Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)

07 Oktober 2009 13.25 By Tembalang Online

Solusi Rubik dengan Rumus

Sambungan dari Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 2) dan Bagian 1. Bagi yang belum membaca silakan baca dulu. Kaena keterangan dari beberapa istilah yang ada di posting ketiga ini ada di posting sebelumnya.

Setelah berhasil menyelesaikan satu sisi. Dan sel tengah (nomor 5) dari tiap sisi sama dengan ketiga sel di atasnya (nomor 1,4,7). Selanjutnya adalah menyamakan warna sel yang kanan kiri dari sel tengah itu (nomor 2 dan 8). Lihat dua rumus berikut dan pelajari baik-baik cara menggunakan rumus tersebut.

Rumus Sejajar : Ri2, Ui, Bi2, Li, D2, L, Bi2, U.
Rumus Berseberangan : Ri, Bi, Li, D2, L, Bi2, Ri, Bi.

Ingat!
R = Right (Kanan)
L = Left (Kiri)
U = Up (Atas)
D = Down (Bawah)
F = Front (Depan)
B = Back (Belakang)
i = Inverter (Berlawanan arah jarum jam)
Ohya, angka 2 rumus di atas maksudnya adalah memutar sebanyak dua kali. Contoh D2 = Down dua kali. Jadi D2=Di2.

Cara menggunakan rumus tersebut

Pertama letakkan sisi yang telah sama warnanya, dalam hal ini biru, pada sisi Left. Perhatikan bahwa sisi F, U, B, D, yang sebelumnya keempat sel yang telah seragam warnanya adalah nomor 1, 4, 5, 7, sekarang menjadi sel nomor 1, 2, 3, 5. Kedua rumus di atas digunakan untuk mengubah sel nomor 4 dan 6 dari tiap sisi F, U, B, D. Alias ada 4 kubus kecil yang hendak kita seragamkan warnanya. Syukur2 kalau dari keempat kubus tersebut sudah ada yang warnanya sudah cocok.

Kemudian perhatikan bahwa kubus dari sel nomor 1 dan 3 dari sisi F, U, B, D (berarti sebanyak 4 kubus) memiliki 3 wana yaitu biru dan 2 warna berbeda lain, sebut saja kubus-kubus ini dengan Dora. Cari sebuah kubus yang letaknya di tengah pinggir dari sisi Right (nomor 2, 4, 6, dan 8). Yang memiliki dua warna yang sama dengan salah satu kubus dari Dora, sebut saja kubus ini dengan Emon.

Jadikan sisi yang ada Dora, yang memiliki dua warna yang sama tadi dengan Emon, menjadi sisi Front dimana Dora tersebut posisinya adalah sebagai sel nomor 3. Kemudian putar sisi Right sedemikian hingga Emon berada sebagai sel nomor 6 jika dilihat dari sisi Right.

Lakukan rumus tadi pada saat rubik posisi ini. Gunakan rumus sejajar jika kedua warna Dora dan Emon yang sama tadi apabila ditarik garis lurus maka sejajar. Jika tidak maka gunakan rumus berseberangan.

Sampai disini bisa tak?? Bahasaku muter-muter yach? Aku aja yang bikin tutorial juga bingung. Enaknya belajar rubik sih emang sebaiknya langsung praktek! Kalau dibiki tutorial yach jadinya panjang banget kayak gini. Inipun belum selesai. Tunggu selanjutnya! Pokonya kuasai teknik pada posting 2 dan 3 dulu..

Bersambung ke Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 4)

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

55 Response to "Solusi Menyelesaikan Rubik Dengan Rumus (Bagian 3)"

  1. umar Says:

    mantap bro...

  2. umar Says:

    terusnya mana?

  3. rista Says:

    lanjutannya mana?:D

  4. Anonim Says:

    nana zhafirah

    bgian 4x mana????????????

  5. Anonim Says:

    tetep ajh gw bingunggg...

  6. Anonim Says:

    gak mudeng ..

  7. Anonim Says:

    terusanya dunk...

  8. Anonim Says:

    Gak mudeng....

  9. Ristayani Says:

    Eh terusannya gimana sih?aku belum ngerti...

  10. YONATHAN MALVIN Says:

    INIH GRAVITI BUMI DAH ILANG YAH KOK PUYENG GEMENANIH

  11. CLAUDIA NATSHA Says:

    I VERY VERY VERY VERY VERY VERY VERY VERY VERY VERY NOT UDERSTAND IM HADEGC

    HEHEHEHEHEHEHE INGILINGSINYA BELEPOTAN DEH JADI MALU AKU

  12. Anonim Says:

    gmn bikin ikan ny om kok susah bgt?

  13. Anonim Says:

    gmn cih nieh???
    kok susah ya???
    aku gak ngerti!!

  14. Anonim Says:

    mana terusannyaaa ooooommmm
    tanggung nehh
    T_T

  15. Louis Alfonso Says:

    kapan bagian 4nya.lama pisan

  16. Alfons Says:

    dfgdsgdsfgdsf

  17. Anonim Says:

    still confuse ,,,

  18. ratna Says:

    aq cma bisa buat satu warna nii ?


    terus gimanna lg ?

    aq massh bingung ...

  19. Anonim Says:

    apaan sih.. gak ngarti

  20. zen Says:

    bingung..... hahahahahaha

  21. mamskey Says:

    waw... keren, tapi bingung, ga bisa maen.. hahahaha

  22. Anonim Says:

    tetep gk ngerti deh

  23. azis Says:

    ia, sya udah bisa yang 3X3 maa.
    tinggal yan 4x4 .
    gmna tah,, bantu dong,,

  24. sisi Says:

    bingun bgt..........

  25. sisi Says:

    masih gak mengerti......
    gmna y??????????

  26. angga Says:

    bingung nich..,!!





    angga gitu loch

  27. Fikri Says:

    lanjutannya mana?

  28. Anonim Says:

    trims ya infonya

  29. Anonim Says:

    boz gw tetep bingung neps

    gmbar'a yg berwarna dunk
    d cirebon lgi musim rubik nepssss
    gw bru bsa 1 wrna jach
    trz yg jlaz nerangin'a

  30. khrisna bayu pratama Says:

    tetep aja susah gak ngerti nyampe sini...!!!!, bisa nya cuman smpe bagian 2 doankZz..... ^_^

  31. reee Says:

    puuuussiingg

  32. aldi Says:

    maaf ya tapi aku tetep aja nggak ngerti

  33. Dian Says:

    susah banget siiihh??? aku gak bisa... huaaaaaaaa... susah..

  34. Anonim Says:

    bingung cuy

  35. Anonim Says:

    kaga ngrti gua

  36. bagosbanget Says:

    Wah yang bagian 4 kok ga ada di mana nih?

  37. Anonim Says:

    yg ke 4 mana?????

  38. jihan Says:

    ga ngertiiiii

  39. dewiikidiw Says:

    bngung ,, ckck

  40. Anonim Says:

    joan mengatakan.... pada hari kamis,22 april 2010


    aku bingung tau, ap gak ad rumus yg plng jelas

  41. andre Says:

    kepala ane poseng....

  42. andre... Says:

    tolong kasih tau yg lebih spesifik dong...
    kepalaq puyeng bnget..... mkc

  43. cyril blessinzky Says:

    bisa lngsng d ajarin? gua ngga bsa njadikin smwa ..

  44. Anonim Says:

    yg 4x4 dunn..

  45. willy Says:

    msh ssh jg pke rms ne..

  46. totelest Says:

    mlah tmbah bNgung aq,,,

  47. Anonim Says:

    sambungannya mana???

  48. Anonim Says:

    aad
    gx ngerti???????

  49. Viruz Says:

    wah gimana nih aku binggung banget!!!!!

  50. nenni Says:

    duuhhh bingungg ,, dch d.cobba koug gga bssa yyaa ...

  51. dini Says:

    bagaimana caranya agar cepat mengerti

  52. Anonim Says:

    mas arsil dari p bun lam kenal aja aku andy di sampit, beli rubik terlanjur dia acak jadi bingung gimana cara nya langkah2 tlong berikan penjlasannya ke email aja boleh?
    andy_paunjunan@yahoo.com

  53. anna Says:

    tak lepas pake obeng.....jadi lage dewh.... ^,^

  54. dinda Says:

    suer'a aku nggak ngerti..
    aku bru bisa nyelesein satu warna ajh..
    tpi aku pengen nyelesein semua warna..
    gmn cra'a cieh????

  55. saptopakisaji Says:

    wadow mumet tenan aku mas broo...

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi