Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Apa Lapangan Kerja Prospek Lulusan Statistika?

28 Oktober 2010 18.19 By Arsyil Statistikawan 13 Komentar

Foto Jaket STATISTIKA UNDIP Tampak Belakang

Pasti kita sering sekali ditanya orang mengenai lapangan kerja apa nantinya setelah lulus sarjana dari jurusan kuliah kita. Apalagi jurusan yang masih jarang terdengar oleh orang alias masih langka. Gak terkecuali adalah program studiku yaitu STATISTIKA. Seperti pertanyaan; “Itu statistika kalau dah lulus kemana?”, “Nantinya jurusan itu kerja dimana?”, “Lulusan statistika kerjanya pada dimana?”, dan lain sebagainya. Mudah memang bagi kamu yang kuliah di jurusan yang hkhalayak ramai sudah mengerti seperti kedokteran, teknik arsitek, dll. Tapi kalau STATISTIKA masih asing bagi beberapa orang, tentunya untuk pertanyaan-pertanyaan di atas perlu penjelasan lebih lanjut.

Terus, kalau diriku sendiri ditanya seperti itu, jawabanku apa? Mudah sekali... sebab STATISTIKA semua bidang bisa! Yah paling dasar orang-orang pada tau apa itu BPS. Tapi gak cuma itu saja, di perusahaan berbagai bidang membutuhkan statistikawan. Kalau penjelasan mengenai lapangan kerja lulusan statistika berikut aku kutip dari website prodi Statistika Undip.

Prospek kerja sarjana Statistika dapat menempati posisi peneliti, CEO serta staff pada bagian Electronic Data Processing, System Analyst, Quality Control, Planning, Controlling and Production, dll. pada berbagai bidang :
1. Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll)
2. Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN)
3. Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll)
4. Bidang industri perangkat lunak dan komputer (perancangan sistem,
programming, desain grafis, dll)
5. Bidang industri penerbitan dan percetakan.
6. Industri telekomunikasi (telematika, Telkom)
7. Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll)
8. Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR,
Marketing Riset Informasi, dll)
9. Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS terkemuka.

Tuh kan, pada intinya di semua bidang statistika dibutuhkan....

Eitss, sebelumnya aku mau menjelaskan sesuatu. Perihal lapangan kerja. Apakah selalu lulusan sebuah jurusan pasti akan bekerja di bidang jurusan tersebut? Contohnya aku statistika, apakah aku pasti nanti setelah lulus bekerja di tempat yang sesuai dengan statistika? Jawabannya gak selalu!

Ujung-ujungnya emang takdir, semua di tangan Allah. Tapi juga kita harus berusaha. Banyak juga loh, lulusan sebuah jurusan yang pekerjaannya nanti tidak sejalur dengan bidangnya itu. Sebab apa mau dikata, otak kita juga mempengaruhi. Bakat kita dimana juga kadang menjadi hal yang patut diperhitungkan. Oleh itu skill kita lainnya juga harus diasah.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Download Aplikasi KBBI Offline Gratis

24 Oktober 2010 07.50 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar



Kemarin saat lagi mencari ke-valid-an sebuah kata aku membutuhkan KBBI. Lewat Google kusearch situs Pusat Bahasa Mendiknas, buat ber-KBBI online. Namun sayang malah gak ketemu. Seterusnya baru kutahu bahwa alamat KBBI online dari Pusat Bahasa sudah berpindah. Yang dulunya adalah http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/ sekarang berpindah menjadi http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php.

Tapi yang menjadi kendala adalah lamanya situs tersebut terbuka. Wah lemot banget buat aku yang koneksi menggunakan hotspot ini. Hingga kesasar di sebuah situs ebsoft.web.id. Disitu aku mendownload kamus KBBI offline. Terima kasih buat mas Ebta yang sudah membuatnya. Sehingga arsyil tak perlu lagi susah payah menunggu situs KBBI online terbuka. Cukup dengan membuka aplikasi KBBI offline di komputer.

Bagi sahabat sekalian yang mau download dapat langsung klik disini
Selengkapnya...

Reaksi: 

Definisi Apa Itu Islam Ekstrim Adalah?

23 Oktober 2010 05.17 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar



Kemarin diriku sempat berdiskusi sama seorang teman. Dia kakak sepupuku dari desa mbahku. Lebih agak terasa debat juga sih. Berawal ketika kami sholat bareng di sebuah masjid. Selesai sholat dia langsung menyoroti perilaku sholatku. Yang pertama adalah bentuk sedekapku, meletakkan kedua telapak tangan di depan dada. Yang kedua yaitu karena saat sholat aku melerai seorang anak kecil yang sedang berjalan di depanku saat sholat. Lalu dia bilang “sholat kok melerai bocah”, dan “menaruh sedekap kenapa di dada”. Kemudian aku bilang ke dia semuanya ada dasarnya. Lalu kamipun berbincang gak Cuma tentang hal sholat itu, tentang Islam lainnya kami debatkan.

Memang dalam sebagian debat itu dia luluh atas pendapatku. Aku juga tahu kalau dia belum merasakan ilmu lebih dari ilmu agama di desa. Beda dengan aku sudah memperoleh bermacam ilmu di kota. Namun aku tetap menghargai pendapatnya. Bahkan di akhir perbincangan kami saling legowo. Cuman dari situ aku mempertanyakan satu hal. Dia sempat bilang kepadaku “Islammu terlalu dalam”, tidak baik katanya. Saat itu ya aku jawab kita itu Islam untuk mempelajari Islam jangan setngah-setengah. Namun saat di kos aku kembali merenungkan pertanyaan itu. Akhirnya terbentuklah penasaranku terhadap “Apa itu Islam Ekstrim?”. Sempat sih sedikit gundah di hatiku mungkinkah aku agak mempelajari Islam yang seperti itu.

Lalu ketemu di sebuah tulisan mengenai ciri Islam Ekstrim. Dari beberapa tulisan lain di blog itu aku sempat shock atas beberapa pendapat penulis blog itu mengenai beberapa hal (salah satunya membolehkan “pacaran islami”. Namun disini aku cuma mengutip tulisan mengenai pendapatnya terhadap Islam ekstrim. Berikut beberapa hal merupakan ciri Islam ekstrim menurutnya.

Tanda sikap ekstrim yang paling mencolok, menurut Dr. Yusuf Qardhawi, adalah fanatik pada suatu pendapat dengan fanatisme yang keterlaluan, sehingga tidak mau mengakui keberadaan pendapat lain. (Islam Ekstrem: Analisis dan Pemecahannya, hlm. 32)

Apa sajakah ciri-ciri orang ekstrim-fanatik yang tidak mau mengakui pendapat lain? Berikut ini tujuh ciri orang-orang ekstrim yang terlalu fanatik dan tidak mau menerima keberadaan pendapat lain.
1) Mereka mengulang-ulang dalil tertentu saja, yaitu yang menopang pendapat mereka, seraya mengabaikan dalil lain yang menentang pendapat mereka.
2) Mereka menyalahgunakan dalil ‘pemisah antara yang haq dan yang batil’, di antaranya: hadits “Yang halal itu jelas [halal] dan yang haram itu jelas [haram].” (HR Bukhari & Muslim)
3) Mereka mengira bahwa mereka tahu pasti mana yang haram dan mana yang halal (dan bahwa orang lain yang tidak sependapat dengan mereka tidak tahu sama sekali mana yang haram dan mana yang halal).
4) Mereka sering menyampaikan fatwa dan hasil ijtihad (dengan menggunakan istilah lain, misalnya: konsultasi, tausiyah, materi tarbiyah, oase iman, dll.) dalam persoalan-persoalan yang bukan spesialisasi mereka, tetapi justru menentang fatwa dan hasil ijtihad ulama spesialis yang berseberangan dengan mereka.
5) Mereka maunya disimak, tetapi tidak mau menyimak.
6) Mereka bersikap keras (dan kasar) bila pendapat mereka tidak kita ikuti.
7) Mereka menolak jalan tengah.

Terima kasih untuk http://muhshodiq.wordpress.com/ atas infonya. Aku menghargai pendapatnya dan menyerapinya. Semoga nantinya aku lebih menjadi lebih baik.



Selengkapnya...

Reaksi: 

Hari Ini Hari Statistika Dunia 20-10-2010

20 Oktober 2010 07.20 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar



Tahukah kamu ternyata hari ini, 20 Oktober 2010, adalah hari statistika dunia! Aku aja baru tahu.. Dari status facebook salah saeorang teman bernama Noeril Faiz. Kemudian kucari-cari lewat mbah Google. Eh setelah arsyil telusur emang bener, today is WORLD STATISTICS DAY 20.10.2010. Dan merupakan hari statistika dunia yang pertama. PBB adalah organisasi yang mencanangkannya. Dan konferensinya diadakan di Jenewa pada hari ini. Diikuti oleh lebih 100 negara. Indonesia pun turut serta di dalamnya!!!

Berikut pernyataan Sekjen PBB Ban Kin-Moon:
"On this first World Statistics Day I encourage the international community to work with the United Nations to enable all countries to meet their statistical needs."
Dalam pidatonya mengenai hari statistika dunia ini.

Arsyil sendiri mau mengucapkan selamat bagi statistikawan-statistikawan Indonesia atas hari statistika ini. Hidup para statistikawan!



Selengkapnya...

Reaksi: 

Tips Apakah Memilih PKL di Instansi Bank

19 Oktober 2010 18.46 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar



Kemarin sore diriku sempat berbincang-bincang dengan seorang calon sarjana, alias sebentar lagi lulus, amin. Di perbincangan itu sempat aku tanyakan mengenai PKL dia waktu dulu. Alkisah, diceritakannya bahwa dia dulu PKL di sebuah Bank di kotanya. Yaitu di Bank BNI Jember (wah sebut merek neh). Terlihat dari mimik dia cerita bahwa penyesalannya terhadap PKLnya dulu di bank itu. Loh kenapa? kutanya. Begini loh ceritanya..

Awalnya aku tanya-tanya gitu, "Mbak, PKL di Bank Indonesia bisa gak?". "Bisa kok" jawabnya mulus. Eh di cerita selanjutnya katanya susah PKL disana. Dapat datanya gak gampang, seperti ibaratnya sebuah kotak. Bank adalah sebuah kotak, dan kita berada di garis kotak itu. Jadi kita blm masuk dalam kotak itu. Seperti ada perisai gitu.

Jadi, intinya. Buat kita anak statistika... Sebaiknya PKL jangan ke Bank... Cari yang lebih gampang ajah..kayak di kantor pemerintah. Soalnya kalau di kantor pemerintah dapat datanya mudah. Sedangkan kalau di perusahaan kita harus cari data sendiri.
Selengkapnya...

Reaksi: 

Berminat PKL di PT Dua Kelinci Pati? di Bagian Quality Control!

14.20 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar



Berhubung isi otakku akhir-akhir ini tak pernah lepas dari kata "PKL", kali ini arsyil mau share tentang sebuah info yang ane dapet dari seorang kaskuser. Waktu itu gak sengaja ane cari-cari di google dan ketemu sebuah thread tentang pengalaman PKL. Kaskuser tersebut bernickname "aliepati.en". Dia adalah mahasiswa teknik industri di ITS Surabaya. Beberapa waktu silam dia PKL di PT Dua Kelinci, Pati, Jawa Tengah. Pas banget lagi, dia pkl tersebut di bagian Quality Control, sesuai banget, secara program studiku kan statistika gitu. Saat kutelusuri ternyata kata dia cukup mudah banget buat PKL disana. Pengen tahu cara dan langkah mudahnya? Oke kasih dah..

Sebelumnya tahu kah PT Dua Kelinci? Ya iyalah, terkenal di iklan, banggain kota Pati lagi. Itu loh produsen kacang garing dan atom. Terletak di Pati. Bagi lu anak Pati sebagai rasa bangga PKL ajah disitu...^^ Sedangkan bagian Quality Control bertugas menjaga kualitas produk perusahaan itu.

Nah untuk langkah-langkah dia waktu itu mengajukan PKL disana benar-benar mudah. Kata dia langsung aja ke perusahaan tersebut membawa proposal resmi dan dikasihkan ke satpam. Oleh satpam itu akan dikasih nomor mba Arum, dia staff HRD. Lalu seminggu setelahnya, hubungi mbak Arum tadi. Tunggu jawabannya. Dah gitu doank! Gampang khan~!

Tulisan ini kupersembahkan untuk diriku sendiri, semoga PKLku entar lancar...amin, semangat! Dan kawan-kawan statistika 208, ayo pada PKL ke instansi-instansi strategis! Manfaatkan ilmu statistika yang kita punya untuk kemajuan Indonesia!

Terima kasih buat sobat aliepati, berikut testimoninya mengenai PKLnya:
"ane jurusan teknik industri Sepuluh nopember ngambl PKL di DUA KELINCI PATI gan, tahu kan produsen kacg garing n atom tu...
Tema yg ane ambl QUALITY CONTROL gan. Yg jaga kualtas tu produk . Ane fokus dbagyn sortir kacang. Jadi yg memilah mana kualtas ekspor n lokal.
pgalaman uniky byk bgt. Kta tiap hari ikutan nyortir KACANG bAreng ibu2 mpe kIta hapal kacang yg cacat n ndak. Pgalaman laenya he, ketemu dengan mahasiswa cewek IPB ---sensor---"
selengkapnya klik disini



Selengkapnya...

Reaksi: 

Alat Pengendali Proses Statistik dan Sebab Variasi Kualitas

17 Oktober 2010 17.35 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar



Ini lanjutan dari Celotehku klik disini

ALAT PENGENDALI PROSES STATISTIK
Untuk mengetahui hasil proses produksi, apakah baik dan buruk, atau keadaan yang lain, dapat menggunakan alat statistika, wujudnya adalah:
1. Histogram atau Diagram Batang dan Daun
2. Formulir Kontrol
3. Diagram Pareto
4. Diagram Sebab-Akibat
5. Diagram Kelompok Cacat
6. Diagram Pencar
7. Grafik Pengendali

SEBAB-SEBAB VARIASI KUALITAS
Sebab-sebab munculnya variasi dalam kualitas produk ada dua, yaitu:
a. Sebab-sebab umum
b. Sebab-sebab khusus

Jika suatu proses produksi hanya dipengaruhi oleh sebab-sebab umum, maka proses produksi dikatakan di dalam pengendali secara statistik. Sedangkan, jika suatu proses produksi dipengaruhi oleh sebab-sebab khusus, maka proses produksi dikatakan di luar pegendali secara statistik. Proses produksi dapat di luar pengendi secara statistik, mungkin disebabkan oleh kesalahan:
- Mesin
- Operator
- Material

Proses dikatakan terkendali, jika semua ukuran mutu (kualitas) produk berada diantara batas spesifikasi bawah dan batas spesifikasi atas. Sedangkan proses dikatakan tidak terkendali, jika ada satu atau lebih ukuran mutu produk berada di luar batas spesifikasi.

Tujuan utama dari pengendali proses secara statistik adalah untuk mendeteksi kejadian proses yang disebabkan oleh sebab-sebab khusus secepat mungkin, setelah itu mencari solusinya. Sehingga perusahaan tidak akan merugi, yaitu mencetak banyak produk yang cacat. Untuk mencapai tujuan ini, biasanya menggunakan grafik pengendali.

Grafik pengendali dapat dipergunakan untuk:
a. Menaksir parameter proses produksi dan dari informasi ini, dapat dipergunakan untuk menentukan kapabilitas (kemampuan) proses.
b. Memberikan informasi yang berguna untuk kemajuan proses
c. Mengeliminasi atau mengurangi variabilitas dalam proses produksi
Selengkapnya...

Reaksi: 

Celoteh Tentang Statistical Quality Control atau Pengendalian Kualitas Statistika

17.16 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar



Mata kuliah Pengendalian Kualitas Statistika adalah salah satu mata kuliah yang kugemari. Gara-gara membaca sebuah buku, "IMPERIUM III" di salah satu babnya menceritakan mengenai bagaimana Jepang bisa bangkit dari keterpurukan setelah di bom atom oleh Amerika. Menyebabkan dua kota, Hirosima dan Nagasaki rata tanahnya oleh bom tersebut. Namun Jepang tidak patah arang untuk memperbaiki negaranya. Hal utama adalah membangkitkan bidang industri.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang hampir bertaburan produk-produk Jepang. Dengan harga terjangkau namun kualitas baik. Honda, Yamaha, Sony, dll, itu semua memiliki cerita unik sesaat setelah Perang Dunia II. Namun yang menjadi kesamaan adalah bahwa industri Jepang menggunakan sebuah sistem yang membuat industri mereka pesat sampai sekarang. Yaitu Statistical Quality Control atau Pengendalian Kualitas Statistika.

Jepang belajar dari seorang Amerika. Namun Amerika sendiri tidak tahu hingga beberapa dekade ke depan setelah perang dunia II bahwa Jepang bisa bangkit gara-gara orang Amerika. Beliau bernama Dr Edward Deming, penemu Statistical Quality Control.

Aku sendiri terkejut saat membaca buku itu. Ternyata penyebab majunya industri Jepang adalah berkat sebuah ilmu di bidang Statistika. Yah lumayan muncul kebanggaan juga sebagai statistikawan, bahwa luar biasa ilmu statistika. Dimana Pengendalian Kualitas Statistika benar-benar membuat produk Jepang digemari konsumen. Karena dibandungkan produk Amerika sendiri, produk Jepang lebih murah namun dengan kualitas lumayan.

Jepang bisa bangkit dengan Statistika, bagaimana dengan Indonesia? Apakah aku sebagai seorang statistikawan dan statistikawan lain bisa memajukan industri Indonesia?

Bagi anda yang membutuhkan jasa olah data statistik bisa menghubungi saya di YM arsyil_keren@yahoo.co.id atau email ke arsyilhs@gmail.com. Terimakasih.

Artikel mengenai Statistical Quality Control klik disini
Selengkapnya...

Reaksi: 

Langkah-Langkah Pengambilan Keputusan Dalam Rapat Dan Hubungannya Terhadap Rapat KKL Statistika 2008

13.35 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar



Ketegasan pemimpin memang dibutuhkan dalam hal ini, bijaknya seorang pemimpin rapat yang menjadi andalan agar keputusan rapat bisa menjadikan semuanya legowo.
Dalam pengambilan keputusan sebaiknya dilakukan beberapa tahap dulu..
Sebelum voting alangkah lebih baiknya musyawarah dulu. Karena yg namanya voting, pihak yg se...dikit (kalah voting) akan merasa dirugikan dan hal itu akan menjadi batu sandungan terhadap keputusan yg telah diambil itu.
Voting baru diambil setelah benar-benar musyawarah tdk menemukan kesepakatan alias jalan terakhir. Namun sebelumnya jgn lupa utk proses pelobian terlebih dahulu. Baik pihak yg ngotot terhadap salah satu opsi alias kalau keputusannya bukan opsi itu maka menolak harus diajak berembuk, diyakinkan kalau voting bukan opsi tersebut yg terpilih mereka bisa legowo. Atau juga pihak yg mayoritas, diyakinkan juga. Nah baru setelah itu voting.

Langkah2: 1.musyawarah, 2.lobi, 3.voting.

Pemimpin rapat tugasnya memberikan opsi bukan menekankan suatu opsi.

Semangat teman-teman,,,, semuanya berkepentingan disini, menghargai pendapat satu sama lain perlu.

Kalau voting kemarin ada yg belum legowo, gak masalah sih dirembukkan
lagi. Tapi tdk semudah itu apakah pihak yg sudah milih opsi yg menang
itu mau, nah ini tugas bagi yg pilih opsi yg kalah utk melobi mereka.
jgn sang ketua, sebab seorang pemimpin tugasnya menjalankan putusan.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Resep Kue Enak Kunamakan Love Kacang Ala Aprilianna Triharyanti

16 Oktober 2010 20.46 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar



Dari dulu emang aku suka dan pengin bisa bikin kue oven. Tapi sudah bertahun-tahun tak juga kunjung berhasil. Wah menurutku hebat deh cewek yang pinter buat kue gituan. Nah nih salah satunya. Namanya Aprilianna Triharyanti, Matematika Undip 2009. Dia adalah staff kementerian Dalam Negeri BEM FMIPA UNDIP. Beberapa waktu lalu dia pun ngajarin aku reserp kue buatannya. Kebetulan waktu itu aku berkesempatan untuk mencicipi kuenya. Yahudd, enak , lumayan deh rasanya. Salah satu kue yang dia bawa ada yang berbentuk hati. Resep kue itu kemudian diajarkan kepadaku. Karena bentuknya yang hati=love, kunamakan kue itu dengan KUE LOVE KACANG. hahahaha.

Bahan-bahan:
1. 400gr tepung kue kering
2. 250gr gula halus
3. 250ml minyak goreng
4. 1sdt garam
5. 1bks vanili
6. 250gr kacang

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali minyak goreng. Dan diratakan.
2. Kalau adonan sudah rata baru tambahkan minyak goreng. Dan diaduk rata lagi.
3. Adonan bisa dicetak dengan berbagai bentuk. Dalam hal ini bentuk LOVE ya.
4. Di atasnya diolesin kuning telur
6. Masukkan ke dalam oven yang udah dipanaskan.
7. Kalau kue sudah matang (kecokelatan) bisa diangkat
8. Siap disantab@!

Gimana? mudah banget bukan? (aku sendiri belum nyobain sih). Semoga bermanfaat! ^^

Selengkapnya...

Reaksi: 

Membuat Tempe Resep Sederhana Dengan Tepung Instan Ala Anak Kos

15 Oktober 2010 22.43 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Ini sih bukan sederhana, tapi sangat sangat sederhana banget! Mau tau? Yang jelas bahan utamanya adalah tempe. Nah kalau pilih tempe sebaiknya yang dibungkus daun pisang aja... rasanya lebih enak...terasa tempenya! Kalau mau pilih yang bungkus plastik sih gak apa-apa. Yang penting bisa ngisi perut gitu....

Bumbu yang kedua adalah tepung bumbu instan merek xxx(disensor -gak boleh nyebut merek cuy!). Pokoknya kamu cari aja tuh di minimarket/swalayan atau indomaret/alfamart. Tepung bumbu bungkus kecil yang ada gambar tempe crispy-nya.

Sesampai di kos, tuang bumbu secukupnya ke mangkuk lalu ditambahkan air sedikit demi sedikit. Jangan sampai kebanyakan air loh nanti tepungnya gak bisa melekat ke tempe. Kalau airnya kebanyakan tambahkan aja lagi tepungnya sedikit-demi sedikit.

Aduk campuran tepung instan dan air tadi. Kalu udah celupkan tempe tadi yang sudah diiris menurut selera. Kemudian masukkan ke dalam wajan yang udah ada minyak goreng dan udah panas.

Jadi deh!

Selengkapnya...

Reaksi: 

Cara Buat Koneksi LAN Antar Laptop/Notebook Tanpa Kabel Tapi Dengan Wifi Ad Hoc

20.35 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar



Beberapa hari ini asyik banget main Yu-Gi-Oh. Bahkan sampai ada Yugi Competiton of Statistic 2008. Yaitu pertemuan para Yugi-ers statistika angkatan 2008. Berkompetisi satu sama lain memperebutkan juara. Memang disini tidak ada hadiah tapi yang penting keseruan dan keasyikan juga kebersamaannya, TOP deh! Hanya dengan wifi kami melakukkannya. Jadi bisa menyambung LAN tanpa perlu pakai kabel tapi cukup dengan sinyal Wifi yang pasti ada di setiap laptop.

Dulu aku pengen banget bisa ber-LAN ria sama temanku, tapi ketidaktauan ada cara koneksi ad hoc ini aku mencoba mencari tau cara LAN dengan kabel. Kalau LAN dengan kabel pastinya sulit. Waktu aku mencari di toko komputer kata mereka pasang kabel LAN harus benar settingan ujung2nya. Wah berarti butuh tenaga ahli. Kalau beli kabelnya mah murah tapi menyettingnya yang sulit. Jarang juga toko komputer mempunyai tenaga ahlinya untuk itu. Aku pun mencari referensi di internet. Sudah kemana-mana tapi memang gak ketemu. Akhirnya usahaku sia-sia.

Sekarang aku sudah bisa tertawa ria. Dapat berLAN dengan laptop-laptop lainnya. Apalagi buat duel YuGiOh. Pengen nyoba juga? Nih aku kasih tau cara koneksikannya. Nama sistem koneksinya bernama”Ad Hoc Wireless Connection”, pengen tau caranya klik aja http://softwarehalal.blogspot.com/2010/10/buat-koneksi-lan-tanpa-kabel-tapi.html (kalau OS kamu windows XP) atau disini (kalau OS kamu Windows Vista atau 7) . Itu ke alamat blogku yang satu lagi, yaitu di softwarehalal.blogspot.com.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Menggoreng Pisang Sederhana Dengan Tepung Instan

12 Oktober 2010 06.15 By Tembalang Online 1 Komentar

Pisang gorengku ini benar-benar instan! Hanya cukup menambahkan pisang dengan satu bahan saja. Yup, pakai tepung instan. Namanya juga anak kos, di kosan tidak tersedia bumbu dan bahan selengkap kalau berada di rumah. Jadinya beli di minimarket. Hanya Rp2000 perak. Tapi sayang, tepungnya sedikit, yah sesuai harganya lah, ada harga ada rupa. Silakan teman-teman cobain, kalau gak mau repot pakai acara nyari bahan ke pasar. Mereknya terserah (maaf disini saya tidak mau nyebut merek ya), yang penting di bungkusnya tertulis keterangan buat pisang goreng, atau ada gambar pisang goreng di bungkusnya itu. Pokoknya gampang deh nyarinya, di swalayan pasti ada.

Cara bikinnya; tepung instan yang sudah dibeli tadi dicampur dengan air biasa, sebaiknya sedikit demi sedikit, sayang kalau keenceran. Soalnya dari percobaanku gak encer aja tipis setelah digoreng. Jadi sebaiknya nyampur dengan airnya dikit aja, alias kental. Abis itu masukkan deh pisangnya yang sudah dikupas dan dibelah dua. Dan siap digoreng hingga kecokelatan. Dan siap deh untuk dihidangkan! Ingat bagi-bagi dengan yang lain ya....

Semoga artikel arsyil ini bermanfaat. Terima kasih.. Oh iya, hati-hati kalau gosong ya! Soalnya pisang gorengku gosong,,, TT
Selengkapnya...

Reaksi: 

Key SMADAV Pro 8.3 Oktober 2010 dan Cara Hilangkan Blacklist

08 Oktober 2010 15.50 By Arsyil Statistikawan 8 Komentar



Pertama tahu kalau SMDAV sudah keluar update-an terbaru dari status teman di facebook. Langsung juga hari itu (7-10-2010) aku mendownload update terbaru SMADAV yaitu versi 8.3. Selesai instalasi gak seperti biasanya kotak SMADAV berwarna hijau, eh ini berwarna hitam. Yang di kemudian kuketahui bahwa ternyata SMADAV aku terkena blacklist. Namun tak kusangka sangat mudah mengembalikan keadaannya seperti biasa dan plus jadi pro lagi. Terimakasih buat kaskuser yang udah ngasih info dan key dari MA.

Perbedaan SMADAV 8.1, 8.2, 8.3:
Smadav 2010 Rev. 8.3 : Penambahan database 40 virus baru, pembersihan semua varian virus shortcut, dan fitur baru lainnya..

Smadav 2010 Rev. 8.2 : Penambahan database 80 virus baru, perbaikan false alarm, penambahan teknik heuristik untuk varian virus penginfeksi exe, dan beberapa perbaikan bug lainnya

Smadav 2010 Rev. 8.1 : Penambahan database 100 virus baru, Smadav Virus Scanner Engine terbaru (SmadEngine.dll), dan sudah kompatibel penuh untuk Windows Vista & Windows 7.

MENGHILANGKAN SMADAV yg kena BLACKLISH

Panduan Instalasi Key Smadav 8.3
1.Aktipkan Smadav 8.3 anda
2.Pada Smadav 8.3 klik menu SETTING
Pada Registrasi Smadav Pro masukkan seperti dibawah ini:

Nama: anti-pembajakan
Key: (key dikosongkan jangan di isi)
Lalu klik Register


Setelah itu baru anda masukkan salah satu dari 3 nama dan key dibawah ini:
Berikut Key nya:
1. Type Personal
Nama: www.marcell.tk
Key: 083800846040

2. Type: Warnet
Nama: http://marcellinoagatha.blogspot.com
Key: 775877810985

3. Type: Perusahaan
Nama: www.marcellinoagatha.blogspot.com
Key: 991999604080



Selengkapnya...

Reaksi: 

JADWAL PERTANDINGAN TIMNAS INDONESIA VS URUGUAY 8 OKTOBER 2010

05 Oktober 2010 05.54 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar



Salut arsyil sama Indonesia yang sungguh berani melakukan pertandingan internasional dengan URUGUAY. Secara, Uruguay kan merupakan negara semifinalis di piala dunia 2010 di afrika selatan silam. Gak tanggung-tanggung, timnas Indonesia akan bertanding dengan skuad utama timnas Uruguay. Semoga aja hasilnya nanti memuaskan. Pokoknya berapapun hasilnya arsyil insyaallah akan bakal nonton deh. Hidup Indonesia!

JADWAL PERTANDINGAN TIMNAS INDONESIA VS URUGUAY
TANGGAL : 8 OKTOBER 2010
WAKTU : 19.30 WIB
SIARAN LANGSUNG : TVONE & ANTV
TEMPAT : STADION UTAMA GLORA BUNG KARNO


Selamat bertanding arsyil ucapkan! Good Luck!

Berikut berita dari TvOne:

Jakarta, (tvOne)

Pertandingan sepak bola internasional antara Indonesia melawan Uruguay yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta pada 8 Oktober akan ditayangkan langsung dua stasiun televisi yakni tvOne dan ANTV. "Pertandingan ini akan disiarkan secara eksklusif dan langsung oleh tvOne & ANTV pada 8 Oktober 2010 mulai pukul 19.30 WIB," ujar Dino Geofanni, Corporate Communications TvOne, dalam siaran persnya, Senin.

Dino mengatakan pertandingan ujicoba internasional tersebut merupakan pertandingan yang memiliki nilai khusus mengingat tim Uruguay merupakan salah satu semifinalis Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan pada Juni-Juli lalu. "Uruguay menjadi tim yang sangat menonjol selama perhelatan Piala Dunia 2010 digelar. Pemirsa akan menyaksikan secara langsung dan menilai sejauh mana Tim Senior Nasional Indonesia dapat meladeni permainan dari salah satu finalis Piala Dunia 2010 itu sebagai kesebelasan yang kuat," ujarnya.

Dino menambahkan tvOne tak hanya akan menayangkan pertandingan di SUGBK, tetapi juga akan menyiarkan rangkaian acara dari mulai kedatangan tim Uruguay di Indonesia termasuk menyiarkannya pada setiap program berita maupun talkshow "Apa Kabar Indonesia" dan "Apa Kabar Indonesia Malam". "Sehingga pemirsa tvOne akan terus dapat mengikuti berbagai aktifitas yang dilakukan oleh tim Uruguay selama di Indonesia sebelum hari pertandingan," ujarnya.

Rombongan tim Uruguay rencananya akan datang ke Indonesia secara bertahap mulai Selasa (5/10) di Bandara Soekarno Hatta mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB yang terbagi ke dalam lima kloter. Pada Rabu (6/10), tim Amerika Latin itu akan mengikuti aktivitas acara di sebuah mall sebagai bagian dari "promo offair tvOne". Sedangkan hari Kamis (7/10) atau satu hari menjelang pertandingan akan digelar konferensi pers yang diselenggarakan oleh Badan Tim Nasional (BTN) PSSI.(ANT)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Staff NIC (Cewek) Kini Berjilbab SEMUA! Alhamdulillah

04 Oktober 2010 17.00 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar


Subhanallah, aku tak menyangka banget hal ini. Bahkan aku sempat kaget saat pertama kali tahu bahwa saudari-saudariku di NIC yang sebelumnya belum berjilbab kini telah berubah, sudah menutup aurat mereka. Insyallah perubahan ini ke arah yang lebih baik.

Kepada Lasna, Mira, dan Abdi; aku turut mendukung kalian atas perubahan ini.. Sungguh kalian tambah cantik sekali! ^^ Serius, setelah kalian pakai jilbab yang dulunya emang cantik sekarang tambah cantik euy...

Dengan begitu maka lengkaplah wanita-wanita di NIC yang sudah pakai jilbab semua.. kepada yang lainnya mba Dwi, Icha, dan Ewi, tetap solid yak... Juga yang cowok; Budi, Muchit, dan Syatori. We are NICers.. Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi