Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Celoteh Tentang Statistical Quality Control atau Pengendalian Kualitas Statistika

17 Oktober 2010 17.16 By Arsyil Statistikawan



Mata kuliah Pengendalian Kualitas Statistika adalah salah satu mata kuliah yang kugemari. Gara-gara membaca sebuah buku, "IMPERIUM III" di salah satu babnya menceritakan mengenai bagaimana Jepang bisa bangkit dari keterpurukan setelah di bom atom oleh Amerika. Menyebabkan dua kota, Hirosima dan Nagasaki rata tanahnya oleh bom tersebut. Namun Jepang tidak patah arang untuk memperbaiki negaranya. Hal utama adalah membangkitkan bidang industri.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang hampir bertaburan produk-produk Jepang. Dengan harga terjangkau namun kualitas baik. Honda, Yamaha, Sony, dll, itu semua memiliki cerita unik sesaat setelah Perang Dunia II. Namun yang menjadi kesamaan adalah bahwa industri Jepang menggunakan sebuah sistem yang membuat industri mereka pesat sampai sekarang. Yaitu Statistical Quality Control atau Pengendalian Kualitas Statistika.

Jepang belajar dari seorang Amerika. Namun Amerika sendiri tidak tahu hingga beberapa dekade ke depan setelah perang dunia II bahwa Jepang bisa bangkit gara-gara orang Amerika. Beliau bernama Dr Edward Deming, penemu Statistical Quality Control.

Aku sendiri terkejut saat membaca buku itu. Ternyata penyebab majunya industri Jepang adalah berkat sebuah ilmu di bidang Statistika. Yah lumayan muncul kebanggaan juga sebagai statistikawan, bahwa luar biasa ilmu statistika. Dimana Pengendalian Kualitas Statistika benar-benar membuat produk Jepang digemari konsumen. Karena dibandungkan produk Amerika sendiri, produk Jepang lebih murah namun dengan kualitas lumayan.

Jepang bisa bangkit dengan Statistika, bagaimana dengan Indonesia? Apakah aku sebagai seorang statistikawan dan statistikawan lain bisa memajukan industri Indonesia?

Bagi anda yang membutuhkan jasa olah data statistik bisa menghubungi saya di YM arsyil_keren@yahoo.co.id atau email ke arsyilhs@gmail.com. Terimakasih.

Artikel mengenai Statistical Quality Control klik disini

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

1 Response to "Celoteh Tentang Statistical Quality Control atau Pengendalian Kualitas Statistika"

  1. alfi alwan pratama Says:

    makasih gan detail banget :D tampilan blog agan keren kalau boleh tau apa nama templatenya :D hehe kasih tau yah :v

    nitip salam dari Tutorial Blogger | SEO

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi