Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Siapa itu Maulana Jalaluddin Rumi dari Turki?

28 Desember 2012 01.22 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar


Taukah kamu beberapa tokoh yang tersohor di Turki, yaitu:
1. Fatih sang Penakluk (Fatih Sultan Mehmet the Conqueror)
2. Sulaiman yang Luar Biasa (Suleiman the Magnificient)
3. Maulana Jalaluddin Rumi
4. Mustafa Kemal Atatürk

Entah kenapa aku merasa di antara tiga nama pertama, di Turki ini lebih terkenal nama Maulana Jalaluddin Rumi (mevlana celaleddin rumi) dibandingkan yang lainnya. Padahal dunia paling mengenal nama sultan mehmet/Fatih selain karena kisahnya juga kepopuleran Masjid Sultan Ahmet (Blue Mosque) yang membuat dunia mengenalnya. Aku sendiri yang pertama kali kutahu di antara yang lain adalah Sultan Fatih, sebelumnya sudah pernah kubaca kisah tentangnya . Fatih adalah sultan khalifah utsmani (ottoman) yang menaklukkan Konstantinopel. Sedangkan Sultan Sulaiman I adalah yang paling membuat perubahan besar untuk Turki saat menjadi semasa kekhalifahan utsmani. Sedangkan nama keempat Ataturk wajib bagi orang Turki menyimpan namanya di hati mereka, karena Ia adalah yang mendirikan Republik Turki.



Kali ini aku mau sedikit bercerita mengenai Maulana Jalaluddin Rumi. Ketiga tokoh yang lain mungkin di lain waktu akan kutuliskan ceritanya masing-masing. Karena seperti yang sudah kusampaikan di awal bahwa disini Maulana Jalaluddin Rumi lumayan terkenal. Kurasa teman-teman juga mengetahuinya. Pernahkah melihat di TV mungkin, orang Turki yang memutar badannya memakai pakaian serba putih dan memakai topi panjang ke atas. Sambil melayangkan tangannya selaras dengan perputaran badan disertai kepala yang agak miring. Oke kalau bingung searching aja ya di google mengenai tarian itu.

Pekan ini di sekolah yang kuhuni yaitu Fetih Koleji telah diadakan sebuah agenda tahunan yaitu Mevlana Haftasi (Pekan Maulana). Acara diadakan di sekolah dengan mengundang orang tua siswa. Lalu di atas panggung beberapa siswa mempertunjukkan aksi mereka termasuk menari seperti gaya sang maulana. Berikut videonya:



Di sekolah ini ada salah seorang guru yang mengikuti ajaran Maulana, sering sekali aku mendengar kata Mevlana dari ia. Seperti dianjurkan makan cukup sekali aja dan makan daging cukup beberapa hari sekali aja. Lalu masjid yang sering kudatangi untuk sholat juga bernama Mevlana Cami. Jalan di dekat sekolah bernama Mevlana. Wah aku jadi sering mendengar kata Maulana. Akhirnya aku sedikit banyak tahu mengenai maulana ini.

Meaulana J. Rumi ini hidup jauh beratus tahun lalu, ia lah yang menyebarkan agama Islam di negeri Turki. Ia datang dari Afganistan, lalu ke arab dan terakhir menetap di Turki tepatnya di kota Konya. Kalau bisa kubilang ia seperti Wali Songonya Di Indonesia gitu. Yang mengajarkan Islam kepada penduduk.
Selengkapnya...

Reaksi: 

[My Diary] Dari Jakarta ke Istanbul (Turki) via Jeddah

23 Desember 2012 19.46 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Ini adalah kisahku.. bersama teman-teman PASIAD..saat perjalanan dari Jakarta ke Istanbul  via Jeddah awal desember 2012. Just my diary...gak penting.. !@#$%^&*()

Pagi-pagi sekali diriku sudah bangun, setelah sholat tahajud kulanjutkan dengan mandi. Maklum mandiku lama jadi harus lebih dulu sebelum yang lain. Di kamarku ini kami ber delapan orang sebentar lagi akan melakukan perjalanan yang tak akan terlupakan sepanjang hidup :. Bagi aku sendiri, tak pernah terpikirkan olehku bahwa tanggal 30 November 2012 ini aku akan pergi ke Istanbul via Jeddah. Apapun yang terjadi, aku hanya pasrah, berusaha terbaik, kepada Allah aku kembali.

PASIAD membernagkatkan guru Indnesia ke Turki

Barang-barang termasuk pakaian sudah aku kemas hari sebelumnya. Alhamdulillah aku dah siap, setelah sholat Subuh kami segera bersiap-siap untuk meninggalkan asrama Sekolah Pribadi Depok ini. Pada jam 6 pagi kami sarapan, lalu dua buah taksidatang. Eh ternyata taksinya kurang, jadi perlu satu taksi lagi. Maklum pada bawa koper semua, gak cukup dua taksi.

Sebelum ke bandara kami semua sebanyak 21 orang (8 putra dan 13 putri) berkumpul di Sekolah Kharisma Bangsa Tangerang untuk di-briefing dulu. Pukul 8 an pak Ramadhan memberikan briefing, mengenai keberangkatan ini dan beberapa hal yang akan kami lakukan di Turki nantinya. Diakhiri dengan foto bersama. Lalu segera pukul 10 kami semua naik ke bis menuju bandara.

Alhamdulillah pukul 12 kami sampai di Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Pesawat dijadwalkan berangkat pukul 15.30. Waktu kosong kami manfaatkan untuk makan siang dan sholat. Mau jam 2 kami kemudian chek-in. Di depan tepat penimbangan bagasi, kondisi sempat runyam. Yang pertama, petugas disitu bilang bahwa tiap orang hanya dapat membawa 1 koper ke bagasi dan 1 koper ke kabin. Haduh, padahal beberapa dari kami lebih dari itu, contohnya aku selain bawa koper, tas punggung, juga bawa tas jinjing (travel bag). Alhasil, aku pun menyulap tas jinjing itu jadi satu dengan koper (alias mengepak ulang ^^). Lalu masalah yang kedua dan utama adalah petugas itu meminta bukti bahwa kami belajar di Turki dan penjamin kami (sebenarnya aku kurang begitu ngerti maksud petugas itu). Segera kami hubungi Fakhry abi, alhamdulillah beberapa kemudian masalah ini selesai. Kami pun diperbolehkan naik ke pesawat.

Di atas Pesawat

Sebelum ke Istanbul kami berangkat ke Jeddah, baru 12 jam kemudian melanjutkan perjalanan dari Jeddah ke Istanbul, alias Jakarta-Istanbul via Jeddah. Perjalanan yang lumayan panjang. Alhamudlillah aku dah terbiasa perjalanan seperti ini, karena rumahku kan di Kalimantan. Semarang-Pangkalan Bun naik kapal 20 jam :. Tapi yang ini perjalanan spesial. Pakai pesawat ke Jeddah lagi, dekat Mekkah, jelas saja karena Mekkah adalah kota impian setiap muslim di dunia. Selain itu, makanan di atas pesawat enak sekali. Belum pernah aku makan yang seperti itu. Ada roti, ayam/ikan/daging , nasi , keju, salad, puding, dan teh. Lumayan lah.

Saat berkesan adalah ketika pesawat berada di atas bumi mekkah. Terasa sangat dekat, masyaallah. Aku teringat betapa indahnya jika aku bisa menunaikan haji. Alhamdulillah.. aku merasa bersyukur sekali saat itu. Banyak hal nikmat Allah yang sangat banyak dan tak terhitung padaku. Aku juga berharap bisa menaikkan haji orang tua ku kelak. Amin.

Di bandara Jeddah

Sekitar pukul 21 setempat (di Indonesia jam 1 malam), kami tiba di Jeddah. Alhamdulillah... Bandaranya luar biasa keren beda deh dengan di Indonesia. Sayang kami Cuma transit, jadi tak bisa keluar dari Bandara. Hanya bisa gigit jari dari balik kaca melihat kota Jeddah di luar sana, tentu di balik kota Jeddah ada kota Mekkah. Di tempat transit ini tak banyak hal yang bisa kulakukan. Karena tidak ada Wifi gratis, TT. So, yang pasti bisa kulakukan adalah berfoto-foto, :. Karena penerbangan ke Istanbul masih lama aku juga menyempatkan berbicara dengan orang asing disini, kebetulan saat ini banyak orang pakistan. Bahkan dia sempat meminta berfoto bersama denganku. He he berasa artis.

Berkenalan dengan orang Pakistan

Sekitar pukul 10.00 setempat gate ke pesawat meuju Istanbul sudah dibuka, kami bergegas kesana. Alhamdulillah disini lancar, mungkin karena kami transiter. Disini sebelum naik ke pesawat kami diantar oleh bus. Di atas pesawat kami terpisah-pisah. Padahal aku pengen banget dapat tempat duduk di pojok jadi bisa menikmati pemandangan langit dari balik jendela. Aku berada di sebelah orang Turki nih. Duh saatnya memraktikkan bahasa Turki yang dua bulan kemarin kuajarin.

Menaiki pesawat Saudi Arabian airlines

Perjalanan dengan pesawat sekitar 3,5 jam kami sampai di bandara Istanbul Attaturk Internasional Airport. Kali ini aku benar-benar bercak kagum banget dengan bandara ini. Luar biasa keren. Besar sekali bandaranya. Dan sistem disini bagus. Pengennya sih bisa berfoto-foto yang banyak disini. Tapisa sayang karena harus segera bertemu dengan abi yang jemput kami di luar sana. Jadi setelah mengambil trolly lalu mengambil koper kami keluar. Alhamdulillah sempat berfoto satu kali ^^. WELCOME TO ISTANBUL...

Narsis lagi dan lagi :P


Selengkapnya...

Reaksi: 

Kenapa Jalanan Istanbul (Turki) Tak Ada Motor?

19.04 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar

Suasanan sebuah jalan di Turki

Di Indonesia ada beberapa orang Turki, kalau mereka ditanya "Bisa mengendarai motor tidak?" Kemungkinan besar mereka bilang tidak. Akhirnya kutahu jawaban dari itu sekarang. Di Turki jarang yang mengendarai motor. Yang ada kendaraan mobil alias beroda empat atau lebih. Di tulisan ini aku bukan mau menjawab pertanyaan kenapa bisa begitu. Aku sendiri malah bertanya-tanya kenapa ya.

Sangat jarang banget kulihat motor di Istanbul ini. Aku pernah lihat beberapa tapi jarang banget. Tidak seperti di Indonesia, di jalanan seperti Semarang misalnya kendaraan motor roda dua menumpuk. Itu yang membuat kesriwutan (kekacauan di jalan) hingga macet parah. Sedangkan di Istanbul di jalanan kendaraan terlihat rapi. Walau sering juga disini terjadi macet, tapi kurasa tak se-amburadul di Jakarta.

Bukan berarti Istanbul benar-enar bagus. Tapi Istanbul ada kurangnya juga. Pengendaranya parah, banget deh. Orang Turki kalau mengendarai mobil ngebut, sekalipun waktu ada tikungan tetap aja gas dikebut. Parah, dalam hati kuberkata 'nih orang kayak baru bisa naik mobil aja'. terkadang aku agak males naik mobil disini, bikin mabuk. Mentang-mentang gak ada motor seenaknya deh mengendarai mobil.

Yang susahnya juga kalau aku menyeberang jalan. Beuuhh, mobil berjalanan dah tau ada yang nyeberang bukan malah dikurangi gasnya tapi malah terus aja bablas. Dan anpa sirine "tin tin" seenaknya aja. Ngeri deh kalau nyeberang. Berbeda kalau di Indonesia, ada yang nyeberang maka akan dipelankan gasnya. Sekalipun padat merayap kendaraan yang ada di jalan, penyeberang diutamakan. *Wah jadi kangen tanah air... sungguh aku cinta Indonesia..

Terus satu lagi, mungkin gara-gara cara mengendarai yang ngebut itu, sepertinya tingkat kecelakaan di Istanbul tinggi. Nah kalau sudah gitu tanduk keluar dari kepala mereka (baca:marah). Bahkan baru dua minggu di Istanbul aku dah punya pengalaman mobil yang kutumpangi berserempetan dengan sebuah truk. Lalu kedua sopir bersilat lidah. Ak cuma bisa menunggu aja hingga mereda beberapa menit. Ha ha. Orang Turki memang aneh, kalau marah-marah ngeri, bisa langsung hajar ditempat. Tapi meredanya pun cepat. Setelah kelahi langsung seperti biasa (aneh deh aku kalau ngeliatnya). Berbeda dengan di Indonesia sekali marah dipendem teru dalam hati.
Selengkapnya...

Reaksi: 

Pengalaman Pertama Ke Rumah Makan di Turki Bersama Para Guru Fetih Koleji

21 Desember 2012 23.58 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Perutku laper nih, setelah mendengarkan ceramah Fetullah Gullen Hoca Effendi lewat video bersama para guru Fetih Koleji, aku lalu ke Yemekhane "ruang makan". Ada seseorang disitu "Yemek var mi?". Alhamdulillah ada. Tapi saat lagi makan tiba-tiba aku disuruh stop, ku keluar gedung dan naik mobil. Ternyata mereka para guru bersama aku akan ke sebuah rumah makan. Malam yang dingin ini aku semakin lapar gak sabar sampai ke rumah makan yang dituju. Belum lagi yang nyupir mobil ngebut bawanya (orang Turki bawa mobil ngebut bangett), bikin aku agak mabuk.

Alhamdulillah akhirnya sampai jugaa... Rumah makannya unuik.. gak ada di Indonesia. Di samping meja makan kami ada tempat pembakaran. Dan makanannya juga unik. Disitu ada daging, roti, dan cabe gede. Lagi-lagi nasi yok "tidak ada". But i will keep eat. Eaahh... pertama menggigit dagingnya selera berkurang, jelas aja, dagingnnya hambar gak ada rasa. Kuberpikir seandainya aja ada sambal tomat..pasti enak nih (i miss sambal).

Tapi karena aku lapar semuanya terasa Enakk. Kalau dinikmatinya rasanya enak juga kok.. cuma aku yang gak suka yogurt..benar-benar gak ada rasa, gak kumakan. Tapi yang lain kuhabisin, enakk, kenyangggg.

selamat menikmati.............Afiyet olsunn

Setelah makan (pasti deh) minum teh....


Selengkapnya...

Reaksi: 

Mahalnya Mengurus Registrasi / Daftar HP di Turki

23.39 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar

Kalau dipikir-pikir memang ada benarnya pilih beli hapi aja daripada mendaftarkan / regristrasi HP kita (mendaftarkan di kantor polisi membawa paspor). Sebab biayanya mahal yaitu 100 Lira (hanya untuk daftar). Kurs saat ini sekitar 1 Lira = Rp 5200. Artinya 100 lira = Rp500ribu. Belum beli kartu operatornya (sim card /kartu perdana), kalau beberapa waktu lalu aku membeli sim card baru AVEA 35 lira (=sekitar Rp175ribu) dengan biaya pendaftaran 10 lira -padahal di Indonesia 5rbu perak dah dapat kartu perdana. Itu pun belum terisi pulsanya, lalu aku beli paket seharga 20 Lira (250 kali sms, 250 menit telepon, 250 MB internet). Jadi total 165 lira atau sekitar Rp 800ribu kalau dirupiahkan. Beuh, kalau di Indonesia itu dah dapat HP baru, canggih pula.

Disini memang harga HP sangat mahal. Kalau menurut pantauanku sekitar 3x lebih mahal daripada harga HP di Indonesia. Aku bersyukur banget deh di Indonesia komunikasi lumayan murah. Sekitar 20-30 ribu sudah bisa sms, telp,internet buat sebulan. Kalau disini sebulan menghabiskan sekitar 100ribu atau lebih.

Tapi disini bisa disiasati dengan beli hape second/bekas, tapi masih bagus kok. Kalau benar-benar mau mencari 150-180 lira dah dapat hape android layar sentuh.

Okelah gak apa-apa, ini sebagai pengalaman buat aku. Keep praise to ALLAH. Yang penting selalu bersyukur pada Allah. Semua yang ada di dunia ini hanyalah milik-Nya. DIa hanya menitipkan ke kita :D.

Istanbul, 21-12-12

Selengkapnya...

Reaksi: 

Snow Day in Istanbul, It's My First Time See The Snow

23.19 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Alhamdulillah bisa lihat salju juga... hari kamis [20/12/12] ini adalah hari pertama turun salju di Istanbul, Turki. Langsung salju turun dengan deras dibarengi cuaca yang mendung, angin kencang, dan hawa sangat dingin. Belum pernah kubayangkan sebelumnya, seorang pemuda dari tropis ini berada di tengah-tengah salju. Gila, keren coy, subnallah, its my great experience. Ini pertama kalinya , my first time see the Snow. Alhamdulillah banget.

Hari ini aku belum ke luar ruangan karena cuacalumayan buruk. Tapi keesokan harinya aku benar-benar menikmatinya. Berfoto-foto dan lempar-lemparan salju (baca: PERANG SALJU) dengan beberapa temanku. Juga saat aku melintasi jalanan, aku ditimpuki salju..

Nih diriku sampai tiduran di Salju.. :P

[Gak Jelas] Tidur di atas Salju

Melintasi jalanan bersalju

Lihat anak-anak bermain salju


Selengkapnya...

Reaksi: 

Nih Judul Skripsiku “Time Series Data Analysis with Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) Method”

19 November 2012 22.27 By Arsyil Statistikawan 17 Komentar


Alhamdulillah dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun, aku berhasil menyelesaikan skripsiku. Good bye..:) for ANFIS: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Memikirkanmu benar-benar menyita tenaga dan pikiran. Luar biasa memerlukan energi ekstra. Karena masih jarang skripsi yang membahas ini. Bahkan di Universitasku baru aku yang mengangkat ANFIS. ANFIS kuambil karena dosenku S3 mengangkat ANFIS ini. Selain itu refensi bahasa Indonesia sedikit sekali. But aku tetap berusa hingga akhirnya selesai dengan baik. Oleh itu aku akan berusaha share, membantu kawan yang sedang mengalami kondisi yang pernah kualami ini. Silakan kalau ada yang ditanyakan seputar ANFIS.
Kalau mau download skripsiku dan contoh perhitungan ANFIS silakan KLIK DISINI.

Judul : Anlisis Data Runtun Waktu dengan Metode ANFIS : Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)
Title : Time Series Data Analysis with Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) Method

Abstrak
Salah satu metode analisis data runtun waktu yang populer adalah ARIMA. Metode ARIMA mensyaratkan beberapa asumsi antara lain residual model white noise, berdistribusi normal dan varian konstan. Model ARIMA cenderung lebih baik untuk data runtun waktu yang linier. Sedangkan untuk data runtun waktu nonlinier telah banyak dikaji dengan metode nonlinier, salah satunya adalah Adaptive Neuro Fuzzy Inference System atau ANFIS. Metode ANFIS adalah metode yang mengkombinasikan teknik Neural Network dan Fuzzy Logic. Dalam Tugas Akhir ini dibahas secara khusus mengenai metode ANFIS untuk analisis data runtun waktu yang mempunyai karakteristik antara lain stasioner, stasioner dengan outlier, nonstasioner dan nonstasioner dengan outlier, dan digunakan data harga minyak kelapa sawit Indonesia sebagai studi kasus. Hasil ANFIS yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan hasil metode ARIMA berdasarkan nilai RMSE. Berdasarkan analisis dan pembahasan diperoleh bahwa hasil metode ANFIS lebih baik daripada metode ARIMA.
Kata kunci : ANFIS, ARIMA, data runtun waktu, nonstasioner, outlier

Abstract
One popular method of time series analysis is ARIMA. The ARIMA method requires some assumptions; residual of model must be white noise, normal distribution and constant variance. The ARIMA model tends to be better for time series data which is linear. Whereas for the nonlinear time series data have been widely studied by nonlinear methods, one of that is Adaptive Neuro Fuzzy Inference System or ANFIS. The ANFIS method is a method that combines techniques Neural Network and Fuzzy Logic. In this thesis discussed the ANFIS method specifically for the analysis of time series data that have characteristics such as stationary, stationary with outlier, non stationary and non stationary with outlier, and the data of Indonesian palm oil prices is used as a case study. The ANFIS results which were obtained are compared with the results of ARIMA method by the value of RMSE. Based on the analysis and discussion, it is obtained that the results of ANFIS method are better than the results of ARIMA method.
Keywords : ANFIS, ARIMA, time series data, non stasionary, outlier

Literature
1. Abiyev, R dkk. 2005. Electricity Consumption Prediction Model using Neuro-Fuzzy System. World Academy of Science, Engineering and Technology 8. Hal 128-131.
2. Agung, IGN. 2009. Time Series Data Analysis Using Eviews. Singapura: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.
3. Alakhras, MNY. 2005. Neural Network-based Fuzzy Inference System for Exchange Rate Prediction. Journal of Computer Science (Special Issue). Hal 112-120. Amman, Jordan.
4. Aldrian, E dan Yudha, SD. 2008. Application of Multivariate Anfis for Daily Rainfall Prediction: Influences Of Training Data Size. Makara, Sains Volume 12 No 1. Hal 7-14.
5. Alizadeh, M., dkk. 2009. Forecasting Exchange Rates: A Neuro-Fuzzy Approach. IFSA-EUSFLAT. Hal 1745-1750.
6. Atsalakis, GS, dkk. Probability of trend prediction of exchange rate by ANFIS. Recent Advances in Stochastic Modeling and Data Analysis. Hal 414-422.
7. Azadeh, A, dkk. 2009. A hybrid simulation-adaptive network based fuzzy inference system for improvement of electricity consumption estimation. Expert Systems with Applications 36(8). Hal 11108-11117.
8. Baseri, H dan Alinejad G. 2011. ANFIS Modeling of the Surface Roughness in Grinding Process. World Academy of Science, Engineering and Technology 73. Hal 499-503.
9. Fahimifard, SM dkk. 2009. Comparison of ANFIS, ANN, GARCH and ARIMA Techniques to Exchange Rate Forecasting. Journal of Applied Science 9(20). Hal 3541-3651.
10. Fausett, L. 1994. Fundamentals of Neural Networks Architectures, Algorithms, and Applications. New Jersey: Prentice Hall.
11. Jang, JSR. 1993. ANFIS: Adaptive-Network-Based Fuzzy Inference System. IEEE Transactions on System, Man, and Cybernetics Volume 23. Hal 665-685.
12. Jang, JSR., CT Sun, dan E Mizutani. 1997. Neuro-Fuzzy and Soft Computing: A Computational Approach to Learning and Machine Intelligence. London: Prentice-Hall, Inc.
13. Kablan, A. 2009. Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System for Financial Trading using Intraday Seasonality Observation Model. World Academy of Science, Engineering and Technology 58. Hal 479-488.
14. Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
15. Kusumadewi, S dan Hartati S. 2006. Neuro Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha Ilmu.
16. Makridakis, S dkk. 1992. Metode dan Aplikasi Peramalan Edisi Kedua Jilid 1. Terjemahan oleh Untung S Andriyanto. Jakarta: Penerbit Erlangga.
17. Matlab. 1999. Fuzzy Logic Toolbox User’s Guide. The MathWorks, Inc.
18. Mordjaoui, M and Boudjema B. 2011. Forecasting and Modelling Electricity Demand Using Anfis Predictor. Journal of Mathematics and Statistics 7 (4). Hal 275-281.
19. Nayak, PC, dkk. 2004. A Neuro-Fuzzy Computing Technique for Modeling Hydrological Time Series. Journal of Hydrology. Hal 52-56.
20. Osowski, S dan Linh, TH. 2004. Neuro-Fuzzy TSK Network for Approximation.
21. Ross, TJ. 2010. Fuzzy Logic with Engineering Applications, Third Edition. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.
22. Soejoeti, Z. 1987. Buku Materi Pokok Analisis Runtun Waktu. Jakarta: Penerbit Karunika, Universitas Terbuka.
23. Suhartono. 2008. Analisis Data Statistik dengan R. Surabaya: Jurusan Statistika ITS.
24. Warsito, B dan Ispriyanti D. 2004. Uji Linearitas Data Time Series dengan RESET Test. Jurnal Matematika dan Komputer Volume 7 Nomor 3. Hal 36-44.
25. Warsito, B. 2009. Kapita Selekta Statistika Neural Network. Semarang: BP Undip.
26. Wei, LY. 2011. An Expanded Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) Model Based on AR and Causality of Multination Stock Market Volatility for TAIEX Forecasting. African Journal of Business Management Vol. 5(15). Hal 6377-6387.
27. Wei, WWS. 2006. Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods Second Edition. USA: Pearson Education, Inc.
28. Yilmaz, NAS. 2003. A Temporal Neuro-Fuzzy Approach for Time Series Analysis. The Department of Computer Engineering, The Middle East Technical University.



Selengkapnya...

Reaksi: 

Wisudaku dan Sebuah “Rombongan” Bis

21.49 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar


Kurasa dari sekian banyak wisudawan di hari ini akulah yang membawa kendaraan beda dari yang lain, yaitu dengan Bis! Maklum it is Big Family. Ibu, bapak, 3 orang adik, nenek, pakde, sepupu, keponakan, saudaranya nenek, dsb. Sekitar 20 orang bersamaku datang ke acara wisudaku. Alhamdulillah seharian seru dan bisa membahagiakan nenek, orangtua, dan sanak saudara. Terima kasih keluargaku, kehadiran kalian mensupport diriku. Aku senang di hari wisudaku bisa berkumpul dengan kalian.

Pagi-pagi benar kami sudah disibukkan untuk persiapan sebelum naik bis. Aku sendiri, mandi pagi sebelum sholat subuh (maklum mandiku lama). Sekitar pukul 5.45 kami naik bis yang udah kami carter alias booking hari sebelumnya. Lumayan murah sewa bis kecil (muat 25 orang) disini, 450 ribu untuk seharian boleh sampai malam, Wedung-Semarang. Alhamdulillah kali ini uang sewa mobil dari kantong pribadiku. Senang sekali bisa mengeluarkan uang untuk kegiatan yang membuat senang keluarga.

Sekitar 7.30, bis tiba di Hotel Grand Candi Semarang. Tempat acara Tasyakuran Wisuda Fakultas Sains dan Matematika (FSM). Aku, ibu, dan bapakku turun dari bis dan masuk ke Hotel. Karena acara ini hanya tersedia 2 kursi untuk kedua orang tua maka aku persilakan keluargaku yang lain untuk pergi ke Kebun Binatang. Daripada mereka lama menunggu kami di luar Hotel, maka sebaiknya mereka berrekreasi ke kebun binatang Mangkang saja.

Di dalam Hotel, ternyata acara belum dimulai. Sekitar pukul 8.30 – 10.00 acara berlangsung setelah itu kami makan. Aku sebenarnya sedikit kecewa dengan kemasan acara disini. Kukira bagi yang cumlaude akan duduk di depan seperti saat acara Yudisium, ternyata Tidak. Banyak spekulasi yang bermunculan dari teman-teman, alasannya yaitu karena panitia (hampir semuanya) adalah anak matematik. Perlu diketahui bahwa wisuda kali ini hanya satu orang wisudawan dari matematik yang dapat Cumlade, berbeda dengan jurusan lain yang lumayan banyak cumlaudernya. Yah i dont know, ambil positifnya deh, alhamdulillah pemilihan tempat baik yaitu di Hotel, dan makanan disini enak sekali. 

Kami bertiga menunggu lama sekali di Hotel, padahal acara wisuda universitas pukul 12.30. Sabar deh, alhmdulillah jam 12 kurang bis kembali ke Hotel. Kemudian kami langsung berangkat ke Undip, menghadiri acara wisuda sebenarnya (diwisuda oleh Rektor) di Gd Prof Soedarto. Hampir saja loh aku gak ikut wisuda, ternyata aku tiba disana pintu hampir saja ditutup. Alhamdulillah...

Kali ini aku senang tempat dudukku di depan. Dan yang cumlade sebutkan namanya lalu berdiri. Wah benar-benar bangga, alhamdulillah menuntut ilmu di Statistika Undip berbuah hasil yang lumayan memuaskan. Pada intinya acaranya hanya maju ke depan lalu diberi selamat oleh rektor. Karena jumlah mahasiswa banyak, maka acara ini terkesan lama. Jam setengah 4 an acara akhirnya selesai.

Kalau wisuda di Undip ini keluargaku yang lain menunggu aku di luar gedung. Lumayan lama jadi pas acara selesai mereka pengin buru-buru pulang. Wah padahal aku ingin sekali banyak berfoto-foto dengan mereka. Tapi alhamdulillah kami sempat foto satu kali lengkap yang datang hari ini. Lalu kami bergegas pulang karena semua sudah pada kecapekan. Tapi aku tetap kekeuh supaya mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Inilah tempat yang menurutku cukup pas membawa keluargaku. Cuma, awalnya renca mau ke Gerebek Besar Demak, itu kubatalkan, tired.

Selengkapnya...

Reaksi: 

My Name is Arsyil, I am not Terorist

24 September 2012 10.24 By Arsyil Statistikawan 10 Komentar

Pernah dengar film “My name is Khan”? Judul tulisan ini terinspirasi dari film itu, mengisahkan tentang seorang muslim India yang tinggal di Amerika, ia dengan lantang meneriakkan bahwa ia bukanlah teroris. Yeah, sekarang ini bagi dunia barat, muslim dianggap teroris. Ironis sekali, negara-negara muslim mengangguk, tidak berbuat apa-apa. Nah terus, nih aku beberapa waktu lalu sempat mengobrol dengan seorang muslim Turki. Subhanallah, ia jadi guru ke luar negeri salah satu misinya adalah kayak Khan tadi.



Dia bernama Syamil. Aku memanggilnya Syamil abi (abi=brother). Ia adalah orang Turki tinggal di Sragen, mengajar matematika di SBBS (Sragen Bilingual Boarding School). Kami bertemu di sekolah Kharisma Bangsa, sempat tidur di ruangan yang sama pula. Suatu ketika kami mengobrol beberapa hal mengenai Turki. Kemudian ia menayampaikan bahwa sekolah Turki terdapat banyak, di 140 negara. Waw, menakjubkan, artinya hampir di seluruh dunia ada sekolah Turki.

Di Indonesia, sekolah turki di bawah manajemen yayasan PASIAD. Terdapat beberapa sekolah Turki di penjuru nusantara; Aceh (Fatih), Depok (Pribadi), Tangerang (Kharisma Bangsa), Bandung (Pribadi), Semarang (Semesta), Sragen (SBBS), Jogja (Kesatuan Bangsa), dan yang terbaru di Banjarmasin (Banoa). Di sekolah Turki, sebagian guru adalah orang Turki. Jadi tak heran, bagi orang Indonesia yang mengajar di situ, bisa bahasa Turki.

Kembali lagi ke kisah Syamil abi. Ia bercerita bahwa saat sekarang ini orang-orang muslim suka disebut teroris. Muncul banyak provokasi dari negara-negara barat namun yang utama adalah dari Israel. Lihat saja, di Timur Tengah, perang bergejolak, situasi keamanan tak terkendali. Tapi tidak dengan orang Turki, mereka bebas kemana saja.

Perkataan penting yang kucatat dari Syamil abi adalah seorang Muslim itu tidak mungkin sengaja membunuh nyawa orang lain, bahkan dengan seekor semut pun seorang muslim tidak diperbolehkan membunuh. Subhanallah, sebagai orang Muslim, aku menjadi terhenyak dengar kata-kata itu. Kemudian ia juga bilang bahwa ia dan guru sekolah Turki lain ke berbagai penjuru dunia, ingin menyampaikan ia kesana dengan damai. Bahwa muslim itu bukan teroris, tetapi Muslim ini pembawa kedamaian.

Selengkapnya...

Reaksi: 

AYO BUAT PASPOR : Kunci Keluar Negeri

14 September 2012 16.20 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar


Seringkali ada benarnya, “Apa yang terjadi esok adalah yang kita pikirkan sekarang.” Dan alhamdulillah sekarang beberapa hal yang dulu kupikirkan terjadi salah satunya adalah membuat paspor. Paspor sudah kuinginkan lama. Berawal dari mimpiku bisa ke negeri idamanku “Jerman” dan termotivasi dari tulisan Renald Gazali, guru besar UI tentang membuat paspor. Yang kulakukan pertama adalah menuliskan PASPOR di dinding kamarku. Kemudian tak lupa kutulis d facebook dan blog (baca: Sebelum Wisuda Aku Harus Sudah Punya PASPOR). Hingga kusiapkan uang, kusisihkan untuk membuat paspor sebelum wisuda.

Sekali lagi, kalimat, “Apa yang terjadi esok adalah apa yang kita pikirkan sekarang” dan hadist Rasulullah “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin” benar-benar memotivasi aku. Kata orang-orang di sekitarku, “Buat apa bikin paspor, kalau gak jadi keluar negeri gimana?” ada juga yang berkata “Kerja aja belum dah pengen ke luar negeri.” Sungguh, aku tak mendengarkan bisikan-bisikan yang menjatuhkan itu. Aku tetap bersemangat untuk menjadi diri yang baik di hari esok. Tetap memiliki mimpi-mimpi dan berusaha keras untuk menggapainya. Amin.

Banyak orang mengira membuat paspor susah. Oke aku maklum, mungkin karena kurangnya pengetahuan pada mereka tentang paspor. Paspor beda sama Visa. Kalau paspor ibaratnya KTP ke luar negeri sedangkan Visa adalah tiket untuk ke sebuah negara. Artinya paspor digunakan ke semua negara hanya 1 paspor sedangkan Visa tiap negara 1 visa. Kalau Paspor masa berlaku 5 tahun, kalau Visa berlaku sesuai kebutuhan. Untuk visa aku belum pernah buat karena belum ke luar negeri. Oke aku mau menyampaikan cara membuat paspor.

Di Semarang, membuat paspor di kantor Imigrasi kelas 1 Krapyak. Tapi sebelumnya lebih baik mendaftar online terlebih dahulu. Karena kalau belum daftar online prosesnya akan lebih lama. Daftar online di situs www.imigrasi.go.id dengan memilih 48Hal. Upload dokumen KTP, KK, dan AKTE yang telah di scan. Sesuai hari yang dijadwalkan datang ke Kanim I Semarang Jl Siliwangi No. 514 Krapyak membawa dokumen tadi fotokopi dan asli. Disana ikuti prosedur tanyakan saja pada pegawai disana kalau bingung. Gampang kok gak usah pakai calo, biaya Cuma 255ribu pengambilan paspor setelah 1 minggu.

by ARSYIL HENDRA SAPUTRA
Selengkapnya...

Reaksi: 

Miris Kumelihat Penyanyi Dangdut Seksi Dikelilingi Anak Kecil di Acara Kondangan

12 September 2012 22.02 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Mungkin, tulisanku ini tak begitu berpengaruh bagi para bapak-bapak dan ibu-ibu orang tua di desa untuk sadar akan pentingkan ajaran yang baik untuk anak mereka. Ajaran baik yang kumaksud dalam tulisanku ini adalah mengenai acara dangdutan yang digelar saat ada kondangan. Sungguh, menurut saya penyanyi dangdut yang berpakaian mini alias seksi sangat tidak baik ditonton utuk anak kecil. Just one word for described that, MIRIS. Aku miris melihat fenomena ini.


Beberapa waktu yang lalu aku menghadiri acara walimatul sunnat atau resepsi sunnatan salah seorang keluarga istrinya Pakde aku, berada di daerah yang bisa dibilang pelosok. Di sana aku lumayan kurang betah, yaitu menumpuknya asap rokok dimana-mana. Okeh, yang ini aku maklum, kebiasaan merokok saat mengobrol sesama teman bagi bapak-bapak dah biasa (eitss ada anak seumuran ekolah juga denk yang merokok). Nah sewaktu dimulai nyanyian dangdut ini aku tercengang.

Sang penyanyi, dua orang cewek dengan pakaian yang masyallah mini banget, seksi, dan bisa disebut (maaf) setengah telanjang kali ya. Dan saat mereka naik ke atas panggung disorak gempita oleh orang-orang disitu, bapak-bapak, ibu-ibu, baik tua atau muda. Yang menjadi menakjubkan lagi hampir banyak banget anak-anak kecil disitu sampai-sampai ada beberaa anak yang duduk di atas panggung bagian pinggir. Miris, anak-anak dijejali tontonan seperti itu!

Aku hanya tergeleng-geleng kepalaku bahkan saat lantunan lagu dangdut dinyanyikan aku lebih banyak menunjuk. Bukan aku sok alim atau gimana, tapi di samping aku takut sama Allah aku juga sangat menolak fenomena seperti ini.

Perlu dipahami! Mnurutku, akibat dari fenomena ini adalah nak-anak akan belajar dari apa yang ditontonnya. Secara bertahap meeka belajar untuk memakai pakaian yang seperti itu, yaitu seksi. Belum lagi lirik lagu yang dibawakan sering kali berbau porno. Waktu itu ada salah satu lagu yang dibawakan berjudul “Perawan Kalimantan”. Hadeuhhh hadeuuhhh.

by ARSYIL
Selengkapnya...

Reaksi: 

Go to Pekalongan with ADALAH, Great Journey!

09.57 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar

Did you know Pekalongan? Yeah, it is Batik city! The best of Batik city in the world, i think. But, aku gak ngomongin soal batik. Aku mau cerita mengenai perjalananku ke kota tersebut. Just one word i said for the journey, Great! Seru abizzz..baik perjalanan, sampai di kondangannya mba sufroh, trus ke rumah diba, pulangnya makan durian di perjalanan, dan hujannya bikin asyik.

Aku dan Hanif

Sebenarnya tujuan utama ke Pekalongan adalah datang ke walimahan (resepsi pernikahan) dari mba Sufratuts Tsaniah atau mbak sufra. Minggu 9 September 2012, akhirnya yang berangkat ada 6 orang yaitu aku, hanif (mat08), diba (mat08), lala (kim08), allyn (IF08), dan ayu (Bio09) mengendarai sepeda motor. Kami berangkat mewakili keluarga harmonis Bem Fmipa Undip 2010. Sayang, sang presiden Bem, pak Barri gak bisa ikut. Awalnya kami berencana sewa mobil tapi gak dapat, jadi dia gak bs ikut kalau naik motor.
ADALAH Goes to Pekalongan

Sekitar pukul setetengah 9 kami berangkat. Ada gunanya juga kamera digital yang kubawa. Berawal dari singgah di pom bensin mangkang, muali deh narsis kami. Ha ha.. gak papaa. Targetnya dua jam setengah sampai pekalongan tapi karena macet dsb.. sekitar pukul 11 kami sampai di kondangan mbak sufra. Nah ini nih yang kami bingung, di depan tertulis “Sufroh & A Yani” apakah sufroh=sufra? Kami takutnya dah sampai ke dalam ternyata bukan walimahannya mba sufra, ho ho. Tapi gak kok, emang dah bener, ini pernikahan ma sufra. Sebab, disini dia dipanggil sufroh, ha ha lucu2..

Sampai di dalam, kami terutama aku sangat pangling bener gak sih yang di pelaminan ini mba sufra? Yakin deh, beda banget! Mungkin gara2 dandanannya itu kali.. hanya suaranya yang bikin aku kenal kalau itu memang dia. : ) Setelah puas berfoto-foto dan menikmati makanan disitu kami undur diri sekitar pukul 1 siang.


Go to Pekalongan of course, planning yang kedua adalah ke rumah Farroh Dibaj. Lumayan walaupun sudah kenyang tapi disuguhi buah-buah dan lainnya. Namun sayang, cepet banget, segera selesai shoat dhuhur dijama ashar kami pun melanjutkan perjalanan pulang. Eiitss, tak lupa berfoto, wk wk, bareng keluarga seisi rumah dibaj..adeknya lucu, malu2 gitu, setelah kuajak mau deh foto bareng.

Foto bareng Diba Family

Si hanif ternyata kepincut pengen beli baju batik yang ada di toko di dekat situ. Aku dan hanif akhirnya membeli batik, sedangkan yang lain enggak. Ha ha maklum bapak-bapak masa kini, (rempong deh). :P

Bapak2  Shopping

Di perjalanan pulang pada ngerengek-ngerengek “ayo yang dah lulus traktir duren”. Ya deh, kutraktir duren akhirnya. Beli di pinggiran jalan waktu di Batang, dasar yah, beli 1 gak cukup! Ya Allah nih bener-bener manusia, gak pernah puas, tadi minta beli dan dibeliin eh minta banyak. Hadeuuhh... Tapi gpp, seru deh bsa makan duren bareng.

Makan Duren di Batang

Ada yang mau ikut acara Halal bi Halal, ada yg mau “xxxx”, sehingga minta lekas pulang ke Semarang. Tapi permintaan mereka tertolak mentah-mentah sebab turun Hujan! Kami cukup terhambat gara-gara hujan ini, tapi gpp alhamdulillah, bersyukur sama Allah, menambah keseruan kami. Rumusnya begini,
hujan turun = berteduh di pinggr jalan = berfoto-foto.
Waka waka waka.

ADALAH berteduh dari Hujan

Di sebuah tempat teduhan, akhirnya tercetuslah ADALAH. Hmm pasti terinspirasi boyband-girlband yang lagi menjamur Sekarang. :) ADALAH memiliki terdiri atas huruf-furuf yang mewakili nama kami berenam yaitu Arsyil, Diba, Allyn, Lala, Ayu, dan Hanif. Ha hahaa..lucu gokil SERUUU.

Perjalanan kami diakhiri dengan makan bareng di Tembalang, see u guys.. : ) ADALAH great, BEM FMIPA UNDIP 2010, miss u all.
Selengkapnya...

Reaksi: 

STATPRENEURSHIP : STATISTIKA DAN ENTREPRENEURSHIP

08.10 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar


Di saat ini, ilmu statistika sudah menjadi hal tak terpisahkan dengan research atau penelitian. Para akademisi, ilmuwan, bahkan instansi/perusahaan membutuhkan statistika. Inilah peluang bagi para statistikawan. Bayangkan, statistika digunakan di bidang apa saja dan tidak banyak orang yang paham mengenai statistika. Di sisi yang lain, statistika menjadi momok, menurut sebagian kalangan statistika rumit dan butuh waktu relatif lama untuk memahaminya. Sehingga tidak sedikit juga dari kalangan-kalangan itu menyerahkan pengolahan data dan analisis statistik kepada para statistikawan. Tentunya hal ini diperoleh keuntungan dari kedua belah pihak. Para “klien” memperoleh hasil olahan dan para statistikawan memperoleh fee (bayaran) atas itu.



Sebelumnya, penjelasan mengenai istilah statistikawan dan entrepreneurship adalah sebagai berikut. Statistikawan berasal dari kata statistika dan imbuhan –wan. Statistika adalah ilmu pengumpulan, analisis, hingga diperoleh kesimpulan/informasi yang diperlukan dari suatu data. Imbuhan –wan menjelaskan bahwa statistikawan merupakan orang yang bergelut dalam bidang statistika dan mampu menerapkannya pada suatu masalah atau singkatnya menurut sebuah tulisan di Wikipedia, statistikawan adalah sebutan bagi ahli statistika.

Istilah Entrepreneurship sudah banyak yang mengenalnya, yaitu dalam bahasa indonesia adalah wirausaha. Sedangkan orang yang menjalankannya biasa disebut entrepreneur atau wrausahawan. Jadi jika gabungan kedua hal itu, statistika dan entrepreneurship menjadi STATPRENEURSHIP maka diperoleh arti “Wirausaha dalam bidang Statistika”. Orang yang menggeluti Statpreneurship disebut Statpreneur yaitu “Wirausahawan dalam bidang statistika” atau “Statistikawan yang mampu menggunakan ilmu statistika menjadi wirausaha”. Artinya seorang statpreneur mampu mengolah data dan analisis statistik sehingga memperoleh imbalan (menghasilkan uang).

Oleh: Arsyil Hendra Saputra


Selengkapnya...

Reaksi: 

Banyak Bersyukur ... Banyak Bersyukur ... Banyak Bersyukur ...

26 Mei 2012 14.31 By Arsyil Statistikawan 10 Komentar

IPK = 3,72
Tabungan Pribadi = 4juta lebih
Mandiri Sehari-hari = Ya, tak dikirimi orangtua lagi
Wajah = lumayan lah, ^^
Kurang apa lagi buat bersyukur?


Akhir-akhir ini aku sering stres di kepalaku, atau bahasa simpelnya GALAU. Iya pastinya galau karena skripsiku. Sampai sekarang belum selesai. Padahal sudah banyak teman-teman aku yang akan sidang (lulus). Sedangkan aku masih jauh. Wah betul-betul membuat aku galau. Pernah suatu hari dan berhari-hari aku teriak-teriak sendiri di kamar mandi, kamar, kos, bahkan di jalan. Teriak "semangaaaaat". Emang bersemangat tapi kusadari, ternyata itu aku lagi stres. Ditambah lagi beberapa kegagalan yang sempat terjadi padaku.

Lalu aku sekarang alhamdulillah sudah tenang sejenak. Akhirnya aku menyadari bahwa selain rumus : MAN JADDA WA JADDA (siapa yang berusaha pasti akan berhasil) juga ada rumus kedua. Yaitu : MAN SHOBARO ZAFIRO (Siapa yang bersabar pasti akan beruntung). Betul, selain berusaha dengan sungguh-sungguh juga diperlukan kesabaran. Aku sebagai hamba Allah yang lemah cuma bisa berusaha tapi hasilnya ditentukan oleh-Nya.

Juga setelah kirenungkan kahir-akhir ini aku merasa jarang bersyukur. Ya Tuhan, maafkan aku yang kadang lupa bersyukur. Padahal dalam Alquran "Nikmat Tuhan Manakah yang Kamu Dustakan?". Menyentik manusia yang lupa akan bersyukur.

Alhamdulillah aku bisa bersyukur saat ini. Seperti yang ada di paling depan kutulis bahwa ada beberapa hal yang sudah diberikan Allah pada aku. Mungkinkah aku masih lupa bersyukur? TIDAK. Aku harus bersyukurrrr... bersyukurrrr... bersykurrrr...

Tulisan ini diikutsertakan pada Monilando’s First Giveaway


Selengkapnya...

Reaksi: 

Renang dan Terapi Kaki di Kolam Renang Kodam Banyumanik

13.29 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar

Aku tahu bahwa sekarang ada yang lagi jalan-jalan ke Dieng, yaitu sebagian anak-anak statistik 2008. Tapi tak masalah, kami yang masih di Semarang bikin acara sendiri. Yaitu Renang di Kolam Renang Kodam Banyumanik. Seru... malah mau dirutinkan tiap minggu. Tapi kalau pikir-pikir, soalnya abis renang jadi hitem.. he he. Tapi seruu abis tadi.

Alhamdulillah skill renang temen-temen tambah. Si diar yang katanya gak bisa renang, eh ternyata kalau diberanikan ke tempat yang lebih dalam bisa juga. Trus ali, denug, n fandi, masih belajar mengayuh kaki.. tapi tadi peningkatan.. gak tahu ya kalau fandi, gemuk gitu perutnya.. hihi.. trus begitu juga kelik n faliq, diem-diem langsung bisa tuh mereka. Trus kalau aku alhamdulillah tadi dah mulai belajar gaya dada. Biasanya gaya bebas,,,he he.

Trus abis selesai renang di tempat tersebut ternyata ada kolam ikan kecil-kecil. Ternyata itu buat terapi kaki. Asikkkk , ikannya unyu-unyu.. kaki dicemplungkan ke kolam tersebut langsung dikerubungi ikan banyak banget. Geli-geli gitu. Pas baru pertama pasti deh terasa aneh..geli banget, tapi lama-kelamaan enak kok. Yups terapi dengan ikan. Nih fotonya:


Selengkapnya...

Reaksi: 

Mbah-Mbah Peenggendong Jamu Yang Berangkat di Subuh Hari

13.00 By Arsyil Statistikawan 5 Komentar

Terkadang aku malu terhadap diri sendiri. Masa kalah sama seorang tua mbah-mbah. Setiap pagi saat aku selesai sholat subuh dari masjid, di perjalanan aku selalu berpapasan dengan mbah-mbah tua yang menggendong jamu. Subhanallah luar biasa. Sudah tua banget masih tetap semangat bekerja. Umur beliau mungkin kira-kira 60-70 tahun, atau lebih. Kurang tahu juga tapi memang tua banget. Aku sampai kasihan kalau melihatnya.

Sejenak aku merenung. Aku masih muda begini, masa kadang-kadang malas-malasan. Aku harus selalu bersemangat dan bekerja keras. Mbah-mbah aja masih semangat!

AYOOOOO ARSYILLL JANGAN BERHENTI BEKERJA KERASSSSSSSSSSSSSSSS
Selengkapnya...

Reaksi: 

Download Program R (Software Statistik Gratis) + Paket R-Commander (Rcmdr)

23 Mei 2012 10.18 By Arsyil Statistikawan 4 Komentar


Di Statistika Universitas Diponegoro (Undip) sekarang mpraktikum mata kuliah Komputasi Statistika menggunakan software R. Sebelumnya kami menggunakan program S-Plus. R sangat mirip dengan S-Plus. Digunakan R karena R adalah program yang lumayan baik yang pastinya karena gratis atau FREE. Berbeda dengan program lain (SPSS, Eviews, dll) yang berbayar, kalau software R adalah gratis/free.

Kali ini arsyil mau berbagi software R. Memang sebenarnya program ini dapat didownload gratis di situsnya. Tetapi supaya teman-teman mudah nih arsyil uploadkan filenya beserta paket-paket. Terutama paket R-Commander, sering digunakan maka arsyil sertakan beserta paket turunannya.

Silakan download software R beserta paket-paket disini:
http://www.ziddu.com/download/19447098/R14byLabStatUndip.rar.html

Trus beberapa waktu lalu, alhamdulillah dapat buku tutorial penggunaan R karangan pak Suhartono (ITS). Silakan kalau mau pinter R dibaca buku ini.

Silakan download buku AAnalisis Statistik dengan R disini:
http://www.scribd.com/doc/51632759/Analisa-data-statistik-dengan-R

Selengkapnya...

Reaksi: 

Kimmy Bun oh Kimmy Bun

05 Mei 2012 07.29 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar

Aku tak tahu Kimmy Bun itu berasal dari kata apa, artinya apa? Yang kutahu Kimmy Bun adalah roti bundar rasa kopi. Hari-hariku disuguhi oleh aroma kopi toko Kimmy Bun ini. Karena kos aku dekat sama toko Kimmy Bun. Lokasinya di pojok jalan masuk gang aku. Biarpun begitu jarang banget aku membelinya. Malah baru sekali aja itu pun karena rasa penasaran. Nah tadi aku kembali beli, gak tanggung-tanggung beli langsung 6! Eiitss, pastinya sebanyak itu bukan buat aku, ini untuk orang lain.

30 – 4 – 2012
Entah kenapa alhamdulillah hari ini aku bersemangat banget. Kurasa alasan kubersemangat karena abis dapat materi luar biasa kemarin dari pak Heppy Trenggono, tentang “jadi orang kaya”. Aku bersemangat banget hari ini. Sebelum tidur bahkan sudah kuniatkan untuk bangun malam “qiyamul lail” dan sahur puasa “senin”, eh malah gak bangun, pas adzan subuh baru bangun. Tapi gak lantas menyurutkan semangatku. Baru bangun aku langsung mandi dan ke masjid, walaupun ternyata jamaah sholat sudah selesai.

Sebelum berangkat ke kampus aku pastikan tak lupa sholat dhuha. Dan sangat kuniatkan untuk datang tepat waktu “ontime 08.00” (sesuai jam kerjaku). Kutanamkan pada diri bahwa aku harus disiplin, semangat! Nahlo aku baru inget, kemarin sore ban motorku bocor, jadinya aku ke kampus dengan berjalan kaki, pokokkknya semangat!

Alhamdulillah semangat masih mengalir sampai malam. Sorenya aku mendapat ide yang gak biasanya. Seperti kata pak Heppy, bahwa kalau mau kaya maka harus banyak MEMBERI. Betul, aku juga sangat yakin bahwa semakin banyak memberi maka Tuhan akan semakin banyak pula memberikan rezeki ke kita. Amin.

Selama ini, sejak pertama mengelesi muridku, aku selalu disuguhi makan oleh ibu muridku. Selalu kuteringat kebaikan ibu itu. Beliau tak lupa menawari makan dan seringnya langsung dikasih makan atau paling tidak jajanan.

Kali ini aku mau memberi sesuatu gitu, gantian maksudku. Aku tahu aku tak punya apa-apa yang berkelas seperti keluarga mereka. Mereka adalah keluarga yang kaya, sangat mudah deh, kalau membeli sendiri barang yang aku mau berikan ke mereka.

Tapi aku tak urung. Aku teringat bahwa memberi itu karena Allah, bukan karena manusia. Pokoknya niatnya baik insyallah hasil baik. Dengan tegas kuputusnya untuk membeli KIMMY BUN!

Selesai sholat magrib, aku beli Kimmy Bun sebanyak 6. Yang 5 untuk mereka, dan yang satu lagi aku simpan dalam tas. 1 buah ini aku rencanakan untuk memberikan ke seseorang, yang kemarin2 sempat bilang pengin Kimmy Bun, alias kalau mau main ke kosnya bawa Kimmy Bun.

Dengan dagdigdug, di perjalanan hingga sampai ke rumah muridku. Eh ini pertama kalinya pas banget lagi ada Tamu. Jiaah, aku kan jadi gak enak. Dan tak ada tanda-tanda ada Ibunya di rumah. Beliau kayaknya lagi keluar, padahal aku dekatnya dengan beliau. Jadi Kimmy Bun ini penginnya kuserahkan ke tangan beliau, malah lagi gak ada.

Akhirnya Kimmy Bun, ku tinggal di motor. Di dalam aku ketemu muridku. Betul, ibunya lagi gak ada. Tapi beberapa saat kemudian beliau tiba di rumah. Tamunya tetap disitu, belum pulang. Aku juga masih mengajar. Jadi Kimmy Bun tetap di motor.

Satu jam kemudian tamu pulang. Tapi aku tetap aja melanjutkan mengajar. Alias Kimmy Bun tetap di motor. Nah ini dia kejadian yang tak bisa kulupakan..

Ibu Adek muridku : “Mas Arsyil, di motor bawa makanan ya? Tadi gigiti tikus atau kucing gitu mas”.

Jleeeppp

Aku bingung..
Kukasih tau yang sebenarnya tidak ya…

Lalu aku turun ke lantai 1 dan langsung ke luar rumah melihat kondisi Kimmy Bun. Betul banget… plastik kereseknya robek robek. Dan ada 1 Kimmy Bun yang sudah dimakan sama tikus/kucing itu.

Ya Allah… sungguh niat tulus memberi diuji seperti ini. Masih layakkah barang ini untuk kuberikan… Aku galau sejenak.

Oke, lalu kujelaskan aja kepada ibu, bahwa ini untuk ibu tapi tadi ada tamu jadi gak enak untuk bawa ke dalam.

Alhamdulillah beliau mau, ada beberapa yang masih utuh bisa dimakan. Lalu beliau mencicipi. Di akhir les, bahkan beliau tanya itu beli dimana, mungkin bisa nitip aku lagi.

Niat aku memberi memang lagi diuji. Sepulang les, aku mau memberi Kimmi Bun yang satu lagi buat seseorang sekalian ngambil flashdisk. Di jalan udah kuyakinkan, syukur kalau ia ada di kos, kalau memang gak ada di kos ya udah tak apa-apa, biar kumakan aja di kos bareng teman-teman. Eh alhamdulillah, memang dia tidak lagi di kos. Oke dengan hati tegar aku pulang dan berbagi satu buah Kimmi Bun sama teman-teman kos. :)
Selengkapnya...

Reaksi: 

Sosialisasi Program Mencerdaskan Pemuda Islam Masjid Al-Markaz Al-Islamy Jl.Tani Makmur Desa Tembalu Kel.Madurejo Kabupaten Kotawaringin Barat

21 Maret 2012 16.03 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar

Bismillah,assalamu'alaikum wa rohmatulloh wa barokatuh
Kepada : Mas Arsyil -yang semoga selalu dijaga oleh Alloh Ta'ala-
Izinkanlah kami mewakili para syabab(pemuda) yang aktif memakmurkan rumah Alloh di salah satu desa di Kabupaten Kotawaringin Barat,tepatnya di Masjid Al-Markaz Al-Islamy Jl.Tani Makmur Desa Tembalu Kel.Madurejo untuk meminta ta'awun dan bantuannya mensosialisasikan program teman-terman melalui media yang Mas Arsyil kelola baik blog ataupun yang lain.Semoga dengan sosialisasi program ini melalui bantuan Mas Arsyil dapat memberi kontribusi yang baik untuk kalangan Syabab Muslim,para pemuda islam di Pangkalan Bun agar mereka lebih kenal agamanya,cinta terhadapnya,berjuang melangkah untuknya dan tentunya menjadi Para Pemuda Kebanggaan Alloh.Umat dan Bangsa.Kami Lampirkan pamflet sedehananya sekaligus jadwal kegiatannya.
Nasykurukum syukron wa jazakumulloh khoir atas ta'awunnya
A/N Syabab Masjid Al-Markaz Al-Islamy Pengelola Pesantren Islam As-Sunnah Pangkalan Bun


Selengkapnya...

Reaksi: 

Sebelum Wisuda Aku Harus Sudah Punya PASPOR

18 Maret 2012 19.11 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Memang sedikit gila pemikiranku ini. Dalam pikiranku, "aku harus bisa ke luar negeri". Padahal aku belum punya bekal apa-apa. DUIT kagak ada, BAHASA INGGRIS pas-pasan. Just NIAT. Paling gak itu.. ^^

Beberapa waktu lalu (dan sampai sekarang), aku masi sangat bermimpi bisa ke JERMAN. ^V . Aku menyukai Jerman.. luar biasa. Setiap piala dunia datang. Pasti Jerman tim yang kujagokan. Dan ajaibnya, Jerman selalu masuk ke semi final. Keren.

Tapi kalau kupikir-pikir, berat juga ya bisa sampai ke Jerman. Tapi aku yakin bisa! Walaupun tidak bisa dalam waktu dekat ini. Paling enggak pernah sekali dalam hidup aku. Syukur-syukur bisa Kuliah lagi (alias S2/S3) di sana (berharap.. ><).
Di luar konteks Jerman, pastinya setiap orang Muslim bercita-cita ke luar negeri. Mekkah kan di luar negeri. Ke Mekkah untuk berhaji adalah rukun Islam ke-5. Jika aku dah punya duit aku ingin menghajikan orangtuaku dulu, baru aku.. amin.

Oke, kembali ke tema, "ke luar negeri". Pernah suatu ketika temanku berkomentar, "Aku mah keliling Indonesia dulu. Masa yang di Indonesia aja belum didatangai semua, sudah ke luar negeri." Buset, kawan, sudah gak jamannya berpikiran sempit bro. Masa dari kecil sampai uzur berpikirannya di Indonesia aja.

Siapa bilang aku gak memperioritaskan Indonesia. Aku Cinta Indonesia! Lihat aja buktinya, aku lahir di Jawa, tapi tinggal di Kalimantan. (nasib kali). Aku juga bercita-cita adek-adekku kelak tinggalnya berjauhan antar saudara. Misal ada yang kerja atau nikah dengan orang di Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, dan lainnya. Keren.

Baca selanjutnya : AYO BUAT PASPOR : Kunci Keluar Negeri
Selengkapnya...

Reaksi: 

[Bagus nih] Tips PENTING Saat Interview Pekerjaan

08 Maret 2012 17.34 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Mungkin diantara kita juga pernah mengalami kesulitan saat kita di interview: mungkin gemetar, takut, engga PD dll. ITU LUMRAH GAN semua orang akan mengalami demikian. Yang menyedihkan, kenyataannya kita sudah mempersiapkan siang-malam untuk menghadapi interview ini, padahal kita tahu hal ini merupakan hidup mati kita diterima/diteruskan ke sesi berikutnya !!!. Bukan Masalah Teknis !! (Padahal Sudah Belajar Mati-matian!!) Tapi justru kita tidak siap MENTAL dan Kekurangtahuan kita tentang bagaimana menyiapkan MENTAL tsb, FATAL yah??? Bukannya mau sombong atau menonjolkan diri tetapi disini saya mau kasih Resepnya , supaya agan kalau wawancara / interview /sidang atau apapun bisa sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal, mau tahu caranya silahkan simak di bawah ini (oh ya gan sesuatu akan berhasil jika dilatih sebelum tampil )

1. PERKENALKAN DIRI ANDA
Perkenalkan Diri anda dengan Mantap dan JELAS, sekali lagi gan Yang JELAS..!!! teknik yang di pakai 3P P(Pause), P(Part), P(Punch), kira2x seperti ini contohnya : Nama saya Budi Santoso nah kalo menggunakan teknik 3 P kita harus mantap cara memperkenalkan : Nama Saya (pause, artinya jeda sejenak a second lah, sebelum menyebut nama!!!) Budi (Part, artinya dipisah sejenak jika nama kita ada nama belakangnya, tetapi jangan dikebut nyebutin nama pertama dengan nama belakangnya ya..!!! a second too Santoso (Punch, artinya ada penekanan kata dibelakang dengan nanda yg agak sedikit naik (bukan membentak ya gan, nanti interviewer kita pingsan) Nah Jadi cara perkenalan dengan teknik 3P (pause,Part,Punch)[/b]

2. EYE CONTACT
Kalau agan sedang interview pastikan jaga EYE CONTACT, artinya kalau sedang berbicara matanya tertuju ke matanya si interview, buat apa sih kontak mata ini??? Hal ini dimaksudkan mengukur tingkat PD agan, kenapa?? dengan kontak mata si interviewer langsung bisa mengukur tingkat PD agan. yang perlu dihindari :
1. MELOTOT (apalagi yang interview cewek dan cantik pula, udah melotot terus netes dah tu iler ), juga hindari melihat HIDUNG, JIDAT, RAMBUT, apalagi bagian lainnya, pokoknya lihat matanya. (hati2x gan interview tahu kalo agan engga eye contact)
2. JELALATAN (saat agan interview tapi matanya kemana-mana , persis maling gitu loh )
3. FOKUS DI SATU TITIK (maksudnya saat agan interviewer selalu melihat kebawah atau keatas, persis seperti orang gak PD dan menunggu keajaiban datang )

3. JABAT TANGAN dengan MANTAP
Jabat tangan jangan dianggap enteng gan, disini si Interviewer sudah bisa melihat Karakter Positif agan misalnya : Semangat, Antusias, Aktif, PD,dsb. Dan Bisa juga si interviewer bisa menilai Karakter Negatif agan tapi tentu tidak semua tapi hanya sekilas saja (tapi cukup mewakili).
Seharusnya bagaimana Jabat Tangan yang Mantap itu ?? :
1. Sebelum Jabat tangan pastikan kondisi telapak agan kering (tdk basah, berminyak dsb) kenapa..?? sangat tidak nyaman gan kalo tangan kita basah atau berminyak bagi si interviewer. Saya tau biasanya telapak tangan kita berkeringat. mungkin saja kita stress . Nah , bagaimana kalau telapak kita sudah dikeringkan tapi masih basah terus (berarti agan kelainan JANTUNG ) engga usah khawatir ada trik dari ane tapi jangan diketawaiin ya..?? janji..?? : SEKA/KERINGKAN TELAPAK TANGAN AGAN di CELANA/ROK AGAN..?? (bahasa kerennya MEPER ) tapi jangan keliatann MEPER-nya ,pake teknik halus yaitu pura2x pegang saku depan atau belakang, dan harus CEPAT !! (dont try this at home).
2. Jabat Tangan Si Interviewer dengan sedikit lebih ERAT (bukan bikin patah tagan si interviewer ya gan?? ) jabat tangan seperti biasanya dan jangan jabat tangan membalikan telapak tangan kita sehingga mirip gaya salaman kita ke orang tua telapak tangan dibalik lalu telapak tangan Ortu kita dicium (don't do that). Hindari juga jabatan tangan yang cuma asal nempel aja, hal ini tidak baik karena terkesan melecehkan si interviewer (kesannya jijay bajay )
3. Jangan Lama2x salamannya sudah kenalin nama boleh dilepas..siapa yang duluan nge-lepasin?? saya atau interviewer..?? lebih baik karena kita yang bertamu atau datang enaknya nunggu isyarat dia ngelapasin tangannya. nah kalo interviewernya ngga mau ngelepasin gimana gan..?? yah itu mah nasib mungkin doi "demen" sama agan/aganwati..

4. DUDUK HARUS PROFESIONAL
Gan ini penting juga setelah agan kenali nama, eye contact, dan jabat tangan, ini juga engga kalah penting yaitu cara kita duduk di ruang interview. Saya sering meng-interview beratus orang dan saya suka memperhatikan gaya mereka saat duduk, kenapa penting sih gan? Penting banget!! si Interviewer sudah bisa melihat sikap agan saat memasuki ruang interviewer, apakah agan siap, menganggap remeh, malu2x,atau mungkin terlalu PD (ini sih parah!!).
Nah inilah yang harus dilakukan :
1. Duduk Yang Tegap, jika kursinya ada senderan Hindari bersandar (jadi tegap, bukan nunduk)
2. Posisi Tangan , jika didekat kita ada meja, letakan tangan diatas meja , tetapi yang mesti dihindari adalah : tangan dilipat diatas meja (mirip anak SD), telapak tangan terbuka (persis kek orang berdoa "oh tuhan tolonglah aku"), bertopang (dagu mirip kalo kita lagi "bokek"), nah ini yang pernah saya temui, tanganya sih di meja, tetapi tuh tangan yg di interview "NGGRATIL" alias pegang2x alat tulis/kertas/lembar kerja saya.. Atau yang paling aman jika mejanya jauh dari jangkauan, letakan tangan diatas paha kita it's oke juga (lebih elegan)
3. Jangan Selonjor, apalagi kaki atau dengkul naik keatas tepi meja (jelas engga sopan)
4. Dan pancarkan Energi , lempar senyum, dan PD agan dalam posisi duduk yang sempurna yaitu TEGAP

5. PIKIR SEBELUM BICARA
Ini engga boleh terjadi gan, jika kita sedang akan ditanyakan oleh si interviewer kita memotong pembicaraan atau langsung menjawab pertanyaan yg belum selesai ditanyakan.!! (don't do that is not polite, it's jerk).
Dengarkan dulu sampai selesai. ada tata cara yang mesti diikuti :
1. LISTEN (dengarkan dulu pertanyaannya sampai selesai)
2. REPHRASE (Ulangi pertanyaannya secara singkat , tapi bukan MEM-BEO artinya mengulangi persis pertanyaannya si interviewer, jika agan melakukan pem-beoan malah timbul kesan TIDAK CERDAS, contoh: Interviewer : Tadi anda katakan selain kerja anda mendapatkan pendapatan dari tempat yang lain kalau boleh tahu besar mana ...?? Kita(gunakan REPHRASE) : maksud bapak SIDE INCOME ??? (perhatikan rephrase-nya tidak mem-beo bukan..? tapi esensi-nya sama)
3. CHECK (cek artinya memastikan bahwa konfirmasi rephrase-nya benar, contoh kalimat cek : betul begitu pak/bu??? )
4. ANSWER (nah ini yang penting yaitu baru jawab dengan singkat,padat, lugas dan jangan menambahkan bunga kalimat yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan)
5. RE-CHECK (Re-cek, artinya memastikan jawaban agan sudah menjawab kebutuhannya, contohnya : apa sudah menjawab pak/bu, seperti itu pak cerita/kronologinya, hindari : jelas pak !! (kesannya kek si interviewer bodo banget), Ngerti pak !! (kesannya kek guru ke murid) Oke gan kalo mau jawab harus dipikir dulu !! (jangan asal NJEPLAK!!, terburu-buru) kesan yang ditimbulkan adalah kita kelihatan tidak profesional (apalagi Bo'Ong , dont do that) Tata Pikiran Agan sebelum berbicara. Nah teknik lima diatas tadi sebenarnya teknik BUYING TIME (a second). sambil melakukan 5 langkah tadi sambil kita berpikir mencari jawaban yang MATANG

SUMBER: Thumbs up [no REPOST] Teknik Memenangkan Interview Sidang Dan Interview Pekerjaan
Selengkapnya...

Reaksi: 

JUAL : Doormat/Keset, Sajadah Mak Genyol Murah Semarang (Eceran/Grosir)

29 Februari 2012 09.48 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar


Assalamualaikum wr wb.

Ane mau nawarin produk ane..
Doormat (keset) n Sajadah (namanya Mak genyol).
Ini adalah produk hasil PKMK (program kreativitas mahasiswa Kewirausahaan) tim kampus ane.

Doormat/keset = @Rp15.000,- (3 pcs = @Rp13.500 -berlaku kelipatan-)
_>>> Dijamin mantab gan, lebih tebal dari keset biasanya. Kreasi warna dan motif bisa dipesan gan! Harga murah bersaing.

Sajadah Mak Genyol = Rp100.000,-
_>>> Kalau agan mau beribadah/sholat dengan khusuk ini jadi pilihan tepat gan! Soalnya empuk BGT. Manyoos lah buat duduk waktu sholat. Atau kalau ada nenek/kakek yang butuh alas sholat yang empuk tolong tawarin ya gan.

Kalau beli banyak bisa diantar..
Rumah produksi di daerah Pucang Gading Semarang
Call/SMS: ARSYIL (086740562043)

Langsung aja gan lihat fotonya:


Doormat with Motif

Sajadah Mak Genyol

Selengkapnya...

Reaksi: 

Perbandingan Jasa Pengiriman JNE vs TIKI vs POS INDONESIA (Pengalaman Pribadi)

23 Februari 2012 09.53 By Arsyil Statistikawan 129 Komentar




Kali ini arsyil bukan mau cerita tentang pengalaman pribadi diri sendiri. Tapi saya share pengalaman pribadi dari seorang kaskuser (thanks to agan FWC). Saatnya untuk membandingan ke tiga layanan jasa kurir pengiriman barang dan dokumen Indonesia yang paling sering digunakan masyarakat.

1. CUSTOMER SERVICE
customer service Jne paling gampang dihubungi dan sangat responsif, sopan ramah dan cekatan. Pos indonesia diurutan kedua, CSnya sopan dan juga responsif namun agak lama ketika menuggu hasil tracking atau status pengiriman. Tiki yang paling buruk, sulit sekali Hotlinenya dihubungi, apalagi ketika diatas jam 3 sore, untuk mengetahui status pengiriman juga lamban dan tidak mau pusing, sering sekali mereka mengatakan untuk menghubungi mereka sesaat lagi.

2. TARIF
Untuk tarif Pos indonesia yang termurah, tarif dokumen dan parcell jauh lebih murah dibanding tiki dan jne, sementara Tiki diurutan berikutnya, Jne masih yang paling mahal walaupun hanya sedikit perbedaan dengan Tiki.

3. SERVICE AREA
Untuk jasa pengiriman keseluruh indonesia, cuma Pos indonesia yang mampu menjangkau sampai pelosok negeri, door to door. urutan selanjutnya Tiki, area yang dijangkau cukup besar dan dalam. yang terburuk Jne, mereka hanya menjangkau area-area besar, dan umumnya untuk area pedalaman tidak akan pernah bisa dikirim.
Untuk jalur internasional masih Pos indonesia yang paling mumpuni, mereka ada cooperation dengan EMS (paling top markotob dah di jalur internasional!!), cepat dan termurah!! , sementara tiki masih melempar service Internasional kepada FED-EX, itupun tidak menjamin kalau mereka akan menggunakan layanan dan tarif Priority fedex walaupun pengirim telah membayar dengan tarif Priority. untuk Jne saya tidak mengetahui apakah mereka melakukan hal yang sama dengan Tiki, namun sejauh ini saya hanya menggunakan 1 kali pengiriman jalur internasional menggunakan Jne, dan sampai ketujuan dengan cepat dan tepat.

4. SERVICE KILAT
Di pos ada Paket pos kilat khusus, di Tiki ada ss dan ons(One day service) dan di Jne ada ss dan Yes. untuk layanan ini Yes(Yakin esok sampai) dari Jne yang paling baik, karena mereka menjanjikan garansi uang kembali bila barang tidak diterima dalam waktu 1x 24 jam, dan sampai saat ini, paket jasa YES merupakan paket yang paling membuat saya puas, hanya ada 1 kali pending, itu karena adanya gempa bumi, setelah itu paket meluncur dengan sempurna. bila alamat tujuan sedang kosong atau ditinggal si penghuni, mereka dengan segera menkontak psi penerima paket!! ck ck ck mantap!! sementara ons di tiki hampir mirip dengan Yes jne, namun sayangnya kerapkali di Ons tiki melebihi satu hari dari janji yang telah diberikan. sementara Paket pos kilat khusus memiliki kecepatan yang baik setelah Yes Jne, kekurangan pos kilat khusus hanyalah sering kali mengcancel tujuan alamat yang sedang kosong atau ditinggal pergi, padahal seharusnya mereka bisa menghubungi si penerima bila hal itu terjadi.

5. Keseluruhan layanan pengiriman paket / parcell
Keseluruhan jne unggul sedikit dari Pos indonesia, disamping begitu mudahnya mencari cabang-cabang Jne diseluruh daerah, dengan tarif sedikit lebih mahal, terbayar dengan fasilitas dan layanan yg ada. sementara tiki sangat jauh di bawah, soal pelayanan pun sangat disayangkan, beberapa kali cabang-cabang tiki memiliki masalah dengan timbangan dan ukuran, dan beberapa kali saya di hubungi cabang tiki untuk pengajuan uang tambahan karena kesalahan perhitungan volume dan berat parcell, bila tidak setuju maka paket tidak akan dikirim dan akan dikembalikan! padahal itu bukan kesalahan pengirim dan seharusnya jadi tanggung jawab cabang tersebut!
sementara pos indonesia masih terdepan untuk pengiriman pelosok daerah dan jalur internasional, namun sayang tarif lokal dicabang daerah sering kali berbeda-beda hingga sering membingungkan saya, namun selain itu sayangnya service pengiriman juga sering kembali hanya karena alamat yg dituju kosong/tak berpenghuni, padahal alamat yg dituju berpenghuni dan sedang ditinggal pergi.

KESIMPULAN - THE WINNER IS:
1. JNE
2. POS INDONESIA
3. TIKI

Selengkapnya...

Reaksi: 

Dua Kamar Bersebelahan : Yang Satu Bekerja Keras Memenuhi Kebutuhan Hidup dan Yang Satunya Suka Berfoya-Foya

16 Februari 2012 17.39 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar

Kosku merupakan rumah kontrakan bernama Wisma Khalid Bin Walid. Terdiri atas 7 Kamar, sekarang berpenghuni 10 orang (dulunya 13 orang), termasuk aku. Tapi disini aku mau menyoroti dua orang dari penghuninya. Mereka berdua memiliki kamar yang bersebelahan. Sebut saja S dan N. S dan N adalah sama-sama angkatan 2010 dan satu jurusan di fakultas Mipa Undip. Karena satu rumah dengan mereka, pastinya aku mengerti apa yang mereka kerjakan sehari-hari. Sungguh ironis, mereka berdua memiliki kebiasaan yang berkebalikan.

S adalah seorang pekerja keras. Di semester 3 ini ia sudah memikirkan untuk mencari nafkah sendiri. Bahkan berusaha sendiri mencari uang untuk keperluan biaya kuliah. Luar biasa, semangat S sangatlah besar dalam bekerja. Bahkan siap kalau ia diberi pekerjaan. Alhamdulillah aku juga sempat memberi ia kerjaan dan mendapatkan imbalan. Kurasa, semangat bekerja S lebih besar dari yang kupunya. Semoga ku bias mencontoh itu darinya. Syukur, S sejak semester kemarin mendapat beasiswa BUMN, sama seperti aku. Sehingga lumayan teerbantu atas beasiswa itu.

Selain bekerja, S juga sangat semangat untuk mengikuti kompetisi ilmiah. Budaya ilmiah sudah sangat melekat pada diri S. Alhamdulillah, 2 buah proposal PKM dari S, lolos didanai oleh Dikti. Dan sekarang, tak berhenti disitu, ia tetap bersemangat mengejar PKM lagi. Wah luar biasa.

Lalu, kamar yang satunya ada si N. Duh duh, jangan ditanya dia dikirimi uang bulanan berapa, wong makan seharinya aja rata-rata 50 ribu sehari. :( Sangar kan? Tuh bias dihitung sendiri, sebulan dia habis berapa. Belum lagi buat main-main bareng teman-temannya. Bisa karaoke, ke resto, atau jalan-jalan. Tapi Alhamdulillah, N sangat baik, ia tak pernah segan berbagi. Kalau ia punya sesuatu, pasti dibagi dengan yang lain. Namun saying, kebiasaan “hedon” itu tak bias lepas darinya. buat

Kini N sudah pindah ke kos lain, tak disini lagi. Padahal bayaran kontrakan kami sudah ia lunasi. Aku sempat bilang ke dia, cobalah prihatin dengan orangtua yang sudah mencari uang untuk dia, oleh itu jangan bikin uang mubazir. Padahal sungguh ironis, di saat jatah kasur yang buat N kosong, masih banyak orang yang butuh itu. Pastinya kalian pernah lihat saudara kita yang hanya mampu tinggal di masjid menjadi takmir.


Selengkapnya...

Reaksi: 

Sewaktu SMA, Mengapa Yang Pintar Dimasukkan ke IPA, bukan IPS?

11 Februari 2012 21.30 By Arsyil Statistikawan 4 Komentar

Saya percaya bahwa kemajuan sebuah sebuah negara dilatarbelakangi kemajuan pendidikannya. Sebut saja Jepang, negara yang terkenal miskin sumber daya alam dan kondisi alam yang buruk, mampu memperoleh kemajuan yang luar biasa saat ini. Mengutip dari sebuah buku bahwa dulu sesaat setelah Jepang di bom atom oleh Amerika Serikat saat Perang Dunia II, sebuah pertanyaan luar biasa dilontarkan oleh pemimpin negara itu, "Berapa banyak guru yang masih tersisa?"

Itulah arti penting pendidikan. Aspek di bidang lain pun akan baik jika pendidikan baik. Pendidikan yang dimaksud ini tidak terbatas di sekolah. Tapi pendidikan di sekolah adalah cukup penting. Artinya majunya sebuah negara, sistem pendidikan sekolah yang baik adalah salah satu kuncinya.

Kali ini saya menyoroti yaitu pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Kita masih ingat bahwa saat kenaikan kelas dari kelas X ke kelas XI maka tiap siswa akan memilih (atau dipilihkan) mau masuk ke kelas IPA, IPS, atau Bahasa.

Saya yakin tak hanya sekolah saya tapi juga se-Indonesia (semoga tidak semua) bahwa biasanya siswa yang pintar diarahkan masuk ke kelas IPA. Sisanya dimasukkan kelas IPS dan Bahasa. Tak rahasia umum juga bahwa seringkali siswa yang tergolong "nakal" akan dimasukkan ke kelas IPS. Maaf, bukan saya mendeskritkan tapi hanya mengulas fakta yang ada.

Lantas apa efeknya? Sesaat fine-fine saja hal tersebut. Sebab, pelajaran IPA bisa dibilang sulit oleh itu, IPA diperuntukkan bagi siswa-siswa pintar. Sedangkan pelajaran IPS tidak sesulit IPA sehingga cocok bagi siswa yang terbilang kurang pintar.

Efeknya adalah pada saat dunia kerja. Dalam bidang ekonomi, politik, dan hukum tentunya diisi oleh orang-orang yang menimba ilmu sosial di bangku perkuliahan. Fakultas Ekonomi, Ilmu Politik, dan Hukum adalah bidang IPS. Tentunya sebagian diisi oleh mahasiswa yang dulu duduk di jurusan IPS sewaktu SMA.

Secara singkat, bahwa orang-orang pintar dari jurusan IPA tidak menduduki posisi strategis negara dalam bidang Ekonomi, Politik, dan Hukum. Padahal nasib kemajuan negara bertopang pada pejabat-pejabat negara.

Seringkali di kampus sosial sistem pendidikannya amburadul. Mahasiswa mudah lulus cepat meski kuliah sesuka hati. Juga pergaulan di kampus sosial lumayan bebas. Maka keluaran lulusannya tentunya tidak sebaik yang diharapkan. Padahal mereka yang akan menjabat posisi strategis negara.

Sungguh, pendidikan yang salah harus diperbaiki. Jika mendidiknya saja salah bagaimana bisa orang yang dididik menjadi baik?
Selengkapnya...

Reaksi: 

Subhanallah, Musik dan Lirik Lagu Maher Zain Sungguh Menentramkan

30 Januari 2012 17.42 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar

Beberapa waktu yang lalu aku sangat menggemari lagunya Maher Zain. Waktu lagi mengerjakan tugas, lagi merenung, lagi nyuci, dsb. Luar biasa, ketika lagi galau, misalnya, enak banget didengar. Lagunya tenang.. dan menentramkan. Juga ada lagu yang bikin semangat. keren2! Senantiasa mengingatkan kehadiran Allah, sang Maha Kuasa.

Nih salah satu lagu Maher Zain yang kusuka. Judulnya For The Rest of My Life alias Sepanjang Hidup (versi Bahasa Indonesia):



Lirik English:
I praise Allah for sending me you my love
You found me home and sail with me
And I`m here with you
Now let me let you know
You`ve opened my heart
I was always thinking that love was wrong
But everything was changed when you came along
OOOOO
And theres a couple words I want to say

For the rest of my life
I`ll be with you
I`ll stay by your side honest and true
Till the end of my time
I`ll be loving you. loving you
For the rest of my life
Thru days and night
I`ll thank Allah for open my eyes
Now and forever I I`ll be there for you

I know that deep in my heart
I feel so blessed when I think of you
And I ask Allah to bless all we do
You`re my wife and my friend and my strength
And I pray we`re together eternally

Now I find myself so strong
Everything changed when you came along
OOOO
And theres a couple word I want to say

For the rest of my life
I`ll be with you
I`ll stay by your side honest and true
Till the end of my time
I`ll be loving you. loving you
For the rest of my life
Thru days and night
I`ll thank Allah for open my eyes
Now and forever I I`ll be there for you

I know that deep in my heart now that you`re here
Infront of me I strongly feel love
And I have no doubt
And I`m singing loud that I`ll love you eternally

For the rest of my life
I`ll be with you
I`ll stay by your side honest and true
Till the end of my time
I`ll be loving you.loving you
For the rest of my life
Thru days and night
I`ll thank Allah for open my eyes
Now and forever I I`ll be there for you

I know that deep in my heart

Lirik Indonesia:
aku bersyukur kau di sini kasih
di kalbuku mengiringi
dan padamu ingin ku sampaikan

kau cahaya hati
dulu ku palingkan diri dari cinta
hingga kau hadir membasuh segalanya
oh inilah janjiku kepadamu

sepanjang hidup bersamamu
kesetiaanku tulus untukmu
hingga akhir waktu kaulah cintaku cintaku
sepanjang hidup seiring waktu
aku bersyukur atas hadirmu
kini dan selamanya aku milikmu

yakini hatiku kau anugerah Sang Maha Rahim
semoga Allah berkahi kita
kekasih penguat jiwaku

berdoa kau dan aku di Jannah
ku temukan kekuatanku di sisimu
kau hadir sempurnakan seluruh hidupku
oh inilah janjiku kepadamu

yakini hatiku bersamamu ku sadari inilah cinta
tiada ragu dengarkanlah
kidung cintaku yang abadi



Selengkapnya...

Reaksi: 

[Alkisah] Si Ganteng dan Si Calon Mertua

28 Januari 2012 20.31 By Arsyil Statistikawan 7 Komentar


Calon Mertua : Apa pekerjaanmu wahai anak muda?

siGanteng : Saya hanya kerja tenaga honorer pak...

Calon Mertua : Kerja honorer dimana?

siGanteng : Penjaga Laboratorium statistika fmipa undip pak..

Calon Mertua : Penjaga lab ditambah lagi cuma honorer, pekerjaan tetap belum punya kok berani melamar anak saya yang sarjana kedokteran!

siGanteng: Memangnya salah ya pak? saya menikah karena menjalankan Ibadah dan karena saya memang mencintai anak bapak.

Calon Mertua : Tapi, bagaimana mungkin kamu bisa menghidupi masa depan anak saya?!

siGanteng: Allaah yang memberi rizky pak, saya hanya berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik.

Calon Mertua : Lalu, apa nanti kata keluarga besar kami jika anak saya menikah dengan seorang penjaga lab??

siGanteng : Kekayaan Bukan Tanda Kemuliaan, Kemiskinan Bukan Petunjuk Kehinaan. Walaupun saat ini saya hanya honorer, setidaknya saya bisa menghargai hidup ini pak. Ketimbang jadi orang kaya tapi ia lupa akan hakekat dirinya sebagai manusia dan hamba Allah!

Calon Mertua : Jujur saja, sebenarnya saya enggan menerima kamu! Namun karena keyakinan dan sikap optimis kamu akan pandangan masa depan saya cukup salut, masih ada orang seperti kamu mau bekerja keras. Silahkan jika kamu memang tulus dan sungguh-sungguh untuk meminang anak kami. Namun ingat, kamu harus mempertanggung jawabkan setiap perkataan yang keluar dari lisanmu anak muda.

siGanteng: Alhamdulillaah, terima kasih ya Allah! terima kasih pak, saya berjanji saya akan berusaha sebaik mungkin menjaga anak bapak...

Sumber: Posting fb teman, dengan beberapa editan
Selengkapnya...

Reaksi: 

Seandainya Aku Punya Sekretaris Pribadi :D

19.47 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar


Kalau gak kunci hilang, lupa bawa duit, lupa taruh kunci kamar n motor, dll, banyak lah barang-barang yang kulupakan. Mending kalau cuma barang. Janji yang harusnya kutepai juga sering kulupakan. Beberapa acara / agenda yang sudah ku-OK, malah aku lupa datang. Berbagai kejadian itu karena satu kata "LUPA".

Aku bingung..
bingung ...
bingung..
Kenapa penyakit lupaku ini gak sembuh2 ya.

Lalu, sempat teringat sesuatu. (ting!) Pikiran gak jelasku muncul. Seandainya ya aku punya sekretaris pribadi. Yang bisa senantiasa mengingatkan aku. Aku tau ini tidak mungkin, kecuali dia adalah istriku kelak. Betul, aku ingin punya istri kelak yang senantiasa bisa mengingatkan aku ketika aku "LUPA". he he. ^^



Selengkapnya...

Reaksi: 

Alhamdulillah, Bisa Beli Netbook pakai Uang Sendiri

18.15 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar


Alhamdulillah, setahun yang lalu aku pernah buat RESOLUSI 2011 : tidak dikirimi uang dari orangtua lagi. Ternyata sukses, aku hampir sebagian besar sehari-hari dari uang yang kudapat sendiri, yaitu bekerja.

Lusa kemarin aku membeli sebuah netbook seken hp mini 110-11000 tord, pakai uang sendiri. Meskipun seken tak apalah yang penting bisa bermanfaat banyak buat aku. Karena memang budget yang kupunya hanya dapat untuk membeli yang seken. Tapi tak apa yang penting tujuanku membeli netbook bisa terlaksana.

Semakin bertambah hari aku tak bisa membentuk rasa prihatinku pada nasib skripsiku. Sebulan ini aku dilanda musibah bertubi-tubi. 2 sekaligus flashdiskku hilang dan laptop rusak membuat file skripsiku kini telah tiada. (Bisa baca curhatanku di: Jangan Sekali-Sekali Tidak Mem-Back Up File SKRIPSI)

Teman-teman doakan aku yah tetap bisa semangat... ^^




Selengkapnya...

Reaksi: 

Jangan Sekali-Sekali Tidak Mem-Back Up File SKRIPSI

17.33 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun ,,
Yah, itu lah kalimat yang sangat tepat untuk mencairkan hatiku. Musibah datang secara berturut-turut. Sebagian karena kesalahan diriku. Tapi apapun itu yang sudah terjadi ya sudahlah. Segalanya berasal dari Allah dan pasti akan kembali kepada Allah jua. Yang ada pada diri kita bukanlah milik kita, tapi miliknya Allah, kita hanya dititipkan. Jadi apapun yang terjadi kembalilah ke Allah, bertawakal, berserah diri senantiasa. Bahwa tiada hal yang terjadi di dunia ini tanpa seijin-Nya..

Dalam satu bulan diriku kehilangan beberapa benda yang penting bagi aku. Mulai dari Handphone, lalu 2 (dua) buah flashdisk. Kemudian laptopku yang berisi data-data yang sangat banyak, rusak.

Data skripsiku ada di harddisk laptop, tapi rusak. Salinannya ada di flashdisk. Ku backup di 2 flashdisk sekaligus, eh malah kedua-duanya hilang. Masyallah.. jadi tinggal harddisk laptop yang kuharapkan.

Laptopku ku servicekan, kata masnya ada kerusakan, lalu diperbaiki. Mayallah mahal sekali biayanya. Lalu kuurungkan dan bilang ke mas teknisi di tempat service itu untuk mengambil harddisknya.

Ketidaktahuanku, membuatku mendapat musibah tambah besar. HD laptop ku itu kucobakan di PC. Alhasil, rusak langsung, alias gak ke deteksi di laptop lagi. Aku pasrah. Lalu laptopku itu pun ku pasrahkan ke mas teknisi tadi, dan dibeli 300ribu. TT

Selengkapnya...

Reaksi: 

Doaku Saat Hari Ibu . . .

05 Januari 2012 14.55 By Arsyil Statistikawan 3 Komentar


Beberapa waktu lalu tanggal 22 Desember, aku hampir lupa kalau hari itu adalah hari ibu. Beberapa teman di facebook membuat status tentang hari ibu. Aku pun tak mau kalah buat menyemarakkan hari ibu ~yang ternyata tidak sama dengan mother day (kata mba Dwi). Sebuah status kubuat tentang ibuku. Pas aku teringat beberapa harapan-harapan ibuku selama ini. Selamat hari ibu... doaku untuk engkau.


Ibuku mengharapkan ku lulus cepat,
Ibuku mengharapkan ku cepat dapat kerja,
Ibuku mengharapkan ku gak usah nikah cepat,
Ibuku mengharapkan ku menjadi anak yang soleh,
Ibuku mengharapkan ku menjadi sukses dan berbakti pada beliau,
Ya Allah, sayangilah orangtuaku dan jadikan mereka bahagia dunia akhirat. Amin.
[Ada band mode on] Dan kuberjanji.. tak kan hianati pintanya..
~Selamat hari IBU~



Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi