Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Mungkin Perhiasan Indah Itu Bernama Akhwat

31 Mei 2010 10.19 By Tembalang Online 14 Komentar


Pernahkah teman-teman mendengar kata akhwat? Atau malah dah biasa? Kalau dah biasa, jangan-jangan antum ikhwan? Haha, yang jelas, arti kata akhwat dan ikhwan berbeda dengan makna yang beredar di masyarakat kita. Sebenarnya ikhwan=saudara laki-laki, dan akhwat=saudara perempuan. Berarti aslinya kita semua ikhwan atau akhwat. Namun ternyata di masyarakat, kedua kata itu mengalami penyempitan makna. Yaitu orang yang memiliki ilmu agama lebih dan mendakwahkan islam, senantiasa bertakwa kepada Allah dan mencintai RosulNya. Tapi dalam kesempatan ini arsyil pengen cerita nih mengenai akhwat. Sebab jujur, aku jatuh hati sama mereka.

Sesungguhnya dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita (isteri) yang sholehah. (HR. Muslim)



Subhanallah, Allah menciptakan waktu tak pernah bertabrakan antara satu dan lain. Sehingga waktu pun mengalir terus dan tak pernah sekalipun mengok ke belakang. Hingga salah satu dari waktu itu mengantarkanku pada saat ini. Yaitu saat dimana aku sedang kuliah di Undip dan beremu dengan saudara-saudaraku yang senantiasa beriman kepada Allah dan RasulNya. Satu hal yang jelas, duniaku saat ini berbeda beberapa waktu yang lalu. Ketika dimana aku sedang mengarungi waktu di Pangkalan Bun (kota asalku-red). Ketika akhlak sebagian besar umat disana masih perlu didakwah dengan indahnya Islam. Bahkan mungkin bisa dibilang wanita seperti “akhwat” pun sulit sekali dijumpai. Malah (maaf), yang menutup perhiasan kepala dengan jilbab masih sedikit sekali. Sebagai contoh sewaktu SMA, di kelasku yang berisi 37 orang, hanya 1 orang yang memakai jilbab. Waallahualam, semoga saat ini teman-teman lainnya sudah menjadi wanita yang telah menyempurnakan penutup aurat mereka.

Berawal dari semester 1 kuliah, suatu peristiwa yang kuingat sampai sekarang mengenai akhwat membelalakkan mataku, hingga takjub dengan keistiqomahan mereka. Seorang dari temanku yang notabene “akhwat” mengajakku ke sebuah tempat. Kami berdua adalah dalam sebuah organisasi dan waktu itu ada acara tugas dari organisasi. Yaitu menghadiri sebuah rapat di Undip bawah. Gak kupercaya, sungguh dia waktu itu naik bis sendirian dan aku naik motor. Sama sekali dia tak akan mau membonceng motor lelaki yang bukan muhrim dengannya. Padahal jarak tempat lumayan jauh. Subhanallah. Semakin bertambah imanku sejak saat itu. Pernah suatu ketika aku dipaksa teman-temanku untuk memboncengi seorang wanita saat angkatan kami akan pulang dari berlibur ke Magelang, tapi mau gimana aku istiqomah untuk menolak hal itu dan akhirnya dicarikan solusi dan aku tak jadi memboncengi wanita.

Kembali ke hal akhwat, (aduh, topiknya sensitif nih). Jujur aku agak gimana gitu ngomongin tentang akhwat, kayak mau cari jodoh aja, wakakaka. Betewe, mengenai jodoh ada sebuah hadist bagus buat pedoman para pria mencari pendamping hidupnya, ntar di bagian paling akhir ya. 

Intinya menurutku sih, makna akhwat cukup simpel, yaitu “wanita yang sholehah / wanita yang taat beragama”. Jadi, konklusinya menurut hadist Rasulullah yang pertama tadi, akhwat bisa tuh masuk kategori “sebaik-baik perhiasan”. Insyaallah.

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Perempuan itu dinikahi karena empat hal, yaitu: harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Dapatkanlah wanita yang taat beragama, engkau akan berbahagia." Muttafaq Alaihi dan Imam Lima.
Selengkapnya...

Reaksi: 

Selamat Jalan dan Sampai Jumpa Nindya, "Staff Paling Baik NIC"

28 Mei 2010 22.27 By Tembalang Online 1 Komentar



Baru saja dia telah berangkat menuju surabaya untuk memulai hari-hari kuliahnya yang baru di salah satu perguruan tinggi di Surabaya. Sungguh mengharukan sekali detik-detik ini. Baru saja dia kembali ke Semarang dari pengobatannya di Surabaya, eh kemudian memutuskan untuk kembali lagi ke Semarang dan berhenti kuliah di Undip.

Sebuah acara “pamitan” kuadakan siang tadi. Dihadiri teman-teman NIC plus divisi jurnalistik. Acara makan bareng ini sebenarnya adalah yang pertama dilakukan di keluarga NIC, tapi malah menjadi yang terakhir pula bagi Nindya. Sungguh, esok hari siapa yang tau selain Allah, seperti juga hari ini siapa yang tau selain sang Pencipta. Subhanallah, pagi hingga sore hari ini sungguh cerah cuacanya. Tapi apa boleh buat, cerahnya hari, harus dibumbui kepergian salah satu keluarga kami.

Mungkin bisa dibilang lebay ya, wong mungkin saja dia kapan-kapan bisa ke Semarang. Tapi bagi NIC kehilangan dia di Keluarga Bem Fmipa Undip, cukup meneteskan air mata di tubuh kementerian NIC.

Buat Nindya selamat jalan dan sampai jumpa. Jangan pernah lupakan NIC.

Kemarin, Hari ini, esok, dan seterusnya, bahkan sampai lulus atau malah sampai akhir hayat, kita tetap NIC Family, kamu dan saya adalah keluarga NIC sampai kapanpun> Sukses sukses sukses!


Selengkapnya...

Reaksi: 

Pekan Olahraga Statistika 2010 Berakhir dengan Meriah

22 Mei 2010 20.31 By Tembalang Online 1 Komentar


Bisa dibilang gak nyesal deh siapa pun yang hadir pada penutupan sore tadi. Seru, asyik, dan meriah pokoknya. Termasuk aku yang mengikuti hingga akhir acara. Banyak yang bilang bahwa tahun ini lebih seru dari tahun kemarin. Pokoknya gokil n gila-gilaan deh pas waktu pentas seni yang menampilkan kreasi seni tiap angkatan pada waktu akhir acara. Plus ditambah lagi, siang sebelumnnya ada lomba masak! Beruntung diriku disini jadi juri jadi bisa dipastikan mencicipi tiap masakan. Nyammmii...



Siangnya tiap angkatan berkumpul masing2 untuk persiapan lomba masak. Empat tim diadu dalam lomba masak ini yaitu masing2 satu tim dari angkatan 2009, 2008, 2007, dan 2006+++. Bertempat di depan gedung B lantai 1 FMIPA UNDIP, lomba masak dengan bahan dasar singkong itu dimulai sekitar pukul 2an. Gak kalah seru deh dengan kompetisi masak di TV.. Ada yang ditambah dengan ayam (06), pewarna pandan (07), selai blueberry (08), juga keju (09).

Bau harum masakan kemana-mana, sungguh menggiurkan euy! Ada yang dikukus, digoreng, dan dibuat pizza. Waduh semakin cepat pengen cicipin ni. Selaras dengan waktu yang ternyata terasa cepat oleh tiga orang peramu masakan dari tiap tim. Sekitar pukul 3 sore mereka harus menyelesaikan masakan. Tetapi juga tetap dituntut empat hal yang harus bisa meluluhkan hati keempat juri. Baik dari rasa, penampilan, kreativitas, maupun kebersihan.

Segera keempat juri yang berasal dari masing2 tiap angkatan, mencicipi satu persatu masakan yang ada di atas meja mulai dari angkatan 2009 berlanjut hingga 2006+++. Aku jagoin siapa ya? Ya tentu 08 donk.. eitts aku kan juri, jadi kudu objektif. Tapi tetap kudoakan semoga yang menang 2008!

Selesai dinilai oleh para juri, pengumuman pemenang lomba masak ini tak langsung diumumkan, karena setelah ini dilanjutkan pentas seni. Namun, salah satu yang tak diduga terjadi yaitu turun hujan. Sempat terjadi kevakuman acara hingga diputuskan bahwa acara dilanjutkan di beranda depan dekanat.

Mengenai lomba masak, sempat muncul rasa pesimis di kalangan teman2 08 termasuk yang masak. Katanya kurang berasa, dsb. Tapi aku masa bodoh, salah. Di sini jangan jadikan juara sebagai tujuan utama dan prioritas. Sungguh masakan yang tadi dibuat telah bikin teman2 senang dan ceria. Anggap aja ibadah. Sisi kebersamaan juga salah satu yang menjadikan hari ini terasa asyik. Oke fren? happy smile aja.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Webite Lembaga BEM, SENAT, MADANI, RIC, JURNALISTIK, HMM, HMB, HMK, HMF, HIMASTA, HIMAKOM, HMPS D3 INSEL, FMIPA UNDIP Siap diLAUNCHING!

14 Mei 2010 06.04 By Tembalang Online 1 Komentar

Di bulan Mei 2010 ini semua jajaran lembaga mahasiswa di fakultas MIPA Undip sudah memiliki domain lembaga masing-masing. Meskipun ada yang belum sempurna, tapi diharapkan pada bulain Mei ini pula, semua lembaga mahasiwa sudah rampun memodifikasi websitenya. Sehingga bisa segera dilaunching kepada seluruh mahasiswa Mipa Undip dengan segera! amin...

Berikut alamat-alamat website dari lembaga-lembaga mahasiswa mipa Undip tersebut:
BEM: http://bem.mipa.undip.ac.id/
SENAT: http://senat.mipa.undip.ac.id
MADANI: http://madani.mipa.undip.ac.id/
RIC: http://ric.mipa.undip.ac.id/
JURNALISTIK: http://jurnalistik.mipa.undip.ac.id/
HMM: http://hmm.math.undip.ac.id/
HMB: http://hmb.bio.undip.ac.id/
HMK: http://hmk.kimia.undip.ac.id/
HMF: http://hmf.fisika.undip.ac.id/
HIMASTA: http://himasta.stat.undip.ac.id/
HIMAKOM: http://himakom.ilkom.undip.ac.id/
HMPS D3 INSEL: http://hmpsd3insel.fisika.undip.ac.id/

Semoga kominfo-kominfo semua lembaga dapat konsisten sehingga terselenggara pemahaman informasi yang semakin luas kepada mahasiswa.
Arsyil, Menteri NIC Bem Fmipa Undip

Selengkapnya...

Reaksi: 

Proposal Kegiatan Pelatihan Blog Mahasiswa Undip 2010

13 Mei 2010 21.13 By Tembalang Online 3 Komentar

proposal pelatihan blog

BEM FMIPA UNDIP with Loenpia.Net presents...

pelatihan-blog-pamflet-kegiatan

Nama Kegiatan: Pelatihan Blog
Waktu: Minggu, 16 Mei 2010
Pukul: 07.30 - selesai
Tempat: Laboratorium Matematika Gedung F Lantai 2 Kampus FMIPA Undip
Tema: "Go Blogging, Go Undip Rank!"
Bersama: Loenpia.net, Komunitas Blogger Semarang
HTM: Rp20.0000 (nb: Khusus Mahasiswa Mipa Rp15.000)
Fasilitas: snack, 1 komputer/orang, sertifikat

HARI GINI GAK PUNYA BLOG?
Ketik: DAFTARBLOG_nama lengkap_no HP
Ke: 085740158570 / 085727668836

Hanya dalam hitungan jam kamu udah punya blog yang menakjubkan!
+ Tips dan trik agar muncul di halaman pertama mesin pencari Google..

Info lebih lanjut 085740562043 (Arsyil)
http://bem.mipa.undip.ac.id


Blog adalah suatu media online yang biasanya digunakan untuk menulis hal hal pribadi dan informasi tapi seiring dengan perkembangannya, fungsi blog pun mulai berubah, kini blog bisa digunakan untuk berbagai hal , dari hal hal yang sifatnya non komersil hingga yang sifatnya komersil. Dan beberapa dari mahasiswa sering memanfaatkannya untuk menulis menulis mengenai materi perkuliahannya.

Mahasiswa UNDIP adalah mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahannya di Universitas Diponegoro. Terkadang di sebuah mata kuliah mereka diwajibkan membuat blog dan memasukkan materi kuliahnya di blog tersebut. Tetapi dari kenyataannya mereka masih awam bahkan banyak dari mereka itu adalah pengalaman pertama mengeblog. Dalam arti bahwa minat mahasiswa UNDIP untuk bidang IT ternyata masih minim. Dampak dari hal tersebut terlihat nyata bahwa peringkat Universitas Diponegoro di jajaran nasional oleh lembaga pemringkatan internasional Webometric adalah di luar 10 besar.

Webometric adalah sebuah lembaga pemringkatan internasional yang menilai setiap Universitas di dunia berdasarkan 4 poin, yang mana kesemuaannya akan didukung apabila IT dari sebuah Universitas maju. Semakin bagus tingkat IT sebuah Universitas maka semakin tinggi pula peringkatnya. Begitupula apabila ternyata peringkat sebuah Universitas di bawah menandakan bahwa IT Universitas tersebut lemah. Berdasarkan peringkat Webometric, UNDIP adalah peringkat ke-11 secara nasional.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Pelatihan Blog ini adalah:

  • Membangun kemampuan membuat blog kepada mahasiswa
  • Menumbuhkan semangat kepedulian mahasiswa blogging dalam rangka meningkatkan ranking UNDIP skala nasional dalam bidang IT
  • Meningkatkan jumlah link inbound situs undip.ac.id
  • Meningkatkan kemampuan IT mahasiswa UNDIP di bidang webblog

pin panitia 100px
Kegiatan Pelatihan Blog ini akan kami selenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Minggu, 16 Mei 2010
Waktu : 07.30WIB
Tempat : Lab Matematika Gedung F lt 2 Kampus FMIPA UNDIP


Kalau mau download propsosal selengkapnya klik disini
Selengkapnya...

Reaksi: 

Selamat Kepada Adik-Adikku Yang di Terima di UNDIP

02 Mei 2010 21.37 By Tembalang Online 5 Komentar

Ternyata tahun ini banyak juga ya yang diterima di UNDIP lewat PSSB, kalau sebelumnya sekitar 3 orang, tahun ini ada 8 orang. Padahal PSSB tergolong sulit, karena memang yang diutamakan adalah nilai (PSSB Akademik). Dalam arti ke08 orang tersebut mengalahkan pesaing-pesaingnya yang jelas tentu bagus-bagus dari seluruh Indonesia.

Ucapan Selamatku buat kalian. Selamat datang di kampus Universitas Diponegoro.

Kalau ada bantuan bisa hubungi kami yang di Semarang..
Gak usah khawatir di Semarang banyak banget kok anak Kobar, ada himpunan mahasiswa Kobarnya juga (IPMK=Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kotawaringin Baat). Untuk yang UNDIP banyak juga, tapi kalau UNDIP atas (Tembalang) bisa kalau ada apa-apa hubungi aku, Arsyil-083806248237 (Alumni SMANSA Lulus 2008).

Ke-8 orang ersebut adalah:
1. SANDY JULI MAULANA -> S1 - STUDI PEMBANGUNAN
2. SHYNTIA GITA WULANDARI -> S1 - MATEMATIKA
3. HAMDANI AKBAR -> S1 - PETERNAKAN
4. NAZERA AMURITA -> S1 - PETERNAKAN
5. ISUARY MANGALIK -> S1 - TEKN HASIL PERIKANAN
6. WEYLIK LIBRAWANTI JUGIANNITA -> S1 - PSIKOLOGI
7. BIO BHIRAWAN -> S1 - TEKNIK ARSITEKTUR
8. DENNI APRILIANTO -> S1 - TEKNIK GEODESI
Selengkapnya bisa dilihat disini: http://pssb.undip.ac.id/index.php?option=com_wrapper&view=wrapper&Itemid=72

Bagi yang belum diterima, bisa mencoba lewat UM2 atau SNMPTN.. Good Luck!
Selengkapnya...

Reaksi: 

Komunitas Blogger Kotawaringin Barat

01 Mei 2010 05.49 By Tembalang Online 2 Komentar



Sudah menjadi harapanku untuk adanya sebuah komunitas menjadi wadah blogger-blogger Kotawaringin Barat khususnya Pangkalan Bun. Sebab selama aku ngeblog terasa kurang seru, karena kurang ada teman yang satu daerah. Iri banget dengan daerah-daerah lain yang memiliki komunitas blogger. Pernah suatu waktu dulu diajak kopdar sama orido.wordpress.com, tapi an gak lagi di PBun..tapi meski begitu aku dukung banget pastinya hasil dari kopdar itu mungkin bakal menghasilkan "komunitas blogger kobar".

Tentu banyak manfaatnya denganadanya komunitas, selain jadi wadah pemersatu para blogger, jua akan menjadi pengarah teman-teman blogger untuk menghasilkan tulisan yang meningkatkan nama Kobar di jagat dunia maya. Asyik lah pokoknya.

Sampai saat ini belum juga yang berinisiatif lagi untuk menuju ke komunitas, hinggga diriku sendiri yang akhirnya mencoba merancangnya, semoga diterima oleh teman-teman blogger kobar! Kunjungi: http://komunitasbloggerkobar.blogspot.com/

Jangan lupa untuk berkomentar, dan silakan bebas bergabung buat anak-anak di Pangkalanbun, Kumai, Pangkalan Lada, Kotawaringin lama, dll. Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi