VPTI KSO Sucofindo-Surveyor Indonesia, Apa Itu? Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor

27 Desember 2014 21.07 By Arsyil Statistikawan

Kerja kamu ngapain? Perusahaan kamu perusahaan apa? Nah lo, kalau sebelumnya gampang banget jawab pertanyaan itu; jadi guru atau perusahaan produknya telur (sebelum di KSO SCISI aku kerja di perusahaan telur, sebelumnya lagi aku kerja guru matematika). Lalu setelah itu jelasin panjang lebar pun orang awam bisa paham, alias bisa terbayangkan. Nah kalau kerjaan sekarang agak sulit menjelaskan nih, karena produknya gak biasa. Tapi kalau aku bisa menjelaskan kepada orang lain dengan baik malah mereka langsung bilang “wow” your work is fantastic.

Nama tempatku bekerja adalah KSO Scufocindo – Surveyor Indonesia (KSO SCISI). Loh kok depannya KSO? Biasanya kalau perusahaan embel depannya PT? Iya betul banget, KSO itu kepanjangan dari Kerja Sama Operasi. KSO SCISI ini adalah semacam anak bisnis dari dua buah perusahaan, yaitu PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia, keduanya adalah BUMN. Mereka berdua memiliki bisnis yang dikerjakan bersama (so sweet yah :p). Nama bisnisnya adalah VPTI (Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor). Eits penasaran kan sabar dulu ya..

Jadi tuh PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia adalah milik negara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang yang sejenis/ mirip yaitu bidang survey, verifikasi, inspeksi, dan sertifikasi. Aku sih gak begitu tau betul tentang mereka berdua karena belum pernah kerja di kantor mereka. PT Sucofindo gedungnya di jalan pasar minggu sedangkan PT Surveyor Indonesia gedungnya di jalan gatot subroto, keduanya relatif gak jauh dari kantor KSO SCISI, terletak di gedung Bidakara.

Sejarahnya dulu mereka berdua masing-masing melakukan kegiatan VPTI secara sendiri-sendiri, karena satu dan dua hal akhirnya mereka membentuk kesepakatan perdata dan terbentuklah KSO Sucofindo Surveyor Indonesia pada bulan November tahun 2002. Satu per satu kelompok produk impor mereka lakukan verifikasi. Aku baru masuk 6 bulan yang lalu jadi cuma bisa jelaskan garis besarnya. Sekarang sudah 12 tahun nih sebanyak sekitar 28 kelompok produk yang tercatat dilakukan verifikasi (VPTI).

Lalu apa itu VPTI? VPTI adalah kegiatan verifikasi di negara asal muat barang impor. Oke aku jelaskan dengan bahasa yang simpel deh. Jadi, ada barang-barang tertentu yang dibatasi impornya yang wajib diinspeksi oleh KSO SCISI di luar negeri, di tempat asal barangnya sebelum diangkut ke wilayah Indonesia.

Ilustrasi begini:
Misal A= Importir. A mau impor ponsel dari China sebanyak 5 kontainer. A sudah melakukan perijinan segala macam yang disyaratkan oleh pemerintah di dalam aturan impor ponsel, alias tinggal diangkut ke Indonesia. Nah karena ponsel adalah produk yang wajib di VPTI oleh surveyor yaitu KSO SCISI maka si A harus mengajukan permohonan inspeksi kepada KSO SCISI. Setelah persyaratan pengajuan untuk VPTI selesai, selanjutnya KSO SCISI melalui cabang atau afiliasi di China melakukan inpeksi pada 5 kontainer ponsel tadi. Inspeksi berupa dicek, dihitung, dsb, termasuk memastikan bahwa barang yang mau diimpor sesuai dengan dokumen impornya. Termausk antara lain misal di dokumen impor dia mau impor ponsel merek Oppo, nah si inspektor harus memastikan memang itu Oppo jangan sampai ketemu merek Apple. He he. Lalu contoh kedua misal ponsel yang diimpor tersebut berjumlah 2000 ponsel, si inspektor memastikan itu memang 2000 bukan lebih ataupun kurang. Setelah selesai proses inspeksi di negara asalnya China tersebut selanjutnya KSO SCISI akan mengeluaran LS atau Laporan Surveyor yang berisi informasi hasil inpeksi tadi. LS ini selanjutnya digunakan si A importir sebagai salah satu persyaratan untuk mengambil barangnya di bea cukai ketika telah tiba di pelabuhan Indonesia.



Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

3 Response to "VPTI KSO Sucofindo-Surveyor Indonesia, Apa Itu? Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor"

  1. Titin Says:

    mohon dibantu, kami adalah perusahaan importir Kawasan Berikat, baru sekali ini terkena lartas LS, namun kami baru mengetahuinya setelah barang tiba di pelabuhan Belawan. Barang berupa safety shoes. Apa yang harus kami lakukan agar barang dapat di clearance?

  2. yusy Says:

    thanx infonya

  3. rhina cantik Says:

    perubahan yang dialami saat datang bulan
    perubahan yang dialami saat menstruasi
    perubahan yang dialami saat haid

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi

Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)