Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Apa Itu MAPE, MAD, dan MSD? Pada Analisis Forecast...

18 Desember 2010 11.38 By Tembalang Online

Forecast dengan MINITAB

Ketiga nilai tersebut adalah ukuran akurasi ketepatan model, semakin kecil nilainya maka semakin baik.
1. MAPE (Mean Absolute Percentage Error)
Merupakan rata-rata dari keseluruhan persentase kesalahan (selisih) antara data aktual dengan data hasil peramalan. Ukuran akurasi dicocokkan dengan data time series, dan ditunjukkan dalam persentase.
2. MAD (Mean Absolute Deviation)
Merupakan rata-rata darinilaiabsolutsimpangan.
3. MSD (Mean Squared Deviation)
Merupakan rata-rata dari nilai kuadrat simpangan data.

Dengan membandingkan nilai-nilai MAPE, MAD, dan MSD, maka dapat kita tentukan mana model yang terbaik, yaitu model dengan ukuran-ukuran akurasi yang terkecil.

Kalau butuh bantuan (gak ngerti artikel ini) bisa tanya aja ke saya.

Artikel Mengenai peramalan pada analisis trend dengan software MINITAB dapat dilihat disini: Analisis TREND pada Peramalan dengan Software MINITAB
Atau silakan membaca dulu mengenai model-model yang ada dalam analisis trend, dapat dibaca disini: Model Trend Analysis; Linier, Kuadratik, Eksponensial, dan S-Kurva pada Grafik Runtun Waktu
Sedangkan artikel tentang metode pemulusan dengan MINITAB silakan dibaca aja nih: Pemulusan Eksponensial Tunggal Pada Metode Peramalan Statistika

Oleh: Arsyil Hendra Saputra
Sebagai seorang Statistikawan, tidak menutup diri untuk membantu sesama dalammemecahkan permasalahan statistika. Bagi kamu yang pengin bertanya alias membahas sebuah persoalan statistik dengan saya, monggo, silakan tanyakan saja, dapat lewat blog ini atau facebook atau YM. Terima kasih.

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

6 Response to "Apa Itu MAPE, MAD, dan MSD? Pada Analisis Forecast..."

  1. Anonim Says:

    Mas arsyil, nanya, kenapa MAPE harus pake absolut??? seandainya absolutnya dihilangkan bisa ga?
    terima kasih

  2. Idho Says:

    Mas mau tanya, kira2 penggunaan MAPE, MAD, MSD itu terkait peramalan untuk apa y?
    Apa kegunaan sesungguhnya dari perhitungan MAPE, MAD dan MSD itu?
    Terima kasih sebelumnya..

  3. Anonim Says:

    mas saya mau tanya, cara mencari MAPE dlm regresi itu gmn ya caranyaa??

  4. Hamda Prayogo Says:

    Nilai mape d regresi psti akan besar, mengingat regresi bersifat linier, jika data sllu trjdi kenaikan ato turun terus menerus maka hasil mapeny psti kecil alias bagus alias valid... Namun jika data bergejolak naik turun naik turun, peramalan tidak cck pk regresi cz mapeny psti besar alias tidak valid... Cb pk ses, psti bagus hasilnu...

  5. Suparti Says:

    Ada referensi, berapa besar nilai MAPE suatu model dikatakan layak/akurat?

  6. Blog Paliwan Says:

    asslm, sy Paliwan,,
    tulisannya bagus pak, dr tulisan bpk di http://arsyil.blogspot.co.id/2010/11/analisis-trend-pada-peramalan-dengan.html ada tulisan begini "Kalau pada trade terjadi musiman sehingga tidak bisa dianalisis dengan trend", nah pak yang mau saya tanyakan kalau scr teori bgmn kita menentukan bhw sekumpulan data bisa dianalisis atau tidak trend nya? trmksh pak :)

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi