Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Anak kos Wisma Al-anfal

28 Februari 2009 06.02 By Tembalang Online 12 Komentar

Arsyil mau cerita apa yah sekarang. Sebenarnya banyak sih yang mau arsyil tulis diblog ini. Tapi yang bingung tuh pantas ga ya kutulis. Trus juga arsyil kan belum terlalu lihai nulis blog.

Arsyil cerita tentang kehidupan di kos aja deh. Sebenarnya sebelumnya sudah kutulis tentang keadaan kamar kosku. Berarti sekarang lanjutannya deh.

Aku tinggal di sebuah rumah. Dinamakan Wisma Al-anfal. Wismaku ini adalah satu dari 5 wisma ikhwan (laki-laki) yang merupakan wisma anak FMIPA yang tergabung dalam suatu komunitas yaitu Wisma islam Salam Adz-dzikro. Untuk wisma tempatku ini lumayan berjauhan dengan wisma lainnya. Tapi 5 ini katanya wismaku ini adalah yang paling elit. Hehe.

Yah, kalau dibilang wismaku ini adalah kosan sederhana adalah benar. Dalam arti biayanya murah. Rumah ini dikontrak sebesar Rp 7,8 juta/tahun. Karena kami yang tinggal disini 10 orang, jadi tiap orang Rp 800ribu, 20ribu tambahannya tu untuk kas wisma. Bagi aja 800rb / 12 bulan. Sekitar 66ribuan kan! Terlalu murah yah. Tapi itu kan untuk rumah. Sedangkan untuk pembayaran listrik, telepon, dan air galon, kami iuran perbulannya 25 ribu, tapi bagi yang bawa komputer dan rice cooker ada iuran tambahan. Kalau aku sih 25 ribu. Paling banter kan kosan tuh 150-400ribu. Tapi kalau aku berarti ga nyampe 100ribu! Wew!

Eiittss jangan salah, emang murah banget. Tapi ga jelek loh kosanku ini. Rumahnya lumayan gede, beton berlantai dua, punya pelataran rumah lagi. Enak deh disini. Apalagi orang-orang yang tinggal disini orang baik.

Awalnya kami berjumlah 10 orang. 5 angkatan 08 yaitu aku, aribat, faqih, galih, dan alfin. 1 angkatan 07 yaitu akh khamdan. 1 angkatan 06 yaitu akh itmam, 2 angkatan 05 yaitu akh zaenal, 1 angkatan 04 yaitu akh feri. Yup untuk yang lebih tua dari aku kupanggil dengan "akh". Dalam bahasa arab meaningnya adalah "saudara". Disini emang atmosfirnya emang islam banget. Itulah yang sangat kusyukuri, Allah telah membawaku kesini. Rumus mudahnya kan kalau kita ingin jadi orang baik maka berkumpullah dengan orang baik. Nah, alhamdulillah aku masih jadi orang bener! Hehe.

Disini jarang deh lupa sholat. Kalau subuh yang sudah bangun akan bangunin yang masih tidur. Kalau aku sih kadang masih dibangunin..Hehe. Trus kami juga sholatnya kuduk di masjid. Lagian ga terlalu jauh jarak masjidnya. Trus kalau selesai sholat tuh pada tilawah quran.

Tidak cuma itu kelebihan orang yang tinggal disini. Sebagian besar dari orang yang tinggal di Wisma Al-anfal adalah orang yang punya posisi di organisasi. Akh khamdan, teman satu kamar dengan aku adalah ketua HMM (Himpunan Mahasiswa Matematika). Jadi aku sering sharing tentang organisasi ke dia. Sedang aku adalah komting statistika 08 trus juga aktif di BEM.

Tidak hanya aktif di organisasi, mereka juga lumayan ko dalam hal akademik. Kalau aku kutip dari motto akh khamdan tuh gini "Organisasi penting, kuliah harus, ibadah wajib".

Pokoknya kekeluargaan disini sip deh! Pokoknya bersyukur banget aku bisa tinggal disini. Yah bisa kubilang ni awal yang baik untuk 4 tahun ke depan. Eh salah, targetku kan cuma 4 tahun ga lebih kuliah disini, berarti 3,5 tahun lagi! SEMANGAT!


=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Cerita Komting

27 Februari 2009 15.14 By Tembalang Online 2 Komentar

Komting adalah singkatan dari komandan tingkatan. Mengenai sejarah nama tersebut aku kurang tau. Sepertinya di universitas lain untuk jabatan ini punya nama tersendiri. Tapi untuk di universitas diponegoro tiap fakultas punya komting ini.

Bahasa mudahnya komting adalah ketua angkatan di suatu jurusan. Istilah waktu sekolah dulu adalah ketua kelas. Kalau ketua kelas adalah pemimpin di kelas sedangkan komting adalah pemimpin satu angkatan. Jadi bisa dibilang cukup besar tanggung jawabnya, apalagi kan ada jurusan yang satu angkatan sampai seratus lebih mahasiswa. Untuk statistika angkatan ku sendiri sebanyak 62 orang.

Aku adalah seorang komting. Alias ketua di statistika angkatan 2008 undip. Sebenarnya aku bukanlah komting yang paling pertama di angkatanku. Jauh waktu awal masuk undip dulu ada komting sementara waktu. Cuma selang beberapa hari posisi komting itu dipilihkan ke aku. Dan hingga hari ini.

Sudah setengah tahun amanah ini di aku. Banyak hal yang telah terjadi selama itu. Pokoknya kalau diceritain disini 2 jam baru selesai. Ketika aku dipilih jadi komting dulu tidak terbayang bagaimana tugas dari komting ini. Ternyata jabatan ini cukup besar dan menurutku berat. Sebab di jurusanku masi ada dalam tanda kutip "ospek", bahasanya disini adalah PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Tingkat fakultas sudah melakukannya selama 3 hari awal masuk dulu. Tapi PMB yang tidak diinginkan dilakukan di tingkat jurusan hingga satu semester.

Jadi berat tugas komting adalah sebagai pemimpin angkatan saat ospek. Komting adalah orang yang bernomor satu di angkatan. Setiap hal apapun saat ospek orang yang paling pertama dituju adalah komting. Tiap kegiatan yang bertanggungjawab kepada senior adalah komting. Komting tugasnya menggerakkan angkatannya.

Itulah mengenai komting. Mungkin karena komting aku dulu jarang bersantai, jarang belajar, pikiran stres penuh masalah. Tapi salah banget jika aku menyalahkannya. Aku patut bersyukur karena ternyata pengalaman komting itu cukup menorehkan tinta emas dalam sejarah hidupku!


=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Hasil semester 1

11.52 By Tembalang Online 0 Komentar

Aku puas sekali dengan hasil ujian yang telah keluar beberapa waktu lalu. Yah, alhamdulillah banget aku ga nyangka dengan hasil tersebut. Dari 7 mata kuliah, 6 diantaranya dapat A, dan yg satunya adalah C. Memang terlihat aneh banget ko banyak dapat A tapi masih ada yang C. Itu juga sempat ditanyakan oleh dosen wali saya ketika pengisian KRS. Sebenarnya ga bisa sangkal bahwa saya emang kurang dalam mata kuliah itu, yaitu PTI (Pengantar Teknologi Informasi). Abisnya itu hafalan semua sih. Jujur, dari SMA kalau pelajaran yang hafalan tuh saya kurang, saya lemah di hapalan. Apalagi biologi, momok yang sedikit menakutkan bagi saya, penuh hafalan sih. Hehe.

Waktu kuliah PTI saya juga pernah ga masuk karena telat (ceritanya malah kutulis di blog ini lagi). Tapi tu bukan sengaja untuk telat loh, emang dosennya yang agak killer. Hehe. (mudahan bu Beta ga tau blogku ini. ^_^). Karena kurang enak ngajarnya, arsyil juga "ogah2an" mempelajari TI. Tapi alhamdulillah dosen kedua lebih nyaman daripada bu Beta. Jadinya ga buruk banget aku mempelajari TI.

Pada intinya saya malah bersyukur PTI dapat C, untung ga D apalagi E. Jika dihitung nilai IP ku kira-kira 3,79. Awal yang baik lah, agar bersemangat pada semester-semester selanjutnya. Pokoknya targetku kuliah di statistika undip ini ga mau lebih dari 4 tahun! Amin! Insyaallah.


=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

PESAN BUAT ANAK PANGKALAN BUN

12 Februari 2009 09.09 By Tembalang Online 10 Komentar

Oh kakak2, dan tmn2 yang sekarang di jawa. Yang lagi studi di semarang, jogja, bandung, jakarta, dsb, satu pesan dariku jangan ngelupain pangkalan bun! Oke??
Tunjukkan rasa terima kasihmu yang telah digembleng ilmu di SMPN1, SMAN1, ato sklh lain d pbun! Tunjukkan bahwa gelar sarjana yang akan kamu dapat berguna bagi kotamu! Siapa lagi yang bercita2 memajukan kota kita, pangkalan bun, selain kita sendiri?? So, satu kata tanamkan dalam hati, "Dunia harus tau bahwa pangkalan bun ada!"
terima kasih.
by arsyil Selengkapnya...

Reaksi: 

Puisiku dulu

08.36 By Tembalang Online 0 Komentar

The Sky is Figure of My Heart

My love as the sky
That always changes
Every second, every hour, every day
Sometimes bright
Sometimes overcast
Sometimes rain
And may be rainbow
When my love has been accepted by her

Artinya gini nih:

Langit Adalah Gambaran Hatiku

Cintaku bagaikan langit
Yang selalu berubah
Tiap detik, tiap jam, tiap hari
Terkadang cerah
Terkadang mendung
Terkadang hujan
Dan mungkin berpelangi
Disaat cintaku diterima oleh si dia


by Arsyil Selengkapnya...

Reaksi: 

Dunia harus tau pangkalan bun ada!

08.22 By Tembalang Online 20 Komentar

Sejak kecil saya sudah tinggal di Pangkalan Bun. Tapi sekarang saya sedang kuliah di undip semarang. Bagi temen2 yg sedang studi di jawa tentunya pasti kangen banget dengan suasana Pangkalan Bun dulu. Masa2 SMP, apalagi SMA. Banyak kenangan yang telah ditorehkan pangkalan Bun di hati kita. Oleh itu, sebagai pemuda yang mencintai pbun janganlah melupakan pbun kelak. Majukan tuh daerah kita!

Perlu diketahui bahwa sekarang pangkalan Bun dah berkembang pesat loh (beberapa bilang sih atas kepemimpinan pemerintah kabupaten sekarang, -makasih pak ujang-). Jalan yang dulunya jelek dan sempit, sekarang bagus dan diperlebar. Bangunan pemerintah yang dulu kecil dan usang, sekarang direhab dan ditata. Sekarang pbun juga dah ada universitas juga, namanya universitas antakusuma di depan pom bensin bundaran pancasila. Dulu yg kalo ke kotawaringin pake jalur air, sekarang dah bisa lewat darat (jembatannya di kampung baru, -pemandangan di atas jembatan indah banget loh-).

Bahkan dah ada pangkalan bun park, di daerah bundaran pancasila. Trus katanya juga bandara kita, mau ada jalur ke balinya. Waw. Wah bahkan sebenarnya pbun tuh cocok sebagai ibukota provinsi. (jika ada yg nanya apakah setuju dibentuk provinsi kotawaringin saya salah orang yang bilang YES!). Cuma kurangnya satu aja sih, yaitu ga terkenal. Sampit karena dulu ada tragedi kerusuhan makanya dikenal semua orang.

Oleh itu, cita-citakan dalam diri bahwa "Suatu saat dunia harus tau bahwa pangkalan bun ada!" Oke semua?? Dan katakan dalam hati "i will back to you, pangkalan bun!".
HIDUP PANGKALANBUN! Selengkapnya...

Reaksi: