Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Belajar Teori Antrian Statistika Seru

29 September 2010 06.42 By Arsyil Statistikawan


Ada salah satu mata kuliah yang aku penasaran sejak di Statistika. Nama mata kuliahnya adalah TEORI ANTRIAN. Bener deh waktu pertama dengar sempat takjub, wow ngantri aja pakai teori ya. Juga itu yang membuatku semakin antusias mempelajari Statistika.

Dan di semesterku yang udah 5 ini, akupun memperoleh mata kuliah itu. Sekali lagi aku bener-bener antusias apa toh "Teori Antrian" ini. Secara, kalau udah mengerti kan bisa langsung diterapkan atau setidaknya direnungkan, ketika lagi ngantri di Bank, ATM, swalayan, rumah makan, dll. Kayaknya banyak banget deh penerapan dari Teori Antrian ini.

Ketika Selasa sore kemarin kami belajar mata kuliah Teori Antrian ini bener-bener puyeng alias pusing deh mendengarkan dosen menerangkan. Aduh, dah gak ada buku, pakai bahasa tinggi lagi. Untungnya sebelumnya di kos aku udah nyari-nyari referensi di internet. Yah setidaknya mirip dengan yang diterangkan pak dosen lah.

Jadi, tugas kami sebelumnya adalah disuruh nyari arti dari varibel di distribusi Erlang (a/b/c);(d;e;f). Untuk yang a dan b udah dikasih tahu apa. Sedangkan c,d,e, dan f harus kami cari sendiri. Alhasil aku udah mendekati benar lah. Tapi tetap aja emang belum ngerti hingga kuliah sore kemarin.

Ternyata arti notasi di distribusi tersebut adalah sbb:
a = 1. Distribusi jumlah kedatangan; 2. Distribusi waktu antar kedatangan
b = 1. Distribusi waktu pelayanan; 2. Distribusi jumlah keberangkatan (pelanggan) yang terlayani
c = Jumlah server
d = Disiplin pelayanan
e = Kapasitas sistem
f = Ukuran sumber pemanggilan


Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

0 Response to "Belajar Teori Antrian Statistika Seru"

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi