Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Dan Jangan Katakan Kuharus Menolak Orang-Orang Yang Berbakat Jurnalis Ini

20 Februari 2011 19.20 By Arsyil Statistikawan 2 Komentar



"Syil masi ada lowongan ga?" Tanya seseorang ketika kami sama-sama sedang santai di wisma. "Lowongan apa?" balasku. "BSO Jurnalistik.." lanjut ia. "Masih..." jawabku datar, berucap dengan hati masih terasa pilu sejak kemarin.

Apalagi ia tadi melanjutkan, "Saya di amanahin mba dwi.." Kira-kira begitu yang ia katakan. Waduh, sungguh tak tega harus mengatakan bahwa yang mendaftar sudah lumayan banyak.

Benar, bagaimana tidak pilu dari sekitar 35 orang yang mendaftar BSO Pers Science Journalists harus disisihkan setengah dari jumlah tsb. Inipun tidak pasti sebab tergantung keputusanku selaku Pemimpin Umum, dengan meminta pendapat orang-orang terkait. Dua orang yang jelas kuminta pendapat adalah mba Dwi dan Reza ketua Bem Mipa Undip 2011.

Tidak terlalu membuatku pilu jawaban dari seorang mba Dwi, orang yang telah menjerumuskan aku di jurnalistik kampus ini. Ketika kutanya mengenai jumlah persers yang pas untuk sebuah BSO Pers Science Journalists. Beliau menjawab, "Saya gak tau ada aturan tentang jumlah personil BSO apa gak, tapi kalo mau bkin aturan sendiri sih ya liat keterbutuhan aja, yang difokuskan di tahun ni proses kaderisasinya dulu aja, jadi pastikan orang-orang angkatan 2009/2010 minimal ada 5 orang yg bisa dipertahankan d tahun depan.."

Beliau cukup bijak. Tidak langsung mengetikkan jumlah dari personil. Tapi lebih menekankan jauh ke depan. Demi keberlangsungan konsistensi BSO Pers ini. Lebih ditekankan kaderisasi yang harus sudah diperhitungkan sejak dini. Dalam hal ini mba dwi menyatakan setidaknya ada 5 orang dari angkatan 2009 dan 2010.

Angka berbeda muncul dari pendapat Reza Aulia Rahman, sang masinis keluarga pelangi. Menyatakan bahwa, "Idealnya 10 orang aja sih.. Kebanyakan takutnya gak efektif.."

Sontak kaget sekali diriku. Jika dihitung-hitung personil yang sudah jelas masuk sudah sekian orang. Artinya kalau angka 10 saya ambil, berarti bisa dihitung dengan jari para pendaftar 35 orang tadi yang diterima. Wah, benar-benar menangis hati ini, jika menolak mereka yang memiliki potensi dan minat jurnalis ini.

Teruntuk kawan-kawan semua yang sudah mendaftar saya ucapkan terima kasih sekali atas sambutan baiknya. Meski bisa dibilang BSO Pers Science Journalists ini baru lahir. Semoga kita seterusnya bisa berjuang terus wahai jurnalis kampus sains.

HIDUP PERS MAHASISWA!

Oleh: Arsyil Hendra Saputra
-Pimpinan Umum Badan Semi Otonom Pers Science Journalists-

Selengkapnya...

Reaksi: 

Jadwal Kuliah Semester Genap 2010 Statistika Fmipa Undip

17 Februari 2011 13.57 By Tembalang Online 2 Komentar

Saudara-saudaraku mahasiswa Statistika Fmipa Undip, khususnya angkatanku 2008. Berikut ini ada jadwal mata kuliah semester genap 2010. Lengkap dengan hari, jam, ruang, dan dosen pengampu. Cuma masih dalam tampilan gambar. Silakan diklik aja gambarnya biar jelas. Key!



Atau dengan melihat langsung disini

Thanks


Selengkapnya...

Reaksi: 

Ketika Seorang Wanita Butuh Alasan Kuat Kenapa Dia Harus Berjilbab

12.22 By Tembalang Online 3 Komentar


Sebuah pertanyaan luar biasa ditanyakan seorang wanita kepadaku (lewat pesan singkat), kemarin. Yaitu mengenai perempuan di mata Islam dan Jilbab bagi seorang perempuan Islam. Namun inti dari beberapa pertanyaan ia ada di salah satu pertanyaannya yang berbunyi, "Aku pengin berjilbab mas.. Tapi aku harus punya alasan kuat, kenapa aku harus berjilbab".

Sebenarnya aku bukanlah muslim yang sudah penuh dengan ilmu agama. Oleh itu mau kusarankan supaya wanita itu mencari buku tentang hal itu. Tapi dilihat dari pertanyaannya itu, sepertinya ia sangat penasaran banget. Maka itu kujawab dengan sebisa ilmu agama yang kupunya. Meskipun wnita itu lebih tua dibandingkan dengan aku. Semoga membantu. Amin.

Ia adalah teman bisnisku yang baru saja kukenal. Telah lulus S1 Unnes. Dia orang Semarang asli. Jadi dalam hal ini aku berhadapan dengan salah satu orang dari masyarakat. Yang sangat haus akan pencerahan untuk kemajuan masyarakat tersebut. Di daerah ia tinggal masih lumayan pergaulan bebas anak muda. Dan alhamdulillah aku adalah seorang mahasiswa yang sudah dibekali jiwa sosial di organisasi yang kutekuni di kampusku, dan pun bertemu dengan orang-orang luar biasa, dan banyak juga yang sudah mantap keimanan dan insyaallah ketakwaan mereka ke Tuhan yang maha penyayang.

Itulah yang membuatku merasa yakin bahwa harus (!) memberitahu dan mengingatkan kepada orang sekitar akan kewajiban-kewajiban yang sudah nyata disabdakan Tuhan, namun masih mereka tanggalkan. Apalagi orang yang belum mendalami agama mereka. Sementara mereka ingin bahagia di dunia dan di akhirat masuk ke surga kelak. Amin.

Berikut berbagai pertanyaan dia dan jawaban sebisaku yang kucoba untuk menjawabnya.
......
Tanya : "Mas, aku mau tanya di luar konteks boleh gak?"
Arsyil : "Tapi pertanyaan yg baik2 ya."
Tanya : "Insya Allah.. setahu aku mas arsyil kan rajin ibadah, sholat tekun, n pinter ngaji juga.. Semoga bisa menjawab pertanyaanku. Aku mau tanya tentang perempuan di mata Islam itu gimana sih? Perlu gak sih perempuan Islam itu berjilbab?"
Tanya : "Trus kenapa kita diwajibkan memakai jilbab? Seandainya kita tidak memakai jilbab, tetapi kita dapat berbusana dengan rapi,sopan, dan menutup aurat kan sudah cukup? Daripada kita berjilbab tetapi gak bisa menjaga diri.."
Tanya : "Trus gimana dengan seorang wanita berjilbab tetapi hatinya kotor, masih mengumbar dosa?"
Tanya : "Aku pengen berjilbab mas.. Tapi aku harus punya alasan kuat, kenapa aku harus berjilbab."
Arsyil : "Kebanyakan cewek yang ragu-ragu buat berjilbab pasti punya pemikiran begitu. Sehingga sampai besok-besok gak bakal pakai jilbab kalau terus berpikir begitu. Yang jelas menutup aurat itu hukumnya wajib kayak kita wajib untuk sholat. Nah, kalau kita berpikr ada orang yang sholat pun juga hatinya masih kotor, trus kita sampai kapanpun gak bakal sholat donk."
......

Begitulah salah satu pengalaman ketika berhadapan dengan salah satu permasalahan masyarakat saat ini. Jika dihadapai dan ditanggapi dengan cara kurang santun maka bisa jadi bukan menemukan solusi, tapi malah menimbulkan kebimbangan semakin besar. Oleh itu harapannya kita semua dan termasuk pribadi Asryil bisa menjadi pengingat kebaikan untuk semua dengan cara halus, yang bisa diterima oleh semua. Pun begitupun dengan aku, semoga kawan-kawan semua bisa mengingatkan aku seandainya ada khilaf semoga bisa diingatkan untuk yang lebih baik.

"Kenapa perempuan harus lebih banyak menutupi bagian tubuhnya? karena perempuan memang dipenuhi dengan bagian tubuh yang berharga dan harus dijaga dengan jilbab (busana yang menutupnya)"



Selengkapnya...

Reaksi: 

Cara Mengetahui Pengumuman PKM yang DIdanai Dikti 2011

09 Februari 2011 10.07 By Arsyil Statistikawan 1 Komentar


Untuk mengetahui apakah proposal PKM kelompok kamu diterima atau tidak dapat dicek saja ke situs dikti. Silakan lansung ke Link ini: http://dikti.kemdiknas.go.id/files/dp2m/kpm/Untuk%20Pengumuman%202011_PKM%204%20Bidang.pdf. Jika di daftar tersebut ada propsal PKM dengan ketua kelompok tercantum disitu artinya proposal PKM kamu didanai. Selamat ya!

Langkah-Langkah:
1. Langsung download filenya: KLIK DISINI
2. Setelah dibuka file pdf tersebut cari nama ketua kelompok kamu.
3. Tekan pada keyboard: ctrl+F (search)
4. Masukkan nama ketua kelompok kamu, lalu enter.
5. Jika hasil pencarian berhasil maka selamat artinya proposal PKM kamu didanai. Congratulation!

Selamat bagi para mahasiswa Fakultas MIPA yang didanai proposal PKM yang diajukan pada 2011 ini.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Laptop Hanya Nyala Pakai Baterai, Tanpa Baterai Laptop Tidak Bisa Hidup Meski Di Charge

02 Februari 2011 10.48 By Arsyil Statistikawan 22 Komentar


Singkatnya begini bro rumusnya:
Laptop + Baterai + Charger Listrik = Nyala
Laptop + Charger Listrik = Mati

Seperti yang biasa kita ketahui bahwa kalau laptop dihidupin dengan dicolokin ke listrik pakai charge bisa hidup meskipun tanpa baterai. Tapi kalau laptop punyaku tidak bisa nih. Jadi kalau mau laptop hidup harus dipasang baterai. Jadi laptop dipasang baterai dan dicharge baru hidup.

Ada yang bisa bantuin gak? Kucoba cari-cari info ke google kagak nemu tulisan yang begini. Mungkin ada yang bisa jelasin ke aku?

Aku ma cerita nih mengenai laptopku. Jadi sekarang sejujurnya baterai laptopku hilang. Di kos tinggal Laptop dan charger.

Sebelum hilang baterai masih bisa. Meskipun sudah dalam keadaan soak/drop. Alias kalau diisi full trus dipakai ngelaptop cuma bertahan 5menit. Oleh itu setiap kali kumemakai laptop selalu memasang baterai plus charger.

Berawal dari dulu ketika kucoba hidupin laptop pakai charger doank (baterai kulepas) laptop tidak bisa hidup. Makanya sejak itu hingga terakhir bateraiku masih ada aku selalu hidupin laptop+baterai bersamaan dengan colokan charger listrik.

Sedangkan awal pertama aku membeli laptop, bisa tu laptop dihidupin/dinyalain tanpa baterai, alias langsung dicharger listrik baterai dilepas.

MOHON PENCERAHANNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA


UPDATE 7 FEB 2012:
Tenyata Laptopku (Acer), IC Power Supply nya yg rusak..
Itu dikasih tahu sama mas teknisi yang mengecek laptopku di tempat service.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Info Penting Undip Penerimaan Mahasiswa Baru 2011 Untuk S1 dan D3

09.25 By Arsyil Statistikawan 0 Komentar


Jalur-jalur Seleksi Masuk Universitas Diponegoro Tahun 2011:
Berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 dan Peraturan Mendiknas no. 34 tahun 2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi, maka untuk proses penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2011 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2011 adalah sebagai berikut:
a. Seleksi Secara Lokal / Mandiri
1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Kemitraan program Strata 1. Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) Kemitraan adalah salah satu seleksi masuk mahasiswa ke Universitas Diponegoro tanpa ujian tertulis. Selain melalui SNMPTN Jalur Undangan, PSSB Kemitraan ini akan tetap diselenggarakan namun waktunya setelah SNMPTN. PSSB S1 Kemitraan Undip adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan mendasarkan minat, potensi akademik, dan potensi kerjasama untuk pengembangan UNDIP dalam bentuk partisipasi sumbangan. Minat dan potensi akademik dari calon mahasiswa dalam seleksi PSSB-Kemitraan ini dilihat dari reputasi akademik calon mahasiswa selama menempuh pendidikan di SMA yang ditunjukkan oleh nilai rapor dan penghargaan lain yang diperoleh karena capaian prestasi tertentu. Minat calon mahasiswa untuk memasuki salah satu program studi tertentu di UNDIP juga akan dipertimbangkan dengan daya tampung dan tingkat persaingan diantara pelamar. Pertimbangan potensi kerjasama terutama akan difokuskan pada kesediaan lembaga donor/sponsor atau orang tua calon mahasiswa dalam berpartisipasi untuk memberikan sumbangan pengembangan bagi UNDIP. Dengan demikian, PSSB KEMITRAAN ini merupakan proses seleksi mahasiswa baru yang mendasarkan pada 2 aspek, yaitu aspek potensi akademik dan minat calon mahasiswa, dan aspek partisipasi dalam pengembangan universitas.
2. Jalur UM (Ujian Mandiri) adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dimulai 2 Mei - 24 Juni. Informasi lengkap bisa diakses di : http://um.undip.ac.id

b. Seleksi Secara Nasional
1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Jalur Undangan Berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 1 Febuari - 12 Maret 2011. Pendaftaran dan informasi bisa diakses di web : www.snmptn.ac.id
2. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka tanggal 2 - 24 Mei 2011. Pendaftaran dan informasi bisa diakses www.snmptn.ac.id.
3. Jalur Beasiswa Bidik Misi. Penjelasan mekanisme pendaftaran secara lengkap bisa di akses di http://bidikmisi.dikti.go.id/portal. Tahun 2011 Undip memiliki kuota 225 orang mahasiswa yang akan menerima beasiswa Bidik Misi

Untuk seleksi masuk ke program Diploma III (D3) Undip tahun 2011 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:
1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 3 Januari 2011 sampai dengan 28 Februari 2011 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli-Agustus 2011. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id

Catatan:
Berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 dan Peraturan Mendiknas no. 34 tahun 2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi, maka untuk proses penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi Ujian Mandiri program S1 Undip akan dilaksanakan setelah seleksi tertulis nasional atau SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri). Sehingga untuk jadwal kegiatan akan ditentukan lagi kemudian dalam web site ini.

Silakan Kunjungi: http://um.undip.ac.id

Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi