Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Apa Perbedaan Statistik dan Statistika … ?

31 Desember 2010 10.23 By Arsyil Statistikawan

Beberapa waktu yang lalu aku pernah menemukan kejadian lucu. Yaitu ketika aku lagi mencari tempat (instansi/perusahaan) untuk PKL. Hingga aku singgah di sebuah instansi pemerintah provinsi Jateng. Yaitu kantor Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD). Dan bertemu kepada salah satu bapak yang ada disana. Dengan kalimat pembukaku ketika mengobrol dengan beliau, “Boleh tahu apakah disini bisa PKL? Saya mahasiswa Statistika Undip”, kira-kira intinya begitulah aku bertanya. Dan bla bla bla.. aku panjang lebar bercerita mengenai maksud kedatangaku kesitu.

Di tengah pembicaraan, bapak itu bertanya, “Apa itu Statistika?”. Waduh, dalam jadi bingung aku. Hehe. Bingungnya mulai darimana aku menjelaskan. Aku juga agak-agak lupa jika ditanya seperti itu. Lalu kujelaskan aja mengenai mata kuliahku di Statistika. Hahahaha. Sebuah pengalaman yang penting untuk direnungkan oleh para mahasiswa Statistika.

Maaf paragraf sebelum ini gak ada nyangkut ke inti judul dari postingan ini. Oke langsung saja akan arsyil ceritakan mengenai perbedaan Statistik dan Statistika. Sering sekali orang awam menyebut statistika dengan statistik, padahal kedua kata itu berbeda loh.

Para ahli statistik membedakan antara istilah statistik dan statistika berdasarkan alih bahasa dari istilah statistic dengan statistics. Istilah statistik menunjuk pada grafik, chart, bilangan, table, dan yang serupa. Pengertian ini mengandung maksud fakta dan gambar. Sedangkan statistika menunjuk pada suatu metode untuk menarik kesimpulan dari data, sehingga dalam pengertian ini, statistik menjuk pada disiplin ilmu. Maka dapat dikatakan bahwa statistik merupakan hasil dari proses statistika.

Jadi:
Statistik adalah kumpulan data atau bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan, atau sebagai deretan angka atau bilangan yang menunjukkan keterangan mengenai suatu cabang kegiatan tertentu, misalnya statistik kunjungan wisatawan ke Indonesia, statistik hotel, statistik restoran, dan lain-lain.

Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau membahas dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode-metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam pengumpulan data, penyusunan dan pengkategorian data, penyajian data, penganalisisan data, penarikan kesimpulan atau konklusi, pembuatan perkiraan atau estimasi, dan peramalan atau prediksi secara ilmiah.

Maka, Statistika diartikan suatu ilmu yang mempelajari cara maupun aturan-atuuran yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penarikan kesimpulan atas data yang berbentuk angka menggunakan suatu asumsi tertentu.

Sebagai seorang Statistikawan, tidak menutup diri untuk membantu sesama dalammemecahkan permasalahan statistika. Bagi kamu yang pengin bertanya alias membahas sebuah persoalan statistik dengan saya, monggo, silakan tanyakan saja, dapat lewat blog ini atau facebook atau YM. Terima kasih.

Butuh tenaga statistik untuk mengerjakan penelitian anda? atau konsultasi tentang rumitnya statistika hingga menjadi mudah? dimanapun anda silakan kontak saya! (Mahasiswa S1 Statistika Universitas Diponegoro Semarang)

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

4 Response to "Apa Perbedaan Statistik dan Statistika … ?"

  1. pengobatan alami penyakit stroke Says:

    nice sharer gan

  2. Pengobatan Alami Penyakit Darah Tinggi Says:

    makasih infonya

  3. Obat Infeksi saluran kemih Says:

    mas ada game statistika ga??

  4. Info Jurusan Kuliah Says:

    rupanya artinya beda ya, kalau kita katakan statistika itu ilmu, sedangkan statistik itu objek yang dipelajari oleh ilmu itu bisa nggak ya?

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi