Kunjungan Sekolah Al Hikmah Surabaya ke Sekolah Fetih Koleji Istanbul Turki

25 Mei 2013 21.38 By Arsyil Statistikawan

Pada hari Kamis dan Jumat, 9 dan 10 Mei 2013 ada kunjungan student exchange dari sekolah Al Hikmah Surabaya ke sekolah Fetih Koleji Topkapi. Mereka terdiri ada sekitar 50an orang siswa dan guru SMP/SMA Al Hikmah. Meskipun aku tinggalnya tidak di Fetih Koleji Topkapi tapi di Fetih Koleji Gaziosmanpasa aku bersemangat untuk bertemu dengan mereka. Aku mendapat dari Kadir abi, aku disuruh untuk membantu. Mereka selama satu minggu ada di Istanbul. Setelah mengunjungi Fetih Koleji, hari selanjutnya mereka jalan-jalan, aku tak lupa ikut dengan mereka. Alhamdulillah lumayan seru.

Sebenarnya mereka sudah tiba di Istanbul sejak hari Rabu. Mereka sudah ke Ayashopia dan masjid Fatih Sultan Mehmet. Aku baru bertemu mereka pada hari kamis di Fetih Koleji Topkapi. Hari itu ada sedikit upacara penyambutan dari pihak Fetih Koleji berupa tampilan tari dan pembacaan sair dari siswa. Lalu pemutaran video pengenalan Fetih Koleji. Setelah itu murid-murid dibagi menjadi grup-grup. Aku kebagian grup yang terdiri 3 murid SMA dan didampingi satu guru. Bersama aku, mereka ke gedung SMA berkunjung dan melihat-lihat sekitar. Di sana aku menjadi penerjemah, meskipun bahasa Turkiku pas-pasan. Kami juga sempat masuk ke kelas melihat guru disitu mengajar. Sore harinya kami main bola. Malam hari kami diajak ke rumah seorang pengusaha. Kami dijamu dengan makanan yang enak. Alhamdulillah aku bisa membantu menjadi penerjemah.

Hari kedua tak banyak perubahan dibanding hari pertama. Aku bertemu dengan grup yang kemarin ditambah sebuah grup SMA lainnya. Artinya aku memegang grup siswa SMA. Mereka diajak untuk melihat laboratorium kimia dan biologi. Disana mereka diajak untuk melihat mikroskop. Setelah itu kami makan siang dan pergi ke masjid untuk sholat jumat. Hingga jam 3 kami mutar-mutar di sekitar sekolah. Jam 3 saatnya ada penampilan dari pihak Turki dan Indonesia. Dari Indonesia sekolah Al Hikmah menampilkan tari Saman, Jaranan, dan tari Madura. Malam hari aku disuruh untuk mengantar beberapa murid SMP ke rumah seorang pengusaha. Sekali lagi untuk makan. Kali ini pengusahanya lebih kaya, makanan yang disajikan level tinggi. Untuk selera masakan Turki itu enak sekali. Alhamdulillah, juga sempat grogi waktu di rumah itu aku menjadi penerjemah.

Hari selanjutnya Sabtu hingga Selasa adaah jadwal mereka untuk jalan-jalan, aku juga ikut mereka kecuali hari minggu. Hari Sabtu kami ke Bursa berkunjung ke Ulu Cami dan Yesil Cami, sempat belanja ke mall dan toko jajanan di sana. Hari senin kami ke Universitas Fatih, Masjid Eyub Al ansori dan Istanbul Sapphire. Istanbul Sapphire adalah gedung tertinggi di Turki dan tertinggi ke-5 di Eropa. Di atas sana kami bisa memandang kota Istanbul yang sangat luas. Hari Selasa waktunya berbelanja ke Grand Bazaar, sebelumnya kami mengunjungi masjid Suleiman. Semua perjalanan seru. Alhamdulillah disamping ikut jalan-jalan aku juga mempraktekkan bahasa Turki yang sudah kupelajari. Misal waktu di pasar, kupakai bahasa Turkiku untuk tawar menawar harga barang.

Tulisan Lain yang berhubungan

Add my Facebook here!

0 Response to "Kunjungan Sekolah Al Hikmah Surabaya ke Sekolah Fetih Koleji Istanbul Turki"