Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Puisi - Dompetku Hilang Sungguh Gundah Hatiku

27 Mei 2009 16.47 By Tembalang Online 8 Komentar

Dompetku Hilang Sungguh Gundah Hatiku

Dua hari ini kau dah tak bersamaku
Kapan kah kau kan kembali padaku?
Dompet, akankah kau mendengar suara hatiku
Akankah kau kan kembali lagi
Kunantikan saat itu

Dompet, aku ingin bersamamu lagi
Sungguh gundah tau hati ini!
Dengar donk dompet!
Cepat kembali padaku..

Jujur aku bukan merindukanmu
Tapi aku rindu sesuatu yang ada padamu
Apa kabarnya STNKku?
Apa kabar KTP, SIM, dan ATMku?
Kuharap semua baik-baik saja

Kuharap kau bertemu dengan orang yang baik, dompet
Kuharap orang itu mau menyerahkanmu
Untuk kembali padaku..
I always waiting for you…dompet..
Selengkapnya...

Reaksi: 

Dompetku Hilang Hatiku Gundah

16.45 By Tembalang Online 4 Komentar

Sudah dua hari ini aku merindukan dompetku. Sudah kucoba mencari ke tempat yang kira-kira tertinggal. Dan nihil, tak ada.
Masalahnya disini bukan uang di dompet itu, tapi surat-surat berharga di dalamnya yang aku bingung mencari solusinya jika hilang. Waduh…aku bingung. Di dalam dompet itu ada STNK, SIM, KTP, ATM, KTM, dsb.


Ceritanya begini, dua hari lalu yaitu hari Minggu pagi jam 06.15 aku berangkat mentoring (kegiatan kelompok studi islami) di masjid kampus. Tapi sebelumnya beli bensin di pom bensin dan beli koran di depan pom bensin tersebut. Jadi yang kuingat terakhir kali dompet itu masih ada padaku yaitu buat bayar koran yang kubeli. Setelah itu aku lupa kutaruh dimana dompet itu.
Setelah beli koran lalu aku menuju masjid kampus buat mentoring. Selesai sekitar pukul 08.00. Cuma sebentar sebelum benar-benar pulang ke wisma (kos-kosan) aku duduk-duduk dulu dan melihat buku-buku yang digelar. Dan kemudian mengantar teman pulang lalu pulang menuju ke wisma.
Sampai di wisma aku masuk ke kamar salah satu teman dan numpang tempat buat makan nasi uduk katering yang biasa diantar tiap pagi.

Setelah selesai makan aku bersiap-siap buat ikut acara seminar di UNDIP bawah tapi sebelumnya sempatin nyuci dulu sebentar. Eh waktu siap berangkat pas aku teringat dompetku aku menyadari bahwa daritadi dompet itu tak kuketahui keberadaannya. Kemudian kucari-cari di sekitar jejak langkahku di wisma baik di kamar temanku tadi maupun kamarku dan tidak ketemu.

Sementara aku ditunggu untuk berangkat seminar atau aku mencari dompetku. Aku nyari bentar kemudian baru berangkat. Kemudian kucari di masjid kampus dan tidak ada. Karena waktu dah sangat telat untuk datang ke seminar aku ambil keputusan untuk datang seminar. Padahal dompet belum ketemu.

Selesai seminar yaitu sore hari aku lanjutkan mencari dan nihil. Besoknya aku mencari di tukang penjual koran nihil juga, katanya gak melihat ada dompet jatuh. Hingga ke jalan dimana kulalui waktu itu bahkan bertanya kepada tukang parkir di sekitar situ kiranya mengetahui hasilnya pun nihil.

AKU BINGUNG… GIMANA YA SOLUSINYA BUAT SURAT-SURAT BERHARGA DI DALAMNYA JIKA DOMPET ITU BENAR-BENAR HILANG??? Bapak, Ibu… Maafkanlah anakmu ini…
Selengkapnya...

Reaksi: 

Jadwal UM 2 UNDIP Tahun 2009

23 Mei 2009 16.29 By Tembalang Online 8 Komentar

Ujian Mandiri Geombang 2 (UM 2) 2009 UNDIP:
1. Pendaftaran UM 2 tanggal 22 juni s.d. 10 juli 2009
2. Verifikasi peserta UM 2 dilaksanakan 8 s.d. 14 Juli 2009
3. Ujian tertilis dilaksanakan tanggal 26 juli 2009

Waktu dan Tata Cara Pendaftaran:
1. Calon peserta terlebih dahulu mendaftar di situs http://um.undip.ac.id/ untuk mendapatkan pin pembayaran mulai 22 Juni s.d. 10 Juli 2009.
2. Membayar biaya UM II Undip 2009 di bank Mandiri ke Multipayment Undip dengan menggunakan pin yang telah didapat saat mengisi pendaftaran online paling lambat tanggal 10 Juli 2009.
3. Setelah membayar peserta harus mencetak kartu ujian dan formulir. Jika belum membayar biaya pendafataran, pencetakan kartu tidak bisa dilakukan.
4. Melakukan verifikasi (pengesahan) pendaftaran tanggal 13-16 Juli 2009 (jam 08:00-15.00 waktu setempat), di masing-masing lokal tempat ujian: Semarang, Jakarta, Surabaya, Medan dengan :
- Menyerahkan slip asli pembayaran biaya seleksi.
- Menyerahkan print out Kartu Peserta Ujian (KPU) dan bukti hadir yang sudah ditempel foto peserta terbaru ukuran 4 x 6 cm dan menandatangani kartu peserta ujian di depan petugas verifikasi.
- Menyerahkan isian formulir SPMP yang telah ditandatangani orangtua/wali/penyandang dana peserta di atas materai Rp.6.000,-
- Menyerahkan Surat keterangan lulus/foto copy Ijazah yang sudah dilegalisisir Program Diploma 3 yang telah dilegalisir yang sejalur dengan program studi pilihannya, khusus bai kelompok lanjutan D3.

Berkas tersebut dimasukkan dalam map merah untuk kelompok IPA, map kuning untuk kelompok IPS, map biru untuk kelompok campuran, dan map hijau untuk pelamar lanjutan D3.

LEBIH LENGKAPNYA SILAKAN KUNJUNGI SITUS UM UNDIP Klik disini

Selengkapnya...

Reaksi: 

Mitos Cincin Kawin Ditaruh di Jari Manis

21 Mei 2009 00.53 By Tembalang Online 13 Komentar

Artikel ini saya baca secara tidak sengaja dari suatu blog. Sebenarnya Cuma disuruh mengikuti beberapa langkah-langkah. Setelah saya membacanya sampai habis saya ketawa geli sendiri dalam hati sebab hikmah yang terkandung ada benarnya juga sih. Penasaran bukan? Ini benar-benar ajaib! Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, tunjukkan kedua telapak tangan Anda
2. Sudah? Lalu tekuk/lipat jari tengah ke dalam.
3. Kemudian empat jari lainnya pertemukan (antartelapak tangan).
4. Yup, nih permainan dimulai, nama permainannya “5 pasang jari tapi 1 tak terpisahkan”.
5. Mulai dengan membuka jari ibu Anda, ibu jari mewakili orang tua, ceritanya nih ibu jari bisa dibuka maksudnya bahwa orangtua kita suatu hari nanti akan meninggalkan kita.
6. Tutup kembali jari ibu Anda, kemudian buka jari telunjuk Anda, jari telunjuk mewakili kakak dan adik Anda. Mereka memiliki keluarganya sendiri, jadi mereka juga akan meninggalkan kita.
7. Selanjutnya tutup jari telunjuk Anda, lalu bukalah jari kelingking Anda, jari kelingking mewakili anak-anak. Cepat atau lambat anak-anak kita juga akan meninggalkan kita karena harus berkeluarga sendiri.
8. Yang terakhir, tutuplah jari kelingking anda, dan cobalah membuka jari manis Anda (tempat cincin kawin ditaruh). Anda akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka..

sumber: aneh22.blogspot.com
Selengkapnya...

Reaksi: 

Flashdisk Ga Bisa Dibuka/ Dibaca

20 Mei 2009 21.46 By Tembalang Online 19 Komentar

Ceritanya nih ada temanku minta tolong ke aku supaya mengatasi problem yang ada di flashdisknya. Awalnya kukira problem biasa teman-teman sering komplain ke aku, yaitu karena virus di flashdisk tersebut. Eh ternyata flashdisknya gak bisa di baca. Bagi yang mau ikutan bantu aku plizz help me...

Berikut detailnya:

- Flashdisk Nexus kapasitas 2GB.
- Di komputer terdeteksi dengan drive F:
- Selalu muncul pesan "Please insert a disk into drive F:" apabila ingin dibuka baik dengan cara klik, ataupun klik kanan - open/explore. Pesan tersebut juga muncul apabila hendak memformat.
- Pada properties kapasitasnya 0 kb.

Ada yang bisa bantu problem ini ga? Kata temanku sih itu flashdisk ada datanya. Bingung nih gak dapat-dapat solusinya padahal dah otak-atik segala keyword di google search.
Plizz jawabnnya di comment ya... ditunggu...

Selengkapnya...

Reaksi: 

Cari Info Kos di Tembalang

18 Mei 2009 20.38 By Tembalang Online 3 Komentar



TembalangOnline adalah tempat mencari informasi kos-kosan di Tembalang Semarang. Klik Aja Disini

Bagi pemilik kos gratis promosi! Selengkapnya...

Reaksi: 

Pelatihan Web With Joomla

17 Mei 2009 13.36 By Tembalang Online 10 Komentar

Hari Sabtu 16 Mei 2009 aku mengikuti Pelatihan Pembuatan Website With Joomla. Yang dilaksanakan oleh Fisika FMIPA Universitas Diponegoro. Tempatnya di gedung lanjut Lab Fisika lantai 2 FMIPA UNDIP. HTM sebesar Rp 10.000. Pemateri dari trainer Fisika sendiri.

Hari Sabtu 16 Mei 2009 aku mengikuti Pelatihan Pembuatan Website With Joomla. Yang dilaksanakan oleh Fisika FMIPA Universitas Diponegoro. Tempatnya di gedung lanjut Lab Fisika lantai 2 FMIPA UNDIP. HTM sebesar Rp 10.000. Pemateri dari trainer Fisika sendiri.

Di pamflet yang disebarkan tertera bahwa kegiatan ini dibagi dua sesi. Sesi I adalah pagi mulai pukul 08.00 dan sesi II adalah siang mulai pukul 12.30. Sedangkan aku mendapat jadwal sesi II yaitu siang.

Jadwal memang pukul 12.30 tetapi ternyata dimulai pukul 13.00 an. Di ruangan lab tersebut ada sekitar belasan komputer yang tersambung dengan jaringan internet. Sebelum masuk lab kami para peserta diberikan modul.

Dalam pelatihan ini kami menggunakan aplikasi appserv-win32-2.5.10.exe. Appserv adalah aplikasi server offline untuk menjalankan joomla. Yang dalam pelatihan ini, aplikasi tersebut sudah disediakan oleh panitia. Jadi para peserta tinggal menjalankan mengikuti instruksi yang diberikan. Sedangkan joomla yang digunakan adalah versi 1.5.

Acara berlangsung hingga pukul 15.30. Yang diajari adalah dari instalasi appserv, kemudian instalasi joomla hingga cara mengotak-atik halaman web seperti membuat artikel, dan instal template joomla. Arsyil.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Turbo Pascal for Windows (TPW)

16 Mei 2009 11.04 By Tembalang Online 9 Komentar

TPW adalah program yang digunakan dalam penggunaan bahasa pemrograman PASCAL pada komputer dengan operating sistem adalah windows. Turbo Pascal sendiri merupakan versi yang populer dalam PASCAL. PASCAL sudah menjadi bahasa standar dalam dunia pendidikan komputer.

Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling sederhana dan merupakan bahasa yang dasar. Sehingga bisa jadi bagi seseorang yang pengin jadi programmer bahasa pascal salah satu yang kudu dikuasai.

Pada semester 2 ini saya kebetulan ada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Dan praktikumnya menggunakan program TPW ini. Tidak terlalu sulit untuk mengerti bahasa pascal ini. Sebab struktur dalam pascal memiliki banyak kesamaan dengan struktur dalam algoritma. Jadi yang penting kita mengetahui algoritmanya maka dengan hanya mengubah bentuk strukturnya sesuai Pascal dalam program TPW ini maka program yang kita susun dengan algoritma tersebut akan dapat dijalankan.

Mungkin berbagai program yang berhubungan dengan kehidupan kita dapat dikonsepkan dengan algorima dan pascal ini. Sebagai contoh nih pada tugas praktikum yang kedua saya, yaitu membuat program untuk menghitung biaya pemakaian listrik PLN. Dengan diketahui besar pemakaian listriknya dalam sebulan maka dengan rumus tertentu yang telah ditetapkan maka akan segera keluar jumlah besar biaya yang harus dibayar bahkan beserta besar dendanya pula bagi yang membayarnya telat.

Itu aja sekilas TPW dan pascal. Postingan ini kuterbitkan sebab kemarin ada temanku yang minta program TPW. Nih arsyil kasih link download gratis nya. Klik ajah! Dan download!

DOWNLOAD GRATIS TPWIN15

Selengkapnya...

Reaksi: 

Gumamku Tentang Tukang Parkir

10.43 By Tembalang Online 2 Komentar

Salah satu yang menjadi sorotanku terhadap Semarang adalah banyak terdapat tukang parkir. Mereka bertaburan di depan toko-toko, swalayan, bahkan ada Masjid yang ada tukang parkirnya juga. Tiak kumasalahkan sih bagi tukang parkir di kawasan yang ramai misalkan di pasar johar atau simpang lima. Sebab memang kehadiran tukang parkir berguna. Di kawasan yang padat lalu lintas tersebut perlu adanya bapak tukang parkir guna menata kendaraan yang singgah.


Tetapi aku sih rada komplain beberapa hal tentang tukang parkir. Yang pertama adalah tukang parkir yang selayak preman dan mungkin ilegal. Tentunya kita sepakat bahwa kita kurang senang dengan tukang parkir yang meminta uang kepada kita agak memaksa. Ditambah lagi wajahnya itu loh yang kelihatan sangar, yah seperti preman gitu. Terasa takut deh seolah kita akan dihajar kalau tidak membayar. Sebaiknya jangan dibayangkan ya! Kalau aku sebenarnya malas banget dengan tukang parkir seperti ini. Seharusnya ketika “melayani” mereka harus ramah dan santun kalu perlu tidak lupa senyuman sehingga pemilik kendaraan tidak segan memarkirkan kendaraannya disitu kembali. Betul tidak?

Yang kedua adalah mengenai pelayanannya. Teorinya kan mereka menjual jasa dan mereka dibayar. Jasa disini tentu adalah selain menjaga kendaraan dari si pemilik plus menatanya agar rapi dan juga di akhir mengantar pemilik beserta kendaraannya selamat kembali jalan. Jadi kalau si tukang parkir ini tidak melakukan apa-apa alias cuma berdiam melihat sampai si pemilik kendaraan selesai dengan kepentingannya dan di akhir cuma mengharap imbalan berupa uang sungguh bisa dibilang tidak proporsional dengan uang yang dibayarkan. Seharusnya “kepuasan pelanggan” yang diterapkan pada berbagai pekerjaan berupa menjual jasa, juga diterapkan pada pekerjaan tukang parkir ini.

Contoh realnya di Semarang adalah di wilayah menuju kampus Universitas Diponegoro (UNDIP). Yaitu sepanjang jalan dari patung kuda Ngesrep hingga Tembalang. Di sepanjang jalan tersebut baik pagi maupun malam banyak sekali tukang parkir baik di depan toko, warteg, maupun ATM. Sepertinya sudah seperti terorganisir gitu. Jadi ada pembagian wilayah masing-masing tukang parkir.

Dua komplain yang kupaparkan diatas sering sih kutemui. Cuma paling sering kugumami adalah jumlah yang banyak itu loh. Jadi misalnya kita mau membeli sesuatu ke sebuah toko yang ada tukang parkir cuma sebentar karena barang yang kita cari gak ada dan kita tetap bayar parkir, sehingga kalau banyak toko kita singgahi tapi barang yang kita cari belum dapat abis tuh duit kita Cuma buat parkir. Kasihan deh gue..

Oh iya tetapi aku pernah lihat tukang parkir yang benar-benar ideal banget deh. Yaitu di depan warung bakso urat di ujung utara gang Tunjungsari, Tembalang. Aku lupa namanya. Disitu ada seorang tukang parkir tetap. Beberapa waktu yang lalu aku pernah mampir disitu. Baru sampai di depan warung tersebut, tukang parkir itu langsung menata kendaraanku, dirapikan sesuai kendaraan yang lain. Terlihat ulet sekali dan tidak ada berdiam diri dalam melakukan pekerjaannya itu. Bahkan ada satu hal yang membuatku kagum. Dia juga membersihkan kendaraan yang ada disitu dengan lap kain ulet banget termasuk motorku. Pada waktu itu memang suasanyanya agak hujan. Dalam hati aku bergumam, “Coba seandainya semua tukang parkir seperti itu ya”.

=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Partai, Atas Nama Rakyat Atau Untuk Kekuasaan?

15 Mei 2009 15.10 By Tembalang Online 2 Komentar

Ayo donk kurangi apatisme partainya, dan menuju satu tujuan utama demi perubahan Indonesia. Indonesia kudu bangkit!


Seperti yang telah kita ketahui bahwa partai politik yang mengikuti pileg tahun ini cukup banyak alah sebanyak 48 partai. Apa sih sebabnya ini? Perpecahan partai? Atau karena alasan yang positif, yaitu menyampaikan kehendak politik dari masyarakat yang tidak seideologi dengan partai yang ada? Ataukah… karena mengincar kursi di DPR? Kalimat terakhir ini sempat kurenungkan ketika pertama kali tahu bahwa partai politik yang ada sebanyak itu.

Alhasil, eh ternyata tahun ini dikeluarkan peraturan yang mensyaratkan kepada partai politik harus memperoleh jumlah suara lebih dari 2,5% agar mendapatkan kursi di DPR. Sehingga bagi partai-partai kecil alias kurang dikenal berupaya keras untuk dapat mencapai target tersebut. Dan ternyata di akhir cerita (pengumuman hasil pileg dikeluarkan KPU), hanya 9 partai yang memenuhi target tersebut. Mau kemana 39 partai lainnya? Namun bagaimana cerita selanjutnya 9 partai yang berhasil menuju stage selanjutnya?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua partai manyatakan bahwa, “semua demi rakyat”. Kalau emang benar begitu mana tuh buktinya? Mendekati pilpres partai-partai malah sibuk hanya sibuk bermanuver politik. Terkesan para elite politik hanya mementingkan kepentingan partai dibanding kepentingan rakyat. Sebagai contoh adalah beberapa waktu lalu sebelum pileg janji-janji partai kepada rakyat indonesia dielu-elukan. Dan sekarang mana, dah lupa mereka atas janji yang mereka ikrarkan sendiri. Yang ada adalah mereka hanya bekerja keras agar partainya mendapat posisi/kekuasaan di pemerintahan.

Untuk menjatuhkan lawan yang lain cara tidak bijak pun sering dilakukan. Seperti anak kecil yang sedang berantem, mereka saling “sindir-menyindir” satu sama lain. Kalau demi rakyat indonesia apa salahnya kalau mereka saling bergandeng tangan, bersahabat satu-sama lain demi mencapai satu tujuan, “Indonesia maju”. Jangankan atartiap partai, antarpartai yang se-ideologi aja tidak mau bersatu. Kapan nih indonesia bersatu kalau begini terus. Bung saya sudah bosan menunggu Indonesia berubah… Ayo donk kurangi apatisme partainya, dan menuju satu tujuan utama demi perubahan Indonesia. Indonesia kudu bangkit! Arsyil.

Selengkapnya...

Reaksi: 

Album Kenangan Siswa Kelas XII SMA N 1 Pangkalan Bun (Bagian III)

08 Mei 2009 21.08 By Tembalang Online 0 Komentar

Akhirnya posting dari Album Kenangan Siswa Kelas XII sampai bgian yang ketiga. Kuputuskan bahwa ini adalah bagian terakhir.. Kali ini aku membuatnya pagi hari. Biasanya kan malam hari, sehingga kalau dah ngantuk kutunda deh. Kalau belum baca yang bagian I dan bagian 2 silakan baca gih dulu. Klik ajah.

Oke ya, aku melanjutkan dari posting bagian kedua. Setelah itu pada lembar-lembar selanjutnya adalah profil kelas XII Bahasa.. XII Bahasa ini adalah kelas yang paling sedikit muridnya, yaitu sebanyak 14 orang saja. Meskipun begitu kelas yang hanya bisa dijumpai laki-laki sebanyak 6 orang ini bisa dibilang solid alias kompak. Dari tahun-ketahun memang XII Bahasa itu seperti itu. Mungkin dikarenakan jumlah mereka yang sedikit tersebut.

Dan akhirnya kelas XII IPA muncul, yaitu XII IPA 1 dan XII IPA 2. XII IPA 1 memiliki 37 orang siswa sedang XII IPA 2 sebanyak 34 orang siswa. Jika membicarakan antara kedua kelas ini khususnya yang laki-laki aku jadi teringat dengan pertandingan bola yang sering kami lakukan di belakang kantor BPD. Tepatnya sih di “tempatnya panjul” biasanya kami menyebutnya. Di halaman yang sebenarnya bukan tempat bermain bola itu kami setiap pekannya bertemu dan bertanding bola. Sampai saat ini akupun masih kangen dengan saat-saat itu. Jumlah laki-laki di XII IPA 1 lebih banyak daripada kelasku dan mereka badannya pada gede-gede. Meskipun begitu di kelasku, ada Rojan, Rico dan yusuf yang berbadan langsing tidak bisa di anggap remeh mereka adalah pemain lihai. Sedang yang berbadan gede yaitu Samuel dan Prana pun tak jarang menyusahkan pemain lawan. Apalagi Prana dengan seruduk maut dari badannya bisa menumbangkan siapa yang menghadangnya. Haha. Begiu pula dengan Putra, Alam, Iwan, julian (“panjul”) dan Safri, tak pernah mnyerah untuk menyerah untuk menciptakan gol yang akan membawa kelas kami menuju kemenangan. Sedangkan aku, yah kalau ada keberuntungan terkadang bisa ngegolkan juga sih. Hehe. Wah panjang banget, kayaknya perlu dibuat postingan khusus neh mengenai “tanding” bola ini. Pada intinya sih kedua kelas ipa ini sama-sama kuat, terkadang kelasku menang terkadang juga kelas XII IPA 1.

Selanjutnya bagian album kenangan ini adalah profil dari kelas XII IPS. XII IPS terdiri dari 3 kelas yaitu XII IPS 1 dengan jumlah murid 26 orang, XII IPS 2 dengan jumlah murid 28 orang, dan XII IPS 3 dengan jumlah murid 33 orang. Kalau dibilang lebih seru, kelas XII IPS sih iya. Secara, XII IPS kan orangnya gaul-gaul. Orangnya juga asyik-asyik. Mungkin bisa dibilang sekolah gak bakalan rame kalau gak ada yang namanya kelas XII IPS ini. Top abis deh XII IPS!

Sekian. Tuisan tentang “Album Kenangan Kelas XII” ini kupersembahkan untuk SMANSA P.Bun, semoga selalu di hati. Wassalam.

8 Mei 2009
Arsyil.

Artikel terkait:
Album Kenangan Kelas XII Bagian I
Album Kenangan Kelas XII Bagian II

Selengkapnya...

Reaksi: 

Ngenet Lemot? Pakai Aja Mode Mobile.. –Tips by Arsyil

07 Mei 2009 16.14 By Tembalang Online 2 Komentar

Seperti biasa aku internet menggunakan layanan hotspot kampus. Untungnya sih sekarang bisa. Terkadang bisa gak bisa. Meskipun sekarang lemot banget sih. Yah sinyalnya naik-turun gitu deh. Tadi sih agak gak selemot ini. Sekarang lemot banget.. Tapi aku sedikit mengakalinya. Yaitu dengan mengubah suatu situs dengan mode mobile! (m.domain.com)

Sebagai contoh buka facebook yang URL biasanya adalah www.facebook.com kuketikkan menjadi m.facebook.com begitupula untuk friendster adalah m.friendster.com . Tampilannya jelas berbeda, sebab mode mobile kan memang di khususkan untuk internetan di hp. Dan juga fitur-fiturnya banyak berkurang. Bagi aku sih yang penting ada fitur basicnya aja seperti kirim pesan, approve permintaan teman, dan balas komentar. Untuk chatnya bisa gunakan Nimbuzz! atau eBuddy . Yang mau punya aplikasinya bisa di download disini

Kemudian google juga ada mode mobile ketik aja m.google.com. Tapi langsung dibawa ke http://www.google.com/mobile/. Sama aja ko. Kemudian pilih tipe HP dan cari kata fitur search. Saya beritahu trik yang saya gunakan. Saya mau buka blog tapi kalau membuka dengan cara biasa yaitu ketikkan arsyil.blogspot.com di mozilla firefox kan pastinya sangat lama. Jadi lewat searchnya google kuketikkan namaku yaitu Arsyil Hendra Saputra atau nama blogku. Dan kebetulan blogku masuk dalam jajaran URL yang memiliki keyword Arsyil Hendra Saputra. Sehingga akupun bisa memasuki blogku dengan modus mobile meskipun lewat google. Bagi teman-teman yang mau mengikuti trikku, intinya saat kita memasukkan keyword di search engine google gunakan kata yang menjurus ke blog kita.

Selamat mencoba! Tips ini kupersembahkan untuk hotspot di kampuzku yang lemot banget,, semoga layanan IT di UNDIP tahun-tahun depan akan maju.

=Arsyil=

Selengkapnya...

Reaksi: 

Album Kenangan Siswa Kelas XII SMAN 1 Pangkalan Bun

13.21 By Tembalang Online 11 Komentar


Saat sedang mencari sesuatu di rak buku tak sengaja kubaca kover dari sebuah buku. Isi judulnya adalah “ALBUM KENANGAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI-1 PANGKALAN BUN TAHUN 2007/2008. Buku yang beridentitas pemilik “ARSYIL HENDRA SAPUTRA” itu masih tampak bagus sebab disampul dengan sampul plastik. Sesaat setelah membaca kovernya seperti ada pemutaran video sangat cepat di kepalaku. Video yang isinya cerita-cerita dan keangan masa lalu. Masa aku masih sekolah di SMA N 1 Pangkalan Bun.

Baru buka kovernya langsung terbayang denan mabes OSIS alias markasnya anak-anak OSIS SMAN 1 P.Bun. Sebab di kovernya bagian bawah terpampang logo SMANSA. Lalu sangkut pautnya dengan Mabes OSIS apa? Hmm..sebab dulu seingatku di mabes OSIS dulu ada papan triplek besar berbentuk logo OSIS tersebut. Saking besarnya ketika pertama masuk mabes OSIS sering kelihatan. Entah sekarang masih di simpan di dalam mabes OSIS atau enggak tuh triplek bergambar logo SMANSA.

Kemudian pada halaman selanjutnya ada kata pengantar dari Pak Sayifudin sedangkan halaman selanjutnya adalah foto beliau (Fotonya satu halaman!). Beliau adalah kepala sekolah yang sering memanggilku “Orang besar”. Eiittss ada kronologisnya loh… Begini.. Namaku kan “Arsyil” sedang nama kecamatanku kan ”ARSEL”, jadi mirip dikit tuh. Namanya kecamatan kan gede tuh. Nah alhasil jadi panggilan aneh “Orang besar” -Tanya kenapa???-. tapi sekarang beliau dah tak menjabat kepala sekolah lagi di SMAN 1 Pangkalan Bun.

Halaman selanjutnya adalah empat buah foto dari para orang penting di sekolahku. Yup! Beliau beliau adalah para Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) yang pada waktu dulu menjabat. Yaitu ada pak Bahrudin (Wakasek Kurikulum). Beliau nih yang ngebantu aku nyangkutin di UNDIP. (Makasih banyak Pak Bahrudin!). Kemudian Bu Darlis Lintang (Wakasek Humas). Beliau ini juga mengajar bahasa indonesia saat aku kelas XII (rumahnya bagus loh! ^_^). Selanjutnya adalah Pak Akhmad Fauzan (Wakasek Kesiswaan). Jasa-jasa beliau ini di OSIS lumayan banyak. Sungguh banyak sekali pelajaran yang beliau berikan untuk saya ketika menjadi pengurus OSIS. Saya sangat menghormatinya.Dan foto keempat adalah Pak Ridwan (Wakasek Sarana dan Prasaran). Ketika kegiatan pengajian malam kamis di masjid sekolah tinggal sedikit yang datang, beliaulah yang cukup andil untuk membuat masjid kami ramai kembali. Saya juga suka dengan ceramah yang beliau sampaikan.

Duh dah dulu ya! Entar kusambung lagi deh. Dah malam nih…

=Arsyil=

Artikel terkait:
Album Kenangan Siswa Kelas XII Bagian II
Album Kenangan Siswa Kelas XII Bagian III

Selengkapnya...

Reaksi: 

Album Kenangan Siswa Kelas XII SMANSA Pangkalan Bun (Bagian II)

13.01 By Tembalang Online 5 Komentar

Ini adalah posting lanjutan dari Album Kenangan Siswa Kelas XII yang bagian pertama. Jadi sebelumnya jika belum baca, silakan baca dulu gih… Biar nyambung geto.. Yah saya mulai aja buat ngelanjutin cerita tadi malam. Kalau gak salah karena saya ngantuk ya.

Lembar-lembar selanjutnya album tersebut diisi oleh profil-profil daru guru-guru SMANSA. Sebanyak 40 guru dan 5 orang staff ditampilkan. Setiap profil terdiri atas Nama, NIP, TTL, Agama, Alamat, Telp, Nama PT, Tahun lulus, dan pesan/Motto. Serta tak lupa foto-foto dari mereka.

Pada nomor ke-2 daftar profil guru-guru itu adalah Bu Tabita Tappi. Beliau adalah wali kelasku sejak kelas XI hingga kelas XII. Kelas IPA 2 gitu.. Namanya wali kelas pastinya memiliki kesan lebih terhadap anak didik di kelasnya. Termasuk aku. Apalagi disaat beliau wali kelas aku menjabat sebagai ketua kelas. Ditambah lagi beliau juga adalah guru matematikaku. Menurut pandanganku beliau itu mathematics banget. Sebab ketika aku akan mengikuti seleksi olimpiade matmatika beliau yang sering beri saran ke aku. Thanksku untuk ibu Tabita.

Wah masa kujelasin satu-persatu guru-gurunya. Beberapa aja ya. Profil-profil guru-guru disitu kulihat satu-persatu. Terutama adalah pesan/motto. Sebab dari motto yang beliau punya tersebut memang menunjukkan diri beliau. Tapi ada satu yang sedikit membuatku terpingkal. Adalah Pak Hari dengan mottonya menggunakan bahasa jawa. Begini mottonya : “Ono dino ono sego, ada hari ada nasi”. (hmmm…??)\

Ada seorang guru yang memiliki motto, “Raihlah selagi sempat. Gapailah selagi dapat. Lewati jalan yang bener ya…”. Adalah Bu Muawanah, guru kimiaku sejak kelas X. Istri dari Pak Bahrudin ini dulu pernah menjadi wali kelasku. Yaitu saat aku kelas X. Beliau adalah guru idolaku, sebab cara ngajarnya enak, mudah dimengerti, sabar dan santun, tidak pernah marah, dan bijaksana. Ada satu peristiwa yang masih kuingat sampai sekarang ketika beliau jadi wali kelasku. Pada waktu itu pembagian laporan hasil belajar mid semester dan orang tua datang ke sekolah. Hari itu aku gak nyangka kalau beliau bakal bertanya ke Ibuku yang datang pada waktu itu mengenai bayaran sekolah yang belum lunas sampai bulan itu. Akhirnya aku malu sekali saat itu. Sebab sebenarnya orangtuaku sebelumnya sudah beri aku uang buat melunasinya tapi kuselewengkan. Hehe.

Lanjutannya besok lagi ya…

=Arsyil=

Artikel terkait:
Album Kenangan Siswa Kelas XII Bagian I
Album Kenangan Siswa Kelas XII Bagian III
Selengkapnya...

Reaksi: 

Kamus Inggris Indonesia Buat HP (Download)

06 Mei 2009 15.40 By Tembalang Online 5 Komentar

Ujian mid semester hari ini adalah mata kuliah bahasa inggris. Kebetulan kata dosennya kami dibolehkan untuk membawa kamus pada saat ujian. Jelas senang hati kami. Bagi yang "miskin kosa kata bahasa inggris" merasa terbantu banget dengan dibolehkannya membawa kamus. termasuk saya sih. Sebelum berangkat ke kampus saya sudah menyiapkan kamus. Tapi kamusnya kecil alis gak lengkap sih (Sudah minjam cerewet lagi..!). Eh sampai di kampus aku ingat kalau di hapeku kan ada aplikasi kamus inggris-Indonesia. Nama aplikasinya "PD English-Indonesia".

Ketika ujian berlangsung pun aku lebih sering mengartikan kata bahasa inggris menggunakan aplikasi ini. Kugunakan kamus buat membandingkan arti saja kalau aku sedikit bingung arti di aplikasi ini. Tapi menurutku malah lengkap kosakata bahasa inggris di aplikasi ini daripada di kamus yang kubawa. Ditambah lagi kalau di aplikasi ini juga setiap kata diberikan contoh penggunaannya. Lagipula kalau mengartikan lewat hape kan lebih cepet dari pada buka-buka kamus. Bikin pusing malah, isi kamus kan kata-kata semua. Sedangkan aplikasi kamus di hape tinggal masukkan keywordnya keluar deh artinya. Duh pokonya sip deh! Thanks banget ya aplikasi kamus...

Download disini kalau lewat komputer:
Download by getjar
Pilih Jar File.
Kalau lewat hp caranya sbb:
- Pergi ke m.getjar.com Klik disini
- Lalu Quick Download
- Masukkan kode 23829
- Gimana bisa? Kalau gak bisa komplain di komentar di bawah ini aja..


=Arsyil=
Selengkapnya...

Reaksi: 

Nuansa AAD XII IPA 1 SMAN 1 P Bun

03 Mei 2009 15.37 By Tembalang Online 5 Komentar

Niat awal sih mau nyari fot atau video anak XII IPA 2 dulu eh malah dapat punya anak XII IPA 1. Satu persatu kulihat foto-fotonya kemudian videonya. Kudengar satu-persatu lagunya. kalau tidak salah ini adalah lagu-lagu yang dipakai guna memenuhi pelajaran kesenian (praktek). Dan dari beberapa lagu itu aku paling suka dengar lagunya kelompok yang anggotanya Anggi, Della, dan Andi. Secara suara Anggi dan Della bagus gitu. Trus gitar yang dibawakan Andi juga sip. Yang lebih menggetarkan hati lagi adalah lirik dari lagu itu. Lumayan menyentuh di hati.


Banyak basa basi ya diriku. Cuma mau sharing aja sih. Bagi teman-teman XII IPA 1 yang belum punya nih aku buat link downloadnya. Ohya, aku gak tau loh apa judul lagunya. Kukasih judul aja Nuansa AAD XII IPA 1. AAD itu singkatan dari Anggi, Della, dan Andi. Selamat bagi kalian bertiga yang sudah kupilih sebagai lagu terbaik!
Bagi teman-teman lain yang penasaran lagunya bisa ikutan download juga ko! Klik link di bawah ini:
Download Video Nuansa AAD XII IPA 1-youtube.com
Download MP3 Nuansa AAD XII IPA 1-ziddu.com

Silakan masukan/komentarnya…terima kasih.
=Arsyil


Selengkapnya...

Reaksi: 

Menelaah Pendidikan Malaysia Dibanding Indonesia -By Arsyil

13.23 By Tembalang Online 17 Komentar

Tulisan ini saya buat dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARPIDNAS), 2 Mei 2009. Semoga menjadi koreksi bagi perkembangan pendidikan di Inonesia. Namun dalam hal ini saya akan menitikberatkan mengenai perbandingan antara sistem pendidikan negara kita dengan negara lain. Tak perlu muluk-muluk membandingkan dengan negara maju seperti Amerika atau Jepang, cukup kita telaah saja dengan negara tetangga dekat kita yaitu Malaysia. Pantaskah kita percaya diri bahwa kita lebih baik? Berikut hal yang harus kita pertimbangkan.


Dari referensi yang saya dapat ternyata bahkan dari sistem pendidikan yang terbawah (SD) hingga yang perguruan tinggi (universitas), Malaysia mempunyai nilai “lebih” dari kita. Di Malaysia negara sepenuhnya mendukung pembangunan pendidikan, baik dari sistem maupun dari sarana dan prasarana.

Di malaysia, ketika sebuah keluarga memiliki seorang anak maka orang tuanya wajib mendaftarkannya di sekolah rendah (Indonesia=SD) satu tahun sebelum masa sekolah. Hal ini dimaksudkan agar adanya kepastian bahwa anaknya mengikut pendidikan wajib. Di Malaysia masa persekolahan sekolah rendah adalah 7-12 tahun. Jadi saat seorang anak sudah berumur 6 tahun, jika orang tua belum mendaftarkannya ke sekolah rendah maka akan dikenakan sanksi undang-undang. Orang tua akan dikenakan denda max RM 5000 atau kurungan penjara max 6 bulan atau kedua-duanya sekali. Yang tak kalah bernilai “plus” juga adalah mengenai uang bayaran sekolah rendah di Malaysia. Tidak seperti di Indonesia yang banyak pungutan-pungutan sekolah, di Malaysia sumbangan PIBG (Persatuan Ibu Bapa dan Guru) hanya dibayar perkeluarga. Jadi kalau sebuah keluarga memiliki 1 anak atau lebih sama saja bayaran yang dikeluarkan. Selain itu pungutan lain tidak ada termasuk sumbangan untuk dana pembangunan. Sebab dana pembangunan sepenuhnya merupakan tanggungjawab pemerintah.

Selanjutnya mari kita menelaah ke jenjang perguruan tinggi. Ada beberapa perbedaan dengan di Indonesia. Jika kita melihat dari bayaran semesteran, kalau di Indonesia bayaran semester S2 dan S3 lebih mahal dari S1, sedang di Malaysia sebaliknya S1 malah lebih mahal dari S2 dan S3. Selain itu jika kuliah di universitas negeri di Malaysia, uang bayaran tiap semesternya semakin murah dengan bertambahnya semester. Misalnya pada semester 1 mahasiswa dikenakan uang semester sebesar RM 1700, sedangkan pada semester 2 sebesar RM 1400, dan seterusnya. Hal ini lagi-lagi dikarenakan pemerintahnya. Pemerintah kerajaan Malaysia memberikan subsidinya pada tiap kampus negeri disana.

Namun ada juga perbedaan yang cukup membuat Indonesia agak lebih “plus” dari malaysia. Yaitu dari segi output yang dihasilkan. Jika di Indonesia, mahasiswa lebih bebas mengikuti kegiatan ekstra dan kelompok-kelompok studi, di Malaysia mahasiswa seolah hanya difokuskan di dalam kampus saja ditambah ada peraturan yang melarang mahasiswa berkancah di perpolitikan. Sehingga bisa dibilang mahasiwa Malaysia lebih pasif. Jika ada diskusi atau seminar kurang vokal. Sedang di Indonesia tidak karena mahasiswanya sudah terbiasa vokal pada kegiatan ekstra.

Begitulah beberapa keadaan pendidikan di Malaysia atas perbandingan di Indonesia. Meskipun dalam tulisan saya ini lebih banyak menyebutkan kelebihan dari Malaysia, bukan berarti saya menjelekkan negeri saya sendiri. Masa’ sebagai anak bangsa kita malah tidak menghargai bangsanya sendiri. Yakinlah suatu saat pendidikan bangsa kita akan berubah. Oleh itu kita tetap semangat dan berjuang untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Sebab masa depan Indonesia ada di tangan kita! Hidup pemuda!


Referensi :
- http://f4iqun.wordpress.com/
- http://www.bawean.net/
Selengkapnya...

Reaksi: 

Antivirus Ganda Itu Perlu –Tips by Arsyil

13.18 By Tembalang Online 6 Komentar

Pernahkan saat menscan flashdisk dengan sebuah antivirus dan selesai dengan hasil tidak ada virus namun setelah mencoba dengan antivirus lain ternyata masih ada virus? Padahal antivirus pertama yang kita gunakan sudah di-update. Hal itu mungkin sekali terjadi. Sebab perlu diketahui bahwa sumber virus yang masuk ke komputer/laptop kita dapat dari berbagai belahan di dunia.


Namun karena kita tinggal di negara Indonesia maka kemungkinan virus yang masuk ke komputer/laptop kita lebih berkesempatan besar virus dari dalam negeri. Mending kalau para pembuat virus di Indonesia belumlah banyak, tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di Indonesia kini para “orang-orang nakal” itu semakin bertambah dan berkembang pula.

Oleh itu kita jangan cuma terfokus pada satu antivirus saja, biasanya antivirus mancanegara, misal seperti AVIRA, AVG, AVAST, KASPERSKY. Saya sarankan agar rekan-rekan tidak lupa mnaruh antivirus dalam negeri juga, misal seperti PCMAV, SMADAV, ANSAV.

Sebagai contoh adalah pada laptop saya. Sekarang saya menggunakan antivirus ESET NOD32, tapi juga menyiapkan antivirus dalam negeri yaitu PCMAV 2 dan SMADAV 3. Jadi seandainya saya curiga dengan sebuah flashdisk yang kemungkinan banyak virus setelah menscan dengan ESET NOD32 saya juga menscan dengan PCMAV/SMADAV.

Pelu diketahui bahwa antivirus lokal kita sekarang sudah berkembang bahkan virus terbaru saat ini yaitu conficker/kido, antivirus lokal dapat mendeteksinya. Saya beberkan juga kelebihan dari SMADAV, jika ada dokumen word yang terkena virus dan kita scan dengan antivirus ini maka akan disembuhkan seperti keadaan semula. Berbeda dengan antivirus lainnya yang biasanya otomatis menghapusnya.

Bagi yang belum punya PCMAV/SMADAV dapat mendownloadnya di link dibawah ini:
Download PCMAV 2
Download SMADAV 3

Silakan masukan/komentarnya…terimakasih.
=Arsyil=

Selengkapnya...

Reaksi: 

Daftar Isi