Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Arsyil di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) 2011 Tingkat Fakultas Mipa Undip

05 April 2011 20.13 By Arsyil Statistikawan


Mawapres, merupakan agenda yang paling membuatku stres kemarin. Berawal dari pertemuan ku dengan Pak Seno yang sudah direncanakan oleh Allah, aku akhirnya memutuskan untuk mengikuti serangkaian pembinaan untuk Pemilihan Mahasiswa Berprestasi alias Mawapres. Atas rekomendasi itu aku dari tanggal 9-23 Maret disibukkan dengan pembinaan dari Pak Seno hampir tiap sore dan pembuatan karya tulis untuk Mawapres tersebut.

Suatu kebanggaan bisa bergabung dalam pembinaan itu. Sebelumnya dari 3 orang mahasiswa Statistika yang didaftarkan acara tersebut, aku tidaklah masuk dalam daftar. Alias aku tak mendapat rekomendasi dari Program Studiku. Tapi itu tak lantas membuatku minder, aku putuskan tetap mencobanya.

Tapi sungguh tak kusangka betapa beratnya diriku waktu itu melaksanakan kewajiban membuat karya tulis. Aku mencapai titik klimaks stresku pada saat batas akhir pengumpulan berkas-berkas itu yaitu tanggal 17 Maret. Hari itu aku belum selesai menyelesaikan karya tulisku. Aku sudah mencoba semampuku, namun pada jam 16 sore aku patah arang. karya tulis sudah selesai ku print. Tapi... aku belum membuat abstraknya. Padahal sore itu juga ada jadwal pembinaan dari Pak Seno buat mahasiswa-mahasiswa calon mawapres yang jumlahnya sebanyak 15 orang. Akhirnya dengan pasrah dan keyakinan bahwa “Semua yang telah terjadi karena Allah,” aku mengikhlaskan diriku menyerah waktu itu.

Judul awalnya karya tulis yang kubuat adalah, “Peramalan Jumlah Pengangguran di Jawa Tengah Tahun 2011-2013 Sebagai Pijakan Penetapan Target Pengurangan Kemiskinan.” Kemudian pada hari minggunya (19 Maret) aku membuat karya tulis tentang pendidikan berjudul, “Program Kita Berbagi Ilmu Bersama Bagi Anak Sekolah Dasar (SD) di Daerah Gombel Lama Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.”

Sungguh menjadi kuasa-Nya apa yang terjadi hari ini ataupun besok. Pada Senin (20 Maret), tak sengaja aku berpapasan dengan ibu-ibu staff Kemahasiswaan Mipa. Aku lantas ditanya “Loh Syil, kamu jadi ikut mawapres ndak? Kok saya lihat gak ada berkas-berkas kamu,” kira-kira begitu bunyi pertanyaan beliau. Lalu kulanjutkan dengan alasan kenapa aku belum mengumpulkan berkas. Dan akhirnya wallahualam, ketika ditanya, “Kamu jadi mau ikut gak.” Dengan nada agak ragu lalu kujawab, “Iya bu...”

Begitulah awal alasan aku tak jadi mengundurkan diri. Konsekuensi dari perkataan tadi berarti aku harus mengumpulkan berkas saat itu juga. Sungguh sangat sibuk waktu itu. Hingga baru kukumpul setelah mengikuti acara pembinaan yang terakhir kali dari Pak Seno sore itu. Sekaligus pada saat itu aku menampilkan presentasiku di hadapan Pak Seno dan teman-teman calon mawapres lain.

Namun satu hal yang membuatku lega di sore itu. Luar biasa ternyata aku bisa melewati tahap ini padahal sebelumnya aku telah menyerah. Aku mampu membuatku bisa dengan rekan lainnya, mempresentasikan karyanya, meski buatanku itu sangat seadanya. Dan akupun mengumpulkan karya tulis dengan judul “Program Kita Berbagi Ilmu Bersama Bagi Anak Sekolah Dasar (SD) di Daerah Gombel Lama Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.”

Bagiku melewati Senin sore tanggal 20 Maret itu membuatku teramat lega. Aku tak memikirkan bagaimana hasilku tanggal 23 Maret lusa, yaitu waktu seleksinya. terima kasih ya Allah.

Rabu, tanggal 23 Maret, pemilihan Mawapres melalui 4 bidang seleksi, yaitu Co-Kurikuler, Bahasa Inggris, Kepribadian, dan Karya Tulis, mengukirkan namaku pada urutan ke-11 pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi untuk S1.

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

3 Response to "Arsyil di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) 2011 Tingkat Fakultas Mipa Undip"

  1. BIOKO KURAS WC TANPA SEDOT Says:

    Assalamu’alaikum wr wb..
    Salam kenal sebelumnya, mohon izin untuk nimbrung…perkenalan dulu saya SONHAJI dari www.pengurasWCtanpasedot.wordpress.com ,saya telah membaca beberapa tulisan di blog anda sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi diriku yang newbi ini. Saya akan berkunjungi lagi jika ada tulisan baru. Dan saya berharap adanya kunjungan ini bisa selalu silaturrahim, memperbanyak teman bahkan saudara, terimakasih ya atas respon positifnya.
    Wassalamu’alaikum WR WB

  2. Khomisah Nur Says:

    ASSALAMUALAIKUM....
    SALAM UKHUWAH....

    saya follow....

  3. Rofiqo Rahmawati Says:

    sesuatu yang luar bisa memang terkadang datangnya tanpa kita duga/rencanakan sebelumnya

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi