Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Cerita Komting

27 Februari 2009 15.14 By Tembalang Online

Komting adalah singkatan dari komandan tingkatan. Mengenai sejarah nama tersebut aku kurang tau. Sepertinya di universitas lain untuk jabatan ini punya nama tersendiri. Tapi untuk di universitas diponegoro tiap fakultas punya komting ini.

Bahasa mudahnya komting adalah ketua angkatan di suatu jurusan. Istilah waktu sekolah dulu adalah ketua kelas. Kalau ketua kelas adalah pemimpin di kelas sedangkan komting adalah pemimpin satu angkatan. Jadi bisa dibilang cukup besar tanggung jawabnya, apalagi kan ada jurusan yang satu angkatan sampai seratus lebih mahasiswa. Untuk statistika angkatan ku sendiri sebanyak 62 orang.

Aku adalah seorang komting. Alias ketua di statistika angkatan 2008 undip. Sebenarnya aku bukanlah komting yang paling pertama di angkatanku. Jauh waktu awal masuk undip dulu ada komting sementara waktu. Cuma selang beberapa hari posisi komting itu dipilihkan ke aku. Dan hingga hari ini.

Sudah setengah tahun amanah ini di aku. Banyak hal yang telah terjadi selama itu. Pokoknya kalau diceritain disini 2 jam baru selesai. Ketika aku dipilih jadi komting dulu tidak terbayang bagaimana tugas dari komting ini. Ternyata jabatan ini cukup besar dan menurutku berat. Sebab di jurusanku masi ada dalam tanda kutip "ospek", bahasanya disini adalah PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Tingkat fakultas sudah melakukannya selama 3 hari awal masuk dulu. Tapi PMB yang tidak diinginkan dilakukan di tingkat jurusan hingga satu semester.

Jadi berat tugas komting adalah sebagai pemimpin angkatan saat ospek. Komting adalah orang yang bernomor satu di angkatan. Setiap hal apapun saat ospek orang yang paling pertama dituju adalah komting. Tiap kegiatan yang bertanggungjawab kepada senior adalah komting. Komting tugasnya menggerakkan angkatannya.

Itulah mengenai komting. Mungkin karena komting aku dulu jarang bersantai, jarang belajar, pikiran stres penuh masalah. Tapi salah banget jika aku menyalahkannya. Aku patut bersyukur karena ternyata pengalaman komting itu cukup menorehkan tinta emas dalam sejarah hidupku!


=Arsyil=

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

2 Response to "Cerita Komting"

  1. Hanif Galih Says:

    saya juga komting di ITS, jurusan teknik industri angkatan 2009. ternyata beban kita gak jauh beda yah,, jadi yang paling dicari sama senior pas jaman2 "ospek". tapi insyallah dibalik semua "kesialan" ini ada banyak manfaat yang nisa diambil. maju terus komting-komting seluruh indonesia!!!

    -Hanif Galih Pratama, Komting Teknik Industri ITS 2009 -

  2. kikils Says:

    baru tau istilah komting, apa komting itu sama dengan Senat Mahasiswa?

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!