Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Kelebihan Pangkalan Bun, Kota Cocok Menjadi Ibukota Indonesia

06 Februari 2013 03.08 By Arsyil Statistikawan

Diriku memang tidak sedang berada di Pangkalan Bun, malah sedang jauh dari Indonesia, tapi tak pula membuatku lupa dengan Indonesia tak membuatku lupa dengan kotaku tercinta, Pangkalan Bun. Kota kecil di Kalimantan Tengah ini tak banyak yang tau memang. Tapi ini adalah kota dimana keluargaku berada. Kota tempat aku dibesarkan. Jelas aja aku kangen, karena ibu, bapak, adik-adik aku di sana. Namun, selain itu aku juga mengangeni kecantikan koat Pangkalan Bun. Beberapa tahun belakangan ini aku hidup di kota-kota besar. Kangen juga dengan suasana kota kecil seperti Pangkalan Bun yang damai, tenteram, tak semrawut, tak ada macet, jauh dari keramaian, nyaman lah.


Oke langsung masuk ke tujuanku menulis judul tulisanku bahwa Pangkalan Bun cocok menjadi Ibukota Indonesia. Aku serius menurut pandanganku Pangkalan Bun cocok. Akhir-akhir ini sering muncul berita mengenai perpindahan ibukota. Malah muncul cerita lama bahwa Palangkaraya pernah Pak Soekarno ingin jadikan Ibukota negara Indonesia. Betul Palangka Raya berada di Kalimantan Tengah begitu pula Pangkalan Bun. Nah menurutku Pangkalan Bun lebih cocok daripada Palangkaraya.

Pertama, Pangkalan Bun berada dekat dengan laut. Sedangkan Palangka Raya berada di Tengah daratan (tengah Kalimantan). Sehingga dari dan ke Pangkalan Bun mudah sekali dilakukan menggunakan laut. Juga menggunakan udara mudah, karena telah memiliki Bandara Udara. Pangkalan Bun dekat dengan laut tetapi tidak benar-benar di samping laut. Ada kota pelabuhannya yang berada di samping laut yaitu Kumai sekitar setengah jam dari Pangkalan Bun. Artinya bahaya air laut tak sampai ke Pangkalan Bun.

Kedua, Pangkalan Bun posisinya strategis berada di tengah negara Indonesia. Silakan lihat gambar peta yang sudah saya upload di tulisan ini. Pangkalan Bun mudah sekali untuk menjangkau empat pulau besar secara langsung yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, juga Bali. Untuk ke pulau lainnya misal Maluku dan Papua, saya rasa Pangkalan Bun lebih menjangkaunya daripada letak Jakarta.

Ketiga, Pangkalan Bun belum menjadi kota besar. Pangkalan Bun adalah kota bukan desa. Memang Pangkalan Bun bukan kota besar tapi itulah yang menjadi nilai plus jika menjadi Ibukota Indonesia. Artinya Pangkalan Bun mudah untuk direncanakan dan dibangun. Sebab kalau kta besar sudah memiliki kondisi yang semrawut maka akan susah untuk membentuknya menjadi Ibukota.

Keempat, Pangkalan Bun dengan Kabupaten Kotawaringin Baratnya memiliki berbagai macam tujuan wisata alam, mulai dari Taman Nasional, banyak pantai, pulau, dan lainnya. Sehingga biasanya yang menjadi daya tarik orang luar untuk datang adalah wisata, Pangkalan Bun dengan Kabupaten Kotawaringin Baratnya sudah memiliki itu.

Oleh : Arsyil Hendra Saputra

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

1 Response to "Kelebihan Pangkalan Bun, Kota Cocok Menjadi Ibukota Indonesia"

  1. Anonim Says:

    Sepertinya memang pangkalan bun yang bakal jadi ibukota negara nanti, salam dari jakarta

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi