Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Ketika Seorang Wanita Butuh Alasan Kuat Kenapa Dia Harus Berjilbab

17 Februari 2011 12.22 By Tembalang Online


Sebuah pertanyaan luar biasa ditanyakan seorang wanita kepadaku (lewat pesan singkat), kemarin. Yaitu mengenai perempuan di mata Islam dan Jilbab bagi seorang perempuan Islam. Namun inti dari beberapa pertanyaan ia ada di salah satu pertanyaannya yang berbunyi, "Aku pengin berjilbab mas.. Tapi aku harus punya alasan kuat, kenapa aku harus berjilbab".

Sebenarnya aku bukanlah muslim yang sudah penuh dengan ilmu agama. Oleh itu mau kusarankan supaya wanita itu mencari buku tentang hal itu. Tapi dilihat dari pertanyaannya itu, sepertinya ia sangat penasaran banget. Maka itu kujawab dengan sebisa ilmu agama yang kupunya. Meskipun wnita itu lebih tua dibandingkan dengan aku. Semoga membantu. Amin.

Ia adalah teman bisnisku yang baru saja kukenal. Telah lulus S1 Unnes. Dia orang Semarang asli. Jadi dalam hal ini aku berhadapan dengan salah satu orang dari masyarakat. Yang sangat haus akan pencerahan untuk kemajuan masyarakat tersebut. Di daerah ia tinggal masih lumayan pergaulan bebas anak muda. Dan alhamdulillah aku adalah seorang mahasiswa yang sudah dibekali jiwa sosial di organisasi yang kutekuni di kampusku, dan pun bertemu dengan orang-orang luar biasa, dan banyak juga yang sudah mantap keimanan dan insyaallah ketakwaan mereka ke Tuhan yang maha penyayang.

Itulah yang membuatku merasa yakin bahwa harus (!) memberitahu dan mengingatkan kepada orang sekitar akan kewajiban-kewajiban yang sudah nyata disabdakan Tuhan, namun masih mereka tanggalkan. Apalagi orang yang belum mendalami agama mereka. Sementara mereka ingin bahagia di dunia dan di akhirat masuk ke surga kelak. Amin.

Berikut berbagai pertanyaan dia dan jawaban sebisaku yang kucoba untuk menjawabnya.
......
Tanya : "Mas, aku mau tanya di luar konteks boleh gak?"
Arsyil : "Tapi pertanyaan yg baik2 ya."
Tanya : "Insya Allah.. setahu aku mas arsyil kan rajin ibadah, sholat tekun, n pinter ngaji juga.. Semoga bisa menjawab pertanyaanku. Aku mau tanya tentang perempuan di mata Islam itu gimana sih? Perlu gak sih perempuan Islam itu berjilbab?"
Tanya : "Trus kenapa kita diwajibkan memakai jilbab? Seandainya kita tidak memakai jilbab, tetapi kita dapat berbusana dengan rapi,sopan, dan menutup aurat kan sudah cukup? Daripada kita berjilbab tetapi gak bisa menjaga diri.."
Tanya : "Trus gimana dengan seorang wanita berjilbab tetapi hatinya kotor, masih mengumbar dosa?"
Tanya : "Aku pengen berjilbab mas.. Tapi aku harus punya alasan kuat, kenapa aku harus berjilbab."
Arsyil : "Kebanyakan cewek yang ragu-ragu buat berjilbab pasti punya pemikiran begitu. Sehingga sampai besok-besok gak bakal pakai jilbab kalau terus berpikir begitu. Yang jelas menutup aurat itu hukumnya wajib kayak kita wajib untuk sholat. Nah, kalau kita berpikr ada orang yang sholat pun juga hatinya masih kotor, trus kita sampai kapanpun gak bakal sholat donk."
......

Begitulah salah satu pengalaman ketika berhadapan dengan salah satu permasalahan masyarakat saat ini. Jika dihadapai dan ditanggapi dengan cara kurang santun maka bisa jadi bukan menemukan solusi, tapi malah menimbulkan kebimbangan semakin besar. Oleh itu harapannya kita semua dan termasuk pribadi Asryil bisa menjadi pengingat kebaikan untuk semua dengan cara halus, yang bisa diterima oleh semua. Pun begitupun dengan aku, semoga kawan-kawan semua bisa mengingatkan aku seandainya ada khilaf semoga bisa diingatkan untuk yang lebih baik.

"Kenapa perempuan harus lebih banyak menutupi bagian tubuhnya? karena perempuan memang dipenuhi dengan bagian tubuh yang berharga dan harus dijaga dengan jilbab (busana yang menutupnya)"



Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

3 Response to "Ketika Seorang Wanita Butuh Alasan Kuat Kenapa Dia Harus Berjilbab"

  1. Anonim Says:

    Assalammualaikum
    Kalau ana tidak salah, ada 2 ayat suci Al Qur'an menerangkan kewajiban tentang memakai "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya* ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S. Al Ahzab : 59)

    *Jilbab adalah Sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka, dan dada.

  2. Khomisah Nur Says:

    YAH Pastinya karena kewajiban hehee....

    kita terus berdakwah entah itu ttg jilbab atau apapun...

    ajaklah saudara kita yg paling dekat tuk mengenal JIlbab dan kata tauhid ssguhnya....

    aku juga suka mengajak orang yg belum ku kenal tuk berjilbab apapun hasilnya serahakn sama Allah....

    jadikan FB ladang ibadah bukan catatan buruk ketika hujjah didahapanNYA... AMIIN...

    HEHHE SALAM KENAL
    SALAM UKHUWAH

  3. odik Says:

    ya mudah2an yg berjilbab bisa lebih baik dari sekerang setelah membaca artikel ini..

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi