Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Apa Lapangan Kerja Prospek Lulusan Statistika?

28 Oktober 2010 18.19 By Arsyil Statistikawan

Foto Jaket STATISTIKA UNDIP Tampak Belakang

Pasti kita sering sekali ditanya orang mengenai lapangan kerja apa nantinya setelah lulus sarjana dari jurusan kuliah kita. Apalagi jurusan yang masih jarang terdengar oleh orang alias masih langka. Gak terkecuali adalah program studiku yaitu STATISTIKA. Seperti pertanyaan; “Itu statistika kalau dah lulus kemana?”, “Nantinya jurusan itu kerja dimana?”, “Lulusan statistika kerjanya pada dimana?”, dan lain sebagainya. Mudah memang bagi kamu yang kuliah di jurusan yang hkhalayak ramai sudah mengerti seperti kedokteran, teknik arsitek, dll. Tapi kalau STATISTIKA masih asing bagi beberapa orang, tentunya untuk pertanyaan-pertanyaan di atas perlu penjelasan lebih lanjut.

Terus, kalau diriku sendiri ditanya seperti itu, jawabanku apa? Mudah sekali... sebab STATISTIKA semua bidang bisa! Yah paling dasar orang-orang pada tau apa itu BPS. Tapi gak cuma itu saja, di perusahaan berbagai bidang membutuhkan statistikawan. Kalau penjelasan mengenai lapangan kerja lulusan statistika berikut aku kutip dari website prodi Statistika Undip.

Prospek kerja sarjana Statistika dapat menempati posisi peneliti, CEO serta staff pada bagian Electronic Data Processing, System Analyst, Quality Control, Planning, Controlling and Production, dll. pada berbagai bidang :
1. Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll)
2. Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN)
3. Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll)
4. Bidang industri perangkat lunak dan komputer (perancangan sistem,
programming, desain grafis, dll)
5. Bidang industri penerbitan dan percetakan.
6. Industri telekomunikasi (telematika, Telkom)
7. Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll)
8. Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR,
Marketing Riset Informasi, dll)
9. Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS terkemuka.

Tuh kan, pada intinya di semua bidang statistika dibutuhkan....

Eitss, sebelumnya aku mau menjelaskan sesuatu. Perihal lapangan kerja. Apakah selalu lulusan sebuah jurusan pasti akan bekerja di bidang jurusan tersebut? Contohnya aku statistika, apakah aku pasti nanti setelah lulus bekerja di tempat yang sesuai dengan statistika? Jawabannya gak selalu!

Ujung-ujungnya emang takdir, semua di tangan Allah. Tapi juga kita harus berusaha. Banyak juga loh, lulusan sebuah jurusan yang pekerjaannya nanti tidak sejalur dengan bidangnya itu. Sebab apa mau dikata, otak kita juga mempengaruhi. Bakat kita dimana juga kadang menjadi hal yang patut diperhitungkan. Oleh itu skill kita lainnya juga harus diasah.


Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

13 Response to "Apa Lapangan Kerja Prospek Lulusan Statistika?"

  1. prospekkerja.com Says:

    makasih infonya yach..

  2. Anonim Says:

    koreksi bos, ahli statistik bukan statistikawan tapi statistisi . hehe

  3. Anonim Says:

    Thanks bro...

  4. Anonim Says:

    thanks infonya....

  5. Nindya Says:

    mkasih infonya..
    Bangga deh jadi nak statistika..

  6. dianias Says:

    kuliahnya dimana mas bro?

  7. Arsyil Statistikawan Says:

    saya kuliah di Undip

  8. Anonim Says:

    kalau di statistika itu belajar apa aja ya? kemampuan apalagi yang dibutuhkan selain dalam hal kalkulasi? makasih sebelumnya.

  9. Arsyil Statistikawan Says:

    belajar mengolah data.. isinya angka-angka..
    yang jelas kemampuan matematis dan analisis,

  10. M Nashihun Ulwan Says:

    sama-sama jurusan statistik.
    mampir dulu mas ke blog saya :D
    http://portal-statistik.blogspot.com/

  11. Marchella Winata Says:

    AGEN JUDI ONLINE
    AGEN JUDI
    AGEN BOLA
    PROMO BONUS 988BET
    PREDIKSI BOLA
    MASTER AGEN JUDI
    AGEN MAXBET
    AGEN MAXBET TERPERCAYA
    AGEN TERPERCAYA

  12. Ranee Says:

    Hai.. nanya dong. Sya jg statistika. Dan kalau liat lowongan pekerjaan jarang skali melihat lowongan untuk jurusan statistik. Lalu bagaimana cara mencari pekerjaannya? Apalah melamar tanpa ada lowongan? Karna kalau tunggu lowongan untuk jurusan statistik rasanya susah skali. Terimakasih

  13. Arsyil Statistikawan Says:

    Hai @Ranee.
    Banyak kok..terutama kalau perusahaan besar (skala nasional) biasanya sangat membutuhkan lulusan statistik. Baik bidang keuangan, research, retail, dsb.
    Nah kalau perusahaan skala kecil mungkin biasanya tidak langsung mencantumkan posisi statistik (sebab lulusan statistik biasanya untuk posisi bagian supporting). Itupun bisa saja melakukan langsung melamar, sebab bagian supporting.

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi