Dari Semarang Ke Pangkalan Bun Naik Kapal

26 Juli 2009 22.42 By Tembalang Online

Kulihat jadwal kapal PELNI dari situs resminya yang ke Pangkalan Bun hari ini (22/07/09) adalah kapal KM Binaiya pada pukul 12.00 dan sampai di Pelabuhan Kumai besoknya pukul 09.00. Mudah-mudahan aja jadwal ini benar alias memang benar-benar ada kapal yang ke Kumai hari ini. Sehinga pada pagi aku menecek langung di kantor PELNI sekaligus membeli tiket.

Di Semarang, kantor PT PELNI terletak di dekat stasiun Tawang. Sayangnya sampai disana aku langsung dicegat beberpa orang laki-laki di depan pintu masuk kantor PELNI tersebut. Awalnya mereka memberitahukan mengenai jadwal kapal hari ini. Dan memang hari ini ada kapal ke Pelabuhan Kumai, bahkan ada dua kapal yang ke sana yaitu kapal Binaiya dan kapal Dharma.

Tak kusangka ternyata mereka semua merupakan calo. Lumayan memaksa cara yang mereka lakukan sehingga terpaksa aku membeli tiket kapal ke mereka. Harga normalnya adalah Rp155.000, tetapi bapak itu juga meminta uang rokok sebesar 5ribu. Mending, awalnya malah ada salah satu dari mereka yang minta harganya sebesar 180ribu, alasannya “untuk uang jasa”. Wah pemerasan nih, dalam hatiku. Tetapi aku menolak dan mengancam tidak mau membelinya dan akhirnya sesuai harga normal + uang rokok 5ribu.

Di tiket tersebut ternyata tertulis kapal berangkat pukul 13.00. Dari pengalamanku sering sekali kapal berangkat tidak sesuai dengan jadwal di tiket bahkan beberapa jam. Jadi aku tiba di pelabuhan siang harinya tepat sekitar jam 1 siang pula. Sesampai disana aku tanya petugas dan ternyata kapal berangkat pukul 15.00. Selesai aku sholat dhuhur jama ashar rupanya para penumpah sudah pada naik.

Wah ternyata hari ini penumpangnya banyak sekali. Sehingga karena aku agak telat naik, kabin-kabin telah penuh ditempati. Sehingga akhirnya aku terpaksa ke dek paling bawah yaitu dek 2. Yah masih mending daripada tidur di lantai seperti kebanyakan penumpang yang tidak mendapat tempat. Tetapi alhamdulillah saat melihat ke atas yaitu di dek 4 aku ketemu dengan anak-anak Pangkalan Bun, juga alumni SMA N 1 Pangakaln Bun. Karena disitu masih ada satu tempat kosong akupun diajak gabung.

Bersamaan dengan kapal mulai berangkat aku malah terlelap tidur. Dan gak terasa malam sudah tiba. Di kapal sholat dilakukan dengan di jama’ sehingga sholat magrib di jama’ dengan isya. Alhamdulillah kali ini aku tidaklah mabuk (minum antimo gitu). Meskipun begitu kebanykan aku juga tetap tidur-tiduran. Bahkan setelah bangun tidur lalu sholat subuh tidur lagi.

Kata orang hal yang paling malas dilakukan saat di atas kapal adalah mandi. Terang saja, WC nya saja masyaallah baunya. Belum lagi kondisi bilik wc/mandi yang kurang bener kunci pintunya. Wah males banget, kencing aja pikir-pikir apalagi mandi. Tetapi pagi itu diriku mandi loh. Eiittss tetapi bukan mandi di WC – WC bau itu. Aku mandi di kamar mandi di area ABK di dek 2. Yah menyelinap gitu deh. Hoho.

Perjalanan pagi tidak terasa karena pukul 10.00 pulau Kalimantan sudah terlihat di depan. Alhamdulillah dah mau sampai nih. Dan pada pukul 12.00 kapal sudah bersandar di dermaga pelabuhan Kumai.

Jarak Kumai dan Pangkalan bun adalah kurang dari setengah jam perjalanan. Pukul 13.30 aku baru dijemput dan langsung menuju rumah di Pangkalan Bun. Pangkalan Bun, I am come back. How are u today?


Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

14 Response to "Dari Semarang Ke Pangkalan Bun Naik Kapal"

  1. -=Pradzt=- Says:

    ha3x,,, welcome to pangkalan bun then,,,

  2. Arsyil Says:

    @Pradzt
    Thank you

  3. dianrespati Says:

    lagi nyari2 informasi tentang pangkalan bun.. eh nyampe di blog ini.. coz adikku bakal kerja di pangkalan bun.. berangkat seminggu lagi. nyari tiket pesawat repot oi..
    Salam kenal ya..

  4. Arsyil Says:

    @dianrespati
    Kerja apa dia? Kalau tiket pesawat lewatnya Jakarta atau Semarang. Yaitu kalau gak salah pesawatnya Trigana dan Riau Airlines.
    Iya salam kenal..
    Jangan sungkan untuk bertanya mengnenai informasi Pbun. Saya insyaallah siap membantu.

  5. imam Says:

    saya ingin berpartsipasi meramaikan dunia usaha di kota pbun,berapa hari sekali kapal yang ke pbun?

  6. Arsyil Says:

    @imam
    Kalo boleh tau usaha apa mas?
    Wah ide yang cemerlang sekali..
    Kapal yasng ke pbun itu ada yg dari Semarang dan Surabaya. Biasanya minimal2 kali seminggu ada kapal laut datang.

  7. Anonim Says:

    carikan info tiket pesawat dong dari p.bun semarang ,,no, agennta gitu

    thx ya ,,

    widy

  8. Anonim Says:

    mo tny k pangkalan bun dr jakarta gmn? tp g ga mo naik kapal laut...thx yahhh

  9. Arsyil Says:

    Buat mas Anonim..
    Kalau Jakarta ke Pangkalan bun ada mas naik pesawat.
    Maskapainya Riau airlines dan Trigana.

  10. jojox Says:

    q anak semarang.aku sengaja tidur g di dek..takut mabok..mending di luar ekstreem banget tapi mengasyikkan..dlu aku naek dari pangkalan bun ke semarang,jadwal jam 2 siang...e kapalnya tiba jam 9 malam, bongkar muatan jam 1 pagi.berangkat jam 5 pagi...capek dehhhhhh..asik juga maen ke kalimantan
    klo dari semarang ke p.bun kena calo bisa 350 ribu
    dari p.bun ke semarang 250 ribu.

  11. Anonim Says:

    Informasi terbaru : Rute ke Pangkalanbun bisa diakses dengan pesawat Trigana Air dari Surabaya, Semarang dan Jakarta.

  12. Unknown Says:

    saya tia, mungkin akan ke pangkalan bun... saya dari jawa.. sebelumnya belum pernah sama sekali ke luar jawa.. jadi rada cemas2 gtu hehe... salam kenal ya :)

  13. Dwica Says:

    Halo apakah sy bisa berkontak lebih lanjut? Saya butuh informasi tentang pangkalan bun karena akhir maret nanti saya kerja disana, saya dari jawa tengah. Terimakasih

  14. Anonim Says:

    Arsyil_Keren`S Blog: Dari Semarang Ke Pangkalan Bun Naik Kapal >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Arsyil_Keren`S Blog: Dari Semarang Ke Pangkalan Bun Naik Kapal >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Arsyil_Keren`S Blog: Dari Semarang Ke Pangkalan Bun Naik Kapal >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi

Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)