Alergiku, Siapakah Tersangkanya?

27 Desember 2014 17.10 By Arsyil Statistikawan

Pertama kuceritakan kepada bosku di kantor mungkin bisa dapat masukan yang berarti darinya. Tapi memang seperti halnya saat kuceritakan dengan orang kebanyakan lainnya, pasti jawabannya kurang serius dan menganggap penyakit aneh yang sedang membayangiku ini adalah perkara sepele. Baik teman-teman di kosku atau teman-teman di kantor tanggapan paling pertama dari mereka adalah kurangnya kebersihan seperti tubuh, pakaian, kasur, sprei, kamar, sejenis itu. Padahal sudah hampir sebulan kalau malam hari, tubuhku gatal-gatal, muncul merah-merah dan bentol-bentol di kulit sekujur tubuh. Aku juga sudah googling dan sudah berpikir keras mencari tahu apa sih penyebabnya, siapakah tersangka dari alergiku ini?

Hal yang terbilang aneh pun aku lakukan. Sewaktu menceritakan hal ini kepada temanku diar dan fahmi, akhirnya kami memutuskan tersangka pertama yaitu: Kipas Angin (yang baru). Kipas angin itu bermerek maspion kudapat saat memenangkan doorprize ketika KSO SCISI ulang tahun bulan november 2014. Tepat ketika gejala alergiku mulai muncul. Kami berasumsi, jangan-jangan alergiku ini karena kipas angin itu. Jadilah akhirnya, aku memindahkan kipas angin tersebut darikamarku untuk disimpan ke kamar diar & fahmi. Dengan harapan bahwa gatal-gatal gak muncul setelah kipas angin dikeluarkan dari kamarku. Jika benar, artinya betul bahwa si ‘tersangka” adalah kipas angin. :p

Oke aku mau cerita bagaimana sebenarnya kondisi alergiku ini. Alergiku ini muncul tiap malam hari. Biasanya saat pulang kantor aku menyalakan kipas angin dan muncullah bentol-bentol merah di sekujur tubuh, yaitu di tangan, leher, dada, perut, punggung, paha, kaki, hampir semua tempat kecuali wajah. Awalnya aku kirapenyebabnya adalah semut atau nyamuk, soalnya gatal yang disebabkan mirip. Tapi kelihatannya gak mungkin disebabkan oleh semut/nyamuk karena ini seluruh tubuh.

Titik cerah muncul saat aku bercerita hal ini ke puput, cewek mungil nan cerdas di kantor. Awalnya dia kira juga itu perbuatan serangga. Tapi kemudian aku diceritakannya bahwa dulu waktu kecil setiap pagi dia selalu biduran karena gak kuat dingin. Dia bilang hal itu baru hilang dengan sendirinya. Lalu di otakku langsung terproses analisis “apakah penyebabnya dingin?”. Rasanya enggak deh dalam batinku, soalnya waktu di kantor AC dingin, aku tak mengalami alergi. Kembali lagi kepada si puput, beberapa hari setelah aku menceritakan itu, eh malah dia sendiri yang terkena alergi/biduran. Aku bahkan melihat sendiri bentol-bentol yang muncul di kulitnya, persis dengan bentul bentol-bentul yang selama ini kualami. Wah masa alergiku menular ke dia. Untunglah hari-hari selanjutnya kayaknya alerginya itu gak muncul lagi. Katanya, tubuh dikasih minyak kayu putih lalu hilang gatalnya.

Titik cerah yang kedua muncul saat aku tidur satu malam di sebuah Hotel. Namanya hotel, pasti donk AC nya dingin betul. Ya seperti biasa, aku gatal-gatal. Tapi pas mau tidur tubuhku seluruhnya kumasukkan dalam-dalam pada selimut hotel. Selimuthotel kan tebel banget tuh jadi gak kedinginan. Esok paginya, aku sumringah banget. Aku tidur dengan sangat nyenyak padahal biasanya kalau di kos sering kebangun gara-gara gatel alergi itu. Aku terkejut loh kok malah gak alergi. Aku terbangun dengan kondisi ubuhku yang tiada bentol gatal satupun. Alhamdulillah artinya alergiku ini ada solusinya dan itu sudah bisa dibayangkan.

Sejak itu aku langsung menyematkan tersangka laergiku pada: udara dingin/malam. Bukn dingin yang menyebabkan alergi tapi udaranya, udara malam/ udara dingin yang membuat tubuhku bereaksi dan muncul bentol-bentol merah. Sejak saat itukalau malam aku tidur pakai jaket dan celana dobel. Padahal biasanya aku Cuma tidur pakai kaos dan celana pendek karenakepanasan. Kali ini sebaliknya, aku biarkan tubuhku panas dengan memakai jaket tebalserta celana tumpuk-tumpuk.


Tulisan Lain yang berhubungan



Share
Add my Facebook here!

0 Response to "Alergiku, Siapakah Tersangkanya?"

Posting Komentar

CARA BERKOMENTAR:
Beri komentar sebagai, pilih: Nama/URL
Isi nama anda, kosongkan "URL" jika tidak punya website/blog. Kalau ngisi alamat Web jangan lupa "http://", contoh: http://arsyil.blogspot.com

Ctt: Identitas anda sangat saya perlukan. Jgn lupa nama ya!

Daftar Isi

Kata Bijak Hari Ini

3 RUMUS SUKSES

Rumus 1 :
Man Jadda Wajada
(Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil)
Rumus 2 :
Man Shobaro Zhafira
(Siapa yang bersabar akan beruntung)
Rumus 3 :
Man Saro 'Aladdarbi Washola
(Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai)