Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)


Pengalaman Pertama Jadi Tentor Alias Guru Les Private

12 Maret 2010 22.05 By Tembalang Online

Sudah sekitar dua minggu ini diriku ngelesin seorang siswa SMP kelas 9. Tepatnya sejak 21 Februari 2010 lalu. Alhamdulillah sekarang dah mulai terbiasa. Yang awalnya dulu deg-degan ketika baru nyampe depan gang rumah si siswa, sekarang sudah enggak lagi. Yang dulunya telat datang dan mengajarnya lebih dari 1,5 jam sekarang mungkin dah mulai belajar mengatur waktu. Yang dulu masih belum hapal jalan ke rumahnya sekarang sudah enggak lagi dan mulai terbiasa melakukan perjalanan malam hari ke sana.

Namanya adalah Tiara, lengkapnya Tiara Agustina. Kelas 9 salah satu SMP di Semarang namanya SMP Institut Indonesia. Alamat rumahnya di Tlogosari Wetan Gg Gasem Indah, jauh banget deh dari kosku. Sekitar setengah jam naik motor. Bayangin aja bolak balik dah habis bensin seliter tuh, sebanding gak tuh dengan honorku jadi tentor 19ribu. Denger-denger temanku ada yg jadi tentor di tempat lain, gajinya malah 20ribu padahal letak muridnya tidak jauh yaitu di Banyumanik.

Sebenarnya dari info yang kudapat dari mas Gugun sebagai pemilik bimbingan belajar tempatku bernaung yakni Bimbingan Belajar PERSPEKTIF, bahwa uang yang di tarik dari sisswa adalah 26000. Berarti ada 7000 yang masuk ke kas Bimbel. Sebenarnya malah honor tentor adalah 16000 tetapi karena letak rumah anak didikku jauh jadinya dikasih honor 19000.

Aku sih saat ini gak memusingkan honornya berapa, yang penting adalah pengalaman yang kudapat. Tetapi terkadang aku juga berpikir harusnya honor sebandinglah. Soalnya dua hal yang kupertimbangkan yaitu biaya bensin yang kukeluarkan 1liter=4500, sedangkan penambahan honorku hanya 3000, lalu yang kedua adalah mengenai waktu. Setengah jam diperjalanan dikali 2 (berangkat+pulang) ditambah waktu belajarnya (1,5 jam) adalah 2,5 jam. Singkat cerita kalau pulang dari ngelesin adalah setengah 10an (malam). Nahlo, aku takutnya kalau lagi banyak tugas kuliah, waktu belajarkupun berkurang. Coba seandainya rumahnya dekat alias pemakaian waktu perjalanan singkat kan lain ceritanya.

Tetapi terkadang pemikiran yang dalam tanda kutip “mengeluh” itu sirna begitu saja, disaat teringat sikap kekeluargaan dari bapak/ibu Tiara (aka siswa), mereka baik, bahkan setiap jam private aku disuguhi minuman terus. Serta diri Tiara yang aku suka, orangnya cantik, manis, baik, pendiam, dan pemalu. Mungkin saja jika aku mengajar di tempat lain, muridku gak seperti dia.

Setiap Rabu dan Minggu adalah jadwalku negelesin Tiara. Mulai dari jam 19.00 sampai 20.30. Tetapi terus terang selama ini aku agak telat, bahkan pernah sekali datang telat sengah jam lebih. Trus kalau waktu selesai, juga diriku kadang gak ingat waktu. Yah bisa sampai jam 9 bahkan stengah 10.

Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

Reaksi: 

18 Response to "Pengalaman Pertama Jadi Tentor Alias Guru Les Private"

  1. dian Says:

    ih, pak guru arsyil, alamat muridnya jangan lengkap2, bahaya ah...
    hehe, maklum, hari gini mesti mikir agak parno...
    salam

  2. ria Says:

    aduh2 dah punya pengalaman ngajar euy...
    echm.. echm.. btw q cmbru nih m ank smpnya hehehe... bcanda deng

  3. Arsyil Says:

    Hehehe...\
    Gmn yah seandainya q ngeprivatin dirimu...hoho toRia

  4. murda_dwie Says:

    wuih...acil ngelsin towh sekarang..
    jarang loh ada guru les cowok....
    ngelesine jangan malem2 cil, adeke selak ngantuk loh

  5. Arsyil_keren Says:

    eh ada mba @dwi...
    Duh jadi malu nih ketahuan... ^^

  6. Anonim Says:

    mmmm

  7. Anonim Says:

    nice job

  8. Anonim Says:

    nice job

  9. Anonim Says:

    nice job

  10. Anonim Says:

    nice job

  11. Anonim Says:

    nice job

  12. Anonim Says:

    nice job

  13. i like math Says:

    seorang guru tuh bagai lilin. . berkorban menerangi sekelilingnya meskipun dirinya habis terbakar.. jadi,, jangan pernah ngeluh ya.. Insyaallah ilmu2 pa yang diajarin akan bermanfaat bagi diri sendiri n orang lain.. n jadi amal yang terputus2 sampe ntar.. good luck!!b fighting!!

  14. i like math Says:

    eh,, ralat,, tu "jadi amal yang tidak terputus-putus"

  15. Anonim Says:

    Mas, q juga seorang tentor. dulu q juga ikut LBB. sekarang sudah mandiri. Kalau dulu q digaji sama dengan mas. Sekarang karena ngobyek sendiri hasilnya lebih banyak. Sebenarnya usaha privat menjanjikan. Kita bisa ngajar siang,sore,malam. Paginya nge job usaha. Jadi bisa berkembang. Usaha privat ga perlu modal uang. cuma otak aja. Semoga tambah sukses ya mas...

  16. Rendra Says:

    wah2 anak pangkalan bun,,,lam kenal ya,,

    ternyata hal yang sama kurasakan juga,,,
    aku juga mengisihari2 u dengan les privat..

    pokok e semangat...

  17. Ria Says:

    Salam knal sebelumnya.

    Masih butuh anak les nggak dek??Kalau berminat adekQue pengen les, anak SMP kelas 8...susah amat cari guru les dari mahasiswa saya, berhubung dah nggak punya kenalan lagi anak mahasiswa....diluar bimbel tentunya,,,,
    Hubungi saya kalau masih butuh y di 024-91013176

  18. Ryan Jason Says:

    Pengalaman pertama itu memang selalu bikin grogi, tapi kalau sudah jalan sudah tidak akan merasa deg-deg an lagi

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi