan Alhamdulillah semua anggota kelompokku lulus. Selain itu Alhamdulillah pula kelompokku, yaitu kelompok 1, menjadi kelompok terbaik dari 10 kelompok yang ada. Cie.. Juga Alhamdulillah lagi, aku, Arsyil Hendra Saputra merupakan peserta terbaik kelima. Cie lagi.. ^^

Yang pertama terima kasih kepada Allah, Tuhanku yang Maha Segalanya. Kemudian kepada teman-teman satu kelompokku, kelompok 1, yaitu Rizal, Fajar, Deri, Reza, Syatori, Ika, Indraz, Dyah, Ayu, Shinta, dan Devi. Juga tak lupa kepada fasilitatorku mas Barri.

Rizal terima kasih, wakilku yang melakukan kerja dengan sangat baik sekali, ada untuk menggantikan aku di saat aku tak ada, memberikan ide-ide yang cemerlang, berani, dan tentunya atas usaha mencari sponsorship yang keren sekali, tanpamu kita gak mungkin lulus fun-rising, terma kaasih meski rumah jauh di Ungaran tapi tetap semangat senantiasa.

Ika, sekretarisku yang patuh sekali, terima kasih atas tanggung jawabnya membuat proposal, membuat absensi kehadiran rapat, notulensi, pokoknya semua bagian tulis menulis, serta telah merumuskan laporan pertanggungjawaban (LPJ).

Ayu, bendaharaku yang selalu tampil cemerlang dan senantiasa bersemangat, terima kasih atas kesediaannya mengurus dan mencatat uang yang masuk dan keluar. Wah uang kita masih sisa kan? Makan-makan yuk…? ^^

Reza, walaupun waktu hari-H kamu berhalangan datang, saya berterima kasih banyak pula atas kerjamu yang lumayan baik sekali. Fajar juga terima kasih, kulihat semangatmu salah satu yang paling besar di kelompok kita, semangat! Deri pula begitu, walaupun kampus dan kosanmu jauh, tapi tetap dapat aktif pada even kita.

Makasih Indraz dan Dyah salah satu yang paling banyak memberikan konsep acara kita, dan bersedia shoppin bahan-bahan even kita. Tapi lain kali beli sikat giginya yang kecl ya jeng…!? Hehe becanda pasti kalian gak mengira anak-anaknya sekecil-kecil itu, terima kasih ya.

Kalau Devi dan Shinta, kayaknya kalian kompak banget. Nanya rapat atau enggak berbarengan terus.. terima ksih ya… terutama atas kerja kerasnya dalam pembuatan mading kelompok kita..

Dan juga tak lupa hal yang paling unik dan kan kuingat dari kelompok 1, yaitu yel-yel sukses. Kapan-kapan kita yel-yel lagi ya…? Membentuk lingkaran dan tangan kanan disatukan di tengah.. lalu teriak.. “KELOMPOK SATU..??? SUKSES, SUKSES, SUKSES!!!”

Selengkapnya...

Reaksi: 

Mengubah File Dokumen Word ke Gambar Jpeg

10 November 2009 07.22 By Tembalang Online 30 Komentar

Cara Mengubah/mengkonversi file dokumen MS WORD menjadi file gambar JPEG dengan menggunakan fasilitas Microsoft Office:


  1. Buka program Microsoft Ofice Publisher
    Start – All programs – Microsoft Office – Microsoft Office Publisher

  2. Import file dokumen Ms Word yang telah disiapkan
    Klik File (pada menu bar atas pada jendela Ms Publisher) – Klik import Word Document… - Cari file MsWord-nya – Open

  3. Save File menjadi bentuk JPEG
    Klik file – Save as… - Save as type diisi dengan Jpeg File Interchange Format – Tentukan letak – Klik save

Gimana gampang sekali bukan..?? Selamat mencoba..

By Arsyil

Selengkapnya...

Reaksi: 

Gambar Foto Pamflet Kegiatan Kurban

09 November 2009 07.26 By Tembalang Online 1 Komentar

Ini adalah pamflet untuk kegiatan kurban Ikatan Pelajar Mahasiswa Kotawaringin Barat (IPMK). Pamfletnya dalam bahasa daerah (Kobar). Terima kasih kepada saudara Anif Rahman yang telazh mendesainnya. Bagus banget! Silakan Klik ini

Kalau mau download file mentah dalam bentuk MS WORD KLIK disini. Atau dalam bentuk MS PUBLISHER KLIK disini.

Gambar Foto Pamflet Kegiatan Kurban


Selengkapnya...

Reaksi: 

Bangkitnya Tembalang Online Group

05 November 2009 19.42 By Tembalang Online 5 Komentar

Pendiri Tembalang Online Group

Kemarin diriku dan tiga orang temanku lain membentuk sebuah perusahaan. Rapat perdana itu membahas mengenai kapan dan dimana akan diadakan launching dari perusahaan kami itu. Insyaallah kami akan melaunching Tembalang Online pada hari senin sore. Perusahaan kami bernama Tembalang Online Group. Tiga orang temanku lainnya adalah Hanif sebagai general manager, Faqih sebagai Marketing Manager, Handi sebagai Operational Manager, dan aku sendiri sebagai Networking Manager. Itu foto narzism kami..

Tembalang Online Group adalah perusahaan bentukan pada sektor marketing dan internet. Menggabungkan keduanya berupa bisnis jasa info kos. Bahasa pendeknya kami adalah makelar info kos-kosan. Alamat blognya adalah tembalangonline.blogspot.com

Logo Tembalang Online

Selengkapnya...

Reaksi: 

Aku Ingin Bidadari – Puisi Pendek

04 November 2009 13.56 By Tembalang Online 6 Komentar



Benarkah bidadari ada?
Aku yakin ada.
Dimanakah bidadari ada?
Suatu tempat seindah sosok dan pesonanya.
Surga namanya.

Adakah bidadari di dunia?
Aku yakin bidadariku ada.
Seorang wanita yang cantiknya bagiku tiada tara di dunia ini.
Manisnya tiada banding di bumi ini.
Lembutnya kan mendamaikan hati diriku yang kesepian ini.
Meresapi seluruh rindu di kalbu ini.

Oh bidadariku
Tunggulah aku menjemputmu.
Dan tutuplah hatimu untuk selain diriku.
Bukalah hanya jika kepada diriku.
Karena aku pasti akan mengetuk pintu hatimu.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Ya Allah Aku Ingin Bidadari – Cerpen Pendek

13.52 By Tembalang Online 6 Komentar

Lelaki itu sepertinya sedang berpikir dalam. Merasa kecewa terhadap pujaan hatinya. Entah gerangan apa yang yang membuatnya kecewa. Tapi di akhir lamunannya itu dia berdoa “Ya Allah aku ingin bidadari”.

Malam yang sudah cukup larut itu pun tak terasa lagi membuatnya kantuk. Sejenak matanya menengadah ke atas dan sesekali bantal yang ada di kepalanya ditaruh di depan dada sambil dipeluknya. Meski mata masih terbuka, pandangan lantas seperti tak sedang melihat apa-apa, dikarenakan sebuah hal sedang banget dipikirkannya. Hal yang kala dulu selalu mengganggunya dari awal bangun tidur hingga akhir mata tertutup. Bahkan terkadang masih hingga saat ini.

Oh wanita, sungguhkah aku menginginkanmu. Kalimat puitis itu yang mungkin sedang bertengger di kepalanya. Acap kali pula mukanya berubah muram. Tiap kali dia memikirkan tentang wanita selalu saja teringat seorang wanita saja. Tak lain tentu pujaan hatinya. Yang dulu sungguh diinginkannya. Lantas kenapa jadi muram? Oh aku tau, mungkin kalimat “aku benci kamu..! tapi aku rindu kamu”, yang terkadang dilampiaskan kepada sosok wanita di pikirannya itu.

Sungguh dia khilaf, salah terlalu menginginkan pujaan hatinya. Karena sangat punya kemungkinan , wanitanya nanti bukanlah ia. Jodoh di tangan Tuhan, ungkapan yang sangat diyakininya. Dia pun teringat sebuah kalimat yang selalu dipegangnya, “Wanita-wanita baik hanya untuk laki-laki baik, dan laki-laki baik hanya untuk wanita-wanita baik”. Merupakan kalimat yang memberikan motivasi agar ia menjadi sebaik-baiknya laki-laki. Dengan harapan kelak wanita yang ia dapatkan adalah sebaik-baiknya wanita, atau mungkin laksana bidadari? Semoga.

Selengkapnya...

Reaksi: 

9 Alasan Cowok Melarang Ceweknya Punya Facebook

02 November 2009 14.36 By Tembalang Online 7 Komentar

1. Cemburu
Nah ini alasan paling sering, makanya arsyil masukkan yang pertama. Gak sedikit loh pasangan yang menyudahi hubungan mereka karena cemburu terhadap cowok lain yang selalu eksis di facebook ceweknya.

3. Salah Paham
Pernah ada kasus di inggris bahwa seorang suami menceraikan istrinya hanya karena status di facebooknya adalah single / lajang. Wah wah wah, di rumah jarang berkomunikasi tuh kayaknya sampai terjadi gitu.

3. Terlalu Mencintai Ceweknya
Yang ketiga ini aku pakai bahasa yang lebih halus. Sebenarnya maksud saya adalah si cowok memang protektif. Yaitu gak mau si cewek punya facebook karena takut si cewek digodain cowok lain, atau malah yang menggodain? Sebenarnya boleh banget sifat ini, tapi jangan terlalu berlebihan yak!

4. Si Cowok Belum Punya Facebook
Alasan yang ini lucu banget nih. Jadi, ceritanya si cowok gengsi padahal dia belum punya facebook masa ceweknya punya. (Ya udah bos, kalian bikin aja bareng-bareng!)

5. Menurutnya Facebook haram
Seperti yang pernah kita ketahui bahwa ada salah satu MUI daerah yang mengharamkan facebook. Mungkin aja ada cowok seperti itu pula.

6. Masih Friendsteran
Hahahaha, kalau alasan kali ini gak logis. Masa dah ada fb masi fsan.

7. Takut bangkrut
Bingung maksudnya? Jadi begini, ternyata si cewek kalo fban di warnet pake duit si cowok. Nah daripada berterus terang bahwa duitnya bokek gara-gara dipake fban, dengan alasan cemburu dia bilang nih ke ceweknya, "dah kamu gak usah fban lagi aku jealous tau!" wakakaka.

8. Takut Facebooknya Dibaca Doi
Wah, kali ini alasannya gak adil nih. Dia boleh punya fb, tapi ceweknya gak boleh, dengan alasan sebenarnya takut ketahuan hal macam-macam di fbnya.

9. Demi Kebaikan Bersama
Ceile.. kata-katanya. Alasan kali ini mungkin arsyil setuju. Agar perasaan di antara keduanya terjaga, mungkin si cowok bisa mengambil suatu keputusan bijak agar diredam fbannya.

Begitu 9 alasan cowok melarang ceweknya punya facebook menurut aku, yang sedang terpikir sekarang. Mungkin aja sobat punya beragam alasan lain maka silakan dikomen saja! Terima kasih.

Tulisan ini kupersembahkan untuk cewek yang punya facebook, gak ada salahnya gak punya facebook, karena kalian sudah punya cowok yang setia.

Bye, sampai jumpa di 9 hal lainnya.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Biar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah – Tips dari Divo D Silalahi

31 Oktober 2009 17.07 By Tembalang Online 3 Komentar

DIVO D SILALAHI

Tadi di facebook aku mengobrol dengan salah satu alumni S1 Statistika UNDIP, yaitu Divo D Silalahi dan dalam kesempatan itu akupun menanyakan apa saja tips agar bisa cepat dapat keja setelah lulus kuliah. Mas Divo ini adalah angkatan 2005 merupakan salah satu mahasiswa yang lulus dengan cukup baik dan banyak prestasi yang telah ditorehkan semasa kuliah. Berikut perbincanganku dengan mas Divo:


Arsyil
halo mas vo

15:51Divo
halo juga
dah pada selesai ujian neh

15:52Arsyil
blom mas masi 1 pekan lagi
gmn neh kbrnya..??

15:52Divo
alhmdlh baek
15:52Arsyil
dah sukses bgt nih ya
?

15:52Divo
kamu gimana?

15:52Arsyil
alhmdlh baik jg
mas vo di rau kan?

15:53Divo
ahh, baru mulai mau sukses ril jadi belum sukse
yah di Riau
t4nya putri
hahahah
kampus aman gak?

15:54Arsyil
perusahaan apa namanya t mas?

15:54Divo
mas divo di Sinarmas
15:55Arsyil
dpt posisi apa mas?
manager?

15:56Divo
alhmdlh dipercayakan
mas divo di bag. Biometry and Database nih
urusan rancangan percobaan
tar tanya aja ma ibu tatik tu masternya lho

15:57Arsyil
kyknya stat bgt yak?
susah gak mas?

15:58Divo
yah banget, tapi seiring waktu berjalan pasti bakal aman deh semua
yang penting banyak belajar aja pas kuliah yah
jadi gak terkejut nanti
nih juga banyak teori kayak kuliahan
hehehhe
bukan nakut2in lho

16:00Arsyil
iya
saya pengen juga nih entar sukses kayak mas divo
he he

16:02Divo
mantep deh, yang penting kuatkan ajah dasar2 statistiknya yah
penting tuh

16:02Arsyil
he he

16:02Divo
yah doakan semoga kita semua sukses semua

16:02Arsyil
Oke

16:02Divo
amin3

16:02Arsyil
mas kasih tips donk biar gmpg dpt kerjaan abis lulus kyk mas vo

16:04Divo
biar cepet dapet kerja...
ayng penting:
1. Kuliah di seriusin
2. Banyak ibadah
3. Aktif di organisasi
4. manajemen waktu
5. banyakin prestasi
6. banyakin pengalaman penelitian+kerjaan survei lapangan
dijamin deh perusahaan bakal yang nyariin kamu
siiip!


16:06Arsyil
kalo mas divo manajemen waktu gmn?

16:07Arsyil
makasih mas saya catet tuh..

16:10Divo
manajemen waktu;
yang penting bisa atur waktu kuliah 35%+organisasi 40%+kerja survei 25% lah
itu baru 100% siap pakai perusahaan
key?

16:11Arsyil
oh gitu

16:20Divo
Siiiip

16:34Divo sedang offline.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Tips dan Trik Membeli Mie Instan di Alfamart, Indomaret, atau S`mesco

22 Oktober 2009 09.41 By Tembalang Online 9 Komentar

Tadi malam (21/10/09) aku diajak temanku, Ali, ke S`mesco. Dia akan mau membeli mie instan. Maklum kanker stadium 4 (kanker= kantong kering). Yang seru disitu, gara-gara kuberitahui sebuah trik jitu yang kupunya, dia malah jadinya lama banget memilah-milih mie instan. Sampai-sampai adzan sholat isya terlewat dan kami jadinya ketinggalan jamaah.

Triknya adalah menghitung jumlah harga semua barang yang kita beli sedemikian hingga jumlahnya itu dalam ribuan. Trik ini berguna untuk mengoptimalkan budget kita yang keluar ketika membeli barang di toko swalayan kecil tapi omset setiap harinya miliaran rupiah itu. Yah biasalah aku kan anak kos.

Jadi misalnya saja tadi malam itu. Aku awalnya membeli sabun, waktu itu sabun Active Rp1700, sabun Sinzui Rp3000, sehingga jumlahnya Rp3000+Rp1700= Rp4700. Kemudian aku mengupayakan membeli barang lain yang bisa menutupi Rp300 agar menjadi pas ribuan. Akupun membeli mie instan, Supermie Gobang Rp1200 dan Sarimie Rp1100. Jadi jumlahnya pas deh Rp4700+Rp1200+Rp1100= Rp7000. Duh ketahuan pelitnya nih. He..he.

Nah kalau si Ali, awalnya membeli dua buah mie Sedaap Rp1275. Berari jumlahnya Rp1275x2= Rp2550. Coba pikir seharusnya kalau dibayar Rp3000, kembalinya adalah Rp450, emang ada uang pecahan ini? Kemudian kusarankan ke ali agar menggenapkannya 5ribu, sesuai dengan trikku itu. Lama banget dia pikir-pikir. Pertama dia mau beli mie sedaap 4 buah, waduh Rp1275x4= Rp5100, sebaiknya ganti mie lainnya. Akhirnya dia membeli 2 buah mie Sedaap dan 2 buah Supermie gobang, Rp1275x2+Rp1200x2= Rp4975.

Kata si Ali, “wah ini statistik ya syil..?!”. “Bukan statistik li, tapi pelit.. he..heh”, jawabku.

Aku berikir misalnya saja para pengunjung swalayan itu masih membeli barang dengan jumlah harga yang menyisakan Rp75 (gak mungkin kan ada kembalinya). Dan setiap harinya ada 1juta orang saja yang membeli di Alfamart. Jadi lebih dari Rp75juta perhari atau Rp3M perbulan pemasukan tak terduga ke perusahaan milik perancis itu. Tentunya lebih. Soalnya sangat jarang pembeli membeli dengan jumlah haga genap ribuan, kecali orang kayak aku aja. Istilah dari ibuku tuh aku orang yang “perhitungan”. ^^

Selengkapnya...

Reaksi: 

Mesin Pompa Air Rusak – Sebuah Kisah Sedih Anak Kos?

20 Oktober 2009 19.51 By Tembalang Online 4 Komentar

Mesin Pompa Air Rusak

Alhamdulillah siang tadi sudah bener mesin pompa air di kosanku. Jadinya sore ini aku dapat mandi sepuasnya di kosan (lagi). Sebelumnya dua hari yang lalu (Minggu 18/10/9) entah kenapa tiba-tiba tuh mesin pompa air gak bisa ngeluarin airnya ke tanki gede di belakang rumah alhasil air pun tak keluar dari keran di kamar mandi.

Selama dua hari itu aku dan yang lainnya berpetualang ke tempat lain buat numpang mandi. Kalau aku numpang mandi di kamar mandi masjid dan kos temen. Asyik juga sih sekali-kali mandi di tempat umum. Airnya dingin cuy, seger banget, kapan-kapan pengen ah mandi disitu lagi. Dan makasih untk didin yang mempersilakan aku mandi di kosnya.

Akibat dari kejadian ini sampai-sampai ada salah satu temanku yang kuliah gak mandi. Wah wah wah, jadi inget kayak aku dulu. Dulu aku pernah juga berangkat kuliah gak mandi. Sengaja sih, abisnya kesiangan. Inilah akibatnya jika tidur setelah sholat subuh. Sampai di kampus diejekin deh sama teman-teman. So what, biarpun gak mandi kan yang penting badan gak bau.

Ternyata mesin pompa air di kosanku bukan rusak. Air tidak keluar karena pipanya bocor. Kata bapak yang memperbaikinya kemarin. Kemudian kami menelepon bapak yang mpunya rumah kosku. Langsng bapak pemilik kosku itu meridoi untuk mengganti pipa baru. Esok harinya yaitu tadi pagi bapak ahli pompa air itu melanjutkan perbaikan. Dan alhamdulillah sudah baik kembali. Kami pun bisa melakukan mandi sepuasnya di kos.

By Arsyil

Selengkapnya...

Reaksi: 

Soal Linier Ria

17 Oktober 2009 20.15 By Tembalang Online 5 Komentar

KLIK DI BAWAH INI CARA PENYELESAIANNYA:
File Word penyelesaian

atau kalau gak bisa download:
DISINI
atau
DISINI





Selengkapnya...

Reaksi: 

Pilih Nge Laundri atau Nyuci Sendiri? - Catatan Anak Kos

10 Oktober 2009 20.10 By Tembalang Online 4 Komentar

Foto Rak Pakaianku

Kalau aku ngelaundrikan pakaianku. Dulu waktu awal-awal kuliah aku mencuci sendiri. Tapi kemudian aku gak tahan nyuci sendiri. Soalnya kalau aku nyuci bisa satu atau dua jam, menurutku sangat rugi waktu sekali. Jadi akupun berpikir ulang untuk mengatasi problem itu.

Di sebuah tempat laundri ternyata membolehkan untuk mencuci sendiri. Aku menyebutnya rental mesin cuci, perjamnya Rp4000. Dari satu rental mesin cuci aku pindah ke rental mesin cuci lain. Eh beberapa minggu kemudian mesin cucinya pada rusak.

Beberapa hari kemudian kubaca tulisan di depan ruko itu, “cuci kering+setrika Rp3000/kg, cuci kering Rp1500/kg, cuci basah Rp6500/5kg”. Akupun jadi berpikir untuk ngelaundri. Sebab kuhitung-hitung sebelumnya kalau aku merental mesin cuci, butuh waktu 1,5jam untuk menyelesaikan semua cucianku jadi mengeluarkan duit Rp6000/nyuci. Belum lagi sabun cuci yang kugunakan. Wah pikirku mending ngelaundri kering aja. Mungkin pakaianku sekitar 5-8 kg. Jadi uang yang kukeluarkan beda dikit aja.

Hingga sekarang aku melaundri pakaianku cuci kering. Karena minimal untuk cuci kering adalah 5kg maka aku kalau melaundri tunggu pakaian kotrku numpuk dulu. Biasanya sih aku melaundri seminggu sekali.

Karena aku memilih cuci kering karena harganya aja setengah dari cuci plus seterika. Mengirit uang kiriman gitu. Lagipula kalau mau seterika di kosan kan bisa. Apa gunanya aku bawa seterika jauh-jauh dari Kalimantan. Tapi selama ini aku jarang nyeterika bajuku loh.. (Duh ketauan deh aibku).

Dari laundri ada satu hal penting yang kupetik. Ternyata beda hasil cucian pria dan wanita. Meskipun gak diseterika hasil laundrian di tempat laundri rapi banget, harum lagi. Pokoknya mendamaikan hati banget. Kalau nyuci sendiri mah masih kusut dan apek lagi. /He..he.. (Apa cara nyuciku yang salah yak.? Gimana toh cara nyuci yang bener dan hasil bagus?). Tapi aku mah gak terlalu ngeribetin itu, cowok mah ujung-ujungnya yang nyuciin baju sang isteri. (Iye kalau si isteri mau nyuci baju lu, kalau gak gimana syil? harus donk… gakgakgak… peace..!)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)

07 Oktober 2009 13.25 By Tembalang Online 55 Komentar

Solusi Rubik dengan Rumus

Sambungan dari Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2) dan Bagian 1. Bagi yang belum membaca silakan baca dulu. Kaena keterangan dari beberapa istilah yang ada di posting ketiga ini ada di posting sebelumnya.

Setelah berhasil menyelesaikan satu sisi. Dan sel tengah (nomor 5) dari tiap sisi sama dengan ketiga sel di atasnya (nomor 1,4,7). Selanjutnya adalah menyamakan warna sel yang kanan kiri dari sel tengah itu (nomor 2 dan 8). Lihat dua rumus berikut dan pelajari baik-baik cara menggunakan rumus tersebut.

Rumus Sejajar : Ri2, Ui, Bi2, Li, D2, L, Bi2, U.
Rumus Berseberangan : Ri, Bi, Li, D2, L, Bi2, Ri, Bi.

Ingat!
R = Right (Kanan)
L = Left (Kiri)
U = Up (Atas)
D = Down (Bawah)
F = Front (Depan)
B = Back (Belakang)
i = Inverter (Berlawanan arah jarum jam)
Ohya, angka 2 rumus di atas maksudnya adalah memutar sebanyak dua kali. Contoh D2 = Down dua kali. Jadi D2=Di2.

Cara menggunakan rumus tersebut

Pertama letakkan sisi yang telah sama warnanya, dalam hal ini biru, pada sisi Left. Perhatikan bahwa sisi F, U, B, D, yang sebelumnya keempat sel yang telah seragam warnanya adalah nomor 1, 4, 5, 7, sekarang menjadi sel nomor 1, 2, 3, 5. Kedua rumus di atas digunakan untuk mengubah sel nomor 4 dan 6 dari tiap sisi F, U, B, D. Alias ada 4 kubus kecil yang hendak kita seragamkan warnanya. Syukur2 kalau dari keempat kubus tersebut sudah ada yang warnanya sudah cocok.

Kemudian perhatikan bahwa kubus dari sel nomor 1 dan 3 dari sisi F, U, B, D (berarti sebanyak 4 kubus) memiliki 3 wana yaitu biru dan 2 warna berbeda lain, sebut saja kubus-kubus ini dengan Dora. Cari sebuah kubus yang letaknya di tengah pinggir dari sisi Right (nomor 2, 4, 6, dan 8). Yang memiliki dua warna yang sama dengan salah satu kubus dari Dora, sebut saja kubus ini dengan Emon.

Jadikan sisi yang ada Dora, yang memiliki dua warna yang sama tadi dengan Emon, menjadi sisi Front dimana Dora tersebut posisinya adalah sebagai sel nomor 3. Kemudian putar sisi Right sedemikian hingga Emon berada sebagai sel nomor 6 jika dilihat dari sisi Right.

Lakukan rumus tadi pada saat rubik posisi ini. Gunakan rumus sejajar jika kedua warna Dora dan Emon yang sama tadi apabila ditarik garis lurus maka sejajar. Jika tidak maka gunakan rumus berseberangan.

Sampai disini bisa tak?? Bahasaku muter-muter yach? Aku aja yang bikin tutorial juga bingung. Enaknya belajar rubik sih emang sebaiknya langsung praktek! Kalau dibiki tutorial yach jadinya panjang banget kayak gini. Inipun belum selesai. Tunggu selanjutnya! Pokonya kuasai teknik pada posting 2 dan 3 dulu..

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 4)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

05 Oktober 2009 23.14 By Tembalang Online 24 Komentar

Menyelesaikan Rubik

Sambungan dari Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

Sebelumnya perlu saya jelaskan dulu mengenai istilah yang nanti saya gunakan. Misalkan di depan kita ada rubik dimana salah satu sisi tepat di depan muka kita. Sisi itu disebut Front sedang sisi yang belakang disebut Back. Atas=Up, Bawah=Down, Kanan=Right, Kiri=Left. Berikut singkatnya:
F=Front
B=Back
U=Up
D=Down
R=Right
L=Left
Untuk F,B,U,D,R,L berarti memutarnya searah jarum jam. Kalau Fi,Bi,Ui,Di,Ri,Li adalah berlawanan arah jarum jam. Huruf "i" dari kata inverter. Jadi misalnya saja Li=Left inverter, berarti memutar sisi kiri dengan arah berlawanan jarum jam.

Oke langsung praktek!

Untuk langkah pertama adalah menyelesaikan salah satu sisi rubik. Misalkan ingin menyusun suatu sisi yang selnya biru semua. Mulai dari sel pojok kiri atas. Lalu sel kiri tengah, dst. Kalau aku urutannya sbb:

















147
258
369

Maaf yach gambarnya jelek. Aturannya begini; Misalkan sel yang merupakan pojok kanan atas (yang bernomor 1) adalah sel yang memiliki warna biru, merah, dan kuning. Kita anggap birunya berada di atas (Up) maka merah di kiri (Left) dan kuning di belakang (Back). Selanjutnya kerjakan sel nomor 2, taruh dengan sel yang mempunyai warna biru dan merah. Ingat harus biru dan merah! Dimana biru di Up dan merah di Left. Begitupula sel nomor 3, harus yang mengandung biru dan merah, dan merahnya di Left. Perhatikan bahwa ketiga sel di baris pertama Left berwarna merah. Pada sel nomor 4 cari sel yang memiliki warna biru dan kuning begitu pula dengan sel nomor 7, sehingga ketiga sel di baris pertama Back berwarna kuning. Dan seterusnya ikuti urutan nomor. Intinya ketika menyamakan semua warna di sisi atas maka ketiga sel pada baris pertama (nomor 1, 4 dan 7 sisi lain) sisi lainnya (kiri, belakang, depan, kanan). Dan pada waktu mengerjakannya di utak-atik lah sedemikian rupa agar tepat diletaknya. Banyak-banyak latihan deh dalam menyelesaikan satu sisi ini.

Ohya, hampir terlupa, untuk menyelesaikan sel terakhir yaitu sel nomor 9 kan agak sulit, itu enaknya pakai rumus bro! Sisi yang hendak kita samakan semua warnannya kan di Up, sehingga jika dilihat dari Front sel nomor 9 terletak di pojok kanan atas. Oke posisi seperti itu jangan goyang-goyang yach. Ikuti rumus berikut; Ri, D, R, Di, diulang-ulang sampai warna biru pada sel nomor 9 berada di Up. Satu sisi pun telah berhasil.

Seteleh itu sisi Up diputar-putar aja sampai sel tengah-tengah pada sisi R, F, L, B, warnanya serupa dengan ketiga sel diatasnya (baris pertama sisi).

Sampai disini ada yang kurang jelas..?? Sori ya aku sambung nanti lagi. Aku mau pulang ke kos dulu. Capek seharian di kampus, laper, mo makan dulu. Tunggu ya sambungan tutorial ini selanjutnya.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)


Selengkapnya...

Reaksi: 

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

11.16 By Tembalang Online 20 Komentar

Gambar Rubik

Pasti teman-teman pernah memainkan permainan ini. Setidaknya penah lah melihatnya. Cuma mungkin kurang tahu aja namanya apa, seperti halnya diriku. Aku baru tahu namanya rubik baru-baru ini. Sebelumnya mungkin lebih sering menyebutnya kotak puzzle atau kotak mekanik 6 warna. Taukah teman-teman bahwa ternyata ada semacam rumus gitu untuk penyelesainnya.

Rubik adalah sebuah kotak kubus 6 sisi yang memiliki 6 warna berbeda. Dan tiap sisi terdapat 3x3 cell. Lebih tepat menyebutnya adalah rubik 3x3 dan dalam bahasa inggris adalah rubic cube, karena ada juga rubik yang 2x2, 4x4, dst.

Oke lanjut. Untuk menyelesaikannya tidak mudah, bagi yang belum tahu ada suatu rumus tertentu. Bisa berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, itupun masih belum ketemu. Untuk yang sudah tahu biasanya cuma sekitar 2 menit untuk menyelesaikannya atau bahkan kurang. Rekor dunia saat ini kalau gak salah cuma 11 detik untuk menyelesaikannya.

Kalau aku sendiri masih baru sekitar 10 menit. ^^. Namanya juga baru sekitar satu minggu. Aku mengenalnya waktu di kapal pulang dari pangkalanbun ke semarang. Di kapal, si Fandi memainkan rubiknya. Lalu rubik itu kupinjam sekaligus berguru sama dia. Dan akhirnya besoknya aku berhasil menyelesaikan.

Berikut akan aku jabarkan rumus-rumus yang kudapat untuk menyelesaikannya. Ohya, perlu diketahui bahwa cara yang kupakai ini cuma satu dari berbagai cara untuk menyelesaikannya. Jadi mungkin ada cara yang lebih cepat lagi. There is just sharing, okay.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Ragnarok Online, Game Online Favorit Indonesia

04 Oktober 2009 15.58 By Tembalang Online 3 Komentar

Logo Ragnarok Online

Sudah bertahun-tahun aku tak main game ini. Terakhir kali main itu kelas 3 SMP. Apakah aku akan demam kecanduan game ini lagi? Ohya, aku mau cerita mengenai sejarah aku main game.

Aku mengenal Ragnarok Online pertama kali sewaktu kelas 1 SMP. Berlanjut hingga di penghujung kelas 3 SMP. Pokoknya kalau gak Ragnaok Online (RO) ya Counter Strike (CS) yang hampir tiap hari kumainin. Aku mainnya di Game Center / Warnet. Pada waktu itu tarif main game masih mahal. Kalau game online seperti RO perjamnya Rp9000, sedangkan game ofline seperti CS perjamnya Rp4000. Wew lumayan, bayangin aja kalau tiap hari main, berarti sudah berjuta-juta rupiah yang telah kukeluarkan selama ini. Belum lagi pada waktu itu aku juga demam game Play Station (PS). Weks, dulu aku emang gamer banget. Tiada hari tanpa main game dah.

Semenjak SMA aku tak lagi main RO, aku lebih seringnya main game offline. Yaitu Command and Conquer (CnC), Warcraft, Battle Realms, dll, yang terakhir kali aku demen adalah DotA. Aku lebih suka bermain game bareng teman-temanku. Tapi kalau gak ada temen yang lagi kepengen main game aku biasanya main sendiri aja. Tarifnya masih Rp4000/jam.

Semenjak lulus SMA aku dah jarang main game lagi. Paling-paling main DotA sendiri di laptop. Aku seringnya sih ngeblog dan facebookan, sebelumnya adalah friendsteran.

Hari ini aku sedang main RO lagi. Bulan kemarin dapat masteran gitu dari Pradzt. Kali ini berbeda dari sebelumnya. Dulu kan kalau main ngeluarin duit, kalau sekarang gak sama sekali. Soalnya kan pake akses internet hotspot kampus.

Tapi ada satu hal yang sama dari sebelumnya, yaitu sama-sama membuat waktuku terbuang untuk main game. Abisnya gak ada kerjaan sih. Aku juga bingung mau ngapain lagi.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Silaturahmi Mahasiswa Kobar ke Rumah Kediaman Bupati Kobar, Bpk Ujang Iskandar

03 Oktober 2009 18.12 By Tembalang Online 3 Komentar

Foto Dokumentasi Silaturahmi Mahasiswa Kobar ke Rumah Kediaman Bupati Kobar, Bpk Ujang Iskandar

Pada hari Selasa, 22 September 2009 (lebaran ke-3) lalu, kami para mahasiswa Kotawaringin Barat yang berkuliah di berbagai kota lain di luar Kobar, mengadakan kegiatan silaturahmi ke kediaman bapak bupati, Ujang Iskandar, yang beralamat di jalan HM Rafi’i Pangkalan Bun.

Para mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia seperti Palangkaraya, Semarang, Jogjakarta, Malang, dan kota lainnya yang kebetulan sedang pulang ke daerahnya, Pbun dan sekitarnya, pun tak mau terlewatkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mungkin sekitar seratusan mahasiswa ikut berpartisipasi pada sore itu.

Awalnya turunnya hujan di Pangkalanbun cukup menjadi ancaman kelangsungan acara tersebut. Tapi alhamdulillah hujan pun reda, dan hingga selesai acara silaturahmi itu berjalan lancar. Kegiatan silaturahmi itu sendiri beranjak dari ba`da ashar hingga pukul 5 sore.


Foto Dokumentasi Silaturahmi Mahasiswa Kobar ke Rumah Kediaman Bupati Kobar, Bpk Ujang Iskandar

Adit, Arsyil, Rico, Julian, Flasky


Arsyil dan Bupati


Rico, Istri Bupati, Arsyil, Julian


Selengkapnya...

Reaksi: 

Arsyil_keren's Blog (arsyil.blogspot.com) Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1430H

20 September 2009 16.06 By Tembalang Online 8 Komentar

Duh judulnya kayak resmi aja tuh. Sebenarnya cuma dariku untuk sekedar mengucapkan "Met Lebaran". Singkat, padat dan jelas! ^^

Atas nama blogku, aku mau meminta maaf kepada semuanya yang pernah membaca blogku. Baik yang sengaja membaca atau tak sengaja kesasar ke blogku. Banyak maaf yang ingin kusampaikan.


Pertama, adalah buat yang sudah komen di blogku tapi belum sempat kubalas. Dan buat para blogger yang telah blogwalking dan komen di blogku. Tetapi tidak ku blogwalking dan komen balik. Maaf ya.

Kedua, buat para netter yang kesasar di blogku tapi ternyata tidak mendapatkan yang dicari. Maaf sama sekali bukan maksudku. Ke depan mungkin aku akan lebih aktif lagi menulis berbagai hal yang memang sesungguhnya dicari oleh netter.

Ketiga, apabila baik sedikit atau banyak dari tulisanku ada yang tidak berkenan aku mohon maaf sebesar-besarnya.

Sekian beberapa untaian kata dariku berkenaan lebaran hari ini. Akhirul kalam, Arsyil ucapkan terima kasih.

Selamat Idul Fitri 1430 H! Taqaballallahu mina wa minkum. Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin..

=aRSYIL=

Selengkapnya...

Reaksi: 

Koleksi Ucapan Lebaran Via Sms / Sms Ucapan Selamat Idul Fitri

18 September 2009 20.59 By Tembalang Online 4 Komentar

Jalan-jalan ke tanjung puting.
Jgn lupa bawa ranting.
Minal aidin wal faidzin.
Mohon maaf lahir dan batin.

Kalau pantun tadi dari gue. Sebenarnya itu adalah kartu ucapan via sms dariku lebaran tiga tahun lalu (2006/1427H). Begitupun beberapa sms ucapan lebaran di bawah ini. Kebetulan dulu aku kurang kerjaan menulisnya. Nah, mungkin aja masih ada yang tertarik.


1---
BIG SALE IDUL FITRI. Diskon besar utk smua jenis dosa. cranya: ulurkan tngan, ucapkan maaf dan tebarkan senyum pada smua org.. MET IDUL FITRI. mAaF LaHir wa BatHin.

2---
Sblm mlaikt pd mdk, opratr pd sbk & aym jd opor, Qucpkn Taqabballallahumina Wa minkum.. Minal Aidin Wal Faidzin.. Mfn kl ad slh, lunasn kl aq ad utang!!

3---
Mo lbrn buru2 bli bju d jawa.
Blix pas tkbran, tkox ttp smua.
Lbrn yg pntg bkn bju brux.
Tp hti yg bru dgn slg maafn.
"M3t L3B@r@n"
Mhn maaf lhr n btn. K3y!

4---
Tabuh brbunyi mmchkan ksunyian, gema takbir brkmndg mnggngkn asma Allah d hr yg pnuh ampnn kmhnkn maaf drmu minal aidin wal faidzin.

5---
Kdang kata mrangkai dusta, tingkh laku brbuah luka.. m'gores sukma, m'bekas d hati.. mnjelang dtgnya hr kmnangan, t'ucp kata maaf dr hati.. MAAF LAHIR N BATHIN

6---
Seiring dgn kmndng tkbir, seiring dgn dtngx hri kmenangn, seirng dgn berakhirx bln ramadhn, seiring dgn jaringn yg sibuk trus.. Dri lbuk hti q yg plg dlm mgucpkn "MINAL AIDIN WALFAIZIN" mohon maaf lahir n btin.. I'm sorry friend!

7---
Allah hu akbar 3x Laailaa haillallah hu wawllah hu akbar, Allah hu akbar walillailham,
ass tmen2 q.. Gni kta dr awal ktmu mpe skrg pst byk sikap, ucapan, je yg g enak di liat n di dgr, u/ itu... skrg d mment yg plg indah ini.. je mnta maaf dr lbuk ht je yg plng dlm ya, mhn maaf lhr btn.. T_T.. mohon maaf ya.. yg ikls ya..
Wss

8---
Dkm krndhan hati, ad kluhurn budi. Dlm kmiskinn hrta, ad kkyaan jiwa. Hdp ini indah jika ad sorry between us. SLMT HR RY IDUL FITRI MHN MAAF LHR & BATHIN

9---
Pergi ke kapal bersama Aladin.
Memancing kakap dpt patin.
Minal aidin wal faidzin.
Mohon maaf lahir batin.

10---
Jika hati sebening air, jgnlah ia keruh. Jk hati seputih awan jgnlah ia mendung. Jk hati s'indah berlian jagalah dgn iman. Kini Q hanya ucapkn "Mhn maaf lahir & Bathin"

Gimana, ada yg bikin km tertarik? Kartu ucapan selamat lebaran via sms sementara 10 aja dulu ya. Mungkin insyaallah mau posting lagi. Lebih-lebih kalau ada kebaikan hati dari teman2 semua yg mau nyumbangin ke blog q. Ditulis gih di kotak komentar.
Tengkyu..

Selengkapnya...

Reaksi: 

Idul Fitri Lebaran 2009 Jatuh Pada Hari Minggu Tanggal 20 September?

17 September 2009 04.18 By Tembalang Online 2 Komentar

Ini hari Kamis. Besok Jumat, lusa Sabtu. Wew, 2 hari lagi coy! Ga terasa banget! Alhamdulillah sekali. Semoga puasa tetap lancar sampai dua hari ke depan. Amin. Dan sekalian bersiap untuk lebaran..

Loh, sepertinya saya sudah yakin banget ya kalau lebarannya benaran hari Minggu tanggal 20 September. Padahal kan di kalender 1 Syawal jatuh pada tanggal 21?

Untuk sementara ini memang yang sudah mengumumkan adalah Muhammadiyah berkaitan dengan kapan lebaran. Yaitu tanggal 20 September. Untuk NU, belum. Sedangkan pemerintah sendiri melalui Departemen Agama akan mengumumkan kapan jatuh Lebaran Idul Fitri pada hari Sabtu, 19 September.

Hal itu dikarenakan diperkirakan pada hari Sabtu hilal telah terlihat. Apabila iya, maka otomatis pada esok harinya yaitu Minggu 20 September merupakan Lebaran 2009 / Idul Fitri 1 Syawal 1430 H.


=aRSYIL=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Laki-laki 99% Pikiran dan 1% Perasaan ? Perempuan 99% Perasaan dan 1% Pikiran ?

15 September 2009 04.01 By Tembalang Online 7 Komentar

Sebenarnya sudah sejak SMA, aku pernah dengar pernyataan ini. Waktu itu bukan pikiran dan perasaan, tapi akal dan nafsu. Jadi begini bunyinya, "Cowok 99% akal dan 1% nafsu dan cewek 1% akal dan 99% nafsu". Nah lo, maknanya sama ga ya? Dan apakah ada studi khusus terkait ini? Kemudian aku pun mencoba cari informasi di internet.

Waktu buka2 di internet malah banyak nyantol di forum2 netter Malaysia. Wah ternyata mitos tersebut ga cuma beredar di Indonesia aja lo sob, di negeri Malay juga.

Sayangnya aku belum mendapatkan referensi ilmiahnya. Yang ada cuman forum2 yang ngangkat masalah itu.

Dari hasil pencarianku itu, ternyata memang ada buku yang membahasnya dan sudah meyakininya. Bagaimana dengan kamu, setuju dengan pernyataan tersebut?

Kalau aku sendiri setuju sih. Soalnya emang ada benarnya juga. Cewek itu nafsunya lebih gede ketimbang cowok. Dan laki-laki berpikir dulu baru bertindak sedangkan cewek suka langsung bertindak tanpa dipikirkan matang-matang.

Mengenai angka 99% dan 1%, menurutku hanya perumpamaan aja kali ya. Tapi juga melihat dari sisi berbeda. Coba kita lihat pernyataan itu bahwa laki-laki 1% perasaan dan perempuan 99%. Jika dijumlahkan maka 1%+99%= 100%. Begitu pula dengan perempuan 1% pikiran dan laki-laki 99%. Aku menganggap ini sepertinya Tuhan memang menciptakan pria dan wanita untuk saling melengkapi kekurangan maupun kelebihan masing-masing. Tiap pria punya kelebihan juga kekurangan yang dimilikinya. Dan disitulah kelebihan wanita untuk melengkapinya.

Wah jadi inget sama kisah adam dan hawa. Dimana Allah ntu menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam. Nah lo, siapa ya tulang rusukku? Kembali donk ke aku.. Sakit pinggang neh. Wakakaka. Yukk deh syil!

Sungguh Tuhan menciptakan makhluknya dengan berpasang-pasangan!

=aRSYIL=


Selengkapnya...

Reaksi: 

Menulis Posting Blog Yang Baik Agar Search Engine Google Friendly

14 September 2009 15.34 By Tembalang Online 7 Komentar

Wah kayaknya dah lama gua kagak posting di blog ini. Tulisan pada bulan September aja baru tulisan ini. Abisnya kemarin2 belum punya inspirasi buat ditulis. Tapi sekarang gue dah mulai punya banyak unek2 yang kepengen dicurhatin ditulis.Kali ini gue mau share tips menulis di blog. Ini berdasarkan pengalaman sendiri juga.
Berikut 4 tips dari saya..


1. Buatlah judul tulisan tidak pendek. Contohnya adalah judul posting yang sedang saya tulis ini. Karena semakin panjang judul posting maka semakin banyak keyword yang masuk, semakin baik donk buat peluang muncul di Google. Kalau menurutku sih paling baik sekitar 5-10 kata.

2. Letakkan kata yang paling diprioritaskan pada awal kalimat judul posting.
Karena perlu diketahui bahwa pada permalink posting blogspot hanya mengambil sekitar 5 atau 6 kata dari judul.
Perhatikan aja pada alamat url postingan ini. Dan perlu disadari pula bahwa hanya sekitar 5 atau 6 kata dari judul yang ditampilkan pada SERP (Search Engine Result Page) saat Google mengindeks posting kita.

3. Jangan terlalu panjang membuat artikel tulisan dan jangan terlalu pendek pula.
Karena dari info yang saya dapat, para netter hanya menyisihkan waktu tak lebih dari 3 menit untuk membaca suatu tulisan blog. Kalau tulisan kita panjang banget maka bisa dipastikan netter lebih memilih langsung segera membaca di akhir tulisan. Menurut aku sih yang efektif tulisan kita cukup sekitar 5-8 paragraf saja. Mungkin pengecualian untuk artikel yang bersifat ilmiah, edukasi, atau bersifat referensi. Dan juga jangan terlalu pendek pula. Misalnya saja hanya dua paragraf. Akan menjadi sangsi bagi google untuk menempatkan posisi posting kita di baris teratas alias postingan kita akan dianaktirikan.

4. Berikan kalimat penjelasan dari gambar yang kita pasang.
Pada saat kita bikin posting dan mengupload gambar, akan terbentuk rumusan html, salah satunya adalah "alt". Maka jangan lupa untuk mengisinya (alt="disini") dengan kata kunci untuk gambar tersebut. Contoh misal saya memasang foto saya maka akan saya isi : alt="Arsyil Hendra Saputra". Tujuannya adalah selain agar memberi kata penjelas ketika browser menonaktifkan load gambar, juga agar mesin pencari Google mudah mengidentifikasi gambar kita itu. Sehingga saat netter mencari gambar dengan suatu keyword di Google maka akan mendapatkan gambar yang mereka cari.

Sekian tips saya,semoga bermanfaat!
Terima kasih.
=aRSYIL=


Selengkapnya...

Reaksi: 

Cara Setting GPRS Internet dan MMS Kartu As Telkomsel

22 Agustus 2009 12.20 By Tembalang Online 20 Komentar

kartu as telkomsel

Wah tidak terasa sudah hampir tiga tahun diriku menggunakan Kartu As. Setia banget sih diriku. Padahal menggunakan kartu as ini kalau dibilang murah sih enggak. Lebih murah menggunakan IM3 atau yang lainnya.

Kalau dulu waktu masih SMA tuh semuanya pada pake kartu as. Katanya paling murah bagi pelajar. Kalau aku sendiri lebih suka karena gak ribet. Tarif sms dan teleponnya jelas. Gak kayak yang lainnya tunggu nelpon berapa menit gitu baru murah. Eh taunya sekarang kartu as ikut-ikutan ribet juga, belum lagi tarifnya tuh relatif mahal ketimbang operator lainnya.

Aku masih menggunakan Kartu As tak lain karena sudah melekatnya jiwaku dengan nomor itu. Arsyil kan orangnya setia.. ^^ (huEhuEHe). Kata orang terdahulu kan, “Nomor telepon mencerminkan orangnya” (Emang dulu dah ada telepon??).

Oke langsung aja mengenai cara seting GPRS / Internet pada Kartu As Telkomsel ada dua langkah :


  • Aktivasi Kartu
    Ketik: GPRS(spasi)16 angka belakang kartu
    Contoh: GPRS 6210194949021438
    Kirim ke: 6616

  • Aktivasi Handphone
    Ketik: S(spasi)Merk Hp(spasi)Tipe Hp
    Contoh: S SE Z530I
    Kirim ke: 5432



Maksud aktivasi kartu dan aktivasi handphone disini adalah bahwa apabila menginginkan HP bisa berinternetan ria maka kudu katu dan hp kedua-duanya diaktifkan gprsnya. Pada saat aktivasi handphone dilakukan maka akan diterima dua buah settingan yaitu setting GPRS dan MMS. Sedangkan pada saat aktivasi kartu, cukup menunggu pesan balasan saja bahwa GPRS/MMS telah diaktifkan.

Aktivasi Kartu juga dapat dilakukan dengan cara mengakses ke Telkomsel One Stop yaitu *999#. Kemudian pilih “KartuAS-ku” (pilihan 2), OK. Selanjutnya pilih “Aktivasi Layanan” (pilihan 5). Tunggu hingga mendapat pesan mengenai proses aktivasi.

Selamat mencoba..

Selengkapnya...

Reaksi: 

Resep Masakan Sederhana Menggunakan Bihun Ala Anak Kos Buat Sahur

06.19 By Tembalang Online 12 Komentar

Wah gak terasa sudah bulan puasa lagi. Dan puasa bulan ini bersama keluarga alias di rumah lagi. Tahun kemarin waktu puasa bareng teman2 kos. Tapi sedikit kangen juga sih sahur n buka bareng2 temen kos.

Meskipun kali ini puasa di rumah tetapi Ibuku lagi gak ada. Beliau ke Jawa, ke desa mbahku. Jadinya gak ada yg masakin buat sahur.

Oleh itu timbullah inisiatifku untuk masak sendiri (ceile..!). Sebagai anak yang paling suka mengkritisi masakan ibuku, kali ini aku mau coba masak sendiri. Wakakaka. Barang masakan sederhana gpp lah. Namanya juga anak laki2, suka malas lagi, bisa apa sih.

Bersama adikku yg masih kelas 5 SD, kucoba sebuah masakan, "BIHUN GORENG SEDERHANA". Semangat! Kamu pasti bisa masak enak syil!

Berawal dari tak sengaja melihat satu bungkus besar bihun. Lalu kuberinisiatif untuk menyulapnya menjadi makanan yang enak. Kemudian kucari di internet masakan sederhana apa yang menggunakan bihun. Ternyata pada tertulis bahan2 yang sekarang gak ada, semisal udang, ayam, sosis, wortel sawi, dll. Jangankan bahan2 tsb, bawang merah aja gak ada nih. Yang ada sih kayak garam, msg, kecap. Tapi di tangan Arsyil insyaallah makanannya masih berbentuk makanan kok. ^^ Sepulang terawih langsung kulaksanakan.

Sebelumnya tadi bihun kemasan 190gr telah kurendam dalam air dan sudah kutiriskan. Adikku membantu mengiriskan bawang putih dan bawang bombai. Sambil mengecek bahan2 yang ada, wajan beserta sedikit minyak goreng telah kupanaskan.

Sebelumnya aku membuat telur orak-arik dahulu. Yaitu sebanyak 2 telur kugoreng lalu kuorak-arik di atas wajan.

Setelah telur orak-arik selesai, kupanaskan lagi wajan dengan menambahkan lagi sedikit minyak goreng. Setelah dah panas kutumis dulu bawang yang tadi sudah diiris2. Diikuti dengan bahan2 lainnya, telur orak-arik dan bihun. Tak lupa bumbu2nya: garam, msg, lada (merica bubuk), ditaburinya jangan kesedikitan nanti gak ada rasa lo. Kemudian diberi kecap. Lalu diaduk2 semuanya sampai merata.

Wah payah, diriku ngasih kecap kebanyakan! Sempat aku meragukan banget kalo masakan yg lagi kubuat ini enak. Bikin banyak lagi, siapa yang makan nih.

Oke langkah nyaris terakhir adalah mencicipi! Kusuruh "korban pertama" yaitu adikku untuk mencicipinya. Dia diam mungkin berarti "tidak 'tidak enak'". Dengan penasaran kucicipi sendiri aja. Asoy, enak cuy! Sumpe, lumayan kok.

Hore..,! Eksperimenku berhasil. MAUU,,..!??
^^

=aRSYIL=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Nasi Goreng Maut Ala Arsyil

21 Agustus 2009 07.38 By Tembalang Online 2 Komentar

Bikin masakan ini malah jadi ngingetin masa SMA dulu. Dulu tepatnya kelas XII SMA aku sering membawa makan dari rumah ke sekolah. Kami sekelas emang sering rame2 bawa makan ke sekolah.

Nasi goreng maut adalah yang paling sering kubuat dan kubawa ke sekolah. Yup, aku buat sendiri loh. Aku itu emang orang yang suka dengan masakan2 unik. Jadi sepertinya mungkin istriku nanti kelak wajib kudu pintar masak. Sebab jika kita masak sendiri tuh menurutku ada kepuasan tersendiri.

Mau tau resepnya nasi goreng maut ini? Caranya mudah banget kok! Tapi sebelumnya mungkin perlu kudeskripsikan dulu. Nasi goreng maut ini kurang tau nama aslinya. Nama itu dijuluki sama teman2 SMAku dulu. Masakan yang kubuat secara gak sengaja ini merupakan perpaduan nasi dengan mie lalu digoreng bareng. Nah lo, masa gak pernah makan nyang kayak begini?

Berawal dari sekedar rebus mie goreng seperti biasa. Lalu terpikir olehku untuk menggorengnya. Kugoreng dengan telur dan menambahkan nasi. Jadi deh NASI GORENG MAUT ALA ARSYIL.

Mie yang kugunakan merupakan mie goreng instan biasa. Bagi anak kos pasti ada lah di kamar. Trus kurebus seperti biasa tapi. Setelah matang gak langsung kutaburkan bumbu2nya. Tapi kutiriskan dan kubiarkan dulu.

Kompor masih hidup kunaikkan wajan penggorengan beserta sedikit minyak goreng secukupnya, plus minyak goreng yang dari bumbu mie. Kutaburkan juga irisan bawang putih dan tomat serta sayuran lain yang ketika itu ada. Selanjutnya isi sebuah telur ayam kumasukkan. Diikuti dengan mie yang tadi sudah ditiriskan dan nasi secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Kucampur adukkan semuanya dengan menambahi secukupnya garam dan MSG.

Selamat mencoba..

Selengkapnya...

Reaksi: 

Cokelat Bikin Jerawat Tambah Menjadi Gak Sih?

20 Agustus 2009 15.20 By Tembalang Online 2 Komentar

Sebel banget deh sama benda yang namanya jerawat. Bikin muka gak keren. Apalagi jerawatnya di hidung di pucuknya lagi. Nah lo, pinokio deh jadinya.

Beberapa hari lalu aku lagi penyakit itu. Di hidung lagi. Tapi ini hari kayaknya dah gak nongol lagi. Alhamdulillah. Itu jerawat kemarin2 tuh nongolnya seminggu lebih lo. Sempat punya dua anak lagi.

Ketika lagi berjerawat itu aku lagi suka2nya makan cokelat. Entah akhir2 ini aku lagi hobi ngemut cokelat pasta.

Aku tidak tau apakah ada pengaruh makan cokelat terhadap jerawat sehingga dapat membuatnya betah nongol. Tapi tuh sempat kuhentikan makan cokelat, eh jerawatnya agak kempis. Tapi waktu besoknya makan cokelat lagi malah gak jadi ilang, beranak dua lagi. Weleh2.

Trus kuhentikan lagi makan cokelatnya dan alhamdulillah dah menciut jerawat sekeluarga tersebut.

Ada yang bilang bahwa cokelat memang pantangan yang kudu dijauhi apabila lagi punya jerawat. Tapi ada yang bilang juga bahwa pernyataan tersebut gagal dibuktikan. Alias cokelat gak berpengaruh. Bahkan setelah kubaca2 di internet, tumbuhnya jerawat sama sekali gak dipengaruhi dari makanan yg dimakan. Kecuali orang yg punya alergi terhadap makanan tertentu.

Kalau aku, ntuk stetmen yg terakhir tadi aku agak kurang setuju lo. Aku sudah membuktikan sendiri bahwa cokelat punya pengaruh. Entah deh. Sobat buktikan sendiri juga ya. Kalau udah, jangan lupa kasih tau aku!

=aRSYIL=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Resep Soto Manggala (Masakan Khas Pbun?)

15 Agustus 2009 19.01 By Tembalang Online 14 Komentar

Beberapa waktu lalu ada seseorang yang menanyakan mengenai resep dari Coto Manggala posting ini. Tulisanku itu awalnya berbicara mengenai makanan khas Pangkalanbun dan ada kusebutkan salah satu makanan khasnya adalah Soto Coto Manggala tetapi tidak kujelaskan lebih rinci. Oleh itu kali ini diriku akan menjelaskannya kebetulan Ibuku sering membuatnya.

Seperti namanya coto, makanan ini mirip soto kebanyakan tetapi berbeda pada bahan intinya. Bahan intinya adalah manggala, merupakan bahasa daerah untuk ketela. Penasaran? Kalau gitu dicoba aja. Di bawah ini adalah resep yang diturunkan oleh ibuku kepadaku.. (^_^)

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:


  1. Ketela 1 kg

  2. Kaki ayam yang telah dipotong kecil-kecil (1 kaki dipotong 3 bagian) sebanyak ½ kg

  3. Daun Bombai 1 ons

  4. Seledri secukupnya

  5. Bawang goreng seperlunya

  6. Kayu manis 1 buah (10 cm)

  7. Royco rasa ayam

  8. Air 2 liter

  9. MSG secukupnya

  10. Bawang putih

  11. Merica

  12. Garam



Cara memasak:

  1. Siapkan racikan bumbu yaitu bawang putih, merica, dan garam diuleg

  2. Rebus ketela tetapi tidak sampai matang (setengah matang) setelah itu buang airnya

  3. Tambahkan air kembali, potongan-potongan kaki ayam, dan racikan bumbu yang telah diuleg tadi

  4. Kemudian tambahkan Royco, MSG secukupnya dan potongan bawang bombai

  5. Masak beberapa menit

  6. Dihidangkan dengan selesri dan bawang goreng seperlunya.

  7. Bereskan peralatan masak dan jaga kebersihan. ^_^



Itu tadi penampilan resep masakan Coto Mangala. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa ya kirim undangan kalu memasaknya. ^_^

=Arsyil=

Selengkapnya...

Reaksi: 

Penampilan GEMPITA SMANSA Pada SMANSA CUP 2009

18.44 By Tembalang Online 1 Komentar

Penampilan Drum Band Gempita Smansa P bun

Minggu (9/8/09) sore sekitar pukul 16.00 acara pembukaan SMANSA CUP 2009 dimulai. Acara pembukaan dari kegiatan yang konon terbesar di SMAN 1 Pbun dihadiri oleh berbagai tamu dari sekolah lain dan juga perwakilan dari Dinas Pendidikan guna membuka acara tersebut. Tak lupa pula diriku dan beberapa teman lainnya yang merupakan alumni untuk datang melihat kemeriahan acara tersebut. Tapi bagi diriku tujuan yang cukup penting juga adalah melihat penampilan dari Drum Band Gempita Smansa. Melihat hasil dari latihan mereka berhari-hari yang lalu.

Tak beberapa lama masuklah susunan acara dimana merupakan penampilan dari Drum Band Gempita Smansa. Dan akupun segera mempersiapkan kamera hape (pinjam sih) untuk mengabadikan gambarnya. Untungnya hape yang kupinjam lumayan bagus kualitas gambarnya dan juga bisa shoot video.

Di awal penampilan mereka cukup lumayan. Barisan rapi dan pukulan alat mereka gak kacau. Ditambah pakaian mereka yang seragam dan rapi sekali menggunakan seragam dan topi pasukan drum band membuat diriku takjub melihat kebagusan penampilan mereka. Cuma ada sih yang menurutku kurang. Yaitu senyum. Mereka tampil dengan muka datar alias tanpa ekspesi. Aku juga lupa memberitahukan mereka pada saat latihan dulu untuk selalu senyum saat nantinya tampil. Tapi tak apalah, yang penting penampilan mereka baik, tidak rusak.

Penampilan Drum Band Gempita Smansa

Sungguh aku gak nyangka penampilan mereka sore itu fantastis sekali. Padahal aku sempat sangsi terhadap mereka saat latihan dulu. Tetapi sore itu beda sekali, jauh lebih bagus daripada saat mereka latihan. Apalagi atraksinya.

Atraksi yang mereka tampilkan adalah dengan menyusun 6 buah Bass. Keenam bass tersebut disusun hierarki tingkat tiga 1-2-3. Kemudian salah seorang yang pemain alat quarto naik ke puncaknya. Pada saat ataksi ini dimainkan lagu kebanggaan mereka yaitu lagu Tanjung Putting. Si quarto yang naik ke puncak susunan segitiga bass tersebut memainkan alatnya. Dan langsung mendapat teriakan decak kagum serta tepuk tangan dari semua penonton. Sepertinya ini adalah klimaks penampilan mereka ini.

Tetapi atraksi tidak cuma sampai disitu saja. Setelah si quarto tadi yang naik ke atas susunan bass turun, bass tidak langsung dipasang oleh pemegangnya di diri mereka. Tapi malah diangkat ke atas. Eh tak taunya bass itu dangkat untuk kemudian digigit di mulut mereka. Hingga membuat beberapa penonton cewek berteriak. Iya sih terlihat sedikit ngeri. Kalau aku langsung menepukkan tnganku sekeras-kerasnya. Saking kagumnya melihat atraksi menawan dari dua orang pemain bass tersebut.

Atraksi-atraksi yng atraktif itu sudah kuabadikan lewat gambar dan juga video. Bagi yng mau lihat silakan aja.

Tulisan ini kubuat kupersembahkan untuk Drum Band Gempita SMANSA. Sekaligus kuberikan selamat kepada mereka atas penampiln mereka yang membuatku terkesan sore itu. Congratulation! Keep semangat! Untuk kekompakan gempita Smansa!? Oke dechhh!..!

Arsyil dan Drum Band Gempita Smansa

=ARSYIL=

Selengkapnya...

Reaksi: 

Sambil Mengisi Liburan Jadi Agen Fashion & Bag Lumayan Loh

10 Agustus 2009 11.03 By Tembalang Online 11 Komentar

Mungkin bagi beberapa mahasiswa, liburan yang lama menjadi hal yang membosankan. Salah satunya ya diriku ini. Waktu liburan merupakan waktunya untuk pulang kampung. Api libur yang lebih dari sebulan itu malah mambuat diri jenuh, di rumah tak ada kerjaan. Gak ada teman, dan mungkin biasanya juga gak ada duit. Makan tuh liburan sampai jamuran di rumah.

Oleh itu muncullah dalam diriku keinginan untuk mengisi liburan ini dengan sesuatu yang bermanfaat. Diikuti niat untuk sambil mencari kerjaan apapun itu. Sehingga timbul iseng untuk mlihat iklan baris lowonan kerja di suatu koran.

Awalnya kurang berani untuk menghubungi daripada yang punya hajat pasang iklan tersebut. Tertapi kembali kupikir-pikir apa salahnya untuk mencoba. Dan minatku tertarik pada sebuah peluang usaha di iklan baris koran tersebut. Begini nih bunyinya, “Peluang Usaha, Dicari Agen, Grosir Fashion & Bag, Gratis Mudah Hasil Luar Biasa” dan juga ada nomor yang dihubungi.

Peluang Usaha di Koran

Dengan mengsms nomor itu kutanyakan peluang usaha yang dimaksud. Eh disuruh buat langsung ke tokonya aja biar penjelaan lengkap dari dia.

Hari berikutnya aku dan seorang temanku namanya Aji datang ke toko yang dimaksud. Disana kami bertemu dengan seorang ibu, namanya Bu Ana. Kami dijelaskan panjang lebar mengenai usaha itu. Ternyata peluang usaha yang dimaksud adalah menjadi agen penjual tas, sandal, sepatu, jaket, kaos, dll.

Dimana kami akan dibekali katalog-katalog dari barang-barang itu. Barangnya merupakan buatan Bandung dan Jakarta. Dimana kalau nanti kami dapat pembeli maka barang akan dikirimkan ke Pangkalan Bun dalam beberaa hari.

Komisi yang kami dapatkan adalah sebesar 30% dari harga di katalog. Wew lumayan dalam batinku. Berarti kalau harga barang 100rb aku dapat komisi 30rb donk. Itu kalau 1 barang, belum lagi barang yang ratusan ribu. Trus katanya komisi akan menjadi 35% kalau si pembeli langsung membayar sebesar harga katalog (bukan dengan DP 50%).

Berberapa hari yang lalu alhamdulillah ada dua orang pembeli yang berminat. Sebetulnya bukan aku tapi ibuku. Beberapa hari ini yang gencar menawarkan produk-produk tersebut adalah ibuku. (Diriku belum punya nyali nih, hayaw..) Yaitu barupa sebuah sandal dan tas. Sandalnya di harga katalog adalah Rp116.000 dan tas adalah Rp160.000. Jadi jumlahnya Rp276.000. Karena komisi agen adalah 30% berarti aku (tepatnya ibuku. T_T) mendapat komisi sebesar Rp82800. Fantastis!

Wah sepertinya aku perlu belajar banyak nih dari ibuku cara menawarkan produk-produk tersebut. Yuk mindset bisnisman syil!!

=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Oh Penyesalan - My Diary on 6 Agustus 2009

06 Agustus 2009 19.52 By Tembalang Online 3 Komentar

Penyesalan emang sering terjadi dalam kehidupan. Penyesalan adalah disaat ketika kita merasa bahwa ada sesuatu yang seharusnya bisa kita lakukan di waktu yang lalu tetapi kita tidak melakukannya. Terkadang sesal tiadalah berguna. Tetapi pagi tadi aku rasakan sekali hal itu. Diriku kacau mengapa saat ada uatu kesempatan tidak kucoba untuk melakukannya.

Berawal dari sebuah sms yang masuk pada kemarin malam tapi baru kubaca pagi tadi teat ketika bangun tidur. Yang isinya adalah bahwa dia mau pamit berangkat ke Jawa besok pagi dan minta doa. Yang au coba berpikir adalah kenap dia memberitahunya malam tadi bukan pagi ini saja. Aku berfirasat bahwa sepertinya jadwal kapal adalah pada pagi benar. Segera kubalas sms itu. Kutanya jam berapa dia ke pelabuhannya.

Kutunggu-tunggu belum juga dibalas. Sambil menunggu au membaca smsnya sekali lagi. Mataku tertuju pada dua kata di baris kedua dari akhir pesan sms itu, yaitu “sampai jumpa..”. Waggg, sedih sekaligus terharu menyelimuti hatiku. Mungkin gak ya aku dan ia ketemu lagi. Pun timbulah sebuah kalimat sesal. Kenapa gak kemarin-kemarin ini saat aku di Pangkalan Bun mencoba ketemu dia. Bodoh, bdoh, bodoh sekali diriku..

Jam setengah 7 pagi kucoba telepon dia. Eh taunya dia reject, nada sibuk. Wah jangan-jangan benar nih firasatku tadi bahwa kapal berangkatnya pagi sekali. Untungnya aku punya nomor telepon KAHA Travel and Tour. Merupakan penyedia tiket kapal. Kutelepon dan alhamdulillah diangkat. Langsung kutanyakan mengenai kapal yang berangkat hari ini. Kapal hari ini dalah kapal Dharma ternyata berangkat jam 7 pagi. Beh, sekarang?? Wah ternyata tepat firasatku. Tambah menjadi rasa sesalku. Payah!!!

Aku hanya bisa mengsms dia. Mencoba mengetahui keadaannya sekarang. Pengen rasanya aku ke pelabuhan sekarang cuma sekedar ketemu dia sekejap saja. Tapi sepertinya gak sempat sekali. Pikiranku kacau. Tapi sedikit terobati ketika hapeku kemasukan sebuah sms, balesan dari dia.

Dengan jujur waktu itu juga lewat sms kuutarakan penyesalanku gak sempat ketemu dia. Aku telah menyia-nyiakan kesempatan yang ada saat aku di Pangkalan Bun. Sebuah keempatan yang sangat jarang terjadi dan mungkin tak kutahu kapan lagi terjadi.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Rumah Bagus atau Keluarga Harmonis?

02 Agustus 2009 22.10 By Tembalang Online 16 Komentar

Tulisan ini kubuat dalam rangka mengikuti PropertyKita.com Blogging Competition ‘09
oleh : Arsyil Hendra Saputra

Rumah kos Arsyil

Kalau kita berbicara mengenai rumah idaman tentu biasanya setiap orang punya keinginan masing-masing. Tetapi tak sedikit jug orang yang cuek terhadapnya. Mereka ini mungkin lebih memilih membeli rumah yang sudah jadi saja. Yang penting sesuai dengan kocek uang mereka. Tetapi ada perbedaan untuk orang yang berduit dan pas-pasan. Semakin ke bawah jumlah duitnya berarti semakin pasrah pula bagaimana bentuk rumah yang akan dibelinya.

Tapi kalau untuk orang yang berduit sepertinya lebih memilih buat rumah sendiri ketimbang membeli yang sudah jadi. Sebab pastinya bagi mereka rumah perlu menunjang kenyamanan keseharian dan pekerjaan mereka. Misalnya untuk seseorang yang memiliki perkerjaan dokter tentu ingin memiliki ruangan khusus untuk menunjang pekerjaan mereka sebagai dokter. Dan untuk seorang pedagang mungkin butuh semacam gudang di dalam rumah mereka. Atau untuk orang yang hobi membaca mungkin butuh semacam perpustakaan kecil di rumah mereka.

Bicara mengenai rumah aku sempat juga memikirkannya. Meskipun masih kuliah alias belum dekat waktu untuk “berkeluarga” . Toh gak ada salahnya kita sedikit merencanakannya. Sebab misalnya saja begini, aku kan pernah sengaja lihat iklan rumah dijual di sebuah koran. Aku lihat ada rumah mewah yang diiklankan. Tertera disitu bahwa harganya 1 M (miliar). Waw, berarti misalnya nanti sudah bekerja aku harus dapat mengumpulkan gajiku sebanyak 1 M baru bisa membelinya. Misalkan saja gaji sebesar 4jt/bulan berarti butuh waktu minimal 250 bulan atau 20 tahun lebih. Jadi bodoh sekali kalau aku bertekad “punya rumah sendiri dulu baru nikah”. Gak mungkin donk aku baru nikah umur 40 tahun.

Itu tadi mungkin cuma sekedar joke. Jadi kalau pengen rumah seperti yang kita idamkan jangan ketinggian seperti aku. Sehingga setelah melakukan hitung-hitungan tadi aku berpikir bahwa lebih dari itu bahwa yang penting dari sebuah rumah adalah dapat membahagiakan istri dan anak-anak kita kelak. Amin. Biarpun cuma rumah “kontrakan” yang penting keluarga kita dapat hidup dan tinggal dengan nyaman dan tentram. Lagipula ngapain beli rumah yang gedenya segunung kalau yang huni gak pernah di rumah, sibuk pekerjaan sehingga keluarga jarang berkomunikasi. Lebih baik punya rumah yang sederhana, anak-anak ceria berada di rumah dan dapat dengan nyaman bersama istri di kamar.

Dalam tulisanku ini diriku menyampaikan bahwa arti rumah idaman sebenarnya bukanlah rumah yang bagus dari segi fisik luar yang terlihat. Tetapi lebih dari itu sebaik rumah idaman adalah yang di dalamnya ada keluarga yang hidupnya bahagia dan tentram. Lebih-lebih yaitu rumahnya bagus dan keluarga di dalamnya pun harmonis.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Situs/Blog Noor Din M Top (Pelaku Teror Bom) Dengan Alamat mediaislam-bushro.blogspot.com Merupakan PROVOKASI!

30 Juli 2009 08.06 By Tembalang Online 7 Komentar

Sungguh terkejut saya ketika tahu bahwa surat pernyataan yang mengaku Noor Din M Top bukan situs adalah BLOG! Yang ber alamat di mediaislam-bushro.blogspot.com klik nih. Sebagai seorang blogger saya menyayangkan perbuatan iseng yang telah dilakukan oleh seseorang ini. Ini sangat mencoreng nama dunia blogging. Yang seharusnya memposting hal-hal yang bermanfaat malah memposting tulisan iseng yang sangat bisa memicu provokasi di masyarakat Indonesia. Jelas-jelas ini akan bisa membuat sebuah pemikiran negatif terhadap umat Islam. Sungguh fitnah yang keji!.

Perlu saya komentari pula kata jihad pada blog tersebut. Jelas sekali jihad yang dimaksud tersebut SALAH BANGET! Kalau jaman Rosulullah jihad dilakukan saat perang untuk memerangi militer kaum kafir/nonmuslim. Tetapi kalau sekarang di Indonesia kan tidak dalam kondisi itu. Tidak ada target yaitu militer kaum kafir. Kalau sekarang, arti jihad yang pas adalah yang dilakukan Palestina terhadap ZIONIS Israel laknatullah.

Hai Noordin M Top, sebaiknya Anda menyerah saja.

=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Mengurus / Membuat KTP (Hilang) di P Bun, Persyaratan Mudah Biaya Murah!

28 Juli 2009 16.47 By Tembalang Online 5 Komentar

Alhamdulillah sekali tadi siang diriku kembali punya KTP dimana sebelumnya telah hilang bersama dompet di Semarang yaitu 3 bulan yang lalu. Gampang banget tau ngurusnya. Meskipun pangkalan bun kota kecil dan berada di Kalimantan Tengah jangan salah. Cuma sehari sudah jadi ui! Beneran, ga bohong, aku barusan mengurusnya. Plus murah lagi biayanya.

Aku melihat memang sekarang peningkatan pesat. Sebelumnya, yaitu tahun lalu setelah satu minggu butuh waktu satu minggu baru jadi.

Membuat KTP lagi yang hilang, (yang kejadiannya sama kayak aku sekarang) nyaris hampir sama prosesnya dengan membuat KTP baru. Bedanya adalah dengan menyampaikan surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat dimana KTP kita hilang. Ingat, surat berlaku cuma dua minggu. Jadi kalau mau mengurus KTP yang hilang tersebut, buat surat kehilangan itu dekat dengan harinya aja.

Di Pangkalanbun, membuat KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, di jalan Sutan Syahrir. Kalau dari Sampuraga sebelum kantor Bupati. Di depan kantor pos. Dari depan gedung kantor tersebut memang sepi, sebab pintu ke kantor buat bikin ktpnya di bagian kiri belakang bangunan tersebut.

Tapi sebelum kesana sebaiknya penuhi persyaratannya gih dulu. Yaitu surat pengantar dari ketua RT/RW dan kelurahan, fc kartu keluarga, serta menyampaikan surat kehilangan dan fc ktp lama kalau ada.

Biaya yang dikeluarkan pembuatan ktp adalah 10ribu (sesuai uu kok). Kemudian diminta lagi biaya untuk laminating yaitu seribu rupiah (gak dipaksa laminating disana).

Tapi biaya tadi cuma waktu di dinas kependudukan. Kalau di ketua RT/RW 0 rupiah alias gratis (itu kalau ketua RT saya). Biaya yang keluar waktu di kantor kelurahan adalah 5ribu (mudahan aja emang ada peraturannya). Kalau pada waktu mengurus surat keterangan kehilangan di kepolisian adalah "seikhlasnya" (berarti boleh gak bayar).

Semoga bermanfaat. Tulisan ini kupersembahkan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotawaringin Barat. Terima kasih sudah membuat ktp baruku dengat cepat. Semoga pelayanan seperti ini sama kayak di dinas-dinas lainnya di pbun. Hidup Pangkalan Bun!

Semoga bermanfaat.

=Arsyil=
28 Juli 2009.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Lihat Bulan Yang Sama Agar Kita Merasa Dekat

26 Juli 2009 22.42 By Tembalang Online 6 Komentar

melihat bulan berdua

Melihat bulan adalah hobiku. Rasanya hampir setiap malam hari kusempati melirik ke atas langit yang bertaburan warna gelap. Yaitu waktu berjalan menuju masjid. Apalagi waktu bulan purnama, diriku tak pernah absen memuji keindahan di atas langit sana. Subhanallah indah sekali. Seperti lihat cewek yang sedang di idamkan.

Trus maksud memberi judul postingan ini dengan “Lihat Bulan Yang Sama Agar Kita Merasa Dekat” apa? Hoho, judul itu cuma pengen aja sih. Aku cuma mau ngomongin masalah bulan aja. Kalimat itu kutipan dari original soundtracknya Kambing Jantan. Tapi menurutku ada benarnya juga sih itu. Coba aja. Haha.

Seperti yang kubilang aku cuma mau bahas mengenai bulan, jadi mungkin tulisan ini kurang sesuai dengan judulnya. Ohya, setiap bulan purnama kan kelihatan tuh bulan penuh. Sadarkah kamu bahwa bagian permukaan itu aja yang terlihat tiap purnama. Dalam arti bahwa punggungnya gak pernah kelihatan. Hayo kenapa? Panuan kali ya, makanya malu buat dilihatin. Huehe. Bukan… secara astronomi fenomena itu karena waktu yang dibutuhkan untuk rotasi (berputar pada porosnya) dan revolusi (berputar mengelilingi bumi) adalah sama. Gue suka nih sama cewek yang kayak bulan ini. (??) Mudeng? Pikir aja ya sendiri. Kalau kuterusin bisa-bisa tulisanku berjudul “Bulan dan Cewek Setia”. Wakaka.

Masih ada satu info lagi dariku mengenai bulan. Beberapa hari lalu kan terjadi nih di Asia, gerhana matahari total. Katanya ini merupakan gerhana matahari yang paling lama terjadi. Tau gak kenapa gerhana matahari total bisa terjadi? Maksudku bukan “karena bulan terletak diantara bumi dan matahari”. Tapi yang kumaksud adalah kenapa besar bulan sama denagn matahari saat gerhana matahari total terjadi? Jadi tuh karena ternyata jarak matahari ke bumi 395 kali jarak bulan ke bumi dan diameter matahari juga 395 kali dameter bulan. Makanya bisa begitu atuh..

=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Kambing Jantan, Film Bagus Buat Para Mahasiswa + Blogger

22.42 By Tembalang Online 3 Komentar



Tadi malam (24/07/09) aku dipinjami oleh temanku sebuah kaset Film. Judulnya adalah “Kambing Jantan Sebuah Film Pelajar Bodoh”. Mengenai kepopulerannya aku sudah dengar lama sih. Yaitu bukunya yang menjadi best seller. Tapi belum kepikiran buat nonton filmnya. Ternyata setelah kutonton emang seru.

Film tersebut diadabtasi dari buku dengan judul yang sama. Yup buku bukan novel. Jadi tuh buku tersebut merupakan kumpulan-kumpulan diari dari seorang cowok bernama Raditya Dika. Diarynya pun bukan diary biasa, biasanya kan kalau tulis diari di buku (kayak punya cewek gitu), tapi diarinya itu adalah diary internet. Lebih tepatnya adalah menulis di blog. Ya, sama seperti yang kulakukan saat ini.

Kisah dalam film ini merupakan awal dia ngeblog sampai tulisan-tulisan di blog itu diterbitkan dalam sebuah buku. Pemain utamanya adalah dia sendiri yaitu Raditya Dika. Tema dari film ini adalah mengenai Cinta, Keluarga, dan Kuliah.

Ohya ini film cocok banget di tonton buat para cowok khususnya para mahasiswa. Sebab dalam film ini bercerita mengenai kisah LDR dari si Raditya Dika. Karena dia harus kuliah di Australia. Dah tau kepanjangan LDR belom? LDR itu Long Distance Relationship bukan *ong *ick *eduction loh. :P Yang aku suka yaitu di akhir cerita, yaitu keputusan bijak yang diambil oleh si Raditya Dika terhadap LDR tersebut. Bingung? Hmm nonton aja deh ya sendiri gih.

Bagi anak Pangkalan Bun yang mau nonton ada tuh kasetnya di ULTRA DISK, kaset DVD asli! Jangan yang bajakan ya (misalnya di Jaka Disk).

Atau bagi yang punya waktu buat download, silakan klik aja disini


=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Dari Semarang Ke Pangkalan Bun Naik Kapal

22.42 By Tembalang Online 12 Komentar

Kulihat jadwal kapal PELNI dari situs resminya yang ke Pangkalan Bun hari ini (22/07/09) adalah kapal KM Binaiya pada pukul 12.00 dan sampai di Pelabuhan Kumai besoknya pukul 09.00. Mudah-mudahan aja jadwal ini benar alias memang benar-benar ada kapal yang ke Kumai hari ini. Sehinga pada pagi aku menecek langung di kantor PELNI sekaligus membeli tiket.

Di Semarang, kantor PT PELNI terletak di dekat stasiun Tawang. Sayangnya sampai disana aku langsung dicegat beberpa orang laki-laki di depan pintu masuk kantor PELNI tersebut. Awalnya mereka memberitahukan mengenai jadwal kapal hari ini. Dan memang hari ini ada kapal ke Pelabuhan Kumai, bahkan ada dua kapal yang ke sana yaitu kapal Binaiya dan kapal Dharma.

Tak kusangka ternyata mereka semua merupakan calo. Lumayan memaksa cara yang mereka lakukan sehingga terpaksa aku membeli tiket kapal ke mereka. Harga normalnya adalah Rp155.000, tetapi bapak itu juga meminta uang rokok sebesar 5ribu. Mending, awalnya malah ada salah satu dari mereka yang minta harganya sebesar 180ribu, alasannya “untuk uang jasa”. Wah pemerasan nih, dalam hatiku. Tetapi aku menolak dan mengancam tidak mau membelinya dan akhirnya sesuai harga normal + uang rokok 5ribu.

Di tiket tersebut ternyata tertulis kapal berangkat pukul 13.00. Dari pengalamanku sering sekali kapal berangkat tidak sesuai dengan jadwal di tiket bahkan beberapa jam. Jadi aku tiba di pelabuhan siang harinya tepat sekitar jam 1 siang pula. Sesampai disana aku tanya petugas dan ternyata kapal berangkat pukul 15.00. Selesai aku sholat dhuhur jama ashar rupanya para penumpah sudah pada naik.

Wah ternyata hari ini penumpangnya banyak sekali. Sehingga karena aku agak telat naik, kabin-kabin telah penuh ditempati. Sehingga akhirnya aku terpaksa ke dek paling bawah yaitu dek 2. Yah masih mending daripada tidur di lantai seperti kebanyakan penumpang yang tidak mendapat tempat. Tetapi alhamdulillah saat melihat ke atas yaitu di dek 4 aku ketemu dengan anak-anak Pangkalan Bun, juga alumni SMA N 1 Pangakaln Bun. Karena disitu masih ada satu tempat kosong akupun diajak gabung.

Bersamaan dengan kapal mulai berangkat aku malah terlelap tidur. Dan gak terasa malam sudah tiba. Di kapal sholat dilakukan dengan di jama’ sehingga sholat magrib di jama’ dengan isya. Alhamdulillah kali ini aku tidaklah mabuk (minum antimo gitu). Meskipun begitu kebanykan aku juga tetap tidur-tiduran. Bahkan setelah bangun tidur lalu sholat subuh tidur lagi.

Kata orang hal yang paling malas dilakukan saat di atas kapal adalah mandi. Terang saja, WC nya saja masyaallah baunya. Belum lagi kondisi bilik wc/mandi yang kurang bener kunci pintunya. Wah males banget, kencing aja pikir-pikir apalagi mandi. Tetapi pagi itu diriku mandi loh. Eiittss tetapi bukan mandi di WC – WC bau itu. Aku mandi di kamar mandi di area ABK di dek 2. Yah menyelinap gitu deh. Hoho.

Perjalanan pagi tidak terasa karena pukul 10.00 pulau Kalimantan sudah terlihat di depan. Alhamdulillah dah mau sampai nih. Dan pada pukul 12.00 kapal sudah bersandar di dermaga pelabuhan Kumai.

Jarak Kumai dan Pangkalan bun adalah kurang dari setengah jam perjalanan. Pukul 13.30 aku baru dijemput dan langsung menuju rumah di Pangkalan Bun. Pangkalan Bun, I am come back. How are u today?


Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi