Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)

05 Oktober 2009 11.16 By Tembalang Online

Gambar Rubik

Pasti teman-teman pernah memainkan permainan ini. Setidaknya penah lah melihatnya. Cuma mungkin kurang tahu aja namanya apa, seperti halnya diriku. Aku baru tahu namanya rubik baru-baru ini. Sebelumnya mungkin lebih sering menyebutnya kotak puzzle atau kotak mekanik 6 warna. Taukah teman-teman bahwa ternyata ada semacam rumus gitu untuk penyelesainnya.

Rubik adalah sebuah kotak kubus 6 sisi yang memiliki 6 warna berbeda. Dan tiap sisi terdapat 3x3 cell. Lebih tepat menyebutnya adalah rubik 3x3 dan dalam bahasa inggris adalah rubic cube, karena ada juga rubik yang 2x2, 4x4, dst.

Oke lanjut. Untuk menyelesaikannya tidak mudah, bagi yang belum tahu ada suatu rumus tertentu. Bisa berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, itupun masih belum ketemu. Untuk yang sudah tahu biasanya cuma sekitar 2 menit untuk menyelesaikannya atau bahkan kurang. Rekor dunia saat ini kalau gak salah cuma 11 detik untuk menyelesaikannya.

Kalau aku sendiri masih baru sekitar 10 menit. ^^. Namanya juga baru sekitar satu minggu. Aku mengenalnya waktu di kapal pulang dari pangkalanbun ke semarang. Di kapal, si Fandi memainkan rubiknya. Lalu rubik itu kupinjam sekaligus berguru sama dia. Dan akhirnya besoknya aku berhasil menyelesaikan.

Berikut akan aku jabarkan rumus-rumus yang kudapat untuk menyelesaikannya. Ohya, perlu diketahui bahwa cara yang kupakai ini cuma satu dari berbagai cara untuk menyelesaikannya. Jadi mungkin ada cara yang lebih cepat lagi. There is just sharing, okay.

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2)

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

20 Response to "Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 1)"

  1. kokoand1 Says:

    klo aku sch udh brtahun2x tp ga bsa2 tlong ksh tw cra dan crax komen di blog q ya

  2. !Rchymera! Says:

    Wch klo gw sich prnh main 1kali n gak berhasil menyusunnya xixixixi...:D

    Thanks infonya sob ditunggu kunjungan balik serta komentarnya,semoga sukses selalu...:-)

  3. -=Pradzt=- Says:

    wew,,,, permainan ini muncul kembali ke permukaan,,, qqq,,,, dah aku cuma bisa 1 sisi aja T_T

  4. Arsyil_keren Says:

    @kokand
    Weks dah bertahun2..
    Yups, tunggu aja postingan selanjutnya..

    @Rchymera
    Sukses sobat!

    @Pradzt
    Permainan yg memang mengasah otak..

  5. umar Says:

    solusinya gimana?? ajari dunk..

  6. nugi Says:

    salah satu permainan favorit saya....
    untuk rubik 3X3 saat ini saya bisa menyelesaikan dalam waktu 2 menit 15 detik...

  7. Anonim Says:

    mana gambarnya

  8. sun Says:

    Ksh rumus dongggg... kyk F atau U atau R gtttt!!!!

  9. hasby selalu mengalah Says:

    aku cuma bsa 3menit 49 detik, pngen lebih cpet. .
    T.T

  10. HaNa Ndho Says:

    ak dah bs yg 3x3.

    skrg gy nyba yg blong,,,

  11. arrda Says:

    yg bolong udah....

    yg 4x4 dong...

  12. Anonim Says:

    kk selesaikan rubiks ku donk cpt klahi k

  13. teman lama Says:

    waktu tercepat q cma 2 menit.q bingung gmn lg biar cepat, btw tw g cara biar 1 sisi (down) selesai sekaligus 4 sisi (1 sisi 6 sel yaitu F B L R) juga selesai??

  14. arie Says:

    kalo saya masih lumayan lah mas ,.
    1 menit 36 detik :)kunjungi saya juga ya :)

  15. Anonim Says:

    mantaf gan makasih...
    skdr share aja sy juga belajr dari file ini jua,
    smg bermanfaat
    http://sharecash.org/download.php?file=1229751

  16. Anonim Says:

    mantaf gan makasih...
    skdr share aja sy juga belajr dari file ini jua,
    smg bermanfaat pdf cara kubik cube
    http://sharecash.org/download.php?file=1229751

  17. Anonim Says:

    aku sudh bisa rubik 3x3 dengan waktu 50 detik

  18. Rubik Says:

    mantab tutorial rubiknya. Salam hangat buat para kuber

  19. odik Says:

    aku juga pernah nyoba tapi cuma satu muka aja selanjutnya acak2kan hehe.. mau coba donk sapa tau lebih praktis dari video yo**ube..

  20. Rebabo Cara Says:

    Wah mantab gan,
    sebelumnya ane susah banget nih nyelesain 1 rubik saja, berjam-jam gak kelar-kelar.
    Btw, keep blogging, smile and blogwalking

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi