Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Cara Mengetahui Bagaimana Jalur / Nomor Bis (Otobus) Transportasi Istanbul

10 Februari 2013 19.16 By Arsyil Statistikawan


Salah satu transportasi yang penting di Istanbul adalah dengan bis yaitu Otobus. Otobus Istanbul sepertinya menjangkau hampir semua daerah di Istanbul. Jadi mau ke sebuah tempat di Istanbul kalau ada durak (halte/perberhentian otobus) pasti bisa dijangkau. Yang penting kita tahu nomor otobus yang melewati durak ituh. Sebab kalau tidak, misal kita naik otobus dengan nomor yang salah bisa-bisa kita nyasar tak tahu kemana. Nah gimana tuh cara tahu nomor otobusnya, tanya saja sama orang lokal. Tapi kan kita belum lancar bahasa Turki.. Oke deh kukasih tahu caranya, bisa dilihat di situs IETT.

Aku salut deh sama trasnportasi Istanbul, rapi banget dan sistem informasi melalui websitenya juga bagus. Jalur yang dilalui otobus-otobus sesuai informasi yang ada di websitenya. IETT, kepanjangannya aku lupa, intinya ini yang punya otobus-otobus bertuliskan IETT, katakanlah ini yang punya pemerintah daerah Istanbul. Di situsnya iett.gov.tr lengkap informasi jalur-jalur otobus. Oke begini caranya:

Misal saya mau pergi dari sekolah tempatku (Fetih Koleji Gaziosmanpasa) ke Eminonu. Di dekat sini nama duraknya (halte otobus) adalah Spor Tesisi.
1. Buka situs http://iett.gov.tr (bahasa turki) atau http://iett.gov.tr/en/ (bahasa inggris) sebaiknya yang berbahasa inggris saja supaya kita paham.
2. Di sisi kiri halaman, klik “Oraya nasıl giderim” atau “How do i get there” akan muncul peta dari Istanbul.
3. Dari kotak isian “Search Bus Stop” isikan nama durak kita. Untuk contoh saya ini adalah “spor tesisi”. Akan muncul durak-durak yang memiliki nama spor tesisi. Karena durak saya ini berada di Gaziosmanpasa maka saya pilih “SPOR TESİSİ(Gaziosmanpaşa)”


4. Klik ikon kaca pembesar yang artinya “lines passing this bus stop”
5. Oke maka keluar daftar otobus-otobus yang melewati durak SPOR TESİSİ(Gaziosmanpaşa). Karena saya mau ke eminonu maka otobus yang saya naiki bernomor 399C.


Itulah cara dari satu durak ke durak lainnya. Nah kalau mau ke daerah yang lumayan jauh dari tempat kita, misal bisa 2 atau 3 kali naik otobus karena saking jauhnya. Maka perlu dipelajari baik-baik situs ini. Artinya menggunakan situs ini kita harus tahu dengan otobus pertama kita akan turun di durak mana supaya otobus kedua turun di durak itu, dengan otobus kedua ini kita akan turun di durak mana yang otobus ketiga melewati durak itu, dan seterusnya, hingga kita berhenti di durak yang menjadi tujuan kita. Bingung ya? Ha ha aku juga bingung jelasinnya gimana. Pokoknya jalur otobus semua ada di situs itu. Selamat mencoba.


Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

3 Response to "Cara Mengetahui Bagaimana Jalur / Nomor Bis (Otobus) Transportasi Istanbul"

  1. Lina Irawati Says:

    Kalo dolmus itu apa mas? Bedanya sama otobus?

  2. Arsyil Statistikawan Says:

    @lina. dolmus itu angkot...
    Tapi kalau di Turki mas gak melihat angkot/dolmus.. kayaknya di Istanbul itu dah gak, yang ada otobus (bis) dan minibus (muat 20-30 orang).

  3. catatan harian sekolah Says:

    sisi lain dari Turki yang agak beda dari segala macam kerapiannya kira2 apa ya mas?

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi