Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


STATPRENEURSHIP : STATISTIKA DAN ENTREPRENEURSHIP

12 September 2012 08.10 By Arsyil Statistikawan


Di saat ini, ilmu statistika sudah menjadi hal tak terpisahkan dengan research atau penelitian. Para akademisi, ilmuwan, bahkan instansi/perusahaan membutuhkan statistika. Inilah peluang bagi para statistikawan. Bayangkan, statistika digunakan di bidang apa saja dan tidak banyak orang yang paham mengenai statistika. Di sisi yang lain, statistika menjadi momok, menurut sebagian kalangan statistika rumit dan butuh waktu relatif lama untuk memahaminya. Sehingga tidak sedikit juga dari kalangan-kalangan itu menyerahkan pengolahan data dan analisis statistik kepada para statistikawan. Tentunya hal ini diperoleh keuntungan dari kedua belah pihak. Para “klien” memperoleh hasil olahan dan para statistikawan memperoleh fee (bayaran) atas itu.



Sebelumnya, penjelasan mengenai istilah statistikawan dan entrepreneurship adalah sebagai berikut. Statistikawan berasal dari kata statistika dan imbuhan –wan. Statistika adalah ilmu pengumpulan, analisis, hingga diperoleh kesimpulan/informasi yang diperlukan dari suatu data. Imbuhan –wan menjelaskan bahwa statistikawan merupakan orang yang bergelut dalam bidang statistika dan mampu menerapkannya pada suatu masalah atau singkatnya menurut sebuah tulisan di Wikipedia, statistikawan adalah sebutan bagi ahli statistika.

Istilah Entrepreneurship sudah banyak yang mengenalnya, yaitu dalam bahasa indonesia adalah wirausaha. Sedangkan orang yang menjalankannya biasa disebut entrepreneur atau wrausahawan. Jadi jika gabungan kedua hal itu, statistika dan entrepreneurship menjadi STATPRENEURSHIP maka diperoleh arti “Wirausaha dalam bidang Statistika”. Orang yang menggeluti Statpreneurship disebut Statpreneur yaitu “Wirausahawan dalam bidang statistika” atau “Statistikawan yang mampu menggunakan ilmu statistika menjadi wirausaha”. Artinya seorang statpreneur mampu mengolah data dan analisis statistik sehingga memperoleh imbalan (menghasilkan uang).

Oleh: Arsyil Hendra Saputra


Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

3 Response to "STATPRENEURSHIP : STATISTIKA DAN ENTREPRENEURSHIP"

  1. agen sbobet Says:

    sebenarnya sulit nggak sih gan untuk mempelajari ilmu dasarnya?

  2. Arsyil Statistikawan Says:

    yang penting menyukai matematia gan.. :D
    Karena statistika isinya hitung menghitung

  3. Sania Says:

    statpreneurship ya? aku sebenernya tertarik sama statpreneurship ini mas, tapi masih bingung mau mulai dari mana. adakah saran? ._.

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi