Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Inilah Bagaimana Aku memilih Caleg di Pemilu 2014

By Arsyil Statistikawan 0 Komentar

Pagi 9 April 2014 aku sudah putuskan aku golput. Ya, sepertinya aku tidak memberikan suara pada pemilu lagi. Tahun lalu dikarenakan aku menjadi salah seorang petugas quick count di daerah Demak jadi tidak bisa vote. Nah tahun ini aku lagi-lagi tidak berada di kampung halaman. Aku sekarang lagi di Cianjur sedangkan KTP aku di Kalimantan Tengah. Tapi rasa pesimistik itu luntur saat aku beranikan menuju tempat PPS.

Pada jam 12.30 (setengah jam sebelum PPS tutup) aku mendatangi sebuah PPS di dekat tempatku berada sekarang. Aku tanya ke petugas PPS disitu apakah aku bisa mencoblos sedangkan aku bukan warga cianjur, KTP aku adalah kalimantan. Lalu tanpa pertanyaan bapak itu bilang ya boleh. Aku sama sekali tidak menemukan sedikitpun keribetan dalam proses ini. Untungnya juga perusaan tempatku kerja memang terkenal di daerah sini, jadi mereka bisa memaklumi kalau aku bukan orang situ.

Segera seorang petugas PPS memberikan 4 buah surat suara, kalau tidak salah DPR, DPD, DPRD jabar, DPRD Canjur. Yang jelas aku sudah siap untuk mencoblos sebuah partai yaitu PKS, tapi untuk caleg-calegnya aku benar-benar buta, karena aku bukan warga sini. jadi aku mencoblos calegnya berdasarkan insting. Karena aku yakin bahwa kalau udah pilih partai yang bagus insyallah calegnya juga bagus (walaupun tidak bisa dipastikan sih) tapi minimal itu adalah bentuk ikhtiarku. Ini semua tentunya untuk INDONESIA.
1. DPR, partainya kan PKS, buat calegnya aku pilih yang ada "M.Si" nya. he he. Alasannya aku kan sarjana sains, ^^
2. DPD, karena gak ada partainya aku sempat bingung, untungnya ada gambar wajah si caleg. jadi aku pilih yang wajahnya kira-kira bisa dipercaya. Yaitu yang muda, wajahnya bersih dan punya jenggot sedikit tapi gak berpeci. soalnya itu mirip ciri-ciri bapak-bapak di PKS. hi hi.
3. DPRD Jabar, sekali lagi aku pilih yang ada gelar "M.Si" nya, kali ini perempuan dari PKS.
4. DPRD CIanjur, nah loh yang dari PKS gak ada gelar sarjana sainsnya, jadi aku pilih yang ada gelarnya Ir.

Kenapa aku pilih yang ada M.Si? Karena aku juga bergelar sains dan berharap bisa seperti mereka nanti bergelar M.Si aminn ya Allah.. Juga aku lebih memilih caleg yang berpendidikan tinggi karena aku percaya dengan berpendidikannya mereka maka mereka berpikir lebih akademis dan bijak.
Kenapa PKS? aku belum menemukan alasan untuk memilih partai selain PKS.. meskipun ada kader PKS yang korupsi, tapi lebih baik dibandingkan partai lain yang kadernya jauh lebih banyak tersandung korupsi.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Saat Patah Kaki Digips Beginilah Pengalaman Aku Mandi

By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Saat aku patah kaki dan digips banyak orang yang bertanya bagaimana cara aku mandi saat kondisiku seperti ini. Jujur, saat kondisi kakiku seperti ini, mandi merupakan salah satu kegiatan wajibku yang cukup menyulitkan. Okelah bagi yang kakinya sehat madi dah biasa. Tap saat patah kaki, wuih malas banget untuk mandi. Tapi harus mandi, mau gimana lagi kalau tidak mandi maka berakibat buruk buat badanku. Tidak mandi dapat membuat badan gatal dan menyebabkan penyakt lain mudah menular ke tubuhku seperti penyakit kulit, flu, dll.

Kakiku yang patah adalah sebelah kiri dan digips hampir dari ujung ke ujung kaki artinya kaki kiriku tidak bisa dilipat dibagian lututnya. Gips pada kakiku baru dilepas setelah 1,5 bulan. Setelah dilepas kaki mash loyo dan bengkak. Beginilah storylinenya ......

Minggu 1 : Masih dimandikan pakai kain handwash oleh ibu. :D Kain dibasahi dan diberi sabun lalu diusapkan ke tubuhku. Tapi jujur kalau pakai handwash tidak puas jadi sempat sekalian mandi di atas kloset saat bab.
Minggu 2 : Sudah berani mandi sendiri. Tapi masih dituntun oleh ayah saat masuk dan keluar kamar mandi agar tidak jatuh karena licin. Caranya pertama kusiapkan dua buah kursi di kamar mandi aku masuk ke kamar mandi masih berjalan menggunakan 2 buah tongkat kruk. Agar gips tidak terkena air maka di atas gips lapisi dengan baju dan handuk.
Minggu 3: Masih seperti minggu kedua.
Minggu 4 : Seperti minggu kedua tapi tak lagi dituntun orang lain untuk masuk dan keluar kamar mandi.
Minggu 5 : Sudah mulai rajin mandi (hampir setiap hari). Sebab pada minggu-minggu sebelumnya aku jarang mandi, hi hi. Saat tidak mandi maka aku mandinya dengan mengusap ke tubuh menggunakan kain handwash.
Minggu 6 : Masih seperti minggu 5.
Minggu 7 : Gips sudah dilepas jadi mandi tanpa gips, hanya perlu pakai 1 kursi saat di kamar mandi.
Minggu 8 : Masuk kamar mandi masih menggunakan 2 tongkat kruk api kaki sudah mulai ditapakkan.
MInggu 9 : Hanya menggunakan 1 buah tongkat kruk untuk masuk kamar mandi dan tak perlu lagi duduk di kursi karena sudah bisa mandi sambil berdiri.


Selengkapnya...

Reaksi: 

9 Lagu Turki yang Enak Didengar Sambil belajar Bahasa Turki

By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Sudah lebih dari setengah tahun lalu sejak aku meninggalkan Turki. Tapi bayang-bayang Turki masih bersisa di kepalaku. Tidak ada salahnya memori yang sering melintas itu kubuatkan tulisan seperti halnya tulisanku yang ini.


Buat yang sedang belajar bahasa asing baik bahasa inggris atau apapun itu biasanya dengan mendengarkan musik berbahasa asing tersebut maka akan menunjang belajarnya. Aku juga mengakui bahwa sejak aku menyukai dan mengganti playlist aku dengan lagu berbahasa inggris (mengesampingkan lagu berbahasa Indonesia) bahasa inggris aku semakin berkembang. Lalu bahasa asing lainnya yang kupelajari adalah bahasa Turki maka motode serupa juga kuterapkan. Alhamdulillah sangat membantu.

Oke, berikut ini daftar lagu yang enak didengar versi aku, alias aku menyukai lagu-lagu berbahasa Turki tersebut. Selain untuk menghibur terlingaku lagu tersebut juga memiliki lirik yang mudah dipahami jadi menunjang aku dalam belajar bahasa Turki.

No. _ Title _ Artist
1. Uçacaksın - Indigo Cocuklar
2. Ayrılsak Ölürüz Biz - Ferhat Göçer
3. Beni Aska inandır – Kolpa
4. Yemek Duasi - Minik Dualar
5. Ahtapotlar – Zakkum
6. Yalnız Kuş – Göksel
7. Herkes Ayni Hayatta
8. Arkadaşım Eşşek - Barış Manço
9. Hal Hal - Barış Manço


Selengkapnya...

Reaksi: 

Game RPG Permainan Android Terbaik Menurutku

By Arsyil Statistikawan 3 Komentar


I haven’t been walking anywere since 2 month ago. Yeah aku hampir sudah 2 bulan patah tuang dan tidak bisa berjalan-jalan. SO, i am still just lying on my bed.. Yang kulakukan untuk mengisi waktuku selain menulis dan membaca adalah man game. He he. Untungnya aku sudah punya HP Andoid. So, i can play many cool Andoid games, especially RPG genre games. Berikut ini permainan-permainan Andoid RPG yang sudah kumainkan kuurutkan berdasarkan yang terbaik menurutku.


1. INOTIA 3 : CHILDREN OF
Game ini kunobatkan sebagai yang pertama karena kisah dalam game ini bagus. Di dalam ceritanya mengisahkan seorang anak bersama teman-temannya menyelamatkan dunia dari kegelapan. Alur ceritanya kreatif dan tidak monoton. Monster-monsternya juga bervariasi. Skill tiap karakter juga unik dan lumayan banyak cukup bervariasi. Game akan tamat setelah boss raja kegelapan dikalahkan. Tetapi itu bukanlah akhir dari segalanya. Itu ternyata adalah awal dari sesuatu yang lain. Sayangnya saya belum menamatkan cerita yang setelah mengalahkan raja kegelapan tersebut. Kekurangan yang menurutku tidak ada di game ini adalah Multiplayer game.
Ringkasan:
Positif :
+ Alur Cerita Menarik
+ Jenis karakter bervariasi
+ Dapat memainkan beberapa karakter sekaligus
+ Skill pada karakter bervariasi
+ Peta dungeon mudah dipahami
Negatif:
- Tidak ada fasilitas multiplayer (PvP)


2. DESTINIA
Game yang kedua ini juga tak kalah seru. Storyline yang ciamik ditambah gamesound yang enak di telinga membuatku betah memainkan game ini. Nilai plus yang membuatku betah uga dari game ini adalah equip yang ada sangat bervariasi. Kegiatan mengolah asah kombinasikan equip dari karakter ini sangat menantang. Yang paling mendebarkan saat memasang gem atau menempa senjata/armor karena bisa gagal. Sisi negatifnya hanya dari alur cerita yaitu monoton karena di kota yang satu dengan kota yang lain akan memperoleh misi yang serupa. Tapi ada fasilitas Mutiplayer yang memungkinkan secara online beratrung antar pemain.
Ringkasan:
Positif:
+ Kaya akan Ragam Equip
+ Equip dapat ditempa dan dipasang gem
+ Storyline dan soundplay bagus
+ Ada fasilitas Multiplayer (PvP)
+ Mudah untuk naik level
+ Peta dungeon mudah dipahami
Negatif:
- Alur ceritanya agak sedikit monoton


3. RPG END OF ASPIRATION
Inilah game RPG yang mengingatkan aku akan game RPG PS1 yang dulu semasa sekolah kugandrungi Juga mengingatkan aku akan game RPG Final Fantasy. Game RPG End of Aspiration ini mirip dengan game tersebut, memiliki world map yang jika berjalan dari satu kota ke kota lain maka dengan tiba-tiba layar akan berubah menjadi fightmode karena ada monster yang menantang kita. Storyline game ini juga kuberi jempol 2 karena sangat mendidik. Cerita dalam game ini mengisahkan beberapa anak muda yang memberantas mafia di dunia, keren deh.
Ringkasan:
Positif:
+ Storyline mudah dipahami dan sangat mendidik
+ Fightmode mudah, tidak ribet
+ Memiliki skill yang beragam
+ Tidak banyak dialog
Negatif:
- Equipment tidak banyak ragam
- Harus purchase untuk bisa menjelajahi dungeon-dungeon khusus

4. ZENONIA 2 : FREE
Saya sempat main game RPG ini. Alur ceritanya menarik. Storyline mirip dengan game Destinia. Tapi sayang versi free hanya sampai beberapa misi.

5. ZENONIA 3
Memainkan game ini agak membingungkan dalam berjalan di lokasi karena dungeonnya berbentuk bukit dan bangunan yang menaik turun. Secara storyline bagus. Saya belum tamatkan game ini. Karena masih kecanduan sama Destinia.

To be continued ...


Selengkapnya...

Reaksi: 

Oleh-Oleh Pangkalan Bun, ya Aksesoris dari Batu Kecubung

By Arsyil Statistikawan 3 Komentar


Sedang mencari oleh-oleh dari Pangkalan Bun? Kini tak perlu bingung, karena jalan-jalan kota Pangkalan Bun telah ada banyak toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Pangkalan Bun. Yang paling terkenal adalah oleh-oleh aksesoris dari Batu Kecubung. Batu kecubung adalah batu yang unik dan cantik. Di pulau Jawa jarang ditemukan batu seperti ini membuatnya identik dengan Kalimantan.


Di jalan Pangeran Antasari ada beberapa toko souvenir yang sudah terkenal menjual aksesoris batu kecubung ini. Sayang, antar toko tidak ada variasi produk alias akan dijumpai produk aksesoris yang mirip antar toko tersebut, harganya juga tak berbeda jauh. Kalau anda mau membeli pastikan berada di toko yang banyak menyimpan stok, karena dengan begitu anda akan dapat memili produk yang motifnya sesuai dengan yang anda inginkan.


Salah satu souvenir yang disukai oleh kaum hawa adalah gelang. Di toko-toko souvenir tersebut selalu dijumpai gelang-gelang dari batu kecubung yang indah dan menarik. Saya sendiri belum pernah beli, karena harganya menurut saya lumayan mahal yaitu sekitar 40 ribu sampai ratusan ribu. Saya waktu itu lebih memilih untuk membeli beberapa kaos yang harga sebahnya 35 ribu dan membeli kerajinan berbentuk jam yang terbuat dari batu Kalimantan.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Apa itu Sekolah Mitra PASIAD atau Sekolah Indonesia-Turki

By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Di Indonesia semakin tahun semakin bertumbuh jumlah sekolah mitra PASIAD. Saat ini tahun 2013 ada sebanyak sembilan sekolah yaitu 1) Pribadi Depok, 2) Pribadi Bandung, 3) Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, 4) Semesta Semarang, 5) Kesatuan Bangsa Yogjakarta, 6) SBBS Sragen, 7) Fatih Putra Aceh, 8) Fatih Putri Aceh, dan 9) Banoa Kalimantan Selatan.

Sekolah-sekolah tersebut dapat disebut sekolah Indonesia-Turki karena sekolah tersebut didirikan atas kerjasama antara yayasan Turki dan yayasan Indonesia. Yayasan Turki yang dimaksud disini adalah PASIAD. Ya, PASIAD merupakan sebuah yayayasan yang menaungi sekolah-sekolah di atas, diisi oleh orang-orang Turki yang tinggal Indonesia.

Hampir semua sekolah Indonesia-Turki tersebut berprestasi di masing-masing daerah (kota dan provinsi) tempat sekolah tersebut berdiri. Bahkan di tingkat nasional sekolah-sekolah mitra PASIAD patut diperhitungkan karena telah banyak menorehkan prestasi di olimpiade nasional dan Internasional. Sistem pengajaran dan pendidikan yang baik yang diterapkan di sekolah itu yang membuat sekolah-sekolah tersebut berprestasi.

Sekolah-sekolah PASIAD mempunyai asrama tinggal untuk siswa atau disebut Boarding School dan memiliki sistem pengajaran dengan Bilingual. Guru-guru pelajaran eksak di sekolah PASIAD menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengajaran. Guru-guru di sekolah PASIAD terdiri atas orang Indonesia dan orang Turki.

Fasilitas yang lengkap dan gedung yang modern membuat biaya bagi siswa baru untuk masuk sekolah-sekolah PASIAD tinggi selangit. Jangan khawatir biaya yang tinggi sebanding dengan output siswa kelak. Tapi bagi siswa yang memiliki prestasi nasional di bidang apa pun baik olimpiade mipa, olahraga, atau budaya bisa dipertimbangkan untuk belajar dengan memperoleh beasiswa di sekolah tersebut.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Wisata Pangkalan Bun Pantai Kubu Teluk Bogam Kotawaringin Barat

By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Di kabupaten Kotawaringin Barat ada beberapa lokasi wisata pantai yang bisa mengisi liburan salah satunya pantai Kubu. Pantai Kubu adalah sebuah pantai yang terletak di gugusan wisata Teluk Bogam. Pantai Kubu paling banyak dikunjungi wisatawan lokal (masyarakat Pangkalan Bun) karena letak pantai Kubu yang merupakan terdekat dengan pusat kota dibandingkan pantai-pantai lain.



Pantai Kubu dapat dijangkau dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat kota Pangkalan Bun. Sayang tidak ada transportasi umum yang menjangkau lokasi ini. Jadi jika hendak ke lokasi ini maka perlu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Menuju Pantai Kubu sangatlah mudah, dari pusat kota Pangkalan Bun berkendara ke arah Kumai. Saat tiba di bundaran Monyet maka berbelok ke kanan, lurus terus saja maka akan menjumpai Pantai Kubu.


Dibandingkan wisata lainnya di Kotawaringin Barat ini, Pantai Kubu telah memiliki sarana rekreasi keluarga seperti ayunan dan replika-replikasi binatang. So, you can take a picture with your family there. Jangan lupa untuk mencoba menyusuri jembatan yang mengarah ke tengah laut agar bisa menikmati suara desiran ombak pantai di sana.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Sekilas Mengenai Bandara Iskadar Pangkalan Bun

By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Di kota Pangkalan Bun kabupaten Kotawaingin Barat (Kobar) terdapat sebuah bandara bernama Bandar Udara Iskandar. Bandara ini merupakan sarana transportasi udara vital di kabupaten Kobar bahkan di Kalimantan Tengah. Bandara ini terletak tak jauh dari pusat kota Pangkalan Bun yaitu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor.



Operator penerbangan yang melayani rute ke dan dari Pangkalan Bun adalah Kalstar Aviation dan Trigana Air. Tarif pesawat bervariasi 600 ribu – 1 juta. Jika sedang promo anda bisa juga memperoleh tiket promo hingga 400 ribuan. Pemesanan dapat dilakukan melalui langsung ke kantor operator tersebut atau melalui online.



Di Bandara Iskandar kini telah ada sarana transportasi taksi bandara yang menghubungkan dari bandara menuju dalam dan luar kota Pangkalan Bun. Tarif taksi bandara ini untuk dalam kota dikenakan sebesar Rp75.000,- sekali jalan (bukan berupa tarif argo).


Selengkapnya...

Reaksi: 

Beberapa Pedagang di Pasar Istanbul Turki Bisa Berbahasa Indonesia

By Arsyil Statistikawan 2 Komentar



Istanbul adalah kota terbesar di Turki. Istanbul berada di dua benua, sebagian wilayahnya berada di benua Eropa dan merupakan wilayah yang terramai di Istanbul. Di tengah kota Isstanbul terdapat sebuah pasar bernama Kapalicarsi. Kapalicarsi sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Meskipun sudah berumur tua tetapi kemegahannya masih terlihat.

Kapalicarsi berukuran sangat luas dan sangat ramai. Para turis mancanegara konon selain mengunjungi Hagia Sophia dan Blue Mosque juga menyempatkan untuk mengunjungi pasar ini. Letak pasar Kapalicarsi memang tidak jauh dari kedua ikon wisata Istanbul tersebut.

Sewaktu saya di Istanbul, Turki dan mengunjungi Kapalicarsi ini bersama beberapa orang Indonesia lain saya bertemu dengan pedagang yang ada di video ini. Luar biasa, bahasa Indonesianya lumayan lancar. Saya anggap luar biasa karena katanya dia pernah di Indonesia selama 1 tahun tapi sudah bisa lancar seperti itu. Jika penasaran watch my above video. :)
Selengkapnya...

Reaksi: 

Menikmati Wisata Istanbul Turki Kepulauan Adalar dengan Bersepeda

By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Aku mau menceritakan pengalaman aku beberapa bulan lalu saat berada di Istanbul, Turki. Salah satu pengalaman jalan-jalan di sana yang lumayan berkesan buat aku adalah saat mengunjungi salah satu pulau di kepulauan Adalar Istanbul yaitu Buyuk Ada. Aku ke sana bersama teman-teman aku berangkat dari kota Istanbul yang bagian Asia menggunakan kapal. Di Buyuk Ada kami menikmati pemandangan dan berkeliling pulau dengan bersepeda.


Bahasa Turki untuk pulau adalah “ada”. “Adalar” artinya pulau-pulau atau diartikan kepulauan. “Buyuk” artinya besar, jadi Buyuk Ada artinya adalah pulau besar. Ya, kalau tidak salah Buyuk Ada merupakan pulau terbesar di Adalar dan yang paling ramai. Bisa terlihat ketika aku di kapal saat berangkat banyak kutemukan turis baik lokal atau mancanegara yang juga ke sana.


Sesampai di sana kami menyewa sepeda untuk satu jam, aku lupa berapa tapi yang jelas aku tak melihat penduduk sana menaikkan harga karena kami merupakan orang asing seperti yang sering terjadi di Indonesia. Kami juga sempat minum teh di sebuah kedai di situ dan kurasa harga makanan menumannya tidak berbeda dengan harga di kota. Tapi yang jelas harga barang di Istanbul katanya terbilang mahal dibandingkan harga barang di kota-kota lain di Turki. Secangkir teh panas di sini seharga 1 TL atau sekitar lima ribu rupiah.


Setelah menyewa sepeda kami mulai mengayuh dan berjalan-jalan menyusuri rumah-rumah dan pasar di sana. Oh ya, di sini tidak ada kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor, karena memang dilarang penggunaannya di Adalar. Ya, khusus Adalar, keren kan. Oleh itu kami melewati jalan di sini dengan nyaman tapi sempat ada polisi yang mengingatkan kami saat melewati pasar di sini. Kami tak boleh berepeda di pasar tersebut karena akan mengganggu kenyamanan pedagang dan pembeli pasar sepertinya.

Pastinya aku tak lupa untuk mengambil foto! Berfoto di sini menakjubkan kaena ada pemandangan kapal boat dan taman sederhana yang indah, dan lain sebagainya.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Seorang Anak Kecil Penjual Balon yang Melintas di Depan Rumahku

By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Sering sekali aku mendengar atau menonton cerita anak-anak manusia yang bernasib kurang beruntung dari televisi. Salah satu anak yang kurang beruntung itu ternyata ada di sekitar kami. Seorang anak kecil yang sepertinya tidak bersekolah itu menjual balon sering lewat di depan rumahku.

Aku memang belum melihat anak kecil itu. Aku mendengar cerita anak kecil penjual balon itu dari adik-adikku yang sering melihat anak kecil itu lewat depan rumah kami sambil membawa balon. Ahhh..kaki aku lagi patah jadi tdak bisa jalan cuma bisa di dalam rumah padahal aku ingin melihatnya langsung. Aku penasaran masa ada anak seperi itu,, kasihan sekali.,,,,TT

Dari cerita adikku anak kecil itu berumur sekitar 9 tahun. Badannya hitam sepertinya karena berjualan balon itu yang setiap hari kepanasan.Ya, setiap hari! Kata adikku sepertinya setiap hari dia berjualan balon. Lalu, saat adikku pergi ke pasar malam anak kecil itu juga terlihat di pasar malam itu sambil membawa balon. Haa!? Pagi, siang, malam, kah? Wahhh, tambah merintih hatiku mendengar cerita ini, kasihan sekali anak itu.

Aku sempat berpikir betapa teganya kah orang tuanya melalukan hal iu kepada anaknya sendiri? Ibu dan bapaknya dimana? Seharusnya anak seusia ia sedang sekolah dan menikmati masa bermain..bukan malah berjualan! Waallahualam, hanya Allah yang tahu. Kudoakan, semoga Allah mengasihi anak kecil itu dan segera mensejahterakan dia. Aminn..

Terlepas itu, anak kecil itu telah menyentil hati dan pikiran kami. Pantaskah dengan fasilitas yang kupunya sekarang, kenikmatan yang Allah berikan in, aku tidak bersyukur? Ya Allah, maafkan aku yang sering lupa untuk bersyukur ya Allah.

Pangkalan Bun, 20:34, 07-01-2014.

Selengkapnya...

Reaksi: