Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Makanan Khas Pangkalan Bun

22 Juni 2009 09.49 By Tembalang Online

Bingung rasanya kalau ada orang yang tanyakan mengenai yang satu ini. Apalagi kalau pas mau pulang kampung, “Syil, bawain oleh-oleh ya, makanan khas tempatmu apa?”. Nah lo, langsung berpikir keras di otakku. Alhasil emang aku gak tau. Belum pernah sih kutemui salah satu toko di Pangkalan Bun yang ada tulisan “Makanan Khas Pangkalan Bun”.


Ketika dulu di Pangkalan Bun aku belum pernah terpikirkan mengenai hal ini. Seingatku dulu waktu disana seringnya sih makan nasi kuning. Wah kalau nasi kuning sih semua daerah ada. Trus kalau kuenya yang paling sering adalah Wadai Bingka biasanya waktu bulan puasa. Kurang tau asalnya dari mana sepertinya bukan khas yang berasal dari Pangkalan Bun.

Kemarin aku sempat sedikit mengangkat isu Pangkalan Bun di facebook. Yah lumayan sih yang ikut berkomentar. Dan ada yang sempat menyebutkan mengenai makanan khas Pangkalan Bun. Ada yang menyebutkan (Maya AiNa) cencalu, tempuyak, sambal belacan,dan undang papai. Jujur sih aku kurang mengerti makanan-makanan itu. Cuma sepertinya makanan-makanan tersebut ada di setiap daerah-daerah di Kalimantan.

Tetapi ada juga yang bilang (Vian Novieana) bahwa Gangan Asam dan Torun Bakar merupakan makanan khas Pangkalan Bun. Kurang tau bentuknya yang bagaimana. Jadi kalau ada yang tau kasih tau aku donk. Dan mungkin ada yang tau di Pangkalan Bun dimana bisa cari makanan khas Pangkalan Bun?

Trus ada sih makanan yang sudah sering kumakan dan katanya emang dari pangkalan bun, yaitu coto manggala. Ibuku sering buat makanan itu. Sebenarnya kukira namanya soto manggala, kedengeran gitu sih. Rupanya coto. Tapi emang sih coto manggala mirip soto gitu. Coto manggala ini dominan oleh manggala alias singkong. Enak banget! Cuma aku gak tau di Pangkalan Bun bisa belinya dimana ya. Wah jadi kangen masakan ibuku..

Tulisan ini kupersembahkan dalam rangka “Dunia harus tau Pangkalan Bun ada!”.

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

7 Response to "Makanan Khas Pangkalan Bun"

  1. -=Pradzt=- Says:

    menurutku pangkalan bun tuw seperti kota satelit,,, jadi berbagai macam suku dengan makanan khas masing2 ada di pangkalan bun,,,, akibatnya makanan p.bun adalah hasil asimilasi kebudayaan,,,

    klo mau cari makanan yang asli p.bun coba buka buku2 sejarah atau ke pedalaman,,,

  2. Blog DoFollow Says:

    sebelumnya salam kenalmas Arsyil, gimana denganseting dofollownya sdh berhasil apa belum ?

  3. jimox Says:

    wah enak tu kliatane coto manggala.
    dari singkong, jadi penasaran kayak gimana rasanya. di daerahku nggak ada. hehe...

  4. Arsyil Says:

    @JIMOX
    oke2.. ditunggu di pangkalan bun.. ^_&

  5. Abdul Says:

    aslam,
    gmn kabar wal.
    wah kayanya blog mu nih lumayan bagus bisa meningkatkan derajat P.bun di mata nasional atau bahkan di mata dunia kali yah.
    "uma' ganalnya dunia."
    hehehe....
    btw, kam tau resep coto manggala nya kda?
    mun kda tau, cari tau bah nyem. coz ni rencana aku mo buka warteg menunya coto manggala
    :D

    "di tunggu resepnya wal

  6. Arsyil Says:

    @Abdul
    Iya saya emang nulis di blog setidaknya ikut mengenalkan pangkalan bun. Sebab byk potensi2 yg ada di pbun wal..
    Oh coto manggala ya. Ibuku yg tau...
    Hmm kalau pulkam kutanyain deh.
    Oh mau buat warteg ya? Dimana? Loh kok warteg=warung tegal? Coto manggala kan khas pbun wal..
    Warbun aja. hehe. warung pbun..
    Di pbun aja belum ada tuh..

  7. riza Says:

    @riza...
    ne kyanya t masakan cma pnya orng p.bun aza y...???
    cencalu,gangan asam......
    KUMAI d ingat ui...

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi