Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Biar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah – Tips dari Divo D Silalahi

31 Oktober 2009 17.07 By Tembalang Online 3 Komentar

DIVO D SILALAHI

Tadi di facebook aku mengobrol dengan salah satu alumni S1 Statistika UNDIP, yaitu Divo D Silalahi dan dalam kesempatan itu akupun menanyakan apa saja tips agar bisa cepat dapat keja setelah lulus kuliah. Mas Divo ini adalah angkatan 2005 merupakan salah satu mahasiswa yang lulus dengan cukup baik dan banyak prestasi yang telah ditorehkan semasa kuliah. Berikut perbincanganku dengan mas Divo:


Arsyil
halo mas vo

15:51Divo
halo juga
dah pada selesai ujian neh

15:52Arsyil
blom mas masi 1 pekan lagi
gmn neh kbrnya..??

15:52Divo
alhmdlh baek
15:52Arsyil
dah sukses bgt nih ya
?

15:52Divo
kamu gimana?

15:52Arsyil
alhmdlh baik jg
mas vo di rau kan?

15:53Divo
ahh, baru mulai mau sukses ril jadi belum sukse
yah di Riau
t4nya putri
hahahah
kampus aman gak?

15:54Arsyil
perusahaan apa namanya t mas?

15:54Divo
mas divo di Sinarmas
15:55Arsyil
dpt posisi apa mas?
manager?

15:56Divo
alhmdlh dipercayakan
mas divo di bag. Biometry and Database nih
urusan rancangan percobaan
tar tanya aja ma ibu tatik tu masternya lho

15:57Arsyil
kyknya stat bgt yak?
susah gak mas?

15:58Divo
yah banget, tapi seiring waktu berjalan pasti bakal aman deh semua
yang penting banyak belajar aja pas kuliah yah
jadi gak terkejut nanti
nih juga banyak teori kayak kuliahan
hehehhe
bukan nakut2in lho

16:00Arsyil
iya
saya pengen juga nih entar sukses kayak mas divo
he he

16:02Divo
mantep deh, yang penting kuatkan ajah dasar2 statistiknya yah
penting tuh

16:02Arsyil
he he

16:02Divo
yah doakan semoga kita semua sukses semua

16:02Arsyil
Oke

16:02Divo
amin3

16:02Arsyil
mas kasih tips donk biar gmpg dpt kerjaan abis lulus kyk mas vo

16:04Divo
biar cepet dapet kerja...
ayng penting:
1. Kuliah di seriusin
2. Banyak ibadah
3. Aktif di organisasi
4. manajemen waktu
5. banyakin prestasi
6. banyakin pengalaman penelitian+kerjaan survei lapangan
dijamin deh perusahaan bakal yang nyariin kamu
siiip!


16:06Arsyil
kalo mas divo manajemen waktu gmn?

16:07Arsyil
makasih mas saya catet tuh..

16:10Divo
manajemen waktu;
yang penting bisa atur waktu kuliah 35%+organisasi 40%+kerja survei 25% lah
itu baru 100% siap pakai perusahaan
key?

16:11Arsyil
oh gitu

16:20Divo
Siiiip

16:34Divo sedang offline.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Tips dan Trik Membeli Mie Instan di Alfamart, Indomaret, atau S`mesco

22 Oktober 2009 09.41 By Tembalang Online 9 Komentar

Tadi malam (21/10/09) aku diajak temanku, Ali, ke S`mesco. Dia akan mau membeli mie instan. Maklum kanker stadium 4 (kanker= kantong kering). Yang seru disitu, gara-gara kuberitahui sebuah trik jitu yang kupunya, dia malah jadinya lama banget memilah-milih mie instan. Sampai-sampai adzan sholat isya terlewat dan kami jadinya ketinggalan jamaah.

Triknya adalah menghitung jumlah harga semua barang yang kita beli sedemikian hingga jumlahnya itu dalam ribuan. Trik ini berguna untuk mengoptimalkan budget kita yang keluar ketika membeli barang di toko swalayan kecil tapi omset setiap harinya miliaran rupiah itu. Yah biasalah aku kan anak kos.

Jadi misalnya saja tadi malam itu. Aku awalnya membeli sabun, waktu itu sabun Active Rp1700, sabun Sinzui Rp3000, sehingga jumlahnya Rp3000+Rp1700= Rp4700. Kemudian aku mengupayakan membeli barang lain yang bisa menutupi Rp300 agar menjadi pas ribuan. Akupun membeli mie instan, Supermie Gobang Rp1200 dan Sarimie Rp1100. Jadi jumlahnya pas deh Rp4700+Rp1200+Rp1100= Rp7000. Duh ketahuan pelitnya nih. He..he.

Nah kalau si Ali, awalnya membeli dua buah mie Sedaap Rp1275. Berari jumlahnya Rp1275x2= Rp2550. Coba pikir seharusnya kalau dibayar Rp3000, kembalinya adalah Rp450, emang ada uang pecahan ini? Kemudian kusarankan ke ali agar menggenapkannya 5ribu, sesuai dengan trikku itu. Lama banget dia pikir-pikir. Pertama dia mau beli mie sedaap 4 buah, waduh Rp1275x4= Rp5100, sebaiknya ganti mie lainnya. Akhirnya dia membeli 2 buah mie Sedaap dan 2 buah Supermie gobang, Rp1275x2+Rp1200x2= Rp4975.

Kata si Ali, “wah ini statistik ya syil..?!”. “Bukan statistik li, tapi pelit.. he..heh”, jawabku.

Aku berikir misalnya saja para pengunjung swalayan itu masih membeli barang dengan jumlah harga yang menyisakan Rp75 (gak mungkin kan ada kembalinya). Dan setiap harinya ada 1juta orang saja yang membeli di Alfamart. Jadi lebih dari Rp75juta perhari atau Rp3M perbulan pemasukan tak terduga ke perusahaan milik perancis itu. Tentunya lebih. Soalnya sangat jarang pembeli membeli dengan jumlah haga genap ribuan, kecali orang kayak aku aja. Istilah dari ibuku tuh aku orang yang “perhitungan”. ^^

Selengkapnya...

Reaksi: 

Mesin Pompa Air Rusak – Sebuah Kisah Sedih Anak Kos?

20 Oktober 2009 19.51 By Tembalang Online 4 Komentar

Mesin Pompa Air Rusak

Alhamdulillah siang tadi sudah bener mesin pompa air di kosanku. Jadinya sore ini aku dapat mandi sepuasnya di kosan (lagi). Sebelumnya dua hari yang lalu (Minggu 18/10/9) entah kenapa tiba-tiba tuh mesin pompa air gak bisa ngeluarin airnya ke tanki gede di belakang rumah alhasil air pun tak keluar dari keran di kamar mandi.

Selama dua hari itu aku dan yang lainnya berpetualang ke tempat lain buat numpang mandi. Kalau aku numpang mandi di kamar mandi masjid dan kos temen. Asyik juga sih sekali-kali mandi di tempat umum. Airnya dingin cuy, seger banget, kapan-kapan pengen ah mandi disitu lagi. Dan makasih untk didin yang mempersilakan aku mandi di kosnya.

Akibat dari kejadian ini sampai-sampai ada salah satu temanku yang kuliah gak mandi. Wah wah wah, jadi inget kayak aku dulu. Dulu aku pernah juga berangkat kuliah gak mandi. Sengaja sih, abisnya kesiangan. Inilah akibatnya jika tidur setelah sholat subuh. Sampai di kampus diejekin deh sama teman-teman. So what, biarpun gak mandi kan yang penting badan gak bau.

Ternyata mesin pompa air di kosanku bukan rusak. Air tidak keluar karena pipanya bocor. Kata bapak yang memperbaikinya kemarin. Kemudian kami menelepon bapak yang mpunya rumah kosku. Langsng bapak pemilik kosku itu meridoi untuk mengganti pipa baru. Esok harinya yaitu tadi pagi bapak ahli pompa air itu melanjutkan perbaikan. Dan alhamdulillah sudah baik kembali. Kami pun bisa melakukan mandi sepuasnya di kos.

By Arsyil

Selengkapnya...

Reaksi: 

Soal Linier Ria

17 Oktober 2009 20.15 By Tembalang Online 5 Komentar

KLIK DI BAWAH INI CARA PENYELESAIANNYA:
File Word penyelesaian

atau kalau gak bisa download:
DISINI
atau
DISINI





Selengkapnya...

Reaksi: 

Pilih Nge Laundri atau Nyuci Sendiri? - Catatan Anak Kos

10 Oktober 2009 20.10 By Tembalang Online 4 Komentar

Foto Rak Pakaianku

Kalau aku ngelaundrikan pakaianku. Dulu waktu awal-awal kuliah aku mencuci sendiri. Tapi kemudian aku gak tahan nyuci sendiri. Soalnya kalau aku nyuci bisa satu atau dua jam, menurutku sangat rugi waktu sekali. Jadi akupun berpikir ulang untuk mengatasi problem itu.

Di sebuah tempat laundri ternyata membolehkan untuk mencuci sendiri. Aku menyebutnya rental mesin cuci, perjamnya Rp4000. Dari satu rental mesin cuci aku pindah ke rental mesin cuci lain. Eh beberapa minggu kemudian mesin cucinya pada rusak.

Beberapa hari kemudian kubaca tulisan di depan ruko itu, “cuci kering+setrika Rp3000/kg, cuci kering Rp1500/kg, cuci basah Rp6500/5kg”. Akupun jadi berpikir untuk ngelaundri. Sebab kuhitung-hitung sebelumnya kalau aku merental mesin cuci, butuh waktu 1,5jam untuk menyelesaikan semua cucianku jadi mengeluarkan duit Rp6000/nyuci. Belum lagi sabun cuci yang kugunakan. Wah pikirku mending ngelaundri kering aja. Mungkin pakaianku sekitar 5-8 kg. Jadi uang yang kukeluarkan beda dikit aja.

Hingga sekarang aku melaundri pakaianku cuci kering. Karena minimal untuk cuci kering adalah 5kg maka aku kalau melaundri tunggu pakaian kotrku numpuk dulu. Biasanya sih aku melaundri seminggu sekali.

Karena aku memilih cuci kering karena harganya aja setengah dari cuci plus seterika. Mengirit uang kiriman gitu. Lagipula kalau mau seterika di kosan kan bisa. Apa gunanya aku bawa seterika jauh-jauh dari Kalimantan. Tapi selama ini aku jarang nyeterika bajuku loh.. (Duh ketauan deh aibku).

Dari laundri ada satu hal penting yang kupetik. Ternyata beda hasil cucian pria dan wanita. Meskipun gak diseterika hasil laundrian di tempat laundri rapi banget, harum lagi. Pokoknya mendamaikan hati banget. Kalau nyuci sendiri mah masih kusut dan apek lagi. /He..he.. (Apa cara nyuciku yang salah yak.? Gimana toh cara nyuci yang bener dan hasil bagus?). Tapi aku mah gak terlalu ngeribetin itu, cowok mah ujung-ujungnya yang nyuciin baju sang isteri. (Iye kalau si isteri mau nyuci baju lu, kalau gak gimana syil? harus donk… gakgakgak… peace..!)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)

07 Oktober 2009 13.25 By Tembalang Online 55 Komentar

Solusi Rubik dengan Rumus

Sambungan dari Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2) dan Bagian 1. Bagi yang belum membaca silakan baca dulu. Kaena keterangan dari beberapa istilah yang ada di posting ketiga ini ada di posting sebelumnya.

Setelah berhasil menyelesaikan satu sisi. Dan sel tengah (nomor 5) dari tiap sisi sama dengan ketiga sel di atasnya (nomor 1,4,7). Selanjutnya adalah menyamakan warna sel yang kanan kiri dari sel tengah itu (nomor 2 dan 8). Lihat dua rumus berikut dan pelajari baik-baik cara menggunakan rumus tersebut.

Rumus Sejajar : Ri2, Ui, Bi2, Li, D2, L, Bi2, U.
Rumus Berseberangan : Ri, Bi, Li, D2, L, Bi2, Ri, Bi.

Ingat!
R = Right (Kanan)
L = Left (Kiri)
U = Up (Atas)
D = Down (Bawah)
F = Front (Depan)
B = Back (Belakang)
i = Inverter (Berlawanan arah jarum jam)
Ohya, angka 2 rumus di atas maksudnya adalah memutar sebanyak dua kali. Contoh D2 = Down dua kali. Jadi D2=Di2.

Cara menggunakan rumus tersebut

Pertama letakkan sisi yang telah sama warnanya, dalam hal ini biru, pada sisi Left. Perhatikan bahwa sisi F, U, B, D, yang sebelumnya keempat sel yang telah seragam warnanya adalah nomor 1, 4, 5, 7, sekarang menjadi sel nomor 1, 2, 3, 5. Kedua rumus di atas digunakan untuk mengubah sel nomor 4 dan 6 dari tiap sisi F, U, B, D. Alias ada 4 kubus kecil yang hendak kita seragamkan warnanya. Syukur2 kalau dari keempat kubus tersebut sudah ada yang warnanya sudah cocok.

Kemudian perhatikan bahwa kubus dari sel nomor 1 dan 3 dari sisi F, U, B, D (berarti sebanyak 4 kubus) memiliki 3 wana yaitu biru dan 2 warna berbeda lain, sebut saja kubus-kubus ini dengan Dora. Cari sebuah kubus yang letaknya di tengah pinggir dari sisi Right (nomor 2, 4, 6, dan 8). Yang memiliki dua warna yang sama dengan salah satu kubus dari Dora, sebut saja kubus ini dengan Emon.

Jadikan sisi yang ada Dora, yang memiliki dua warna yang sama tadi dengan Emon, menjadi sisi Front dimana Dora tersebut posisinya adalah sebagai sel nomor 3. Kemudian putar sisi Right sedemikian hingga Emon berada sebagai sel nomor 6 jika dilihat dari sisi Right.

Lakukan rumus tadi pada saat rubik posisi ini. Gunakan rumus sejajar jika kedua warna Dora dan Emon yang sama tadi apabila ditarik garis lurus maka sejajar. Jika tidak maka gunakan rumus berseberangan.

Sampai disini bisa tak?? Bahasaku muter-muter yach? Aku aja yang bikin tutorial juga bingung. Enaknya belajar rubik sih emang sebaiknya langsung praktek! Kalau dibiki tutorial yach jadinya panjang banget kayak gini. Inipun belum selesai. Tunggu selanjutnya! Pokonya kuasai teknik pada posting 2 dan 3 dulu..

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 4)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

05 Oktober 2009 23.14 By Tembalang Online 24 Komentar

Menyelesaikan Rubik

Sambungan dari Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

Sebelumnya perlu saya jelaskan dulu mengenai istilah yang nanti saya gunakan. Misalkan di depan kita ada rubik dimana salah satu sisi tepat di depan muka kita. Sisi itu disebut Front sedang sisi yang belakang disebut Back. Atas=Up, Bawah=Down, Kanan=Right, Kiri=Left. Berikut singkatnya:
F=Front
B=Back
U=Up
D=Down
R=Right
L=Left
Untuk F,B,U,D,R,L berarti memutarnya searah jarum jam. Kalau Fi,Bi,Ui,Di,Ri,Li adalah berlawanan arah jarum jam. Huruf "i" dari kata inverter. Jadi misalnya saja Li=Left inverter, berarti memutar sisi kiri dengan arah berlawanan jarum jam.

Oke langsung praktek!

Untuk langkah pertama adalah menyelesaikan salah satu sisi rubik. Misalkan ingin menyusun suatu sisi yang selnya biru semua. Mulai dari sel pojok kiri atas. Lalu sel kiri tengah, dst. Kalau aku urutannya sbb:

















147
258
369

Maaf yach gambarnya jelek. Aturannya begini; Misalkan sel yang merupakan pojok kanan atas (yang bernomor 1) adalah sel yang memiliki warna biru, merah, dan kuning. Kita anggap birunya berada di atas (Up) maka merah di kiri (Left) dan kuning di belakang (Back). Selanjutnya kerjakan sel nomor 2, taruh dengan sel yang mempunyai warna biru dan merah. Ingat harus biru dan merah! Dimana biru di Up dan merah di Left. Begitupula sel nomor 3, harus yang mengandung biru dan merah, dan merahnya di Left. Perhatikan bahwa ketiga sel di baris pertama Left berwarna merah. Pada sel nomor 4 cari sel yang memiliki warna biru dan kuning begitu pula dengan sel nomor 7, sehingga ketiga sel di baris pertama Back berwarna kuning. Dan seterusnya ikuti urutan nomor. Intinya ketika menyamakan semua warna di sisi atas maka ketiga sel pada baris pertama (nomor 1, 4 dan 7 sisi lain) sisi lainnya (kiri, belakang, depan, kanan). Dan pada waktu mengerjakannya di utak-atik lah sedemikian rupa agar tepat diletaknya. Banyak-banyak latihan deh dalam menyelesaikan satu sisi ini.

Ohya, hampir terlupa, untuk menyelesaikan sel terakhir yaitu sel nomor 9 kan agak sulit, itu enaknya pakai rumus bro! Sisi yang hendak kita samakan semua warnannya kan di Up, sehingga jika dilihat dari Front sel nomor 9 terletak di pojok kanan atas. Oke posisi seperti itu jangan goyang-goyang yach. Ikuti rumus berikut; Ri, D, R, Di, diulang-ulang sampai warna biru pada sel nomor 9 berada di Up. Satu sisi pun telah berhasil.

Seteleh itu sisi Up diputar-putar aja sampai sel tengah-tengah pada sisi R, F, L, B, warnanya serupa dengan ketiga sel diatasnya (baris pertama sisi).

Sampai disini ada yang kurang jelas..?? Sori ya aku sambung nanti lagi. Aku mau pulang ke kos dulu. Capek seharian di kampus, laper, mo makan dulu. Tunggu ya sambungan tutorial ini selanjutnya.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)


Selengkapnya...

Reaksi: 

Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

11.16 By Tembalang Online 20 Komentar

Gambar Rubik

Pasti teman-teman pernah memainkan permainan ini. Setidaknya penah lah melihatnya. Cuma mungkin kurang tahu aja namanya apa, seperti halnya diriku. Aku baru tahu namanya rubik baru-baru ini. Sebelumnya mungkin lebih sering menyebutnya kotak puzzle atau kotak mekanik 6 warna. Taukah teman-teman bahwa ternyata ada semacam rumus gitu untuk penyelesainnya.

Rubik adalah sebuah kotak kubus 6 sisi yang memiliki 6 warna berbeda. Dan tiap sisi terdapat 3x3 cell. Lebih tepat menyebutnya adalah rubik 3x3 dan dalam bahasa inggris adalah rubic cube, karena ada juga rubik yang 2x2, 4x4, dst.

Oke lanjut. Untuk menyelesaikannya tidak mudah, bagi yang belum tahu ada suatu rumus tertentu. Bisa berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, itupun masih belum ketemu. Untuk yang sudah tahu biasanya cuma sekitar 2 menit untuk menyelesaikannya atau bahkan kurang. Rekor dunia saat ini kalau gak salah cuma 11 detik untuk menyelesaikannya.

Kalau aku sendiri masih baru sekitar 10 menit. ^^. Namanya juga baru sekitar satu minggu. Aku mengenalnya waktu di kapal pulang dari pangkalanbun ke semarang. Di kapal, si Fandi memainkan rubiknya. Lalu rubik itu kupinjam sekaligus berguru sama dia. Dan akhirnya besoknya aku berhasil menyelesaikan.

Berikut akan aku jabarkan rumus-rumus yang kudapat untuk menyelesaikannya. Ohya, perlu diketahui bahwa cara yang kupakai ini cuma satu dari berbagai cara untuk menyelesaikannya. Jadi mungkin ada cara yang lebih cepat lagi. There is just sharing, okay.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

Selengkapnya...

Reaksi: 

Ragnarok Online, Game Online Favorit Indonesia

04 Oktober 2009 15.58 By Tembalang Online 3 Komentar

Logo Ragnarok Online

Sudah bertahun-tahun aku tak main game ini. Terakhir kali main itu kelas 3 SMP. Apakah aku akan demam kecanduan game ini lagi? Ohya, aku mau cerita mengenai sejarah aku main game.

Aku mengenal Ragnarok Online pertama kali sewaktu kelas 1 SMP. Berlanjut hingga di penghujung kelas 3 SMP. Pokoknya kalau gak Ragnaok Online (RO) ya Counter Strike (CS) yang hampir tiap hari kumainin. Aku mainnya di Game Center / Warnet. Pada waktu itu tarif main game masih mahal. Kalau game online seperti RO perjamnya Rp9000, sedangkan game ofline seperti CS perjamnya Rp4000. Wew lumayan, bayangin aja kalau tiap hari main, berarti sudah berjuta-juta rupiah yang telah kukeluarkan selama ini. Belum lagi pada waktu itu aku juga demam game Play Station (PS). Weks, dulu aku emang gamer banget. Tiada hari tanpa main game dah.

Semenjak SMA aku tak lagi main RO, aku lebih seringnya main game offline. Yaitu Command and Conquer (CnC), Warcraft, Battle Realms, dll, yang terakhir kali aku demen adalah DotA. Aku lebih suka bermain game bareng teman-temanku. Tapi kalau gak ada temen yang lagi kepengen main game aku biasanya main sendiri aja. Tarifnya masih Rp4000/jam.

Semenjak lulus SMA aku dah jarang main game lagi. Paling-paling main DotA sendiri di laptop. Aku seringnya sih ngeblog dan facebookan, sebelumnya adalah friendsteran.

Hari ini aku sedang main RO lagi. Bulan kemarin dapat masteran gitu dari Pradzt. Kali ini berbeda dari sebelumnya. Dulu kan kalau main ngeluarin duit, kalau sekarang gak sama sekali. Soalnya kan pake akses internet hotspot kampus.

Tapi ada satu hal yang sama dari sebelumnya, yaitu sama-sama membuat waktuku terbuang untuk main game. Abisnya gak ada kerjaan sih. Aku juga bingung mau ngapain lagi.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Silaturahmi Mahasiswa Kobar ke Rumah Kediaman Bupati Kobar, Bpk Ujang Iskandar

03 Oktober 2009 18.12 By Tembalang Online 3 Komentar

Foto Dokumentasi Silaturahmi Mahasiswa Kobar ke Rumah Kediaman Bupati Kobar, Bpk Ujang Iskandar

Pada hari Selasa, 22 September 2009 (lebaran ke-3) lalu, kami para mahasiswa Kotawaringin Barat yang berkuliah di berbagai kota lain di luar Kobar, mengadakan kegiatan silaturahmi ke kediaman bapak bupati, Ujang Iskandar, yang beralamat di jalan HM Rafi’i Pangkalan Bun.

Para mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia seperti Palangkaraya, Semarang, Jogjakarta, Malang, dan kota lainnya yang kebetulan sedang pulang ke daerahnya, Pbun dan sekitarnya, pun tak mau terlewatkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mungkin sekitar seratusan mahasiswa ikut berpartisipasi pada sore itu.

Awalnya turunnya hujan di Pangkalanbun cukup menjadi ancaman kelangsungan acara tersebut. Tapi alhamdulillah hujan pun reda, dan hingga selesai acara silaturahmi itu berjalan lancar. Kegiatan silaturahmi itu sendiri beranjak dari ba`da ashar hingga pukul 5 sore.


Foto Dokumentasi Silaturahmi Mahasiswa Kobar ke Rumah Kediaman Bupati Kobar, Bpk Ujang Iskandar

Adit, Arsyil, Rico, Julian, Flasky


Arsyil dan Bupati


Rico, Istri Bupati, Arsyil, Julian


Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi